Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Empat Bidang Ilmu Yang Sebaiknya Dikuasai Pebisnis Internet

Oleh | Publikasi: January 15, 2010 11:17 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Gak salah nih? Katanya bisnis internet bisa dilakukan oleh siapa saja, gak peduli tingkat pendidikannya atau bidang ilmu yang dikuasainya? Kok sekarang ada empat bidang ilmu yang sebaiknya dikuasai segala?

Yah, saya tidak tahu bagaimana dengan pebisnis internet yang lain, tapi pengalaman selama bertahun-tahun berkecimpung di dunia bisnis internet membawa saya pada sebuah kesimpulan bahwa ada beberapa bidang ilmu yang cukup signifikan dalam menunjang keberhasilan bisnis internet yang kita tekuni. Tak peduli bidang bisnis internet mana pun itu. Mau tahu apa saja keempat bidang ilmu tersebut?

  1. IT / Teknologi Informasi
    Termasuk di antaranya hal-hal yang berhubungan dengan internet dan komputer, baik teoritis maupun teknis, ilmu di bidang IT akan sangat mendukung Anda dalam menjalankan bisnis internet dengan lancar. Sebagai contoh, pengetahuan mengenai cara kerja server hosting, cara menggunakan email, dan sebagainya. Memang tidak perlu terlalu detil secara teoritis, seperti misalnya bisa menjelaskan luar dalam mengenai pengertian hosting (saya sendiri juga bingung kalau disuruh menjelaskan secara teknis), tapi setidaknya tahu gambaran arti dan cara kerjanya. Kekurangan di bidang IT ini biasanya akan dapat menghambat proses praktek bisnis internet yang kita jalani. Kalau memang masalahnya berat sih ya wajar, tapi kalau terhambat cuman gara-gara masalah yang sebenarnya sepele tapi terlihat berat karena ketidaktahuan belaka, kan ya buang-buang waktu namanya.
    Untuk bidang ilmu ini, kunci penguasaannya adalah banyak praktek dan banyak bertanya. Beli buku panduan teknis sah-sah saja, asal dipraktekkan.
  2. Manajemen
    Meskipun banyak cabangnya — manajemen bisnis, manajemen kerja, manajemen diri, manajemen dana, manajemen waktu, dan sebagainya — namun inti dari ilmu manajemen selalu sama. Dan seperti sudah terlihat dalam contoh cabang yang saya tuliskan, saya yakin kebanyakan setuju bahwa ini adalah ilmu yang cukup penting untuk dikuasai karena berkaitan erat dengan pembentukan sistem kerja cerdas. Sudah lupa belum pembahasan-pembahasan mengenai sistem kerja cerdas yang pernah kita bahas tahun kemarin? :)
  3. Bisnis dan Pemasaran
    Meskipun kebanyakan buku dari ketiga bidang ilmu di atas (sengaja saya jadikan satu poin karena serupa tapi tak sama) berfokus pada kasus-kasus di dunia offline, tapi sebenarnya banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan kita terapkan di dunia online. Asal kita jeli tentunya. Dan faktanya banyak sekali tehnik pemasaran, baik untuk blog maupun produk, yang saya terapkan berdasarkan buku-buku bisnis dan pemasaran offline. Afterall, business is business, kan? Mau offline, mau online, ya tetap bisnis namanya :)
    Untuk awal, buku seri 9 Elemen Marketing dari Hermawan Kartajaya adalah yang saya sarankan. Setelah itu bisa dilanjutkan ke buku-buku aliran creative marketing karena saya termasuk yang percaya (dan sudah merasakan sendiri hasilnya) bahwa kesuksesan dalam hal pemasaran adalah bagaimana kita melakukannya dengan cara yang berbeda.
  4. Psikologi
    Bagaimana cara melakukan pemasaran yang berbeda dengan cara yang umum dilakukan? Kuncinya ada di ilmu psikologi. Namun berhubung saya tidak betah baca buku yang terlalu banyak tulisannya, saya lebih banyak belajar masalah psikologi dengan mensimulasikan sifat penjual dan pelanggan di diri saya. Karakteristik pengunjung atau pelanggan yang sudah ada juga menjadi masukan yang cukup berarti. Sebagai contoh, kenapa tidak ada garansi uang kembali di produk-produk PanduanDasar.Com? Karena secara psikologis, pernyataan tersebut menandakan bahwa saya selaku pembuat percaya dan yakin pada kualitas produk yang bersangkutan sehingga pelanggan pun juga akan memiliki kepercayaan terhadap produk tersebut. Memang tidak kebanyakan orang dapat menangkap maksudnya (ada yang menganggap no guarantee sebagai bentuk dari pelepasan tanggung jawab), tapi seperti sudah pernah saya tulis dalam tips memilih produk digital, produk digital apa pun yang kita beli tidak akan berhasil kita terapkan apabila kita tidak memiliki kepercayaan terhadap produk maupun pembuat produk yang bersangkutan :)

Bagaimana pendapat teman-teman sekalian? :)

PS: Sudah ada yang memperhatikan kalau ada yang baru di bagian Sidebar yang bikin Anda GAK RUGI kalau komentar di blog ini?

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

180 Responses to “Empat Bidang Ilmu Yang Sebaiknya Dikuasai Pebisnis Internet”

  1. wahyu says:

    mas tolong ea di bimbing adikmu ini supaya bisnis internet benar2 bisa di dapatkan, karena saya udah lama mencoba2 gak ada situs yang bener2 ngasih uang, adanya cuman scam

  2. Rahmat says:

    Banyak ya ilmu yang harus dikuasai untuk sukses bisnis internet.

  3. Jin says:

    Saya setuju semua 4 dasar itu, tetapi yang paling penting bagi saya adalah nomer 1yaitu penguasaan dibidang IT karena klo mau belajar internet business harus paham IT dulu untuk bisa applikasinya

  4. tejo says:

    Tambahin satu lagi bang,Ilmu Agama. biar seimbang IPTEK dan IMTAK. hehehe…

  5. Sunandar says:

    Dear mas cosa,

    Wah sungguh ilmu yang inspiratif..smoga bisnis saya ketularan rame dan sukses mas..www.dibeli.net

  6. maulana says:

    empat disiplin ilmu yang berbeda.. agak sulit menguasai semuanya.. cuma yang benar-benar cerdas yang bisa menyerap ke4 ilmu tersebut. saya sendiri hny menguasai yg no. 1 saja yg lainnya jeblok he he he

  7. Mas bam,markotop deh tp info rahasia dapet duinya dong dikupas abis,hehehe sukses deh

  8. Mazmun says:

    Komplit juga ilmunya ya, gimana langkah-langkahnya biar nguasain semua?

  9. aldien says:

    Dari no.1 ke no.4 nggak ada yang nyangkut sama sekali dengan CV saya hahahaha.

    Mudah-mudahan bisa sambil jalan otodidak belajar bisnis internet :).

  10. Benar Benar inspiratif sekali
    Terima kasih

  11. ahmad gunawan says:

    mas randa, tolong dibantu dong untuk bisa buat blog dan banyak dikunjungi? mhn bisa dibimbing anda menjadi gurunya?

  12. Elang87 says:

    Makasih tambahan ilmunya mas bro. Salam sukses,,,

  13. sambudi says:

    luar biasa mas, makasih. banyak ilmu yang ku dapatkan disini

  14. sangat menarik uraiannya. Namun, terkadang banyak sekali orang yang merasa bahwa bisnis itu bakat. Dan memang ada buktinya, bagaimana untuk mengatasi hal ini

  15. Fariz says:

    Mas… saya mau dong dibimbing supaya bisa ikutan bisnis internet ya minimal target utamanya sebagai tambahan buat dapur ngebul aja dulu deh. :-) tolong komentarnya atas apa yang harus saya lakukan pertama kali untuk ikut bisnis internet. akhir kata dari saya salut beribu salut buat pretasi mas.

  16. Pondokptc says:

    berarti intinya memang penguasaan bidang . sementara managemen memang untuk menyeimbangkan dan juga untuk memfungsikan semua aspek secara benar dan teratur

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Empat Bidang Ilmu Yang Sebaiknya Dikuasai Pebisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy