Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Di Atas Awan

Oleh | Publikasi: August 13, 2010 1:58 pm
Instant Internet Business Ideas

Pada artikel optimasi blog WordPress beberapa waktu lalu, salah satu tips yang saya sarankan adalah menggunakan plugin W3 Total Cache. Selain karena fitur cache-nya cukup lengkap, plugin ini juga mendukung teknologi Cloud Computing (mereka menyebutnya Content Delivery Network). Dimana, untuk mengurangi beban server utama, file-file yang sering diakses dipindahkan ke server lain. Beberapa perusahaan yang sudah menawarkan layanan ini di antaranya adalah Google, Rackspace, dan Amazon. Dua yang disebutkan terakhir didukung oleh W3 Total Cache.

Berhubung saya memiliki akun AWS (Amazon Web Service), maka saya mencoba untuk mengaktifkan fitur W3 Total Cache tersebut. Dan hasilnya cukup baik. Jika penggunaan W3 Total Cache secara normal hanya mengurangi beban server, pemanfaatan Content Delivery Network juga sekaligus (secara relatif) mempercepat koneksi ke server yang bersangkutan. Setidaknya saya merasakan seperti itu di situs-situs yang saya aktifkan Content Delivery Network-nya. Blog ini termasuk di antaranya. Terasa lebih cepat, tidak? :)

Cara mengaktifkan fitur Content Delivery Network di W3 Total Cache dan menghubungkannya ke layanan Amazon Cloudfront dari Amazon

Langkah pertama adalah menyiapkan akun Amazon Web Service, Amazon S3, DAN Amazon Cloudfront (Anda HARUS punya ketiganya). Anda dapat melakukannya melalui tautan ini. Jika sudah, Anda akan mendapatkan Access Key dan Secret Access Key. Simpan baik-baik.

Aktifkan Content Delivery Network di pengaturan W3 Total Cache pada blog Anda. Jangan lupa untuk memilih opsi Amazon CloudFront pada bagian CDN Type.

Masuk ke menu PerformanceCDN pada Dashboard. Masukkan Access Key dan Secret Key yang sebelumnya Anda peroleh pada bagian Configuration. Selanjutnya, masukkan nama bucket yang Anda inginkan (bucket adalah semacam folder pada server Cloud Amazon) dan tekan tombol Create Bucket. Jika gagal, tekan tombol Save changes terlebih dahulu dan coba lagi. Apabila berhasil, kotak teks pada Replace site’s hostname with otomatis akan terisi. Tekan tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan ini.

Karena proses persiapan bucket membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit sebelum bucket dapat digunakan, tunggulah sejenak. Jika sudah, tekan tombol Test CloudFront Upload untuk mencoba apakah bucket sudah siap atau belum. Jika sudah berhasil, saatnya memindahkan file-file blog WordPress Anda ke server Amazon. Secara berturut-turut, klik tombol Exporting Media Libray to CDN, Upload Include Files, dan Upload Theme Files yang ada di bagian atas halaman pengaturan tersebut. Tunggu sampai masing-masing proses selesai. Fungsinya saya rasa sudah cukup jelas. Yang pertama memindahkan file attachment Anda ke server Amazon, yang kedua memindahkan file-file dalam direktori wp-includes yang sering sekali diakses oleh blog Anda, dan yang ketiga memindahkan file theme Anda.

Oh ya, jangan lupa untuk mencentang Enabled changed file auto upload di bagian Advanced agar perubahan pada theme serta penambahan Media Library otomatis akan diunggah juga ke server Amazon Anda.

Selamat mencoba :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

70 Responses to “Di Atas Awan”

  1. masih awam tentang amazon…. dibaca-baca dulu mas

  2. Sayangnya saat ini baru cintanya sama drupal.. coba pake wp, pasti nyoba ini. :2thumbup

  3. Kalau mau buat account AWS bayar nggak om?

  4. fidi says:

    masih mencoba…. sik bingung soale…

  5. Makasih untuk tipsnya mas…. 🙂

  6. haidar says:

    mkasih tips nyaaa

  7. 2R says:

    Lumayan pencerahannya. Mesti hrs banyak belajar dulu neh

  8. Langsung test ahh… kalo dipikir jadi ringan pastinya yah.. dan apa perlu dicombine dengan wp super cache mas? atau ini menggantikan wpp super chace

  9. Masih baca-baca dulu, soalnya baru beberapa hari ini install di plugin…

  10. sky says:

    Sorry, OOT, kok di footer website ini ada fatal errornya ya?

    Fatal error: Cannot redeclare sendmail() (previously declared in /home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/plugins/wp-responder-email-autoresponder-and-newsletter-plugin/thecron.php:61) in /home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/plugins/wp-comment-auto-responder/functions.php on line 78

  11. Mike Farrel says:

    Wah sangat bagus nih tips untuk meningkatkan kinerja blog,dan pengaturan blog, saya baru dalam blogger tetapi setelah membaca content di blog ini saya lebih termotivasi untuk belajar lebih banyak lagi,thangks informasi diblog ini sangat membantu saya.

  12. Lutvi Avandi says:

    Hihi.. bener juga. Kalau ilmunya setinggi ini kira-kira dari sekian banyak yang komentar siapa yang benar-benar menerapkan ya? :D

  13. Rahmat says:

    wuih CDNnya amazon jauh lebih murah dibanding CDN Softlayer. Om Cosa, perfomanya gimana, mantapkah?

    • Cosa Aranda says:

      mantap bos. kebetulan udah pake hampir 1 tahun buat simpen file produk panduandasar.com. sebulan tagihannya paling2 $5-$10, gak beda jauh ama biaya sewa hosting, hehehe. kalo untuk w3 total cache, satu2nya masalah yg sempat muncul adalah halaman jadi blank ketika dibuka, tapi itu cuman kejadian 2 kali aja dan belum pasti apakah memang cloudfront-nya amazon yg bermasalah ato koneksiku :)

  14. tak pikir tadi judulnya :

    di atas awan maasih ada awan :Peace:

  15. jarno says:

    Untuk yang hosting unlimitted memang W3 total cache lebih baik, cuma untuk space hosting cupet, ampun deh :malu2

  16. […] diklik” tentu dengan acuan peringkat 10 besar seperti hint yg dikasih si Om yang tampaknya berencana punya hosting diawan. Melanjutkan artikel kemarin, sesi Keyword research for SEO akan kita kulik seputar keyword process […]

  17. blogalwafa says:

    nice info,,,tp masih awam nih tentang amazon,,mau belajar ah…
    terima kasih mas infonya :2thumbup

  18. Pengen coba, tapi space hosting terbatas. max cuma 55GB :dead:
    Ada solusi untuk space rendah gak mas?

  19. menurut slh satu blog
    web agan banyak dikunjungi jd ane mau liat2 dulu OCE
    salm kenal W

  20. mangyus says:

    W3 Total Cache sudah saya Install….dan saya aktifkan,…
    Tapi Koq slalu muncul tulisan ini:
    “One or more plugins have been activated or deactivated, please empty the page cache and check your minify setting to maintain the desired user experience. Hide this message”

    Apa penyebabnya yaaa?

  21. Iphin Cow says:

    benar2 master nih om cosa… :2thumbup

  22. bobroyan says:

    ilmu baru,coba ah.matur nuwun mas

  23. ini ilmu buat blogger yang sudah mapan, tapi yang newbie tetep mesti belajar biar kelak jadi mapan juga. betul nggak?

  24. Wah, yang ini kayaknya agak expert nih. tidak ngerti aku akan kegunaan dan fungsinya. entar laen waktu tak coba deh, kerjakan yang laen dulu ah :)

  25. romi says:

    weleh mas .,,
    saya baru kenal dengan amazone
    ya dari mas
    saya belajar lagi dan lagi

  26. wah, boleh juga nich infonya, thanks for sharing yach! :) salam kenal!

    sayang saya belum punya akun AWS jadinya gak bisa nyoba2 dech :D

  27. Yang newbie cukup untuk dibaca utk menambah wawasan :D

  28. Maknyus CDN ni…tarifnya mahak gak yah

  29. darahbiroe says:

    wahh makasih yaw
    numpang nyimak dulu
    disini banyak artikel menarik ternyata heheh
    makasih

  30. mas saya mau nanya dikit.. kalau ping homepage blog kita tiap hari tanpa ada posting artikel baru, boleh nggak mas?

    maaf melenceng dari postnya :)

  31. Kaget says:

    Om cosa emang :2thumbup
    Saya coba ikuti tipsnya

  32. Kurang ngerti nih mas Cosa. Seandainya targetnya pasar lokal dan servernya juga server lokal, trus kalo dipindahin ke server amazon, kan berarti akses dari pasar lokal diarahkan ke server amazon kan itu berarti malah semakin jauh dan bisa memperlambat donk? Bener begitu bukan sih? Mungkin saya yang salah mengerti hehe. Maklum newbie :)

  33. wah nyerah deh aku kalau masalah teknis kayak gini apalagi untuk wordpress, habis udah terlanjur cint seh sama blogspot hehehe :D

  34. Anak SMP says:

    bukan pelajaran SMP neh, ndak ada ya di SMP… he

  35. Sudah install boss di Webite Tanjung Benoa Watersport ini, problemnya sama dengan Mangyus, muncul pesan ” One or more plugins have been activated or deactivated, please empty the page cache and check your minify setting to maintain the desired user experience. Hide this message””

  36. Pemutih Gigi says:

    Wah… itu memang harus dilakukan jika pengunjungnya mencapai puluhan ribu perhari

  37. abdul majd says:

    tip yang berguna sekali mas, tapi kalau pada blog saya sepertinya tidak bisa kali ya :bingung

  38. ebook gratis says:

    hmmm….. infonya bagus klw yg ngerti ttg amazon!! jadi gw mesti belajar dulu nih :malu2

  39. heron says:

    eh iya nih, kbetulan tarikan koneksi saya lagi menyedihkan, banyak image2 website yang ‘robek’. tapi buka halaman ini kayaknya enteng. tipsnya pasti berguna. seandainya saya punya website. hihi.

  40. jangkrik says:

    saya masih bingung ni soal plugin mas.ini saja kebingungan mengatasi sitemap blog saya…
    btw,makasih infonya mas.

  41. nubitol says:

    saking gak ada tempat untuk cloud, jadi gak pernah pake, walaupun cuma tag cloud biasa.
    tapi kalo w3 sih udah dipasang :mewek

  42. mas, linknya udah aku pasang ya di blogku, mohon dicek n link bcaknya.. thx salam kenal :)
    btw, nice info nich, banyak belajar dari sini thx..

  43. gunarto says:

    makasih bos u infonya

  44. Ferry Prima says:

    Kalau blog ini mungkin butuh pakai CDN ya mas. Untuk mayoritas blog indonesia saya yaking belum hehee.

  45. santoso says:

    wah terimakasih infonya mas cosa!!! sangat membantu

  46. dracho says:

    Wah..menarik infonya mas..cocok dengan blog content saya..
    Thanks..
    Oh ya mas cosa…nanya dikit yaa..
    Gimana pendapat mas Cosa jika kita membuat CDN nya di sub domain aja atau menggunakan Google App Engine Aplicatioan..?..Manakah yang lebih baik menurut mas Cosa..

    Thanks berat ya mas Cosa.. :malu

  47. Fatah_Oelah says:

    Thank mas Cossa infonya langsung ke KaTePe :ngacir2

  48. dipecat says:

    thanks mas cosa, saya coba dulu tips diatas..

  49. cara diet says:

    info yang berguna sekali mas, thanks

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Di Atas Awan": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy