Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Coffee Break 19/06/10

Oleh | Publikasi: June 19, 2010 9:43 am
Instant Internet Business Ideas

Di Surabaya, menemukan makanan bertema penyet, goreng, atau bakar yang benar-benar enak tidak mudah. Bukannya tidak ada, justru sebaliknya, justru Surabaya lah surga makanan seperti itu. Tidak perlu di restoran mahal, yang di warung pun rasanya cukup nikmat di lidah. Alhasil, berhubung (hampir) semuanya lezat, mendapatkan yang benar-benar lezat bagaikan mencari jerami di atas tumpukan jarum. Dan lucunya, berhubung memang semuanya nikmat, sebagai orang Surabaya, saya malah merasa kuliner-kuliner terkenal yang berasal dari kota pahlawan rasanya biasa aja. Termasuk yang digemborkan sering didatangi artis dan orang ternama sekalipun. Bukan gak enak loh, 7 out of 10 lah.

Lalu jika semuanya bisa bikin perut kenyang dan hati senang (serta duit berkurang), bagaimana caranya agar para pebisnis kuliner tersebut bisa survive?

Tidak usah jauh-jauh, kuncinya sama saja dengan kunci umum untuk sukses dalam bisnis.

Be the FIRST. If you can’t be the first, be the BEST. If you can’t be the best, be DIFFERENT.

Dalam contoh kasus di atas, menjadi yang pertama (first) maupun yang terbaik (best) tidak memungkinkan, sehingga tinggal tersisa satu pilihan, jadilah berbeda (different) atau unik.

Warung Padin di jalan Kranggan dan Bebek Goreng H. Sayekti di dekat STM Pembangunan memperbolehkan kita memilih sendiri daging lauk yang ingin digoreng, sehingga kita bisa memilih porsi yang sesuai dengan mood saat itu. Yang pertama disebut malah buka 24 jam, sehingga kapan pun kita lapar, kita tinggal meluncur ke TKP.

Salah satu warung bebek favorit saya (yang sayangnya sudah pindah tempat entah kemana), meski letaknya di pinggir jalan yang susah untuk dimampiri kendaraan bermotor, cukup laris karena memberikan bonus tetelan ceker dan kepala. Warung penyetan di dekat ruko saya dulu juga melakukan hal serupa, terkadang memberikan bonus berupa tempe penyet kepada pelanggannya, tanpa diminta sekalipun.

Kasus kebalikannya, dari unik menjadi umum atau biasa saja, juga pernah terjadi. Rawon Setan misalnya. Dulu, kuliner ini menjadi ikon kota Surabaya karena buka mulai tengah malam. Namun setelah menjadi terkenal, ia justru buka di jam-jam biasa dan entah kenapa, rasanya menjadi tidak seenak dulu. Kalau yang ini bukan saya saja yang beropini, tapi teman-teman saya yang lain, termasuk yang dari luar kota, turut berpendapat sama.

Dalam bisnis internet, pemikiran serupa dapat pula diterapkan. Pada saat membuat situs web misalnya, dengan jutaan situs yang eksis terlebih dahulu di internet, secara fair hampir tidak mungkin menemukan topik atau ceruk yang benar-benar belum pernah terjamah. So, solusinya hanya satu, BE DIFFERENT. Dan jangan batasi kreativitas Anda karena banyak yang dapat dieksplorasi dari sisi konten sebuah situs web. Mulai dari cakupan materi, cara penyampaian, cara berkomunikasi dengan pembaca / pengunjung, dan sebagainya.

Sekitar dua minggu lalu lalu, salah seorang member PDC berkonsultasi mengenai situs lirik lagunya yang berumur satu bulan (sebut saja situs A) dan baru menghasilkan 50 pengunjung per hari. Secara kebetulan, saya juga memiliki situs lirik lagu yang baru yang usianya malah lebih muda beberapa hari (sebut saja situs B) dan sudah memiliki kunjungan 950 per hari. Dari sisi SEO, tidak ada yang salah dengan situs A tersebut. Pun demikian dengan situs B yang hanya menggunakan tehnik-tehnik optimasi mesin pencari dasar. Namun mengapa hasilnya bisa berbeda jauh?

Jawabannya mudah. Situs A masuk ke niche yang sudah penuh sesak dengan kompetitor, namun tidak menawarkan sesuatu yang berbeda. Sebaliknya, dengan berbekal data mining dari situs lirik sebelumnya, saya tahu apa yang bisa menjadikan sebuah situs lirik baru menjadi berbeda dan eksis, tanpa harus menjadi lebay please, hehehe. Tentu Anda tidak berharap saya akan menceritakan the X Factor yang membuat perbedaan itu, kan? Karena itu adalah “rahasia perusahaan” :) Yang jelas, perlu disadari bahwa terkadang hanya diperlukan sedikit keberanian untuk menjadi berbeda.

Sampai bertemu di Coffee Break berikutnya.

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

34 Responses to “Coffee Break 19/06/10”

  1. udienroy says:

    wah enak nih :D di tempatku ora ana yang kayak getu,

  2. udienroy says:

    paling2 warung bakso yang gak menyegarkan hiks..

  3. Rock says:

    Berani melakukan hal yang berbeda…

  4. Etc News says:

    Biasa karena sudah terbiasa…

  5. Hm… Begitu ya. Jadi memang benar untuk jadi yang pertama dan terbaik dalam suatu hal, apalagi pemainnya dah banyak banget, itu ide gila ya…

  6. jarno says:

    Kalo saiya termasuk berbeda tidak bang CA… masak nama blog koq jarno he he .. :ngakak Jarno ae bang yach….

  7. hehhe, ternyata ada juga mencari jerami diatas tumpukan jarum :)

  8. yudex says:

    ada faktor X nya ternyata :)

  9. 2R says:

    Intinya be different n creatif ya bos. Thx utk pencerahannya :cendol

  10. Fajar says:

    Wah…
    Om menikmati tempe penyet..
    kita nikmatin KRI nih Om…

  11. boleh tau ga nama website_nya apa! hehe.. :)

  12. Dr.Alberto says:

    Kalau Om Cosa ga mau membeberkan rahasia perusahaannya,cukuplah membisikkan aja ke telinga saya :)
    Salam kenal lagi Om,dah dua tahun gak eksis nih,mulai baca2 lagi postingan Om Cosa…mo mulai bisnis yg terbengkalai lagi.

  13. we eat the competition :lapar

  14. Mantabs … luar biasa

  15. Muji Sasmito says:

    ngobrol.in kok sekarang nggak pernah update?

  16. postingan yang sangat inspiratif mas :)
    makasih, salam kenal selalu :)

  17. Ardian says:

    Yup, setuju mas

  18. Ardian says:

    Yup, setuju mas :shakehand2
    Bisnis kita emang harus “be different” klo pengen tetap eksis dan terus maju :cendol

  19. A9YnD1LV3R says:

    Iya betul mas, jadi berbeda. Sama seperti artikel saya di motivasi-sederhana.blogspot.com

  20. arwansp says:

    wis asyik dah datang lagi si om….dpt istilah baru juga nih…menjadi yg pertama, ato menjadi yg terbaik, kalo ga bisa juga, jadi yg berbeda…great idea! thanks om…

  21. Jigen says:

    The factor X alias rahasia perusahaannya pasti mahal sekali…

  22. Konsep marketing sekarang tidak hanya 4P:
    – Product (harus bagus dan punya niche)
    – Price (serendah mungkin, tentunya masih untung)
    – Place (jamannya online)
    – Promotion (bnanyak wadah, misalnya adword yang terbuktui manjur)

    Perlu ditambahkan juga adalah memberikan experience yang berbeda, shg mampu menggerakan customer untuk share ke another people through facebook, twitter dan lainnya.

  23. memang skrg hrs berani melakukan perbedaan..

    bagi2 tips na donk om,,bwt blog saia… :malu

  24. Menjadi berbeda,unik,dan kreatif itu yang dicari orang

  25. reez says:

    hehehe… nice article…

  26. he he,,be different atw sentuhan personal kali yaa mas…?

  27. setyo says:

    jos tenan…mas artikelmu…..

  28. itu dia yang susah om, membuat blog yang beda dari yang lain

  29. berkunjung menjalin relasi

  30. Budy says:

    X faktor itu loh yang mau ane tahu
    beruntung yg jadi sodaranya om cosa
    gak perlu ngejar PNS/jadi markus pajak bisa tajir seumur hidup cuma duduk didepan kompi

  31. Agung says:

    Bagi rekan rekan yang ada di Bali.. mau makan Serabi silakan datang ke Jalan Uluwatu II Jimbaran dekat Nirmala Supermarket Jimbaran.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Coffee Break 19/06/10": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy