Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Branding Instan Dengan Menggunakan Forum

Oleh | Publikasi: February 25, 2010 11:16 pm
Instant Internet Business Ideas

Ini adalah bagian terakhir dari artikel berseri di CosaAranda.Com mengenai online branding. Di artikel lalu, saya sengaja menyimpan pembahasan mengenai forum karena media tersebut sudah saya rencanakan untuk mendapat porsi pembahasan tersendiri di artikel ini. Dan seperti sudah jelas tersirat dari judulnya, kali ini kita akan bergunjing mengenai tehnik pencitraan diri secara instan dengan memanfaatkan media forum. Kenapa justru forum? Kenapa bukan media blog, social media, minisite, maupun microblogging yang sudah disinggung sebelumnya? Jawabannya dapat Anda temui di bawah ini :malu

Mula-mula perhatikan bagan di bawah ini.

Fokus Media Branding

Jika Anda simak baik-baik gambar di atas, maka terlihat jelas bahwa keunggulan penggunaan media forum untuk membangun brand Anda adalah karena media tersebut berfokus murni pada komunitas. Butuh penjelasan panjang lebar tinggi untuk membahas mengapa hal tersebut menjadi penting, namun banyak perusahaan dan individu yang sudah membuktikan, bahwa untuk menjadi sukses, berikanlah sesuatu bagi komunitas Anda (pelanggan maupun calon pelanggan). Yang bermanfaat tentunya, bukan sampah, hehehe.

Satu lagi, forum sudah memiliki komunitas tersendiri, sehingga berbeda dengan media yang lain, Anda tidak perlu bersusah payah untuk membangun komunitas dari awal. Itu sebabnya penggunaan forum dapat menjadi shortcut tersendiri bagi proses brand building yang Anda lakukan.

Meskipun (relatif) lebih mudah untuk membangun pencitraan diri melalui forum, namun titik lemahnya adalah Anda harus melakukan kerja ekstra bagi proses branding produk Anda. Ini berbeda dengan media lain dimana branding terhadap personal dan produk dapat berlangsung secara sejalan. Tapi jangan khawatir, jika personal branding sudah berjalan, maka setidaknya 75% dari product branding sudah turut terkatrol. Yah, jadi sedikit lebih mudah lah jalannya.

Dan jangan lupa, mayoritas individu memiliki sifat fanastime dalam dirinya. Keberhasilan proses branding terhadap diri Anda akan memiliki efek domino terhadap produk-produk yang Anda miliki. Sekali lagi dengan catatan, asal yang Anda tawarkan bukan produk yang tidak berkualitas.

Beberapa cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk membangun citra diri Anda di forum adalah sebagai berikut:

  • Kenali terlebih dahulu forum target dan pastikan bahwa komunitas yang ada pada forum tersebut sudah sesuai dengan target pasar Anda.
  • Cari diskusi-diskusi yang topiknya berhubungan dengan produk Anda dan libatkan diri Anda di dalamnya. Yang terpenting di sini bukan mengenai aktif tidaknya Anda nimbrung dalam diskusi tersebut, melainkan bagaimana Anda bisa meyakinkan komunitas forum tersebut bahwa Anda memang memiliki minat (dan pengetahuan) mengenai bidang atau topik diskusi tersebut. HINDARI MEMPROMOSIKAN PRODUK ANDA DI SINI KECUALI JIKA ADA YANG MEMINTA / MENANYAKAN.
  • Tulis artikel atau buka diskusi dengan topik yang berhubungan dengan produk Anda. Sekali lagi, bukan frekuensi yang menjadi acuan, melainkan kualitas dari artikel maupun diskusi yang Anda bangun. Dan sekali lagi, HINDARI MEMPROMOSIKAN PRODUK ANDA DI SINI KECUALI JIKA ADA YANG MEMINTA / MENANYAKAN.
  • Sekali-kali, luangkan waktu untuk bersosialisasi dengan anggota komunitas yang lain. Kebanyakan forum memiliki folder atau area khusus untuk membahas hal-hal yang bersifat umum, termasuk di antaranya untuk berkenalan dengan sesama anggota forum, berbagi informasi yang menghibur, dan sebagainya. Gunakan area tersebut untuk keperluan sosialisasi. Oh ya, kalimat yang dicetak dengan huruf besar di dua poin di atas tidak perlu saya ulangi lagi kan di sini?

Ngomong-ngomong, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan branding melalui forum? Ini sepenuhnya tergantung dari kepiawaian Anda untuk menciptakan diskusi yang berkualitas, baik dari yang sekedar nimbrung di diskusi yang ada maupun yang Anda bangun sendiri dari awal. Practise always makes perfect, jadi tidak perlu khawatir jika Anda merasa kurang handal dalam hal tersebut. Yang penting adalah terus berlatih dan tetap semangat :newyear

Sebagai catatan penutup, obyek ‘produk’ di atas dapat diganti dengan ‘bidang’ atau ‘topik’ yang menjadi fokus pencitraan diri Anda. Jika ingin dianggap jago SEO misalnya, ya sering-sering aja eksis di diskusi yang berhubungan dengan SEO. Tentu saja, tempat bermainnya juga di forum yang berhubungan dengan SEO, jangan di forum tentang ikan hias misalnya. Lebay itu namanya :alay

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

108 Responses to “Branding Instan Dengan Menggunakan Forum”

  1. dafiDRiau says:

    Klo pada forum kita harus benar2 siap

  2. cuma harus siap-siap mental, karena anak forum biasanya lebih kejam dari yang lain (blog, social media atau microblogging). Mungkin karena merasa dalam satu wadah yang sama. Jadinya bisa dengan mudah bicara apa adanya. Suka bilang suka…nggak bilang nggak. :hammer

    Jauh beda dengan blog atau yang lain, yang kadang masih ada unsur “segan” dengan pemiliknya (blog maupun account social media). :malu

  3. Agus says:

    Wah mengelola forumnya yang lumayan ribet mas… Tapi thanks atas tipsnya.. Mantabs..

  4. ‘membuat forum dan mengelola forum??’ aq belum melakukan ini, tapi kok kayaknya ribet ya mas….tapi tips&triknya oke juga…memang harus berakit-rakit ke hulu, berenang kemudian ke tapian:)

  5. Betul…forum potensial buat buka lapak neh..tapi klo dikit aja salah…berabe juga tuh…bakal dilempar :batabig :ngakak

  6. Blog Hardim says:

    pembahasan yang komprehensif tentang internet branding. thanks mas cosa!

  7. Dhany says:

    Bikin forumnya mending setelah setelah punya ‘produk’, atau bener2 dari nol (ga punya personal branding apalagi product branding)? Kalo personal branding dari 0 gw pikir forumnya bakal sepi, mending blog atau microblogging dulu ajah. CMIIW, soalnya blun pernah membangun forum.

  8. mh says:

    kalo nongkrong di mari, berari ikutan branding juga dong?

  9. ikutan branding nih, diforum itu mesti siap secara mental kadang ada yg pro dan kontra…

  10. Hummm, artikel yang berguna sekali ni cak. selama ini saya lumayan jarang aktif di berbagai forum karena memang cukup makan waktu. sementara waktu saya untuk online sangat sempit dengan koneksi yang kembung kempis. makasih tipsnya, akan saya coba. Karena memang saat ini saya memang sedang ingin embangun branding diri saya.

  11. ryanbian says:

    belum nyoba branding ndk forum. Denger kata “kejam” jadi keder.

  12. rullyfp says:

    sambil menyelam minum air ya gan?

  13. Nubie says:

    Permisi Mas…saya numpang lewat aja.

  14. JhezeR says:

    Branding lwat forum ternyata mmg lbh ampuh ya mas…

  15. dewi kirana says:

    walah….aku blum tahu utara selatan.tapi aku coba belajar.mohon bimbingan

  16. dimasangga says:

    kalo berinterkasi di forum emang kudu hati-hati, gak bisa langsung maen nawarin produk aja. Entar bisa kena :batabig

  17. di kaskus.us emang efektif buat online branding :kbgt:

  18. mbahman says:

    saya sudah mulai membuat branding…meskipun masih pemula… :cendol :cendol yang penting tampil dulu.. :malu2 :malu2

  19. Bang Arman says:

    Makasih, Mas.

    Akhirnya…

  20. Ternyata Ada Juga Cara Instant buat branding… :cendol

  21. faris vio says:

    oke.. kalau punya web forum langsung jadi kepala suku.. seep :cendol

  22. Berkunjung menjalin relasi

  23. jeprik says:

    wah…, kayaknya blm siap deh kalo punya forum sendiri. pernah bikin web forum gratisan. ujung2nya malah kelabakan kalo sendiri. harus team work. next year deh..
    :tkp

  24. sirtiman says:

    Doain aja mas moga2 dapet rejeki.

  25. memang mas masih banyak yang nyepam di forum forum…mereka mungkin beranggapan dengan kegiatan “nyepam” itu banyak yang tertarik pada produk mereka….padahal sih..itu salah besar…melah jadi nggak mutu kayaknya kalo kerjaan tiap hari “nyepam” forum orang

  26. Rian says:

    kunjungan pertama saya nie.
    Membangun brand itu memang tak mudah. Mohon bimbingannya, saya baru mau mulai utk terjun ke dunia bisnis online

  27. wah gitu ya Om… langsung ke TKP aja kalau gitu.. (he.. maksudnya ke forum) :tkp

  28. Mr.XXX says:

    Memang forum banyak sekali fungsinya,selain berargumen,juga menambah kenalan,cari info dan banyak lagi,tapi ada juga yang di salah gunakan.Salam kenal om cosa,perdana nih…! :hotrit :kbgt:

  29. anjrot.com says:

    good info thankss…

  30. bani risset says:

    Yup emang betul banget… Apabila di realita saja kita membutuhkan komunitas.

    Tentu dalam pengembangan wawasan didunia maya ini juga kita butuh komunitas yg diwadahi oleh FORUM..

    Bravo Bung Cosa :cendol

  31. thanks infonya pak cosa

  32. sy udah merasakan buzz marketing dampak dari forum adsense-id hehe.. sampai kewalahan nerima pesenan akun GA wwkwkwkwkw

  33. filesraid says:

    wah, seperti nya bang cosa juga morum nih… hehe

    melihat emoticon2 nya, khas banget dengan forum langganan saya juga…

    thx gan atas info nya…

  34. samuel says:

    Mantap infonya. Trims bro.

  35. henrietta says:

    semua ingin suasana saling menghidupkan. jangan ciderai yang suka kehidupan. artikel yang bagus. saya suka karena dapat membangkitkan kesukaan akan kehidupan.

  36. saya sangat berterima kasih atas artikel yang sangat berguna ini

  37. Mbahdukun says:

    Forum memang sangat efktif untuk proses branding, apalagi di forum besar seperti kaskus.us

    :tkp ke TKP dulu ahhh….

  38. Yup, forum merupakan salah satu tools untuk melakukan online branding efektif. Kalo kita apalagi kalo kita aktif sampe ikutan gathering nya segala.

    :bigo:

  39. Baidowi says:

    Lumayan buat referensi, masih awam nih ama yang beginian!!!

  40. Idealnya memang punya produk sendiri bro. Yuuk kita ngebrand … hehehe bikin forum dulu ah. :shakehand2 :shakehand2 :shakehand2

  41. Ricky says:

    Tipsnya oke mas, tapi emang harus siap mental kalo mau ikut nimbrung di forum…lebih kejam :)

  42. marchy says:

    benar juga ya .. jadi kita punya “image” tersendiri jika aktif di forum .. bukan bertujuan hanya untuk mempromosikan produk tapi juga untuk ber-sosialisasi ..

  43. saya udah ikutan beberapa forum, berarti tinggal memaksimalkannya saja nih…

  44. Tampaknya branding pakai forum itu terlalu beresiko.Lebik baik pakai facebook saja.

  45. adey says:

    kalo kita sebagai yang punya website, ini berlaku juga jika kita sebagai admin forumnya yah?

  46. Forum bisa meningkatkan traffic bagi situs kita.

  47. Yudhz07 says:

    Ngomong-Ngomong Income mas Cosa dari internet bussiness
    udh brp digit nih ? :)
    n yg paling gede didapatkan dari sub category Bussiness apa ?

    Thanks
    Regards

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Branding Instan Dengan Menggunakan Forum": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy