Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

6 Alasan Pebisnis Internet Gagal

Oleh | Publikasi: November 17, 2009 6:34 am
Instant Internet Business Ideas

Bukan hal yang tabu lagi untuk dibicarakan bahwa lebih banyak pebisnis internet (pemula) yang gagal di tengah jalan ketimbang mereka yang melenggang dengan sukses. Jika kita hitung dengan menggunakan prinsip pareto, maka hanya 20% dari peminat bisnis internet yang berhasil melewati fase ujian pemula. Dari jumlah itu, hanya 20% yang lulus menjadi pebisnis internet sukses. Artinya, dari keseluruhan orang yang berminat terhadap bisnis internet, hanya 4%-nya yang benar-benar berhasil, berhasil, berhasil, horeee!

Yang lucu di sini menurut saya, alasan mengapa kebanyakan pebisnis internet layu sebelum berkembang bukanlah sesuatu yang baru. Semuanya masalah klasik yang entah mengapa, tetap saja menjadi masalah dari dulu hingga kini. Eh tapi kalau gak begitu namanya bukan masalah klasik, ya, hehehehe.

Nah, berikut ini 6 alasan mengapa pebisnis internet bisa mengalami kegagalan:

  1. Meyakini bahwa bisnis internet adalah cara cepat kaya
    Ini adalah alasan yang paling umum dan paling banyak membuat orang gagal. Penyebabnya karena memang sudah sifat dasar manusia yang ingin sedikit bekerja tapi uang berlimpah. Apalagi didoktrin dengan acara-acara di televisi (baca: sinetron) yang penuh dengan kemewahan. Tambah deh, bawaannya kalap kalau liat duit, hehehe. Yang perlu dipahami, bisnis internet adalah bisnis, dan semua bisnis pasti butuh waktu agar bisa sukses. Oleh karena itu, jangan keburu ngiler kalau ada yang mengatakan bahwa mereka bisa cari duit dengan gampang di internet. Meskipun SAAT INI mereka bisa melakukannya, bisa saja SEBELUMNYA mereka butuh waktu waktu dan usaha ekstra keras untuk bisa mewujudkannya.
  2. Terlalu banyak berpikir
    Kalau ada istilah NATO (No Action Think Only), ya ini yang cocok bagi mereka yang terlalu banyak menghabiskan waktunya untuk berpikir dan bertanya, tanpa melakukan tindakan yang nyata. Pertanyaan yang umum, misalnya, “apa benar internet bisa bikin orang kaya?”, “kalau mau jadi pebisnis internet harus mulai dari mana”, “kalau mulai dari sekarang masih bisa sukses atau gak“, dan sebagainya. Sayangnya, orang yang seperti mereka ini, meskipun sudah mendapatkan jawaban, justru akan mencari-cari pertanyaan yang lain. Bagai lingkaran yang tak berujung lah pokoknya (silahkan dibayangkan sendiri, hehehe).
  3. Tidak mau mengeluarkan modal
    Yang ini sudah pernah saya bahas di artikel “Tidak Punya Uang atau Tidak Mau Keluar Uang?“. Baca juga artikel “Perkiraan Modal Untuk Bisnis Internet“, “Kurang Modal? Jual Diri Dong!“, serta “Contoh Bisnis Internet Modal Minimal” sebagai pelengkap.
  4. Tidak mau belajar dan mencari informasi dari berbagai sumber
    Kebanyakan pemula tersandung oleh iklan produk digital yang mengekspos cara cepat kaya dari internet. Tanpa mencari informasi lebih lanjut, mereka langsung membeli produk tersebut dan pada akhirnya kecewa serta menganggap bisnis internet adalah sebuah penipuan. Itulah sebabnya kita harus jeli dalam memilah produk digital yang ingin kita beli serta harus memiliki pikiran terbuka untuk menerima informasi dan belajar dari berbagai sumber. Jika memungkinkan, cari sosok guru yang sekiranya dapat membantu Anda agar tidak terjebak dari jebakan-jebakan maut semacam itu.
  5. Kurang serius dan menganggap bahwa bisnis internet adalah bisnis main-main
    Memang aneh, jelas-jelas saja namanya bisnis internet, namun banyak yang masih menganggap bahwa ini bukan lah bisnis. Teorinya gampang saja, jika Anda menganggapnya main-main, maka hasilnya pun main-main. Jika Anda menganggapnya serius, maka insya allah hasilnya pun serius. Menetapkan visi, misi, dan target merupakan salah satu cara untuk membantu agar pikiran kita fokus dan tetap serius dalam bisnis internet yang kita tekuni.
  6. Tidak mau berinovasi
    Meniru memang salah satu shortcut untuk mencapai tujuan sukses. Tapi meniru dan menerapkannya mentah-mentah adalah sebuah kebodohan. Dulu, pada saat orang lain tahu bahwa situs gadget saya banyak menghasilkan dari Google AdSense, berbondong-bondong mereka membuat situs sejenis. Tidak hanya topiknya, sampai template dan nama domainnya pun disamakan. Hasilnya? Hampir semua gagal dan punya saya tetap bertahan :) Satu yang tidak disadari oleh mereka adalah saya sukses bukan karena pemilihan topik (yang sebetulnya asal karena sesuai dengan hobi saya), template (yang saya bikin sendiri hanya agar berbeda dengan situs yang lain tanpa ada pemikiran soal SEO sama sekali), dan nama domain (yang kebetulan menggunakan domain lama saya tanpa berpikir soal SEO). Saya sukses karena… nanti aja deh di artikel tersendiri, hehehe.

Semoga tidak ada satu pun dari keenam alasan di atas yang menjadi penghalang dari diri Anda :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

130 Responses to “6 Alasan Pebisnis Internet Gagal”

  1. Tambahan mas, salah satu penghambat sukses bisnis internet itu ialah “kalah dengan alasan”. Ada tiga alasan yang sering muncul: Tidak Punya Uang, Tidak Punya Waktu, dan Tidak Bisa. Padahal kalau memang serius, hambatan itu bisa kita atasi. Belajarlah dan jangan fanatik dengan 1 guru.

  2. bisnis internet sama seperti bisnis lain, banyak hambatannya. Siapa yang bisa bertahan, dialah yang akan sukses. Semoga saya bisa bertahan supaya sukses.

  3. Kalau kata Pak Joko Susilo adalah stop dreaming start action, kata anne ahira praktek, praktek, praktek. Fokus, fokus, fokus… perlu kerja keras memang dalam berbisnis internet

  4. pensiun kaya says:

    saya sedang berperang melawan 6 alasan ini mas, terutama nomor 2…terlalu banyak belajar dan ngobrol, akhirnya lupa take action…

  5. maju terus saja dech bisnis online … :)

  6. unego says:

    salah dalam memulai
    salah dalam menilai
    salah dalam memahami
    salah dalam melangkah

    pokoknya salah semua deh.
    kalau bener kan gak mungkin gagal.

  7. Fahrizal says:

    Mas unego, Saya sudah mendapatkan dolar dari internet dengan diawali:
    salah dalam memulai
    salah dalam menilai
    salah dalam memahami
    salah dalam melangkah

    yang penting tidak usah terlalu menyalahkan apapun (baik orang lain maupun diri sendiri)

    Tidak penting diawali dengan kesalahan, yang penting action, learn, action, learn, action, learn, earning!

  8. nomor 6 memang paling fatal tuh..

  9. hardimORG says:

    menunggu lanjutan cerita nomor 6….

  10. ismail says:

    apakah kita tidak boleh berfikir klo bisnis internet itu bikin kita cepet kaya ? karena klo kita berfikir demikian maka itu menjadi motivasi kita untuk eksis di bisnis ini. CMIIW

  11. hb2 says:

    Jadi kalo boleh saya simpulkan :

    Bisnis Internet = Bisnis

    sangat simpel tapi saya lupa akan hal ini
    artikel yg bagus om :p

  12. Mizwar says:

    Mo Nanya nih….kira – kira ketidak konsistenan (Ga Fokus) dalam memilih suatu bisnis internet, bisa menjadi salah satu faktor kegagalan ga ya?

    • Cosa Aranda says:

      betul mas, sepertinya aku lupa tentang masalah fokus di artikel ini. untuk awal, lebih baik kita memang fokus dulu di satu jenis bisnis internet, dan apabila sudah sukses baru kita berpindah ke bisnis internet yg lain. kalo biasanya aku saranin ke temen2, gak usah mikir dapetnya darimana, yg penting rasain dulu gimana enaknya dapet duit dari internet. setelah itu baru dipikir gimana supaya bisa dapet lebih banyak lagi dan lebih mudah lagi.

      nanti akan aku bahas lebih lanjut di artikel tentang multiple source of income.

  13. Danny says:

    Hmm sebenernya sih kyknya Tidak ada kata Gagal sebelum kita memutuskan untuk berhenti Mencoba

    Jika Hari ini Gagal kita coba lagi di esok hari , jika esok hari gagal coba lagi dihari berikutnya , coba terus sampai kita meraih apa yg kita Impikan

  14. Singgih says:

    point2.y sangat bermanfaat sekali makasih mas cosa sedikit ilmu kalo bertambah akan menjadi bukit tapi jangan lupa harus action jangan diam ja di pikirin di otak………..

    Mengapa kebanyakan orang branggapan bahwa kerja di internet itu mudah ya??? Pa karena kerja.y cuma d depan komputer gto???

  15. Edy says:

    Betul mas Cosa. Semua poin 1-6 mengarah ke diri sendiri, jadi hanya sedikit (kalau pun ada) kegagalan itu disebabkan oleh faktor luar. Terkait poin 2 dan 4, saya sering melihat kegagalan itu justru karena terlalu banyak belajar. Asik belajar terus dan menunda prakteknya. Kita seringkali mau menguasai semuanya, belajar desain web, belajar blog, belajar html/php, belajar bikin konten, belajar iklan, belajar ini itu yang sifatnya teknis… akhirnya jadi teknisi, bukan pebisnis 🙂

    Thanks for this beneficial posting.

    • assifah says:

      Mas edy coment anda menarik “akhirnya jadi teknisi…” itu kena banget dengan situasi saya, karena sejak kecil sampai sekolah terakhir saya selalu senang dan memilih bidang-bidang yang berhubungan dengan persoalan teknis. Jadi akhirnya belajar bisnis internet hanya menguasai hal-hal teknis saja. Semoga dengan artikel mas cosa ini jadi sadar ya…

  16. darknight says:

    poin yg ke 6 itu kena banget ke saya :D dulu saya salah satu orang yg niruin blog gadget itu, tapi untungnya saya ga niru mentah2, cm niru konsep dan sub nichenya aga berbeda. artikel jg original, meski biasanya hasil rewrite,hehehe..

    hasilnya, blog itu jd salah satu jagoan saya :) jadi niru sih sah2 aja, tp ya harus kreatif memodifikasinya.

  17. Jadi semakin jelas sekarang

    Kalo boleh menambahkan alasan lain :
    7.Tidak Fokus (Semua jenis bisnis dicoba dalam waktu bersamaan padahal belum mapan dari 1 jenis bisnis pun)
    8.Overload(Terlalu banyak) Informasi sehingga bingung mau mulai dari mana

    :)

  18. Kang Wawan says:

    Hayo siapa yang kena kesindir di point ke 3?

    Gmna PCnya Mas?

  19. Turisuna says:

    Klo saya sering gagal karena bosenan n gak sabaran, bawaan orok kayaknya 😛

  20. “Kurang Modal? Jual Diri Dong!“

    Keren tuh bahasanya, langsung to the point, hahaha…

    6 alasan ini, saya rasa pasti hinggap di para newbie. Cuma bagaimana kemudian mereka cepat membuang 6 kesialan inilah yang akan menentukan apakah bisa survive ato ngga.

    Mantap mas!

  21. Klo Mas Cosa ingin menulis Poin no ke 7 (ke tujuh). Mgkn isi-nya spt ini :

    “Jangan berharap ada tips yg bnyk lagi soal sukses bisnis online, silakan baca ulang poin no 1 – 7”

    • Cosa Aranda says:

      yah terlalu berharap tips dan trik dari orang lain juga memang sebenarnya salah satu penyebab kegagalan kok :) karena selalu nunggu, jadinya selalu ketinggalan. dan kalo yg ditunggu gak dapet2, malah jadinya gak action2 :)

  22. lagi bingung mikirin biaya buat memperpanjang sewa hosting, anak kuliahan nih,hehe

    lagi butuh motivasi tuk bangkit dari semua ini…

  23. dalam berbisnis segalah hal menjadi mungkin…yang penting ada kemauan

  24. wah… beberapa ko masuk didiri saya neh…
    harus diperbaiki nih -_-a

  25. noto says:

    Kayaknya yang mesti dilakukan pertama kali adalah merubah mindset kita dulu gan ya?

  26. Neneng says:

    Waah bagus sekali artikelnya.. makasih masukannya dan harus di-upgrade nich….

  27. Gugus says:

    semoga setelah baca artikel ini kita2 yang baca minimal masuk di 20%

  28. afrid says:

    ternyata blog ini masih hidup yah.

    senangnya aq 🙂

  29. DianRibut says:

    nah itu,yang banyak teori tg minim praktek. .

  30. fadhli says:

    bah kesindir dikit dah saia mas:D…..tapi kebanyakan ku lihat mas semua nya dicoba tanpa fokus satu persatu trus salah pilih guru…..seperti saia….hehehehe makanya sekrang fokus satu dan ikut kata guru cosaaranda (kan lagi beljar dipanduan dasar) ;))

  31. pindar says:

    fokus..fokus..dan fokus..itu yang susah di bisnis online..apalagi kalau bikin yang nggak fokus itu karena permintaan istri, calon istri, pacar atau ortu untuk bekerja biasa, hehe

  32. semoga aku termasuk yang 4% itu, semangat semangat. mindset..mindset.

  33. ibnu andhika says:

    saya setelah lulus kuliah tekad berbisnis online walaupun sebenarnya masih pemula tetapi karena semangat dan ingin meraih cita-cita di masa depan semua dilakukan dengan ikhlas. setiap manusia pasti punya tujuan tetapi kadangkala terlalu cepat menilai apakah sudah cukup sukses. sedangkan sukses itu berbeda setiap individunya.

  34. infonya mantep banget nih, ternyata dalam realita 6 alasan itu yg paling banyak dialami kebanyak orang

  35. mungkin faktor pertamalah yg paling banyak membayangi kita, banyak orang ingin cpet kaya dgn bisnis internet padahal ia buta sama sekali tentang bisnis internet

  36. kalo udah pakar yg ngulas , nih dibaca berulang juga gak bosen

  37. BangJo says:

    Setuju,.kebanyakan orang berfikir kalo bisnis internet = bisnis instant! Itu menurut saya lho,.mending dijadikan hobi saja,biar menjalaninya seneng walopun keluar modal..hehehe,.

  38. Bandit Batak says:

    Makasi mas cosa artikelnya. Klw bleh jujus penyakit saya ada di nomor 2..hehehe..sebenarnya lbh tepatnya suka menunda2. Yng perlu saya garis bawahi dr yang mas Cosa katakan adalah bhw berbisnis internet itu tidak serta merta gampang dan instan. perlu perjlanan panjang dan sulit. seperti yang dialami Mas Hengky dgn bisnis VCC nya (mas Hengky, abis nih saya kesana yee). Kebetulan dibangku kuliah skrg ni saya juga belajar marketing baik teori maupun praktek2 kecil. Tp dari 6 penyakit yang mas sebutkan td semuanya pasti kita hadapi mknya jadi permasalahan klasik. Dan saya sendiri perlu usaha supaya tidak terjebak dipenyakit2 itu. Aplgi klw dah berhadapan dgn yang namanya inovasi yang masih jd ranah kompetensi dlm berbisnis saat ni. Misalnya klw nulis2 topik artikel, ada kecenderungan kita meniru tata bhsa, isi, bahkan gaya bahasa dari referensi yang kita ambil. Aplg utk bahasan2 yang mmg sdh byk dibahas yang gak tau lagi teori awalnya milik siapa. Cukup sulit mmg bermain dengan prinsip “Blue Ocean”. Kira2 gmn kiat mas Cosa dalam berinovasi khususnya dalam hal isi blog yang mmg “dijual” oleh Blogger untuk mendapatkan income?

  39. Szo says:

    Menurut saya, kesuksesan jangka panjang dalam bisnis internet adalah menjual produk sendiri dengan membangun brand

  40. no.or says:

    “pelan… tapi daleeem.. ” mak-jleb-jleb
    5 dari 6 itu ngena smua d aku.. eh smuanya dink malahan ;)
    kenal blog sdh sjak 2006 tp baru “kembali ke jalan yg lurus” baru-baru ini… hufff memang mindset,konsep, visi dan misi menentukan sekli dalam hal ini.
    dari awal sudah salah jalan akhirnya penyesalan yang datang :(
    great posting master :rate

  41. menurut saya, kegagalan utama pebisnis adalah tidak mau sabar, inginnya serba instan. Akibatnya cepat prustasi. Padahal bisnis kan harus sabar menapaki tahap demi tahap.

  42. betul banget mas, tapi menurut saya, kegagalan utama pebisnis adalah tidak mau sabar, inginnya serba instan. Akibatnya cepat prustasi. Padahal bisnis kan harus sabar menapaki tahap demi tahap.

  43. Ghani says:

    wah-wah, saya masuk ke semuanya nih! semoga kedepannya saya nggak lagi deh! :cd

    izin baca artikel lainnya mas! :cekpm

  44. Eko Prabowo says:

    Satu lagi mas cosa yang bikin gagal, yaitu cita2 yang tinggi tapi upayanya tidak pantas.

  45. suzan says:

    kalo gak ngerti mesti mulai dari mana? itu masuk kategori yang mana ya mas ?? :D

  46. Sam - ImGaul says:

    semua kembali lagi ke mind set kita sebagai pebisnis.
    harus pantang menyerah y pak.

  47. John Poleng says:

    Kegagalan bisa juga disebabkan karena “kekecewaan” orang yang sudah mencoba berbagai cara namun belum juga mendatangkan hasil sesuai dengan harapannya maka akan menjadi kecewa trus bisa jadi ngambek..

  48. putra says:

    Mas Cosa, mungkin buat saya untuk sukses di bisnis internet kesulitanya pada masalah teknis, terutama masalah seo nya.
    saya sudah mulai ngeblog 6 bulan yang lalu, hasilnya masih sedikit, masalahnya :

    1. Ga menguasai seo, mau pakai software apa yang pas dan terjangkau ? Cara seting software, spt edit html dll yang susah. Jadi visitornya ga bisa banyak.
    2. Social bookmark juga sudah, tapi tetap ga banyak visitornya.
    3. Menurut saya kunci suksesnya pada seo, supaya serp nya bagus dan ke indeks terus di laman 1 – 10 google. Karena kalau terindek di laman 1 maksimal laman 5 google, blog kita pasti dibaca orang. Otomatis visitor banyak :bingung dan apapun yang kita jual otomatis peluang lakunya juga ikut besar.
    4. Buat Newbie/pemula juga pasti stres nya disitu, cape2 posting, pasang adsense, jual barang dll tapi visitornya ga ada. Mau di bom iklan budgetnya besar. Akhirnya stress, ga diterusin lagi dan gagal.

    menurut Mas Cosa sebagai Top Master nya blogger gimana ? :bingung

  49. mamad says:

    tulisan yg cukup menarik, izin untuk menguraikan di blog saya kembali, semoga bisa menjadi spirit dan ini suatu tantangan yg begitu terasa mudah dan akan terasa sulid di implementasinya

  50. freesharee says:

    sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya. thanks ilmunya.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "6 Alasan Pebisnis Internet Gagal": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy