Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Branding Instan Dengan Menggunakan Forum

Oleh | Publikasi: February 25, 2010 11:16 pm
SEO Complete Guide for Wordpress

Ini adalah bagian terakhir dari artikel berseri di CosaAranda.Com mengenai online branding. Di artikel lalu, saya sengaja menyimpan pembahasan mengenai forum karena media tersebut sudah saya rencanakan untuk mendapat porsi pembahasan tersendiri di artikel ini. Dan seperti sudah jelas tersirat dari judulnya, kali ini kita akan bergunjing mengenai tehnik pencitraan diri secara instan dengan memanfaatkan media forum. Kenapa justru forum? Kenapa bukan media blog, social media, minisite, maupun microblogging yang sudah disinggung sebelumnya? Jawabannya dapat Anda temui di bawah ini :malu

Mula-mula perhatikan bagan di bawah ini.

Fokus Media Branding

Jika Anda simak baik-baik gambar di atas, maka terlihat jelas bahwa keunggulan penggunaan media forum untuk membangun brand Anda adalah karena media tersebut berfokus murni pada komunitas. Butuh penjelasan panjang lebar tinggi untuk membahas mengapa hal tersebut menjadi penting, namun banyak perusahaan dan individu yang sudah membuktikan, bahwa untuk menjadi sukses, berikanlah sesuatu bagi komunitas Anda (pelanggan maupun calon pelanggan). Yang bermanfaat tentunya, bukan sampah, hehehe.

Satu lagi, forum sudah memiliki komunitas tersendiri, sehingga berbeda dengan media yang lain, Anda tidak perlu bersusah payah untuk membangun komunitas dari awal. Itu sebabnya penggunaan forum dapat menjadi shortcut tersendiri bagi proses brand building yang Anda lakukan.

Meskipun (relatif) lebih mudah untuk membangun pencitraan diri melalui forum, namun titik lemahnya adalah Anda harus melakukan kerja ekstra bagi proses branding produk Anda. Ini berbeda dengan media lain dimana branding terhadap personal dan produk dapat berlangsung secara sejalan. Tapi jangan khawatir, jika personal branding sudah berjalan, maka setidaknya 75% dari product branding sudah turut terkatrol. Yah, jadi sedikit lebih mudah lah jalannya.

Dan jangan lupa, mayoritas individu memiliki sifat fanastime dalam dirinya. Keberhasilan proses branding terhadap diri Anda akan memiliki efek domino terhadap produk-produk yang Anda miliki. Sekali lagi dengan catatan, asal yang Anda tawarkan bukan produk yang tidak berkualitas.

Beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk membangun citra diri Anda di forum adalah sebagai berikut:

  • Kenali terlebih dahulu forum target dan pastikan bahwa komunitas yang ada pada forum tersebut sudah sesuai dengan target pasar Anda.
  • Cari diskusi-diskusi yang topiknya berhubungan dengan produk Anda dan libatkan diri Anda di dalamnya. Yang terpenting di sini bukan mengenai aktif tidaknya Anda nimbrung dalam diskusi tersebut, melainkan bagaimana Anda bisa meyakinkan komunitas forum tersebut bahwa Anda memang memiliki minat (dan pengetahuan) mengenai bidang atau topik diskusi tersebut. HINDARI MEMPROMOSIKAN PRODUK ANDA DI SINI KECUALI JIKA ADA YANG MEMINTA / MENANYAKAN.
  • Tulis artikel atau buka diskusi dengan topik yang berhubungan dengan produk Anda. Sekali lagi, bukan frekuensi yang menjadi acuan, melainkan kualitas dari artikel maupun diskusi yang Anda bangun. Dan sekali lagi, HINDARI MEMPROMOSIKAN PRODUK ANDA DI SINI KECUALI JIKA ADA YANG MEMINTA / MENANYAKAN.
  • Sekali-kali, luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan anggota komunitas yang lain. Kebanyakan forum memiliki folder atau area khusus untuk membahas hal-hal yang bersifat umum, termasuk di antaranya untuk berkenalan dengan sesama anggota forum, berbagi informasi yang menghibur, dan sebagainya. Gunakan area tersebut untuk keperluan sosialisasi. Oh ya, kalimat yang dicetak dengan huruf besar di dua poin di atas tidak perlu saya ulangi lagi kan di sini?

Ngomong-ngomong, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan branding melalui forum? Ini sepenuhnya tergantung dari kepiawaian Anda untuk menciptakan diskusi yang berkualitas, baik dari yang sekedar nimbrung di diskusi yang ada maupun yang Anda bangun sendiri dari awal. Practise always makes perfect, jadi tidak perlu khawatir jika Anda merasa kurang handal dalam hal tersebut. Yang penting adalah terus berlatih dan tetap semangat :newyear

Sebagai catatan penutup, obyek ‘produk’ di atas dapat diganti dengan ‘bidang’ atau ‘topik’ yang menjadi fokus pencitraan diri Anda. Jika ingin dianggap jago SEO misalnya, ya sering-sering aja eksis di diskusi yang berhubungan dengan SEO. Tentu saja, tempat bermainnya juga di forum yang berhubungan dengan SEO, jangan di forum tentang ikan hias misalnya. Lebay itu namanya :alay

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

105 Responses to “Branding Instan Dengan Menggunakan Forum”

  1. tipsnya bagus mas cosa

    • bisnis media says:

      Yg jelas kita tetap harus punya track record prestasi terkait yg bisa dibanggakan dulu, setelah itu mau personal branding pake media apa aja bakal cepat melejit

      Tentu kita gak mau dibilang org yg cuma pandai berteori kan? Harus ada bukti-bukti achievement dulu supaya setiap ucapan kita bisa dipercaya orang. Thanks for sharing..

  2. daniel says:

    nice info nih mas..tapi in other way..sbenernya di forum itu bisa juga salah satu member nya bermaksud tidak baik dan malah mencemarkan nama baik kita sebagai pemilik forum itu..nah kalo itu bagaimana mas?

    dan mas cosa sendiri apa sudah punya forum yang membuat branding mas sendiri? other than adsense-id ya..karena brandingnya adsense-id tidak serta merta mengangkat pamor CA sendiri kan (indirect katrol itu namanya) :maho :sup2:

  3. Badru says:

    Tips yang menarik terimakasih mas cosa

  4. lambang says:

    Oh, githu ya mas. saya baru tahu kalau forum bisa di jadikan cara untuk pengenalan produk kepada anggota komunitas. Tapi tetap satu lagi yang harus diingat seperti kata anda: “HINDARI MEMPROMOSIKAN PRODUK ANDA DI SINI KECUALI JIKA ADA YANG MEMINTA / MENANYAKAN.”
    terima kasih mas atas informasinnya.
    semoga bermanfaat.

  5. mantap gan..
    wah banyak belajar disini nih.. :lapar
    salam kenal yah, sahabat baru nih.. :)

  6. Kupang Boy says:

    Kalau forum yang membahas tentang financial freedom apa ya Gan?

  7. Wah….sebenarnya ini wacana asing bagiku, tapi setelah aku perhatikan dengan tendensi untuk mengenal lebih dalam hal liku-liku dunia bisnis internet, justru inilah yang merupakan jantung sesungguhnya dari apa yang sering disebut orang tentang “bisnis internet”. Tidak seperti yang sesimpel aku bayangkan sebelumnya “kita punya web lalu ada sejumlah produk yang menitipkan iklan lalu kepada kita kemudian mendapatkan imbalan dari itu ” ( maklum, namanya juga pemula he…he…;). :hoax Thank’s mas….infonya, semoga ini merupakan wacana baru bagiku untuk mengenal lebih dalam. :bingung

  8. Amy says:

    Kalau forum yang membahas tentang financial freedom apa ya Gan?

  9. acidjita says:

    jujur…sy termasuk pemula banget ni mas…n pngen ngikuitn jejak mas cosa, punya bisnis online yg solid…so..sy harus memulainya dr mana buat bljr m mas cosa…?thanks bnget…

  10. acidjita says:

    mas cosa..jujur saya pemula bnget..saya pengen bljr dari ilmu mas cosa, punya bisnis online ug solid, saya harus memulainya dr mana…?thanks bnget…

  11. hifni says:

    masih mengexplore ni mas..moga bisa ngikutin :D

  12. agung says:

    mantab gan infonya, siap dipraktekan :cendol

  13. :sup2: tks infonya mas, tak plajari dulu baru coba d terapkan…

  14. gih says:

    yoo. nyari ilmu lagi aku… kalo ada yang pertlu tips adsense silahkan kunjungi blog saya ay…

  15. kerja cerdas says:

    Ma kasih banget mas Cosa atas penjelasannya..Saya banyak belajar dari blog ini.

  16. penchenk says:

    Info yang sangat bagus mas Cosa… Siap untuk dipraktekin dah \m/

  17. Terima kasih tips nya OM Cosa…… :sup2:

  18. Thank you penjelanasannya.
    Sekalian barangkali buat temen2 yang mo belajar marketing.
    Ada produk bagus en sekalian ikut program Save Our Erath dengan mengurangi penggunaan plastik.
    visit : http://www.adipuramandiri.com untuk tau lebih lanjut.

  19. game online says:

    tips nya bagus, lucu dan menarik… namun juga berguna, terima kasih mas..

  20. listya says:

    weh weh weh …

    keren keren…

    :D

  21. Argado says:

    Mantep banget tipsnya ..

  22. Hilman says:

    Personal branding nya nih susah.. hehehe.. :D

  23. Toko Herbal says:

    Alhamdulillah dapat ilmu. Kebetulan baru mau gabung di forum untuk promo produk herbal saya. Terima kasih mas.

  24. Nice share. Sangat bermanfa’at. Terima kasih sudah berbagi tipsnya.

  25. ione says:

    Beneran…… Ga pernah bosen artikel-artikel mas cosa, bener-bener beda ama yang laen :). Teruskan berbagi ilmunya Mas Cosa !!!. Dengan berbagi, kita ngga akan rugi sedikitpun :)

  26. Automaxz says:

    Saya setuju, tempat forum-nya benar2 harus yg spesifik, misal ttg automotive ya sbaiknya mmg exis di forum khusus automotive, kalau di situs general yg hanya memiliki kategori automotive biasanya tingkat”keilmuan” usernya tidak “setinggi” user di forum dng tema spesifik.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Branding Instan Dengan Menggunakan Forum": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy