Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Cara Mengecek SERP Google Yang Baik Dan Benar

Oleh | Publikasi: December 6, 2011 9:38 am
Panduan 28 Hari Menguasai SEO

Google, sebagai salah satu pentolan di dunia mesin pencari, punya banyak fitur yang membuatnya berbeda dengan para pesaingnya. Masalahnya, sejak Google mulai mengubah algoritma hasil pencarian dan cara kerja mesin pencari mereka menjadi lebih user-oriented, maka mengecek rangking situs kita di Google bukan lagi hal yang mudah. Dua fitur di antaranya, yang turun andil meribetkan kehidupan kita, para pencari nafkah di dunia maya, adalah fitur localization dan personalization. Apakah itu?

Localization adalah fitur Google dimana hasil pencarian dipermak berdasarkan lokasi kita saat ini. Sebagai contoh, apabila kita berada di Jakarta dan kita melakukan googling dengan kata kunci “toko bunga”, maka otomatis yang diutamakan muncul di halaman hasil pencarian adalah situs / informasi mengenai toko bunga yang berada di Jakarta. Dengan demikian, pencarian dengan kata kunci yang sama tersebut akan menghasilkan SERP (halaman hasil pencarian) yang berbeda pula, tergantung dari dimana lokasi orang yang melakukan pencarian.

Tidak bingung dengan banyaknya kata ‘pencarian’ di paragraf atas, kan?

Oke, berikutnya adalah personalization. Di sini, hasil pencarian akan disesuaikan dengan kebiasaan kita dalam ber-googling ria. Banyak parameter yang mempengaruhinya. Misalnya, kata kunci apa saja yang kita gunakan, situs apa yang kita kunjungi, dan sebagainya. Salah satu yang berpengaruh besar terhadap SERP adalah, apabila pada saat melakukan pencarian kita sering mengklik situs A misalnya, maka posisi situs A di halaman pencarian kita semakin lama akan semakin meningkat.

Bagi pemain SEO, tentu sudah sewajarnya apabila kita mencari posisi situs kita di Google, kemudian (atau setidaknya kadang-kadang) mengklik hasil pencarian tersebut untuk sekedar mampir ke situs kita. Kebiasaan ini yang tanpa sadari akan mengubah SERP untuk kata kunci yang bersangkutan. Sayangnya, perubahan tersebut hanya bersifat personal alias fana.

Nah, lalu bagaimana cara mengecek SERP Google yang baik dan benar, sesuai dengan judul artikel ini?

Cara pertama pernah saya tulis di KontesSEO.Info, yaitu dengan melakukan logout dari akun Google terlebih dahulu. Tapi jelas cara ini tidak praktis dan tidak sesuai dengan prinsip kerja cerdas kita, hehehe. Untungnya, ada alternatif cara lain yang lebih simpel, yaitu menggunakan mode private browsing yang tersedia di berbagai browser. Dengan menggunakan mode ini, maka aktivitas kita dalam menjelajah web tidak akan direkam oleh siapa pun. Begitu pula sebaliknya.

Bagaimana cara mengaktifkan mode private browsing ini?

Pada Google Chrome, klik pada ikon Customize And Control Google Chrome yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih New Incognito Window. Alternatifnya, gunakan shortcut Ctrl + Shift + N.

Google Chrome

Pada Safari, klik menu Edit, lalu pilih Private Browsing.

Pada Firefox 4, klik menu Tools, lalu pilih Start Private Browsing (atau tekan shortcut Ctrl + Shift + P). Alternatifnya, klik kotak Firefox warna oranye di pojok kiri atas, lalu pilih Start Private Browsing.

Firefox 4

Pada kotak dialog yang muncul, klik Start Private Browsing. Anda bisa mencentang Do Not Show This Message Again apabila tidak ingin digerecoki kotak dialog yang sama di lain waktu. Nantinya, kotak Firefox yang tadinya berwarna oranye akan berganti warna menjadi ungu. Selain itu akan muncul ikon topeng di sebelah kiri Address Bar.

Pada Internet Explorer 9, klik ikon roda gerigi / gir yang ada di pojok kanan atas, lalu pilih SafetyInPrivate Browsing. Alternatifnya, tekan shortcut Ctrl + Shift + P.

Internet Explorer 9

Pada Opera, klik kanan pada tombol New Tab, lalu pilih New Private Tab.

Sekarang coba bandingkan hasil pencarian di Google untuk kata kunci yang sama antara mode browsing biasa dan mode private browsing. Kemungkinan besar akan berbeda. Bisa jadi situs Anda memiliki penurunan posisi di SERP, atau bisa juga sebaliknya.

Saya pernah mati-matian mengoptimasi suatu kata kunci dan sudah pasrah melihat posisi situs saya yang bahkan tidak tembus rangking 100 besar. Setelah saya cek menggunakan Incognito (saya pengguna Chrome), ternyata situs saya eksis di halaman 1. Wew, jauh banget ya bedanya, hehehe.

Selamat mencoba!

P.S.: Gambar diambil dari http://internoobs.wonderhowto.com/blog/private-browsing-for-firefox-chrome-internet-explorer-0126965/

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

32 Responses to “Cara Mengecek SERP Google Yang Baik Dan Benar”

  1. rerenaldyz says:

    wah bner mas ! :matabelo
    ternyata blog saya belum ke index sama sekali, bahkan urutan ke berapa saya gag tau deh hahaha

    :mewek2 :2thumbup

  2. honeylizious says:

    sama sekali nggak paham serp dan SEO, ahahahha tapi kadang keyword yang digunakan oleh penggugling absurd banget

  3. ilhamsk says:

    oh pantes saja, klo cari keyword tertentu, biasanya yg muncul situs itu mulu di pencarian ane, itu karena sering dibuka. ngaruh juga ya personalization itu. klo orang yg lain buka, apa sama seperti ane ya hasil pencariannya?

    • Cosa Aranda says:

      semua orang beda2, tp ada yg cmn beda dikit, ada yg drastis :)

      kl yg relatif sama hasilnya ya pake mode private browsing itu

  4. Rumah Dijual says:

    makasih untuk infonya gan

  5. supri says:

    kalo ngecek serp pake seoserp.com itu hasilnya akurat gak ya mas cosa? Terima kasih

  6. Eko Yulianto says:

    Info yang sangat bagus mas Cosa, ini yang biasa tidak disadari dan bisa menjebak diri kita sendiri :)
    Tetap semangat berbagi ya….. :)

  7. riza says:

    mas.. saya punya website rambumurah.com kenapa tidak bisa terindex google ya…

  8. muhamad says:

    waww keren sekali artikelnya dan bermanfaat untuk saya dan orang lain…

  9. AISHA says:

    Mas, saya pemula dalam SEO seperti ini, mau nanya ngecek SERP nya tuh gimana ya? minta tolong dong blog saya di kasih review kekurangannya dari sisi SEO apa saja ya mas?.soalnya trafficnya jelek banget. sebelumnya terima kasih banyak.

    • Cosa Aranda says:

      yg paling gampang:

      1. buka google.com atau google.co.id, sesuai dengan bahasa utama di blog / situs yang ingin dicari posisinya

      2. search dengan kata kunci yang ingin dicek

      3. nah tinggal dilihat aja tuh di hasil pencariannya, blog / situs kita ada ato gak. kalo di 3 halaman pertama belum ada, berarti SEO-nya masih belum optimal :)

  10. Abdul Sidik says:

    mas Cosa saya lagi membidik kata kunci Agribisnis, kemajuannya kadang-kadang satu bulan baru bergeser satu langkah saja … mohon masukan langkah supaya lebih efektif.

    • Cosa Aranda says:

      link building yg teratur + high quality content. Cek #kuliahseo di timeline twitter @CosaAranda2010, awal bulan ini pernah aku share tentang dasar2 SEO.

  11. wilydhani says:

    salam kenal mas,saya tau web mas bro dari temen,sy baru tahapan belajar, bagaimana sih caranya memasukan blog kita agar gampang di lihat di google engine..makasih mas

  12. THIS OK says:

    ha.ha..sukur aku kenal web ini..
    persoalanku sama..he.he.
    tapi kadang-kadang tidak pake seo yang bagus cuma adurl di SE..kok blog ku masuk hal no 1 bahkan sampe sekarang..bingung aku, padahal cuma 1 postingan lho..trus lama jadi nomor 1 dihal pertama google dan bahkan di semua server google..tambah bingung deh..tapi asyiklah..

    oia mas cosa..mulai sekarang saya fans postingan anda..
    terimasih..

  13. THIS OK says:

    selain cera di atas..untuk cek serf google..mungkin kita harus rajin-rajin clear histry browsing..bagaiman mas..?

  14. artikel 33 says:

    Wah wah..Gak salah anda punya banyak pengagum dan dijuluki jagonya internet marketing Indonesia..:)
    Makasih mas Cosa..Sekarang sy jadi tau gimana cara cek SERP yg benar…soalnya kadang sy juga bingung..di rumah ada 2 laptop..Tapi..anehnya posisi SERP beda antara ke-2nya hehe..:)
    Ternyata harus pake trik di atas ya..
    Thanks once again…Semoga tambah sukses..

  15. Kalau bedanya sama Clear Recent History pada mozilla firefox apa gan?

  16. obat stroke says:

    mas saya mau nanya, kenapa setiap browser menurut saya kadang ada yang beda ya mas setiap cek kata kunci ? kenapa ?

  17. Sastranesia says:

    wah, udah lama mengoptimasi, baru tau cara yang benar untuk mengecek hasil kita sekarang, terimakasih banyak mas cosa! Sangat membantu :)

  18. Cari Wisata says:

    Kenapa kadang blog saya muncul di Search Engine Google, terus di beberapa hari kemudian bisa hilang ya ??

  19. selama ini cuma clear cookies atau pakai komputer temen :)

  20. obat pembesar penis says:

    Saya binggung blog saya targetkan untuk geografis INDONESIA dan ini sudah saya lakukan dengan penyetelan situs di webmaster tools tetapi yang membuat saya binggung ketika saya mengetikan kata kunci yang saya tergetkan untuk blog saya kok malah peringkatnya bagus di google.com dari pada di google.co.id saya mohon solusinya mas

  21. batik says:

    iyo mas…biasanya sebelum ngecek historynya ta hapusin semua ato kalo ga ane pake browser lain…sekarang ane pake google serp mas…lumayan lah buat tau peringkat web..walo masih di halaman jaooh…wkwkwk

  22. sibb.. makasih atas infonya.. :D :2thumbup

  23. Tidak disangka saya menemukan ilmu hebat disini. Sudah setahun tidak menemukan teknik jitu mengetahui pengecekan posisi SERP ini.

    Thanks a lot of :2thumbup

  24. Bisa uga kayak gitu ya..? Saya coba dulu Gan, izin save page nya dulu ya…! Terimakasih

  25. makasih tips ngecek serp di Google yang baik dan benar mas cosa. ini sangat membantu kita.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Cara Mengecek SERP Google Yang Baik Dan Benar": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy