Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Coffee Break: 12/11/11

Oleh | Publikasi: November 12, 2011 12:33 pm
Art of Stealing Wordpress Themes

Pengunjung lama blog ini tentu masih ingat dengan seri tulisan Coffee Break. Sekedar mengingatkan, ini adalah tulisan lepas yang terbit tiap akhir pekan, yang membahas tentang aneka topik — bisa tentang bisnis online, motivasi, perkembangan dunia internet, gosip, bahkan masalah pribadi — namun dengan gaya yang lebih santai dibanding artikel-artikel yang terbit di hari lainnya. Itu sebabnya dinamai Coffee Break :coffee: Karena sudah mulai aktif menulis lagi di sini, tidak ada salahnya jika saya mulai hidupkan kembali seri tulisan ini. Setuju? :Yb

Ketika cuti dari dunia bisnis internet kemarin, hampir semua situs pengelolaannya saya serahkan kepada ‘karyawan’. Gak perlu kagum dulu karena yang perlu dikelola sebenarnya juga gak banyak. Maklum, jumlah situs time-sensitive yang butuh dibelai tiap hari hanya sekitar 10% dari keseluruhan situs milik saya. Selain untuk updet rutin, mereka juga saya beri ‘tugas’ untuk mensuplai konten bagi situs-situs eternal yang sedang disiapkan untuk eksis. Sehingga, meski cuti, jaringan situs saya tetap bisa berkembang dan tidak terbengkalai — walau ada juga beberapa yang harus direlakan hilang karena lupa diperpanjang domainnya :(

Di luar situs-situs yang tidak perlu dikelola dan pengelolaannya saya alihkan itu, ada beberapa situs yang masih saya pegang sendiri, yaitu situs-situs yang memang topiknya saya sukai, sehingga untuk updetnya pun tidak banyak makan waktu dan tidak mengganggu mood cuti, hehehe. Salah satunya adalah situs tentang lirik lagu.

Sedikit bercerita, situs tersebut sudah lama eksis, namun selama beberapa bulan terakhir jumlah pengunjungnya stagnan, alias mentok di satu titik. Sudah diutak-atik seperti apa ya tetep segitu-segitu aja. Karena banyak waktu untuk nganggur, saya pun berpikir bagaimana caranya untuk meningkatkan jumlah pengunjungnya.

Keputusan pertama yang saya ambil adalah mengubah cara kerja. Sebelumnya, untuk membuat lirik lagu, saya hunting lagu baru terlebih dahulu di situs-situs MP3 populer, baru kemudian mengunduh dan menulis liriknya. Alur kerja ini saya ubah dengan konsep jemput bola, yaitu dengan bergabung ke forum yang fokus menyediakan lagu-lagu ‘bajakan’. Forum yang saya pilih adalah Lokalicious (lokalicious.3forum.biz) karena kebanyakan staff pengelolanya adalah orang-orang media.

Cara ini ternyata tepat karena kini saya bisa mendapat lagu baru lebih dahulu sebelum ada situs-situs MP3 yang memuatnya.  Apalagi, karena cukup aktif di forum tersebut, saya pun diangkat menjadi momod dan mendapat akses khusus ke lagu-lagu baru. Tidak jarang saya mendapat album baru yang bahkan belum dijual di pasaran. Contohnya? Cari tuh CD album Dygya yang 6th Sense. Saya sudah puas mendengarkannya sejak sebelum lebaran, dan sampai saat tulisan ini ditulis CDnya sama sekali belum bisa ditemui dimanapun :)

Tehnik jemput bola yang kedua adalah dengan membeli CD asli untuk mendapatkan lirik yang lebih lengkap dan lebih tepat (karena ada contekannya). Dengan langkah ini, saya tidak perlu lagi menunggu ada yang menyediakan MP3 bajakannya untuk bisa menulis liriknya. Karena akhirnya punya banyak CD asli, ‘hobi’ membeli CD ini pun saya salurkan untuk membuat situs yang lain, tentang review album musik. Lumayan, jaringan berkembang, earning bertambah, hehehe.

Dua langkah tersebut sayangnya belum maksimal karena banyak kompetitor yang gemar mengkopi lirik-lirik yang saya punya :hammers  Saya pun terpaksa mengeluarkan jurus andalan, yaitu jurus menyembunyikan artikel, hehehe. Untuk lagu-lagu yang MP3-nya belum beredar, liriknya sengaja saya sembunyikan sehingga tidak mudah ditemui begitu saja, kecuali dari mesin pencari. Masalah kopi-kopian pun terselesaikan  :siul:

Ini dia perubahan trafik bulanan yang terjadi sejak saya menerapkan 3 langkah di atas hingga sekarang.

Perkembangan Trafik

Perkembangan Trafik

Untuk grafik trafik yang nge-drop bisa diabaikan karena pada saat itu biasanya ada masalah dengan server. Entah karena ada proses migrasi atau memang sedang down. Maklum, situs padat trafik   :siul:

Moral Coffee Break kali ini? Ah, saya rasa Anda semua sudah cukup cerdas kok untuk menyimpulkannya sendiri  :cystg

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

11 Responses to “Coffee Break: 12/11/11”

  1. afrid says:

    Oh gitu ya mas cosa, saya salah satu orangnya nih yg hobi copypaste blog lirik lagu mas cosa kok. he he…,

    ah, mas ini ternyata gitu ya main sembunyi sembunyiaan yah,
    jadi, selama ini aq cuma kopi sebagian aja yah dari lirik lagu mas cosa…, weleh weleh., mas cosa pintar amat nih, salut deh aku..

    tapi, thanks ya mas.
    ada sedikit pelajaran yg bisa aq petik disini :alay

  2. arul says:

    good sharing mas…angka segitu dlm 1 bulan mas?ckckck…kapan y blog sy bs segitu?? :malu2

  3. darknight says:

    Pertamax!!!! (mudah2an :D )

    Wuaaaa Mas Cosa trafficnya MANTAP! Aku jd baru aja aktif ke dunia bisnis online selama kurang lebih satu taun lebih vakum krn kuliah yang kelewatan sibuknya, tapi ketika balik dan mulai aktif lagi, malah traffic turuuuun padahal selama “ditinggal” (ga ditinggal full sih krn ada “karyawan outsource” kayak mas cosa) Sekarang lg ngusahain supaya naik lagi

    Asyik sekarang Blog mas Cosa ada lagi, jadi semangat setiap buka Google reader lagi :D

  4. owh.. ternyata begitu ya mastah cosa.. pakai metode jemput bola

  5. trisna says:

    Wah mantab bener trafiknya, saya juga lagi cari forum yang fokus ke topik tertentu, klo utk forum film ada yang bagus kayak lokalicious.3forum.biz gak ya? Ada rekomendasi gak mas untuk forum film? :thumbup

  6. Kevin says:

    wah hebat.
    bisa dapat lagu baru sebelum lagu dijual ke pasaran.
    salut :D

  7. rumah dijual says:

    wah hebat banget, terima kasih infonya :)

  8. Han says:

    No Response :(

  9. Wuih….. Traficnya bikin ngiler tuh Mas Cosa, panas aje ye penghasilan Mas Cosa juga bikin Ngiler…hehehe

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Coffee Break: 12/11/11": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy