Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

8 Skill Umum Yang Diperlukan Pada Bisnis Internet

Oleh | Publikasi: November 10, 2009 6:15 am
Panduan 28 Hari Menguasai SEO

Jika sebelumnya kita sudah membahas hal-hal yang dipersiapkan sebelum memulai bisnis internet, kali ini kita akan ngobrol mengenaik skill atau keahlian umum yang sebaiknya dikuasai jika kita ingin serius menjadi pebisnis internet. Saya sangat menyarankan Anda untuk menguasai skill-skill ini, tidak peduli jenis bisnis internet apa yang Anda jalankan, karena mereka sangat mampu untuk mendukung kesuksesan bisnis internet Anda. Mau tahu apa saja skill yang saya maksud?

  1. Kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet. Ini adalah kemampuan dasar yang hukumnya wajib untuk dikuasai. Mulai dari sekedar menggunakan program perambah web, membuat dan mengirim email, menggunakan messenger, menggunakan teks editor, dan sebagainya. Yang bersifat umum deh pokoknya.
  2. Kemampuan berbahasa Inggris. Bagi saya ini juga merupakan basic skill yang sebaiknya dikuasai. Tidak perlu sampai harus bisa ngobrol dengan bule segala, at least, kalau disuruh daftar ke sebuah program luar, gak bingung cara ngisi form pendaftarannya. Salah satu sarana belajar bahasa Inggris yang saya rekomendasikan adalah di sini.
  3. Kemampuan menulis atau copywriting. Sebagian besar bisnis internet akan bersinggungan dengan skill ini. Monetisasi blog (terutama paid review), affiliate marketing, digital product creation, dan sebagainya. Sebuah investasi yang berharga deh pokoknya.
  4. Kemampuan berkomunikasi, baik verbal maupun lisan. Meskipun yang kita hadapi langsung adalah sebuah kotak layar monitor, namun bukan berarti kita tidak berhubungan sama sekali dengan sesama manusia. Bahkan blog monetizing pun ada kalanya menuntut kita untuk mampu berkomunikasi dengan baik.
  5. Kemampuan pemasaran atau marketing. Well, namanya aja sudah ‘bisnis’ internet, ya sudah pasti gak jauh-jauh dari urusan promosi dan pemasaran. Dengan menguasai marketing skill, Anda bisa lebih memahami konsumen Anda dan tahu cara untuk mengembangkan produk dan diri Anda. Dan FYI, ini tidak terbatas pada affliate marketing saja, pada monetisasi blog pun kita bisa menerapkan tehnik-tehnik pemasaran. We’ll talk about this in detail next time.
  6. Kemampuan desain grafis. Tidak mutlak, tapi akan sangat membantu Anda. Setidaknya, Anda tahu cara untuk membuat banner atau header sederhana.
  7. Kemampuan membuat web. Baik menggunakan CMS atau membangun sendiri secara manual, skill ini merupakan salah satu investasi yang berharga. Tentu saja mencakup penguasaan terhadap bahasa HTML, CSS, dan sejenisnya ya. Kenapa? Karena setidaknya jika ada hal-hal kecil yang ingin Anda lakukan terhadap situs Anda, Anda tidak perlu lagi menyewa jasa orang lain untuk melakukannya. Hemat biaya, hemat waktu. Anda bisa belajar mengenai hal ini melalui salah satu produk PanduanDasar.Com, Panduan Dasar Membuat Website *promosi*
  8. Kemampuan SEO. Bukan karena saya menjual produk mengenai SEO, namun penguasaan mengenai tehnik-tehnik SEO merupakan sebuah modal berharga yang akan sangat berguna apabila bisnis internet yang Anda lakukan banyak berhubungan dengan situs web. Sama seperti kemampuan membuat web, Anda juga dapat menghemat banyak biaya dengan meng-DIY-kan proses optimasi mesin pencari terhadap situs Anda.

Silahkan jika ada komentar atau ada yang mau menambahkan :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

115 Responses to “8 Skill Umum Yang Diperlukan Pada Bisnis Internet”

  1. nandin says:

    PERTAMAXXXXX

    ada satu lagi yang kurang Mas Cosa, yaitu KEMAMPUAN KONSISTENSI dan TAHAN BANTING/PANTANG MENYERAH

  2. Satu lagi: “Kemampuan Menipu” he he (bercanda).

    Yah sudah komplit mas. Tambahan ialah kemampuan pada bidangnya atau niche yang dipilih. Jika mau berbisnis tentang properti, ya harus memiliki kemampuan dalam bidang properti. Jika mau berbisnis tentang kesehatan, berarti memiliki kemampuan dibidang kesehatan. Dan sebagainya.

    Kemampuan/skill adalah sesuatu yang mutlak kita miliki. Susah donk? Lama belajarnya? Ya… iyalah. Apa pun perlu usaha. Jika tidak mau capek-capek belajar, bayar saja orang lain.

  3. Metode Baru says:

    Yang Nomor 8 itu mas, yang sekarang sedang saya DALAMI dan ini juga lagi BERGURU sama mas Cosa. Mohon Pencerahannya ya.

  4. pensiun kaya says:

    dari 8 skill umum tersebut, baru setengahnya saja yang saya pelajari :-D harus lebih bekerja keras dan bekerja cerdas lagi nih..thanks to mas Cosa for inspiring

  5. ada satu lagi bro, kemampuan untuk berkenalan dengan IM lain dan saling share ilmu :)

  6. men-DIY-kan maksudnya apa Boss??

  7. Lutvi Avandi says:

    tambah lagi.. Kemampuan untuk menemukan sumber bacaan :D

  8. andi says:

    Bergabung dalam satu komunitas online pada bidang2 yang ditekuni untuk sharing2 ilmu, tambah mantap tuh kayaknya

  9. peremuk says:

    tambahan…kemampuan action!!

    (ini yang paling susah)

  10. mazyayan says:

    lumayan ini buat pencerahan. trims..

  11. waduh saya bahasa inggrisnya kurang nih..

  12. Contoh di atas adalah kemampuan teknis. Hal-hal non teknis juga tidak kalah pentingnya seperti pantang menyerah,sabar,ulet,kreatif,inovatif,fokus,dan hemat. Ada yang mau menambahkan?:)

  13. Makasih banget atas infonya mas Cosa…
    Anda adalah inspirasi banyak blogger Indonesia bahkan diluar negri juga.
    Banyakin dong artikel trick nyari dollarnya.
    Makasih

  14. 8 point di atas sudah cukup mewakili pekerjaan rumah untuk para newbies. jika masih ada yang lain, itu seiring dengan waktu akan terjawab.

    kemaren ada yg tanya ke saya zip code itu apa? padahal dia bilang bisa bahasa inggris… hmm aneh..

  15. spydeeyk says:

    Dan satu lagi yang paling penting.. mau mencoba kali yah.., punya kemampuan ga diamalkan.. wah susah jg.. :D

  16. Sofwan says:

    Pada tahap awal belajar bisnis internet saya kira perlu mencari guru/tempat belajar yang tepat karena jika salah tempat bisa2 malah kena tipu. :(

    Pada akhirnya tujuan utama untuk bisnis internet malah nggak kesampaian dan lebih parahnya lagi munculnya anggapan bahwa bisnis internet itu penuh dengan penipuan.

  17. dari 8 poin itu poin yg jadi momok buat saya sementara ini poin 2 (bahasa inggris), poin 6 (desain grafis) dan 8 (seo). tapi kalo dipersempit lagi sih,, hanya poin 6 ama 8… kalo grafis kan hanya sebagai pemanis blog aja…

  18. om cosa emang mantep postingnya
    gak pelit kalo berbagi ilmu
    thanks banget buat semua tipsnya

  19. hobi basket says:

    di coba satu2 dulu mas maklum msh nubie..trima kasih mas atas ilmu yg telah d berikan, smoga mnghasilkan manfaat bagi yg memberi dan yg di beri

  20. desain grafis paling jengkel..hehe..

  21. bayu mukti says:

    Yang paling penting kalo menurut aq nomer 1, 3 dan 8 :D . lainnya masih bisa diakali :D . contohnya bahasa inggris. pake content writer kan bisa :D hehehe

  22. 8 kemampuan … banyak juga yac Mz … terima kasih infonya … jadi tahu … ternyata tidak sekedar bisa membaca dan menulis saja … manusia online akan terus berjuang … :)

  23. kalo kemampuan tuk PROPAGANDA ?
    heheheheh

  24. blog joss says:

    dari ke 8 saya baru bisa 1 persen aja,masih perlu banyak belajar he he

  25. mortgage says:

    dari 8 skill diatas, kok hampir semua (tidak) ada di sy yah,he he

  26. nandin says:

    kemampuan Market Research, khususnya mencari Niche Market…

  27. ubaidillah says:

    oo ya.. MAs COsa.. untuk bisa dapat informasi2 tentang adsense, cara2 beradsense ala MAs Cosa,, tolong dong informasiinya.. Syukran

  28. Sy suka poin no 5. Ditunggu tuh.

    Mgkn perlu ditambahkan skill mengelola keuangan. Sangat butuh jg.

  29. Makasih kak cosa artikelnya…

  30. DianRibut says:

    wah. . bahasa inggris tuh yang susah bwat saya mass, .

  31. Danny says:

    Wahh Mantabs…. thx mas

  32. 12obin says:

    Pengin cari yang bisa nulis artikel bahasa inggris dalam jumlah banyak dan dalam waktu singkat, ada saran?

  33. Wah makin panas aja ni mas artikel nya..

  34. DianRibut says:

    jalannya kudu mendalami bahasa inggris nieh. .

  35. ismail says:

    yang penting ke delapan skill tersebut harus udah ada semua panduannya di panduandasar.com, awas klo engga :P

  36. duta4future says:

    ok, sip banget nich mas…tapi ada dua lagi yang penting…ACTION+KONSISTEN. Tanpa itu, 8 skill tsb ga akan berguna….

  37. myreflux says:

    saya udah jalankan semua mas tapi masalahnya pendapatan tidak stabil.

  38. dgs says:

    kemampuan birokrasi itu penting sekali.
    kalau udah ngurusin administrasi, verivikasi, khususnya ke bank dan instansi-instansi biasanya lebih rumit dari yang dibayangkan dan orang milih cara cepatnya aja.

    kemampuan menulis ulang, jika gak ingin copy paste.
    untuk nulis bahasa inggris biasanya cari artikel Indonesia, di terjemahin ke bahasa inggris lebih mudah dari pada dari artikel inggris yang ditulis ulang.

  39. maman says:

    wah menarik sekali artikelnya, saya termasuk baru dalam internet, sekali lagi makasih mas… :D

  40. 12obin says:

    Yang saya rasakan nulis artikel bahasa inggris dengan cepat dan dalam jumlah banyak sekali, sehari seratus artikel, mungkin perlu ditulis tip-tipnya disini. :)

  41. SMS massal says:

    Waduh, saya masih lemah banget untuk poin 6, 8 dan 5. Khusus yg nomor 6 parah banget. Kata orang, antara baju dan celana yang saya pakai saja sering warnanya gak matching :D Kayaknya yang no 6 ini yang paling sulit dipelajari ya…

    Kalau yang paling berharga buat saya adalah yg no 4. Soalnya dibutuhkan juga dalam kehidupan sehari-hari.

  42. tech says:

    wedeh ternyata kemampuan gw masih pas pasan, jik kurang akeh ki

  43. hiks hiks … kok susah semuanya ya bos… :)

  44. ridwanessa says:

    kayaknya g ada lg yg bisa saya tambahkan mas…
    uda dibajak smw ama yg laen…
    :D

  45. onalenol says:

    hhhmmmm … yang perlu di tambahkan sepertinya … kemampuan jadi anak muda :D
    CMIIW

    all-softarchive.blogspot.com <<< Free software + Crack and serial …

    sori gan promosi dikit :D

  46. Herry says:

    Bsnis internet emang menggiurkan. Semuanya menggiurkan. Tapi lucunya, meski menggiurkan, masih saja ragu-ragu buat bergabung. Apa karna sering dengar komentar mereka yang gagal menjalankan bisnis di dunia maya ini? Pusing ampe 7 keliling, heheheh

  47. Herry says:

    Tapi saya yakin, kok, dengan ketekunan dan kesabaran, sebuah bisnis akan menuai keberhasilan. Meski itu kudu melalui proses yang lama dan byk minyita waktu dan kocek. Ay sadar, untuk menjadi orang yang sukses emang kudu pengorbanan. Asal jangan mengorbankan nyawa, hahaha…

  48. Adrie says:

    Bagaimana dengan kemampuan biaya koneksi internet Mas? Kok nggak dimasukin kategori diatas? hehehe

  49. Ada lagi mas cosa skill yang harus dimiliki oleh pebisnis online yaitu semangat pantang menyerah.Kalau belum-belum sudah putus asa maka saya rasa gak pantas berbisnis internet.

  50. sentrakantor says:

    pusing mikirin seo mumet ngk ngerti2 ajarrin sy dong pak…..

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "8 Skill Umum Yang Diperlukan Pada Bisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy