Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Empat Bidang Ilmu Yang Sebaiknya Dikuasai Pebisnis Internet

Oleh | Publikasi: January 15, 2010 11:17 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Gak salah nih? Katanya bisnis internet bisa dilakukan oleh siapa saja, gak peduli tingkat pendidikannya atau bidang ilmu yang dikuasainya? Kok sekarang ada empat bidang ilmu yang sebaiknya dikuasai segala?

Yah, saya tidak tahu bagaimana dengan pebisnis internet yang lain, tapi pengalaman selama bertahun-tahun berkecimpung di dunia bisnis internet membawa saya pada sebuah kesimpulan bahwa ada beberapa bidang ilmu yang cukup signifikan dalam menunjang keberhasilan bisnis internet yang kita tekuni. Tak peduli bidang bisnis internet mana pun itu. Mau tahu apa saja keempat bidang ilmu tersebut?

  1. IT / Teknologi Informasi
    Termasuk di antaranya hal-hal yang berhubungan dengan internet dan komputer, baik teoritis maupun teknis, ilmu di bidang IT akan sangat mendukung Anda dalam menjalankan bisnis internet dengan lancar. Sebagai contoh, pengetahuan mengenai cara kerja server hosting, cara menggunakan email, dan sebagainya. Memang tidak perlu terlalu detil secara teoritis, seperti misalnya bisa menjelaskan luar dalam mengenai pengertian hosting (saya sendiri juga bingung kalau disuruh menjelaskan secara teknis), tapi setidaknya tahu gambaran arti dan cara kerjanya. Kekurangan di bidang IT ini biasanya akan dapat menghambat proses praktek bisnis internet yang kita jalani. Kalau memang masalahnya berat sih ya wajar, tapi kalau terhambat cuman gara-gara masalah yang sebenarnya sepele tapi terlihat berat karena ketidaktahuan belaka, kan ya buang-buang waktu namanya.
    Untuk bidang ilmu ini, kunci penguasaannya adalah banyak praktek dan banyak bertanya. Beli buku panduan teknis sah-sah saja, asal dipraktekkan.
  2. Manajemen
    Meskipun banyak cabangnya — manajemen bisnis, manajemen kerja, manajemen diri, manajemen dana, manajemen waktu, dan sebagainya — namun inti dari ilmu manajemen selalu sama. Dan seperti sudah terlihat dalam contoh cabang yang saya tuliskan, saya yakin kebanyakan setuju bahwa ini adalah ilmu yang cukup penting untuk dikuasai karena berkaitan erat dengan pembentukan sistem kerja cerdas. Sudah lupa belum pembahasan-pembahasan mengenai sistem kerja cerdas yang pernah kita bahas tahun kemarin? :)
  3. Bisnis dan Pemasaran
    Meskipun kebanyakan buku dari ketiga bidang ilmu di atas (sengaja saya jadikan satu poin karena serupa tapi tak sama) berfokus pada kasus-kasus di dunia offline, tapi sebenarnya banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan kita terapkan di dunia online. Asal kita jeli tentunya. Dan faktanya banyak sekali tehnik pemasaran, baik untuk blog maupun produk, yang saya terapkan berdasarkan buku-buku bisnis dan pemasaran offline. Afterall, business is business, kan? Mau offline, mau online, ya tetap bisnis namanya :)
    Untuk awal, buku seri 9 Elemen Marketing dari Hermawan Kartajaya adalah yang saya sarankan. Setelah itu bisa dilanjutkan ke buku-buku aliran creative marketing karena saya termasuk yang percaya (dan sudah merasakan sendiri hasilnya) bahwa kesuksesan dalam hal pemasaran adalah bagaimana kita melakukannya dengan cara yang berbeda.
  4. Psikologi
    Bagaimana cara melakukan pemasaran yang berbeda dengan cara yang umum dilakukan? Kuncinya ada di ilmu psikologi. Namun berhubung saya tidak betah baca buku yang terlalu banyak tulisannya, saya lebih banyak belajar masalah psikologi dengan mensimulasikan sifat penjual dan pelanggan di diri saya. Karakteristik pengunjung atau pelanggan yang sudah ada juga menjadi masukan yang cukup berarti. Sebagai contoh, kenapa tidak ada garansi uang kembali di produk-produk PanduanDasar.Com? Karena secara psikologis, pernyataan tersebut menandakan bahwa saya selaku pembuat percaya dan yakin pada kualitas produk yang bersangkutan sehingga pelanggan pun juga akan memiliki kepercayaan terhadap produk tersebut. Memang tidak kebanyakan orang dapat menangkap maksudnya (ada yang menganggap no guarantee sebagai bentuk dari pelepasan tanggung jawab), tapi seperti sudah pernah saya tulis dalam tips memilih produk digital, produk digital apa pun yang kita beli tidak akan berhasil kita terapkan apabila kita tidak memiliki kepercayaan terhadap produk maupun pembuat produk yang bersangkutan :)

Bagaimana pendapat teman-teman sekalian? :)

PS: Sudah ada yang memperhatikan kalau ada yang baru di bagian Sidebar yang bikin Anda GAK RUGI kalau komentar di blog ini?

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

195 Responses to “Empat Bidang Ilmu Yang Sebaiknya Dikuasai Pebisnis Internet”

  1. mantep banget sih, yg paling sulit dan jarang dipunyai adalah faktor psikologi

    • tech blog says:

      baru tahu juga kl ilmu psikology itu untuk dunia bisnis online. tapi yang pasti kl psikology untuk marketing membangun jaringan pelanggan untuk selalu menyukai produkny

  2. nurdianto says:

    setuju mas cosa..memang setiap bi snis online kalau tidak didasari dengan ilmu tsb lama suksesnya,makanya saya juga belajar terus nih,biar bisa nyaingi mas cosa,he..he..(bercanda mas).

  3. Idil says:

    Sipp… nih klo di laksanakan

  4. bahman says:

    selain ilmu2 diatas yang perlu dibutuhkan adalah hard work and smart work dan selalu berdoa.

  5. no.or says:

    mantep bang ilmunya… ditmbah dengan ketekunan dlm menjalani proses tentunya,
    :nerd

  6. Aku setuju banget mas…memang agak mustahil juga terutama tak tahu ilmu dasar IT, bisa juga mungkin tapi harus belajar dulu, dan waktunya lama..

  7. Wuihhh… ini dia pembahasan oke. Sudah pasti seorang pebisnis musti menguasai 4 hal tersebut. Tapi kurang bang… EQ perlu juga. Seorang pebisnis harus punya motivasi lebih. Thanl’s

  8. Betul. Hanya saja, dalam kasus saya, ada hal yang selama ini sangat menghambat untuk bisa menekuni bisnis internet.

    Untuk IT, secara teknis memang iya, itu termasuk hambatan bagi saya. Cuma sampai taraf sekarang ini saya menganggap hal itu bukan masalah besar karena toh buktinya saya bisa utak-atik beberapa web, mengustomisasi, dsb dsb.

    Sementara masalah manajemen, bisnis dan pemasaran atau psikologi, bukan persoalan yang memusingkan. Bahkan masalah psikologi (komunikasi) saya sangat menyukainya dan karenanya menganggap hal itu bukan masalah besar untuk terus dikenyam.

    Yang membikin saya pusing justru adalah ilmu bisnis internet-nya itu sendiri. Mulai dari yang pelik (bagi saya) mengenai berbagai bentuk dan jenisnya sampai hal sederhana seperti cara pembayaran, semuanya membuat saya merasa sangat tua untuk menekuni bisnis internet. Huh, benar-benar membuat saya semakin botak…

    Ketika saya mencoba memahami apa itu afiliasi misalnya, eh tahu-tahu diberitahu teman “jangan terlalu asyik di sana… begitu kena banned google, mampus loe…” Krompyaaang!!!… haduh-haduh… dan terus saja bermunculan istilah-istilah baru yang semakin hari semakin membuat mata ini tidak bisa terpejam nyenyak.

    Karena saya sendiri sulit merumuskan apa sebenarnya yang saya tidak paham itu, apalagi mempraktekkannya, maka selama ini saya hanya bisa menjual “omongan” di web saya. Omongan saya memang laku, tetapi kalau saya harus omong terus-menerus, kapan saya bisa baca-baca web menarik seperti web ini misalnya. Padahal saya punya mimpi juga bisa seperti kalian-kalian yang bisa ongkang-ongkang menunggu rekening kemasukan uang hanya dengan tempat iklan ini dan itu…

    Kalau soal pengunjung ke web saya, ya barangkali memang tidak banyak untuk ukuran Anda semua yang sudah KAKAP di dunia bisnis internet. Tetapi untuk saya yang pemula, tiap hari kedatangan tujuh ribuan klik (page-view) dengan “bonus” puluhan pertanyaan yang musti saya jawab, sangat membuat repot memikirkan bagaimana membayar tagihan hostingan setiap bulan, dan semakin membuat keriput kulit di dahi (yang seharusnya memang sudah keriput karena usia tua, hahaha).

    Ya Allah, datangkanlah petunjukMu melalui siapa saja yang bisa memberi saya penerang. Kalau itu adalah Anda (pemilik maupun pengunjung web ini), semoga Tuhan memberkati kalian selama-lamanya. Amien!!!

  9. Mantaaap bila seorang pebisnis internet bisa menguasai semuanya. Makasih infonya.. :)

  10. Idealnya pebisnis internet seperti yang bapak jelaskan, tapi butuh waktu dan kesabaran yang lebih pak. Makasih infonya pak. :)

  11. okeh dahhh, ane siap tempur…… targetr 3 bulan ke depan, udah menghasilkan….

  12. Arvian says:

    wah betul tuh, ditambah semangat pantang menyerah dan siiip,,,, thanks infonya yang sangat membantu

  13. Wah makin dibaca makin terlihat betapa masih jauh ilmu saya di bidang ini mas . .Tapi mau tetap berusaha . .Toh ngeblog itu juga hobi saya,tapi mau juga kalau bisa menghasilan

  14. Ya benar saya sependapat dengan 4 hal tersebut.Karena saya sendiri sudah mulai kenal bisnis online sekitar 3 tahun . Namun baru satu tahun terakhir ini fokus dan serius. Tapi menurut saya ada satu lagi faktor yang penting, yaitu Bahasa Inggris yang baik terutama bahasa inggris bidang IT. karena semua script pasti pake bahasa inggris.

  15. MigKa says:

    terimakasih artikelnya, tetapi saya masih bingung nih tentang bisnis online

  16. jhen says:

    saya udah 1 tahun lebih mulai coba2 bisnis di internet, hampir semua jenis bisnis online dicoba, dari mulai PTC,MLM,Arisan berantai dan sekarang terakhir mulai nge-blog.
    saya pikir IT lah yang harus saya fokuskan sekarang untuk bisa lancar nge-blog nya, siapa tau blog saya bisa jadi no.1 di google diatas blog nya mas cossa. hehehe…

  17. some map says:

    makasih pak infox, mesti hrs lbh sbr neh biar sukses

  18. Tofik Online says:

    waw keren ni bang artikelnya, bisa memotivasi saya untuk menguasai 4 kriteria di ats….
    mksh udah berbagi…. :thumbup

  19. cahyo says:

    siip …. tips yang bagus dan memang masuk akal , satu lagu bang cosa agama karena dengan agama yang baik tentu semakin mantaps…

  20. anak paud says:

    keren pak…xie2 ilmunya…berguna sekali…meskipun saya cuma punya blog, tapi saya bangga…hehehe…saya seorang pendatang baru di dunia paud. mohon bimbingannya pak… sukses..

  21. Argado says:

    Widih, mantap om ..
    mana comment2nya berbobot semua lagi :toast

  22. Ilmu lainnya yaitu ilmu menghayal boss…menghayalkan pengen bisnis apa dan gimana caranya memarketingkan sesuai dengan trend yang berkembang di dunia online.

    Salam kenal dari Bali

  23. Mantap………
    Berbobot… :D

  24. Bagus Oom, ikutan belajar ya.

    Salam kenal

  25. setuju mas cosa..selain hal diatas ada satu lagi mas cosa yg perlu dilakukan berdoa , bekerja kerasdan jgn lupa bersedekah.

  26. cari uang says:

    sip, jadi sedikit tau mas cosa.

  27. cerita lucu says:

    wah bos keempat skill diatas bukan bidang saya.. tapi tetep saya mau bisnis online… gimana dong.. tolong dibantu yah

  28. JUN says:

    yupz, berpikir dengan cara berbeda :toast

  29. Suprianto says:

    Panduan yang bermanfaat buat saya yang baru belajar.

  30. Tipsnya manstap. Sukses terus mas

  31. kuncinya belajar terus dan Action, belajar dari pengalaman

    Thanks, Bro

  32. satu lagi mas,….
    konsistensi ..hehehe

  33. Artkelnya keren neh bro.saya sangat terbantu karena memang lagi cari artikel ini, berkunjung balik ke blog ku donk kalau berkenan

  34. Aneka Berita says:

    Kata kunci untuk yang nomor 2. Manajemen itu gimana ya mas? Maklum masih pemula neh. :thanks2 :sungkem

  35. LEONAL says:

    OOO gitu tah.. nah kalok qita gak bisa mengusa ILMU ILMU TERSEBUT. apakah qita tidak bisa bisnis online OM??

  36. Eko Prabowo says:

    Berarti mesti kuliah di 3 jurusan sekaligus yah mas :malu

  37. Mantabb Artikelnya mas.

  38. blogmagis says:

    4 jurus yang mantap. Sebaiknya saya kuasai.

  39. hazmi says:

    benar juga tu. tapi kayaknya jual beli itu lebih menguntungkan. tapi aman gak ya kalau lewat online?

  40. sukaiman says:

    mas aku lagi belajar bisnis internet.
    baru satu blog yang di buat.
    mohon sarannya mas

  41. Hery says:

    Wah..ternyata bisnis internet itu gak mudah ya mas..musti menguasai 4 ilmu di atas..Oke dech…thanks artikel-nya mas cosa..sangat berbobot n bermanfaat buat kita yang nyubi…Salam hormat..Jujur saja Anda idola saya..

  42. makasih sudah mau bagi ilmu

  43. Anas says:

    Terima kasih mas ilmunya. Sy lagi mencoba coba

  44. dailykuyang says:

    nambahin satu lagi master, IMO bidang bahasa juga harus dikuasai. khususnya inggris.

  45. Bang Cosa, saya setuju, rekan saya punya produk, dia perlakukan toko online nya bak toko offline, lengkap dengan 3 customer service, sistem inventory yang update, inves iklan dan boomm, omzetnya tembus Rp.9M setahun…. omzetnya melebihi 6 toko offline nya. Trima kasih sudah sharing. Sukses untuk Bang Cosa (sang Senior)….

  46. zizoe says:

    hehehe mantaps emang agan yg satu ini,, simple tp mantaps berisi bgt,, mksh atas inpoh nya

  47. news says:

    kompeks jga ya, ilmu yg kudu dikuasai

  48. agoenk says:

    Kyknya mesti bnyak belajar lg nih…. artikel2 di blog ini mantap… jd sdikit pncerahan…

    Thanks mas Cosa,…

  49. nasrul says:

    wah.. ada juga ya ilmu-ilmu gitu. mesti banyak belajar dr mas cosa aranda.

  50. manajemen yg masih sulit saya kuasai :) :beer:

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Empat Bidang Ilmu Yang Sebaiknya Dikuasai Pebisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy