Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Internet

Oleh | Publikasi: October 23, 2009 12:01 pm
SEO Complete Guide for Wordpress

Kalau lapisan ozon semakin lama semakin menipis dan mengakibatkan efek global warming, peminat bisnis internet di Indonesia semakin lama semakin menumpuk hingga menimbulkan efek global latah, hehehe. Kenapa saya bilang latah? Karena faktanya, lebih banyak dari mereka yang masuk ke dunia bisnis internet hanya karena ikut-ikutan saja, tergoda oleh iming-iming cepat kaya dan bisa dapet duit sambil ongkang-ongkang kaki di rumah, tanpa mengerti dengan benar seperti apa sih sebenarnya bisnis internet itu sesungguhnya. Sama faktanya dengan data yang menunjukkan bahwa 80% dari orang yang tersambar petir adalah laki-laki.

Hubungan antara petir dengan bisnis internet? Ya, gak ada lah, aya-aya wae. Emangnya kalo kita ikut bisnis internet trus kemungkinan tersambar petir jadi meningkat, gitu?

Pada intinya, untuk memulai bisnis internet butuh persiapan. Tidak hanya bisnis internet saja, segala sesuatu yang kita lakukan perlu persiapan. Nekat bukan berarti tidak pakai otak.

Yuk kita simak terlebih dahulu kisah nyata berikut ini.

Pada tanggal 30 September 1996, sekitar pukul 2 pagi, pasangan suami istri Paul dan Bonnie Stiller terpaksa dilarikan ke rumah sakit Newton Memorial Hospital dengan luka-luka yang cukup parah. Mereka mengalami kecelakaan akibat sebuah dinamit berukuran 1/4 stik meledak di dalam mobil mereka. Loh, kok bisa? Jadi begini.  Alkisah, pada hari itu kedua orang yang tinggal di Andover Township tersebut sedang boring banget alias mati gaya. Biar gak bosen, keduanya memutuskan untuk keliling kota naik mobil. Entah bagaimana ceritanya, di tengah jalan mereka pengen banget untuk menyulut sebatang dinamit — yang kebetulan ada di mobil mereka — dan melemparkannya ke jalan. Mungkin biar kerasa kayak sedang main film action. Nah sayangnya, saat mereka sedang mewujudkan impian sesaat mereka itu dan dengan bersemangatnya melemparkan dinamit yang sudah tersulit, mereka lupa untuk membuka kaca jendela mobil….

Teman, Anda mungkin tidak akan meledak gara-gara kurang persiapan di bisnis internet. Tapi kemungkinan untuk dilarikan ke rumah sakit masih terbuka lebar. Gara-gara stress berat karena banyak modal yang terbuang percuma misalnya.

Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebelum Anda terjun ke dalam bisnis internet:

  1. Pahami 100% pengertian bisnis internet dan macam-macam bisnis internet yang ada. Anda bisa menyimak presentasi pengertian bisnis internet yang sudah saya publikasikan beberapa waktu lalu. Cari juga sumber-sumber referensi lainnya mengenai dasar-dasar bisnis internet. JANGAN cari informasi dari tempat-tempat yang menggembar-gemborkan bahwa bisnis internet itu mudah dan Anda bisa memperoleh penghasilan dari bisnis internet dalam waktu singkat karena kemungkinan besar pemahaman mengenai bisnis internet yang mereka berikan tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan.
  2. Dari sekian banyak macam bisnis internet yang ada, pilih satu yang Anda rasa paling sesuai dengan skill dan sumber daya yang Anda miliki. Untuk cari duit dari blog Anda harus bisa (dan rajin) menulis. Untuk cari duit dari program affiliasi, Anda harus bisa membuat iklan yang menarik dan punya modal untuk beriklan. Untuk berbisnis ebook, Anda harus jeli mencari peluang topik dan menuliskannya. Ingat, pahami kemampuan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memutuskan bisnis internet mana yang akan ditempuh.
  3. Tidak ada bisnis internet satu pun yang bisa dilakukan tanpa mengerti tentang komputer dan internet, jadi, kemampuan untuk menggunakan komputer dan internet secara umum mutlak dibutuhkan. Anda harus tahu cara menggunakan program perambah web, harus tahu cara membuat dan menggunakan email, harus tahu cara membuat situs yang paling sederhana (dengan menggunakan layanan penyedia blog gratis misalnya), dan sebagainya. Lebih baik lagi, bekali diri dengan pengetahuan-pengetahuan yang bersifat teknis, seperti pemahaman tentang bahasa HTML.
  4. In English, please. Seberapa besar kebencian Anda pada bahasa Inggris, hasil optimal dari bisnis internet baru bisa diraih apabila Anda menguasai bahasa Inggris. Setidaknya secara pasif. Baca tulisan saya di sini untuk alasan lebih lanjut.
  5. Miliki rekening bank dan, jika memungkinkan, kartu kredit. Sesuai dengan ketetapan dari Bank Indonesia, untuk mencairkan cek (salah satu metode pembayaran bisnis internet yang umum) Anda membutuhkan rekening aktif di bank dengan durasi minimal 6 bulan. Sebuah lembaran cek sendiri umumnya berlaku selama 3 bulan. Bayangkan jika Anda menerima sebuah cek hasil jerih payah bisnis internet Anda yang pertama, yang akan expired dalam waktu 3 bulan, namun Anda sama sekali belum memiliki rekening di bank mana pun. Jangan remehkan hal sepele ini karena sudah banyak yang mengalaminya. Mengenai kartu kredit, selain untuk alat transaksi, Anda akan membutuhkannya untuk melakukan verifikasi terhadap banyak  media online payment. Salah satunya yang umum adalah Paypal. Untuk alternatif sementara memang Anda bisa saja menggunakan VCC atau Virtual Credit Card, namun cara ini tidak 100% aman karena ada kemungkinan Paypal akan membekukan atau mempertanyakan keabsahan akun Anda dan meminta Anda untuk melakukan verifikasi ulang dengan menggunakan kartu kredit. Untuk membuat kartu kredit sendiri sebenarnya sekarang persyaratannya jauh lebih mudah dibandingkan beberapa tahun lalu. Tapi jika susah untuk diterima, Anda bisa menggunakan sistem deposit yang diperbolehkan di beberapa bank, seperti BCA dan Niaga.
  6. Carilah informasi sebanyak-banyak alias belajarlah dari banyak sumber. Detilnya akan saya jelaskan di artikel mendatang.
  7. Apabila sudah memutuskan untuk mulai action, jika memungkinkan, gunakan alternatif cara yang gratis atau berbiaya murah. Ini untuk menekan kerugian modal apabila ternyata Anda mengalami kegagalan. Dan jangan khawatir, untuk awal kemungkinan gagal sudah pasti besar kok :) Beberapa informasi tool gratisan dapat disimak di sini.
  8. Ingat baik-baik bahwa bisnis internet butuh waktu. Butuh waktu bagi Anda untuk belajar, butuh waktu bagi apa yang Anda kerjakan untuk memberikan hasil. Selain diperlukan kesabaran, diperlukan juga manajemen waktu yang baik. Buatlah jadwal mengenai apa yang harus Anda lakukan dalam kaitannya dengan bisnis internet dan disiplinlah terhadap jadwal tersebut.

Yak, cukup delapan hal itu saja dulu. Silahkan jika ada yang menambahkan, saya gak ngelarang kok :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

86 Responses to “8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Internet”

  1. Robertfel says:

    Setuju sam dengan 8 hal diatas..apalagi yang no 4…satu hal lagi yang penting…Passion! tanpa itu pasti ga berhasil :)

  2. SantosoPutra says:

    Bisnis internet memang butuh persiapan!!
    Buktinya blog saya belum jadi2 padahal dah bertahun2 he… (Dasar org males kalee??)
    Makanya skrg lagi belajar Panduan Dasar ke Mas Cosa

    • Cosa Aranda says:

      buset, masa’ ampe bertahun2 mas :) tinggal pake fantastico jika jadi tuh blog dalam 5 menit, hehehe.

      ayo semangat, pasti bisa!

      • Malik says:

        Mas, mohon dijelaskan apa tuh fantastico dalam hubungan pembuatan blog 5 menit?

        • syamsy says:

          mencoba menjawab :
          kalo bang malik punya hosting dan sudah terdaftar, nanti di cpanel nya ada fitur fantastico, disana cara praktis membuat website tanpa koding, jadi bener bisa jadi dalam waktu 5 menit saja…

          bukan begitu om cosa … :D

      • SantosoPutra says:

        He… iya mas :)
        Punya klien cpt beres tp punya sendiri kok lelet yach, mgkn krn rejekiny lsg keliatan ya.
        Mohon dukungannya moga target 1 bln dah lbh serius bkn skdr OL :)
        minimal lsg pake WP di Fantastico cPanel. Thx

  3. Deddy Andaka says:

    Sudah lama ga mampir ke sini. Sepertinya tampilan baru ini jauh lebih segar. Hehe… btw, saya lebih setuju kalau blog ini langsung ke url utamanya ga seperti sebelumnya pake embel2 blog.
    Mudah2an semangat nulisnya uda balik kayak dulu lagi.

  4. rudy azhar says:

    akhirnya sebagian rahasia itu terungkap sudah,. memang baru 8 yang dibeberkan tapi udah bisa take action bagi yang mau berbisnis di internet…

  5. Ridwanox says:

    wah siap untuk beraksi :D

  6. dody says:

    Mas Cosa, kalo menurut saya bisnis internet itu hampir sama dengan bisnis konvensional lainnya. butuh modal dan waktu. saya melihat banyak orang memulai bisnis internet karena merasa teriming iming dengan cara cepat untuk menjadi kaya dengan cepat dan gratis, sehingga berakibat lebih banyak yang gagal dari pada yang berhasil. 8 hal diatas harus diperhatikan bila ingin memulai bisnis internet, jangan sampai masuk rumah sakit karena stresss, uang habis, waktu habis, yang dapat nol besar.

  7. Jajang says:

    Mantap gan, tapi yg nomor 6 tuh kalo kebanyakan bisa overload juga tuh.

    • Cosa Aranda says:

      itu sebabnya ‘detilnya akan dijelaskan di artikel mendatang’ mas :) karena kalo dijelaskan secara sekilas aja di artikel ini rasanya masih akan rancu.

  8. zen says:

    Betul sekali bos. Gue dah 2 tahun pake blogspot, hanya dpt sekitar $30 dari Adsense. Memang harus disiplin, disiplin dan disiplin posting !!!

  9. caldenni says:

    hoho… bener banget nih… saya juga paling sebal sama yang menawarkan bisnis cepat kaya dengan mudah di internet, si JS misalnya… Padahal kenyataan nya dimana2 (online or offline) bisnis ya sama, harus kerja keras n sabar baru bisa menghasilkan…

  10. caldenni says:

    betewe, sering2 mampir ke ads-id dong om; pada kangen :p

  11. alex says:

    akhirnya…, ada internet marketer/blogger yang mau jujur bilang apa adanya dan tidak hanya iming-iming saja.

    posting yang sangat membuka mata bro..salut

  12. z4ro08 says:

    Betul mas, menjalankan bisnis online ga gampang! semuanya butuh proses dan kesabaran.. Thanks atas infonya

  13. mytheory says:

    mas cosa, ada plan buat ngadain seminar d semarang g? pengen banget dapet pencerahan secara langsung dari pakarnya nih..hehehe
    btw, katanya mas cosa udah mundur dari adsense-id ya?

    • Cosa Aranda says:

      gak ada, kan udah gak jadi pembicara seminar lagi :)

      di adsense-id kan udah lama aku ‘lepas jabatan’ :)

      • mytheory says:

        loh..koq udah g jadi pembicara seminar lagi?
        btw, ak mau tanya dikit2 blh y bro.. hehe :)
        saya punya blog, saya akhir2 ini udah mulai update posting sehari sekali(blog saya umurnya uda hmpr setaun), saya mendapat traffic dari search engine sedikit sekali, hanya sekitar 20-30 visit per hari. Yang saya bingung, sebaiknya saya membuat content yang bisa ranking tinggi dalam SE atau membuat content yang bisa menarik, sehingga bisa membuat visitor kembali k blog saya? waduh, saya pusing ttg hal ini bro..
        kalo ada waktu tolong di bantu.
        Thanks….

  14. Tongkonan says:

    kekurangan saya hanya no 4. :(

  15. hmm dah lama ni gak mampir kesini ternyata dah dibuka ruang komentarnya. (biasanya buka updet pdc). sip cak, memang ada banyak pemula yang butuh baca hal ini, biar ga tersesat. saya dulu jg hampir tersesat, tp untungnya nemu blognya cak cosa ni.

  16. 12obin says:

    Betul, betul, betul. Bisnis di internet enaknya tidak disebut bisnis, tapi hobi aja, biar kalau tidak berhasil, tidak terlalu kecewa

  17. saya kok belum bisa semua ya?

  18. pensiun kaya says:

    saya pernah latah ikut-ikutan Google Adsense setahun lalu, tapi pas udah tembus 100$ malah dibanned ama Google..setelah itu rasa malas menghinggapi saya. Pantang menyerah merupakan salah satu hal yang juga harus kita miliki dalam bisnis online, karena kalau gampang frustrasi, maka ribuan peluang bisa hilang..
    salam

  19. Elsa Sakina says:

    Yup..sama seperti artikel yang pernah saya tulis. Cuma ada poin baru & mungkin belum pernah terpikirkan di sini. nice 🙂

  20. Wah… tulisan keren itu selain bisa diambil pelajaran tersurat darinya, juga bisa diambil LEBIH BANYAK pelajaran tersirat. Ya kayak tulisan ini. :D

  21. Betul semua Cak …. komitmen dengan jadwal dan kesabaran yg saya belum bisa jalankan dengan baik. :))

    Plugin Bookmarknya bagus Cak … namanya apa ya ?

  22. Saya suka kata-kata ” nekat bukan berarti tidak pakai otak” . Saya setuju banget ! Emangnya bisnis internet kayak main ular tangga apa ! gak nyambung ya..hahahah main catur aja pakai strategi, padahal gak ngasilin uang. Giliran bisnis internet malah kebanyakan orang asal ikutan aja, gak pake strategi !

  23. ariska says:

    setiap perjuangan pasti butuh pengorbanan

  24. Pingin kawin says:

    Menurut mas gmana ne, buat blog pake blogspt, 1 contn unik/hari sampai 200 artkl, ga pake link2an, backlink ato blog dummy, cuma daftar search engine aja, bsa ga 1000 visitor/day?..mohon pencerahanny mas cosa…thanks

    • Cosa Aranda says:

      kalo misalnya punya warung makan, makanannya dijamin enak2 + orisinil, tapi warungnya sama sekali gak dipromosiin dan di sekitar warung gak ada tanda / papan warung, kira2 bakal ada orang yg dateng gak? :)

  25. sutrisno says:

    terima kasih bang Cosa atas ilmunya, sangat bermanfaat bagi saya yang awam bisnis…

  26. yang penting pake vcc indonesia.. betul kan Cosa?

  27. yudi says:

    terimakasih infonya mas cosa….bagus banget…saya lagi bangun blog neh….emang susah awalnya….mohon petunjuknya.oya kalo ada waktu mohon mampir ya ke blog saya……trimakasih

  28. karena saya baru memulai.. artikel ini membantu saya banget bang cosa…
    tapi… nomer 4 oh nomer 4 -_-a….
    ohhhhhh bahasa ingrisku dodol…
    ogh nomer 4….

  29. nice…mau mulai bisnis internet nie…mohon petunjuknya…

  30. mantaapp infonya…mau mulai bisnis internet nie…pantau terus nie…

  31. Puyengdotcom says:

    Mas Cosa, gimana caranya jual produk2 amazon supaya laku keras kayak si Mas Habibie itu lhooo..
    Promosi pake adwords katanya udah gak boleh, lantas kalo pake adbrite, manjur gak? cara promosi menggunakan apa yang dibolehkan oleh amazon sekarang? puyeng neh..cari buku panduan khusus ttg seluk beluk bisnis amazon gak ada di pasaran.
    tengkyu beraat sob.

    • Cosa Aranda says:

      bisa pake kombinasi tehnik minisite + seo / ppc

      jadi bikin minisite dulu yg ada link ke affiliate amazon, trus minisite itu yg diiklanin di PPC ato di-seo-in

      • Puyengdotcom says:

        pake yg gratisan, blogspot, kira2 orang pada percaya gak? oh, iya kenapa mas cosa gak buat buku panduan khusus seluk-beluk berbisnis dengan amazon? berguna tuh, pasti laku..mas, tolong review blog saya yg khusus jual produk2 amazon dan tolong kasih masukan, apalagi yg harus saya lakukan. cape2 bikin astore, gak laku…huh! alamat blog saya, dilampirkan di form koment.please.

  32. Terima kasih atas infonya. Semoga cosaaranda.com makin sukses!

  33. ByNaMy says:

    huahh,,baru melek lagi nih di cosaaranda.com
    emang bang cosa yg identik dgn bhasa perumpamaan yg mudah kita cerna dan pahami serta kalem ini ttep orisiniL Lho,,hehe

    Bang, saya dah Laaammmaaa(ga abis2) bgt dah ga prnah “ngulik” lagi jd mau berasa yg namanya Reborn,,
    tapi kyny emang butuh Suhu/Tutor Face2face biar Jelas-sejelas-jelasnya. upz,,sry klo CurComm “CurhatByComment”,,ixixixix
    ada ga yach niatan bang Cosa buka usaha [email protected]
    hehehe,,,best regards

    sukses trus Bang Cosa,,,

  34. TeeR says:

    Wah benar banget 8 hal tsb, ilmunya kena tuh.
    Klo Gitu Belajar banyak lagi deh dari Mas Cosa ^_^

  35. bali Motor says:

    Menggunakan internet harus bijaksana, kadang sering digunakan untuk hal2 yang tidak perlu

  36. Oka says:

    Ayuu om, kutunggu selalu artikel darimu. 😛

  37. abe says:

    info nya menarik bgt,thx mas.masih newbie neh, pgn banget belajar….mohon bimbingannya.thx

  38. […] Internet Makin Banyak di Indonesia.  jadi jangan ragu tuk terjun ke dunia internet marketing Artikel ini saya kutif dari webnya mas cosa Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya dilakukan terlebih dahulu sebelum Anda terjun ke […]

  39. […] sebelumnya kita sudah membahas hal-hal yang dipersiapkan sebelum memulai bisnis internet, kali ini kita akan ngobrol mengenaik skill atau keahlian umum yang sebaiknya dikuasai jika kita […]

  40. yos says:

    mas cosa top dah…
    menurut yos poin nomor 1 tuh yang paling penting..
    pahami sedetil2nya…

  41. ryan_oke says:

    …Poin 5…

    Baru beberapa hari lalu saya melakukan verifikasi PayPal menggunakan rekening bank Indonesia. Tanpa kartu kredit, baik yang fisik maupun virtual.

    Saya catat di sini:
    http://ry.web.id/?p=635

  42. Salam kenal dan sukses selalu buat Bpk Cosa Aranda, semoga dilancarkan semuanya, AAMIIN serta terlimpahkan rejeki yang berberkah.

  43. syamsy says:

    bener banget om cosa …. ,
    makasih atas ilmunya

  44. Mantap webnya bos, designnya simple banget tapi tetap keliatan elegan, tampil dewasa, dan gak bosenin liat templatenya, maknyus banget dah bos, salam kenal

  45. yoe says:

    emg kelihatan kalo udah berpengalaman.
    makasi mas infonya

  46. Eko Prabowo says:

    Yang agak sulit itu di bahasa inggris :D

  47. Sains Blog says:

    Bhs. Inggris ya Om Cosa, waduh, nggak ngerti puguh mah.. hhhe

    saya newbie dan akan terus mencari pengetahuan dari blog anda ini :)

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "8 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy