Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Cerdas Memanajemen Penghasilan Bisnis Internet Ala Cosa Aranda

Oleh | Publikasi: November 13, 2009 6:50 am
Instant Internet Business Ideas

Artikel ini adalah follow-up dari artikel sebelumnya mengenai pengkodisian keterbatasan dana. Bagi pebisnis internet, manajemen penghasilan termasuk hal yang gampang-gampang susah. Kenapa? Berbeda dengan orang yang memiliki pekerjaan tetap, pekerjaan di dunia maya menuntut kita sebagai pebisnis internet untuk terus berinvestasi demi mengembangkan jaringan bisnis internet yang kita miliki. Dengan demikian, kita harus pandai dalam mengatur pemasukan dan pengeluaran kita, agar tidak besar pasak daripada tiang.

Tentu saja, bagi yang sudah mendapatkan penghasilan di atas rata-rata, materi ini tidak diperlukan lagi. Lha wong earning sudah berlimpah, hehehe. Tapi bagi yang masih berjuang merintis dolar demi dolar, saya yakin tips berikut ini akan sangat bermanfaat.

Cekidot.

  1. Di setiap awal bulan (setelah ‘gajian’;), pisahkan dana yang masuk menjadi dua bagian, dengan porsi 1:4. Simpan yang 25% ke dalam rekening tabungan Anda dan gunakan sisanya untuk mengembangkan bisnis internet Anda. Bisa untuk membangun situs baru, meningkatkan skill dan pengetahuan Anda, dan sebagainya. Tentu saja, dana yang dimaksud di sini adalah dana bersih, setelah dipotong berbagai pengeluaran bulanan yang ada serta persiapan kebutuhan selama 1 bulan berikutnya. Intinya, apa pun yang terjadi, usahakan tetap ada dana yang Anda sisihkan untuk ditabung.
  2. Apabila penghasilan sudah cukup besar, Anda bisa memisahkan dana tabungan tersebut menjadi dua bagian. Yang satu disimpan dalam bentuk rekening tabungan biasa, sedangkan yang satu lagi dalam bentuk deposito atau tabungan berjangka. Gunanya agar Anda juga memiliki tabungan masa depan y ang tidak dapat diganggu-gugat.
  3. Untuk dana yang digunakan untuk keperluan pengembangan bisnis internet, fokuskan pada investasi ilmu. Kenapa? Karena investasi ilmu akan membantu mempercepat tercapainya kondisi work smart. Ingat, tujuan akhir Anda adalah untuk bekerja secara smart, bukan  hard. Investasi ilmu juga dapat membantu menghemat pengeluaran Anda di kemudian hari. Percayalah apa kata Rudi, hehehe. Tapi jika Anda belum memiliki komputer dan koneksi internet sendiri, sangat disarankan untuk memenuhinya terlebih dahulu.
  4. Terkadang, lebih cerdas untuk menginvestasikan dana lebih untuk sesuatu yang aman dalam jangka panjang, ketimbang terlalu pelit di awal untuk sesuatu yang tidak bertahan lama. Biaya hosting misalnya. Jika Anda paham cara kerja dan sistem bisnis web hosting (melalui investasi ilmu), maka Anda pasti akan paham juga bahwa hosting yang murah bukanlah hosting yang mampu bertahan lama. Silahkan dicari sendiri deh alasannya :)
  5. Jangan mudah terbuai untuk membeli produk-produk digital yang belum jelas manfaatnya. Jika benar-benar ingin membelinya, cari partner untuk patungan dana agar lebih hemat.
  6. Manfaatkan grup mastermind untuk bertukar ilmu, pikiran, dan bekerjasama, yang pada akhirnya dapat menghemat pengeluaran.
  7. Alokasikan selalu dana cadangan, baik bagi kehidupan sehari-hari maupun bisnis internet Anda. Ingat, bisnis internet penuh dengan ketidakpastian. Server hosting yang Anda bisa miliki bisa saja tiba-tiba meledak dan mengakibatkan hilangnya seluruh situs Anda. Mau tidak mau, butuh biaya lagi untuk membangun situs tersebut kembali. Dan pastinya, akan berpengaruh juga pada penghasilan Anda di bulan tersebut.

Itu dulu deh untuk sekarang. Seperti biasa, silahkan jika ada yang mau menambahkan :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

92 Responses to “Cerdas Memanajemen Penghasilan Bisnis Internet Ala Cosa Aranda”

  1. sama seperti menjadi pengusaha, arus kas kita harus lancar.

  2. Ala saya:

    1. Invest untuk menstabilkan bisnis.
    2. Invest lagi untuk mengembangkan bisnis.
    3. Invest dan enjoy. Perlu kesabaran untuk mulai menikmati hasil bisnis internet.
    4. Invest untuk outsourcing dan mulai memiliki Gaya Hidup… cieee.

    • darknight says:

      Nah, setuju juga buat yang satu ini!
      Tapi habis outsourcing (berarti sistem dah jalan), klo saya biasanya investasi untuk menaruh telur di keranjang lian, mengembangkan sistem baru yang juga profitable :)

        • darknight says:

          Mirip Mas cosa,
          setelah sistem bisnis adsense jalan (udah dioutsource, ada penulis tetap dan orang yang data entry juga) skrg menambah income baru dengan jualan (affiliate) produk2 fisik. Untuk membuat bisnis baru itu berjalan tentunya perlu investasi lagi, nah skrg investasinya ke sana..

          • Haris says:

            Baru belajar adsense (juga belum sukses he :D) tapi udah jalan sih dan menghasilkan. Sekarang pengen belajar affiliate (kaya amazon dan clickbank) misalnya, tapi bingung mo mulainya, ada yang bisa ngajari / kasih tau tempat yang Oke?? Atau mas Cosa ngeluarin / recomendasi tentang Ebook pembelajaran tersebut. Diluar banyak sih cuma belum manteb mo ambil. Ega ada referensi.

  3. Metode Baru says:

    Mantep Bener Tips Nya Mas ;)

  4. pensiun kaya says:

    tips yang mencerahkan..btw, tak ada salahnya juga bila 25% income yang dijadikan tabungan tersebut diinvestasikan dalam instrumen yang tahan bahkan mengalahkan inflasi, salah satunya adalah investasi emas. menabung di deposito sebenarnya rugi mas, bayangkan saja return tahunan hanya 5-6%, belum dipotong pajak 20%, profit bersih hanya 4-4,8 %an, sementara inflasi tahunan rata-rata di negeri ini 10-12% per tahun..jadi uang kita tergerus 8 %an di dposito. kebanyakan orang bilang bahwa nabung di dposito itu tanpa risiko, padahal risiko kehilangan daya beli karena inflasi adalah risiko deposito. jadi, pilihlah instrumen investasi yang bisa menyamai atau melebihi 10% per tahun. apa saja instrumen tersebut? jawabannya bisa dipelajari di blog saya :-) numpang promosi om…

  5. paham? pahaammm juragan!

  6. Ferry Ariyanto says:

    ada yg kurang…
    setelah gajian, 2.5% jangan lupaa….
    ingat saya, eh.. akhirat bro ;D

  7. tabungan. . buat jaga2. . tp ak msh yg ngrintis mass. . :D

  8. aclusa says:

    tapi yg sering menjadi kendala adalah bagaimana konsistensi kita terhadap planning yg sudah kita tentukan. ini godaannya besar.

  9. jangan mudah membeli … kecuali membeli produk dari orang yang memberi tips jangan mudah membeli … :D

  10. Good info…
    Godaan jika sudah punya income stabil adalah keluarkan uang untuk barang-barang konsumtif untuk jaga gengsi katanya…Perlukah? :)

  11. Joni says:

    wah lha kok TUng Desem Waringin and Safir Senduk Wanna Be gini bos :D

  12. febri says:

    numpang lewat mas, sekalian ngabarin cara saya :D
    saya pribadi bagi 1:2:2 :D
    1 buat jajan di kampus
    2 buat nyicil kredit emas murni (ini produk penggadaian.)
    2 buat invest di internet… (yang paling sering si jajan domain sama link :D )

    • Cosa Aranda says:

      kayaknya menarik juga yg nyicil kredit emas murni itu. konsepnya gmn mas febri? pasti menguntungkan?

      • febri says:

        kalo itung2an ekonomi dan logika si pasti untung mas :D, tapi tetep selalu ada kemungkinan faktor X datang melanda :peace:

        kalo konsep asik banget mas :D
        jadi kita pilih mau berapa gram dan mau berapa lama nyicil nya (aku 100 gram selama 1 tahun)
        terus cicil dah :D kalo telat2 dikit, dendanya juga dikit (banget) mas :). denda tunggakan juga gak terlalu gede…
        kalo buat aku pribadi si (mahasiswa malas yang demen ngayal) pas banget mas :D

        • Cosa Aranda says:

          ic.. ini di pegadaian yah? dari semua cabang pegadaian bisa? ato tertentu aja?

          • ismail says:

            semua bisa mas cosa. Nama produknya adalah Murabahah Emas. Saat ini ada juga salah satu bank Syariah yang mengeluarkan produk serupa dengan cicilan lebih ringan. Bahkan ada juga cara investasi emas model kebunemas, pernah dengar mas ? :nerd

  13. Makasih Mas Tipsnya. Kalo saya sendiri sampai saat ini, penghasilan dari internet masih habis untuk invest domain, jadi belum bisa nabung :(

  14. Kang Wawan says:

    Jangan lupa “rezeki titipan dari tuhan” di manajemenkan. Untuk yang membutuhkan :)

    Salam Kenal Mas Cosa,
    Sori baru kenal sama yang namanya Cosa Aranda nih..

  15. ismail says:

    “jika Anda belum memiliki komputer dan koneksi internet sendiri, sangat disarankan untuk memenuhinya terlebih dahulu”

    Keliatannya belum bisa bos, mau infaq ke gw ga :D

  16. Mas Cosa, mo nanya utk point yg urunan dlm rangka bli produk digital. Itu apa ga tmasuk mlanggar ketentuan yg jual produk ya? Klo itu terjadi dgn produk2 mas cosa (pdc) gmn?

  17. Mas Cosa, ini pengalaman pribadi ya? Nggak heran kalau Anda begitu sukses di bisnis online. Salut!!!

  18. 12obin says:

    Setuju mas cosa, dana-dana harus dibuat sedemikian rupa supaya bisa cukup untuk kebutuhan internet dan luar internet, apalagi pengin jajan, jalan2, nonton, dll :)

  19. IwanKus says:

    ngikut saja deh apa kata master…semoga ketularan…
    SUKSES hehehe…

  20. imhar says:

    mungkin artikel ini cocok buat para bujangan yang sudah cukup sukses di bisnis internet yach, buat yang sudah bekeluarga dan cuman pas2an buat biaya hidup sehari-hari (bahkan masih ditutupi sama ngutang) kayak saya gimana bos? Dan lagi perasaan bisnis internet buat pemula penghasilannya gak stabil banget dan waktu terimanya tidak stabil kaya pegawai. Mohon pencerahannya bos, ato mau jadi donatur saya hihihi…

  21. dgs says:

    blog masih kurang dari sepuluh.
    .com nya cuman punya satu, belum diurus lagi.

    kalau gitu mulai sekarang harus kerja keras lagi deh.
    buat blog terus, ayoooooo….

    masalah isi kan bisa outsource. (copy paste, rewrite, dll asalkan ada link, gpp :D sekalian bantu promosi)

  22. Gandhi says:

    Bang cosa ini mantebs bener dagh! Terus bagi pemula seperti ane, gmn untuk memulai Bisnis Internetnya? Dan apa yang cocok bagi pemula seperti ane. Terima kasih. Mohon Pencerahan.

  23. Dicdoks says:

    Tips yang menarik cuma kok dikit banget yach…he3x

  24. yang jelas sih,uang tabungan harus di investasikan,biar terus berputar,bahkan kalo bsa,stiap jengkal dari brang2 yg kt miliki pun kita jadikan penghasilan.hmmm kra – kra bs g ya…

  25. la bg yang satu dolar juga blm pegang,
    apanya yang mau ditabung nih,,

  26. ronigress says:

    mas cosa.ebook gratis untuk google adsense.punya mas cosa ada ga.apa tuh mau donk!!!!
    tks mas cosa

  27. poel says:

    ketinggalan banget gue…baru nyasar ke web bagus ini…muantap artikelnya..

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Cerdas Memanajemen Penghasilan Bisnis Internet Ala Cosa Aranda": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy