Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Don’t Get Scammed and Don’t Be Scam!

Oleh | Publikasi: November 7, 2009 8:57 am
Instant Internet Business Ideas

Ini adalah lanjutan dari artikel minggu kemarin, mengenai tips dalam memilih dan membeli produk digital. Jika pembahasan sembelumnya berfokus pada apa saja yang harus Anda lakukan agar produk digital yang dibeli memang sesuai dengan kebutuhan Anda dan produk tersebut memang benar-benar bermanfaat, kali ini kita akan membahas bagaimana caranya menghindari produk maupun layanan bisnis internet yang dari awal sudah jelas-jelas sulit untuk dipercaya. Loh, emangnya ada yang bakalan daftar kalo dari awal sudah jelas-jelas sulit dipercaya? Masih ingat Agloco, kan? Jika Anda jeli, dari awal konsep yang diusung Agloco sangat TIDAK MUNGKIN untuk diterapkan. Nyatanya, di seluruh dunia banyak sekali yang terjebak untuk mendaftar dan mempromosikan Agloco — termasuk beberapa pebisnis internet kelas dunia. Sampai sempat curiga, jangan-jangan mereka sendiri man behind the screen-nya Agloco, hehehe.

Bagi pemilik dan penyedia layanan bisnis internet, Anda juga bisa memanfaatkan tips-tips di bawah  ini untuk menghindari agar produk dan layanan Anda dicap tidak dapat dipercaya. Ok?

Mari kita mulai. Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan SEBELUM membeli produk atau mengikuti layanan bisnis internet, agar Anda tidak terperangkap dalam produk atau layanan yang memang dari awal tidak berniat baik.

  1. Di situs produk atau layanan yang bersangkutan, pastikan ada info kontak pemilik yang jelas (nama, alamat, no telpon). Coba lah untuk menghubungi nomer telpon yang bersangkutan untuk memastikan bahwa nomer tersebut aktif. Kalau perlu, basa-basi sekalian dengan pemilik produk atau layanan :) Jika memungkinkan, tidak ada salahnya untuk sekalian mengecek apakah alamat rumah / kantor yang diberikan benar-benar valid.
  2. Cek Whois untuk domain dari produk atau layanan yang bersangkutan (saya biasanya menggunakan OneWhois.Com) dan pastikan bahwa info Whois tidak disembunyikan. Lebih baik lagi apabila informasi yang ada di Whois sesuai dengan info kontak yang ada di situs (nama, alamat, no telpon).
  3. Jika layanan yang akan diikuti menggunakan konsep yang berbeda dari konsep yang sudah umum, pelajari terlebih dahulu konsep tersebut dan pastikan bahwa ada keseimbangan keuntungan antara pihak Anda, mereka (pemilik layanan), dan pemasang iklan (jika ada), serta secara logika dan akal sehat, konsep tersebut memang memungkinkan untuk diterapkan. Tidak ada salahnya untuk bersikap pesimis dan defensif di sini karena pada kenyataannya sudah banyak program-program dan layanan yang dari awal bertekad untuk menipu kita.

Yak, cukup tiga itu saja. Jangan lupa, ada kemungkinan bahwa ketiga hal tersebut terdeteksi BELAKANGAN setelah Anda mendaftar. Sebagai contoh, kasus AdOnBanner kemarin. Salah satu alasan saya mengikutinya adalah karena ada info kontak yang jelas dan kebetulan alamat pemiliknya ada di dekat rumah saya (sayang tidak sempat dicatat). Dua-tiga bulan kemudian, info kontak tersebut lenyap, baik yang ada di situs mereka maupun di Whois. Saat itu juga saya sudah memberikan peringatan di Facebook bahwa ada kemungkinan program tersebut akan berubah menjadi scam. Dan terbukti, satu bulan setelah itu kita benar-benar harus mengucapkan i’m sorry goodbye pada AdOnBanner, hehehe.

Terakhir, sedikit pesan bagi pemilik produk dan layanan bisnis internet, sebagai seseorang yang juga memiliki ‘pekerjaan’ yang sama, saya tahu persis bahwa terkadang segala sesuatunya tidak berjalan seperti yang diharapkan. Shit happens, kata orang bule sono. Hanya percayalah bahwa lari dari masalah bukan jalan yang terbaik. Meskipun sulit dipercaya, pada saat kita tetap berdiri dengan ‘jantan’ dan mengakui adanya masalah, banyak dari pengguna produk atau layanan Anda yang akan memahami. Tentu saja dengan catatan Anda jujur dan berusaha untuk menyelesaikan masalah yang ada.

Ketika layanan hosting yang sempat saya jalankan bermasalah karena server yang digunakan juga bermasalah (salah pilih admin), dan setelah segala cara diupayakan untuk memperbaikinya (yang semuanya gagal), saya meminta maaf secara terbuka dan mengembalikan PENUH uang sewa hosting tersebut kepada seluruh klien, meskipun sebetulnya uang sewa tersebut sudah terpotong biaya pemakaian selama beberapa bulan.

Demikian pula ketika CosaAranda.Biz bermasalah. Dari dana yang terkunci di Paypal hingga kesalahan konsep di awal yang bodohnya memang tidak memungkinkan untuk dijalankan dalam jangka waktu lama. Meski sempat vakum selama 1 tahun (atau lebih ya?), sekarang saya sudah berhasil membuka kembali layanan tersebut dengan konsep yang sedikit berbeda namun lebih reliable untuk jangka panjang. Seluruh member lama, baik yang masih aktif maupun yang sudah expired, mendapatkan kompensasi atas masa vakum tersebut.

Well, sekedar dua contoh kasus saja dari pengalaman saya pribadi. Learn from my mistake and avoid yours. Intinya sih, seperti kata D’Masiv, jangan menyerah :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

45 Responses to “Don’t Get Scammed and Don’t Be Scam!”

  1. bener2 guru yg baik (utk saat ini & smoga seterusny :peace: )
    naice article

    • Haris says:

      Setuju @ferry….

      • Benar! Di dunia internet ini banyak sekali penipu, so pasti harus super-duper-hati2. Lebih baik berpikir 10x daripada salah “register” / salah beli. Tapi bukan berarti pula tidak ada penjual yg jujur di dunia internet. Jadi, jangan stereotype/skeptis dgn bisnis2/produk2 di internet. Btw, jika ada “penjual” yg berlaku curang, bisa ditindak dgn hukum/U.U. tertentu gak yah Mas Cosa? tx, best rgds -soeki-

        • Cosa Aranda says:

          jika ada janji secara verbal di sales letter bahwa pembeli PASTI akan berhasil, maka jawabannya YA, bisa dituntut dengan UU perlindungan konsumen.

  2. Metode Baru says:

    Menyentuh sekali artikelnya mas, kebetulan saya juga sebagai salah satu pemilik dari produk digital dengan konsep terbaru, dan beberapa waktu yang lalu juga sempat mengalami masalah dalam hal sisi teknis, yaitu sempat 1 hari web saya tidak bisa diakses, tp ini bukan kesalahan saya lho :D, melainkan saat itu ada gangguan dari server hostingnya. Bisa di cek disini http://lanjut.in/hostingtrobel , imbasnya saya kehilangan data prospek hingga 400lebih, HIKS Hiks . . . Tapi ada hikmahnya juga, sekarang saya jadi RAJIN melakukan Back Up data secara berkala.

  3. jurug says:

    sebagai blogger baru saya sangat terkesan dengan model bisnis yang Anda terapkan, berbagai tips dan informasi anda bagikan dengan lugas.. salut deh buat mas cosa..

  4. nangga noer says:

    bagus sekali artikel mas COSA ini..salute!!!

  5. iphin cow says:

    walau kalah jangan menyerah…………
    angkat gelas kita bersulang…
    (lagunya SID)

  6. pututik says:

    Iya, mas cosa saya kira sudah vakum. baru mampir lagi nih, karena lama dah coba larak-lirik isinya nggak nggenah. Semangat ya mas, bisnis online tetap akan berjalan dengan baik.

  7. pensiun kaya says:

    memang karena kita jarang atau mungkin belum pernah sama sekali bertatap muka, maka transaksi atau kontak online besar kemungkinan punya peluang untuk menipu dan ditipu. Be Scammed or Be a Scammer 🙂 Ini semua kembali pada nurani dan niat awal kita berbisnis online. Bila niat kita adalah mencari profit sambil sharing pengalaman tentunya akan menjadi nilai plus tersendiri bagi kita sebagai pebisnis online. tetapi bila niat kita hanya ingin mendapatkan keuntungan sesaat dengan cara menipu orang lain baik dengan produk yang tidak bermutu dan tidak bisa dipertanggungjawabkan, maupun dengan mencantumkan screenshot yang begitu hiperbolik, maka reputasi kita sebagai pebisnis online dengan sendirinya akan layu sebelum berkembang. Mas Cosa adalah salah satu guru dan inspirator saya di bisnis online yang tidak saya ragukan integritas dan reputasinya..
    salam

  8. assafah says:

    Yuk kita jadi orang jujur dimanapun berada, di dunia onlinekah, offlinekah, whereeverwaelah…

  9. selalu jadi orang jujur. . tergantung hati nurani masing2 n. . .

  10. Iya bener, hati-hati sebelum mengambil keputusan.

  11. jangan pernah menyerah …hadapi semua dengan sportif dan sabar … (he he … sekali2 jadi guru :D ) … terima kash ketiga sarannya Mz…

  12. it dah resik0 di bisnis online.jd hrus super hati2,tiap mau ikut layanan dpahami dlu. . jgn asal samber. . :D

  13. Tidak semua hal bakal mulus dijalani. Yang diperlukan adalah kesabaran dan konsisten

  14. rams says:

    aq juga ikutam Agloco, bener kata abang, tertipu he he!

  15. biasanya orang lain yang scam ttg vcc, saya yang kena getahnya… makanya kalo beli vcc, lewat vcc indonesia aja, atau lewat link afiliasinya Cosa Aranda hehehe..

  16. sewa laptop says:

    bener juga bos.. integritas pemilik program biasanya lebih terlihat dari caranya mengatasi wkt sh*t happens itu tadi..

  17. ismail says:

    “Barang siapa berbuat kebaikan, maka ia akan mendapat kebaikan. Dan barang siapa berbuat jahat maka ia juga akan mendapatkan balasannya.”

  18. Sebagai tambahan, sbelum membeli produknya sebaiknya lihat dulu reputasi dan sepak terjang pembuat produk tersbut.
    Jika memang sudah dikenal luas, pastinya produknya juga bisa dipercaya dan dipertanggung jawabkan. :)

  19. dgs says:

    Makanya tuh iklan gak pernah menyerah, gimana mo menyerah, belom balek modal :D

    semakin banyak orang beli produknya, semakin banyak yang ingin balik modal, semakin banyak yang pasang iklan, yang untung ya broker iklan, pemilik bisnis, dan pemilik blog, dan yang beruntung bisa balik modal dan dapat downline.

    Penyebab kedua, semua orang ingin kaya cepat tanpa kerja, itu sudah sifat manusia, tinggal manfaatin aja, diiming-imingi pasti kena juga :D

    gak semua yang jual e-book jelek kok, cuman 99 % aja yang jelek. :)

  20. 12obin says:

    Di internet ini memang banyak produk yang sebenarnya “kurang” begitu penting. Kadang malah kopi paste, atau hanya edit-edit aja dari produk lain. Malah mungkin nanti, blog ini diedit-edit dikit dan dikemas untuk jadi produk digital, hehe, siapaa tahu :D

  21. ovan says:

    Seperti biasa, artikel Oom Cosa sangat membantu para pemula memahami liar, pekat dan kejam-nya dunia bisnis internet yang bagi sebagian pemula masih dianggap dunia yang penuh dengan “durian runtuh”.

    Mungkin, seiring berjalannya waktu, ketiga poin diatas nanti akan bertambah.

    Saya sendiri belum menemukan tambahan poinnya, namun siapa tahu seseorang nanti akan dapat menambahkannya sehingga para pemula dapat belajar dan memahami terlebih dahulu seperti apakah bisnis internet itu dan mereka dapat terlepas dari jebakan maut.

    terima kasih Oom Cosa.

  22. Karena menggunakan sarana internet dimana orang tidak bertemu langsung, kadang orang yang jujurpun akan tergoda untuk berbuat tidak jujur. Apalagi ada orang yang berpendapat bahwa bisnis online adalah sarana termurah, termudah dan teraman untuk menipu.

    Syukurlah Mas Cosa memberikan tips supaya tidak tertipu, juga mengingatkan untuk menjaga integritas dalam berbisnis online.

  23. Mas di blog ini kok katanya mas cosa scam ya? http://cosaarandapenipu.blogspot.com/
    coba apa ada yang salah dari website ini?

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Don’t Get Scammed and Don’t Be Scam!": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy