Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Bagaimana Peluang Bisnis Internet di Masa Depan?

Oleh | Publikasi: November 5, 2009 6:34 am
Panduan 28 Hari Menguasai SEO

Gara-gara ada yang tanya melalui area komentar, saya jadi ingat bahwa pertanyaan berikut ini termasuk dalam jajaran pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh calon-calon pebisnis internet.

Bagaimana sebenarnya prospek dari bisnis internet di masa depan? Apakah masih menghasilkan?

Sebelum menjawabnya, mari kita amati dulu salah satu karakteristik dari bisnis internet yang paling tidak menyenangkan — tidak pasti. Yang dimaksud di sini, jika dibandingkan dengan bisnis konvensional pada umumnya, tingkat ketidakpastian dalam bisnis internet jauh lebih tinggi. Kenapa? Karena faktor-faktor di luar kontrol kita jumlahnya cukup banyak.

Pengen cari trafik dari mesin pencari untuk blog kita? Kok ya udah nerapin berbagai tehnik SEO tapi gak tembus-tembus meskipun caranya udah bener.

SEO udah ok, trafik mulai dateng, eh kok ya server tiba-tiba down.

Server udah up lagi, mulai banyak yang tanya-tanya tentang produk kita, lah gantian sekarang situsnya diserang hacker. Database hilang semua.

Ngandalin program PPC buat gaji rutin, tiba-tiba situs PPC tersebut hilang bagai ditelan bumi dan pemiliknya tidak bisa dikontak.

Dan lain-lain.

Saya yakin yang sudah agak lama bermain di bisnis internet pasti sudah mengalami salah satu di antara masalah-masalah di atas.

Itulah bisnis internet, kawan. Dunia maya. Dunia dimana sesuatu yang sebelumnya terlihat seolah nyata bisa dalam sekejab berubah menjadi fana.

Tahun 2002 dulu, tren bisnis internet adalah PTC dan HYIP. Selanjutnya ada bisnis sebagai penyelenggara game online dengan memanfaatkan e-gold. Satu setengah tahun kemudian, ketiganya hancur lebur. Belakangan, PTC lahir kembali dengan konsep yang sedikit berbeda. Kemudian muncullah paid to surf, banner exchange, paid traffic exchange, hingga akhirnya PPC. Dari keempat itu sekarang hanya PPC yang benar-benar masih bertahan.

Itulah bisnis internet, kawan. Bagai roda. Bisa di atas, bisa di bawah, bisa juga terjebak di retakan jalan dan berhenti berputar.

Berarti kesimpulannya, bisnis internet tidak berprospek di masa mendatang?

Eits, siapa bilang :) Kan belum selesai pembahasannya, hehehe. Nah, sekarang, kita lihat satu karakteristik dari bisnis internet yang paling menyenangkan — tidak terbatas. Yang dimaksud di sini, banyak sekali peluang yang bisa ditemui di dunia bisnis internet, sehingga, jika Anda jeli, maka potensi penghasilan (dan sumber penghasilan) Anda adalah tidak terbatas. Dengan demikian, faktor ketidakpastian di atas dapat teratasi.

Kuncinya klasik, jangan taruh telur Anda di dalam satu keranjang dan ciptakan pintu penghasilan sebanyak-banyaknya. Kesalahan yang umum dilakukan, baik dalam bisnis secara umum maupun bisnis internet, adalah terlena dengan keadaan. Mentang-mentang penghasilan dari satu sumber sudah berlimpah, lupa untuk mengantisipasi jika suatu saat sumber tersebut kering atau tertutup total. Alhasil, stress dan bunuh diri dengan lompat dari pohon tomat, hehehe.

Selain dengan meningkatkan kepekaan diri terhadap pengembangan sumber pemasukan, kita juga harus jeli dalam memprediksi jenis-jenis bisnis internet apa saja yang bisa bertahan lama. Di sini, ada dua tips yang bisa saya bagikan kepada Anda.

  1. Jika berfokus pada bisnis internet yang terdiri dari tiga pihak (advertiser, publisher, broker / perantara), cari jenis bisnis internet yang secara konsep menguntungkan bagi advertiser dan publisher (Anda) secara berimbang. Sebagai contoh, bisnis affiliate dan PPA / PPL (Pay Per Action / Pay Per Lead) merupakan dua bisnis internet yang sangat menguntungkan bagi pemilik produk (advertiser) karena biaya pengeluaran mereka dapat ditekan.
  2. Jika tidak ingin tergantung kepada pihak lain (ingat, kedua contoh di atas, termasuk juga PPC, PTC, dan sebagainya adalah termasuk bisnis internet dimana Anda masih tergantung kepada pihak lain), cari jenis bisnis internet dimana semua kontrol ada di tangan Anda. Misalnya, dengan membuka toko online dan menjual produk digital. Di sini, untung dan ruginya semua tergantung kepada diri Anda sendiri.

Menurut saya, itulah jenis-jenis bisnis internet yang bisa bertahan lama dan berprospek di masa depan. Jadi kesimpulannya, jawaban dari pertanyaan berikut ini:

Bagaimana sebenarnya prospek dari bisnis internet di masa depan? Apakah masih menghasilkan?

adalah YA, BISNIS INTERNET MASIH SANGAT BERPOTENSI DAN SANGAT BISA MENGHASILKAN!

I love you full, bisnis internet :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

84 Responses to “Bagaimana Peluang Bisnis Internet di Masa Depan?”

  1. bisnis internet kedepannya masih sangat cerah terutama online shop

  2. toko online masih cerah kok

  3. Anto says:

    Terimakasih pencerahnnya Om Cosa, jadi makin semangat menjalankan bisnis internet.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Bagaimana Peluang Bisnis Internet di Masa Depan?": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy