Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Exit Strategy

Oleh | Publikasi: December 17, 2009 6:00 am
Instant Internet Business Ideas

Entah kenapa, beberapa ebook luar yang saya baca akhir-akhir ini cukup kompak dalam menyertakan pembahasan mengenai exit strategy. Sudah tahu exit strategy itu makanan apa? Kalau belum, coba simak apa kata Wikipedia berikut ini:

An exit strategy is a means of escaping one’s current situation, typically an unfavourable situation. An organization or individual without an exit strategy may be in a quagmire. At worst, an exit strategy will save face; at best, an exit strategy will peg a withdrawal to the achievement of an objective worth more than the cost of continued involvement.

Gampang-gampangannya begini, gan. Exit strategy adalah semacam backup plan atau rencana cadangan yang akan kita gunakan apabila rencana utama kita tidak berjalan sesuai target. Yang perlu diperhatikan, rencana cadangan ini masih berkaitan dengan rencana utama kita, dan apabila dengan sangat terpaksa dijalankan, tujuan dari exit strategy ini adalah agar kita balik modal atau setidaknya terhindar dari rasa malu akan kegagalan rencana utama kita.

Sebagai contoh begini, gan. Anda memesan gerobak bakso dan memanfaatkannya untuk membuka warung bakso di depan rumah. Ini tentu adalah rencana utama Anda, untuk berwirausaha sebagai abang tukang bakso. Masalahnya, karena semua keluarga dan tetangga tahu Anda berdagang bakso, maka akan sangat ‘memalukan’ sekali apabila ternyata dagangan Anda tidak laku dan Anda menutup begitu saja warung tersebut.

Nah, salah satu alternatif exit strategy yang dapat diterapkan di sini, apabila kemungkinan terburuk di atas benar-benar terjadi, adalah dengan menjual gerobak bakso Anda dan hanya membuat bakso apabila ada pesanan (untuk pesta ulang tahun, arisan, dan sebagainya).  Dengan demikian, setidaknya sebagian besar dari modal Anda sudah kembali (catat bahwa kita bisa saja menjual gerobak bakso tersebut dengan harga yang lebih mahal daripada ongkos pembuatannya) dan Anda tidak terlalu malu akan kegagalan warung bakso Anda. Setidaknya Anda bisa ngeles dengan mengatakan sedang tidak in the mood untuk buka warung :p

Sebagai pebisnis internet, sudah sepatutnya apabila kita juga menyiapkan exit strategy dalam setiap bisnis internet yang kita jalankan. Tidak peduli lelakon apa yang sedang kita jalankan, jika Anda adalah orang yang bijak dengan masa depan Anda, exit strategy is a must.

Contoh riilnya begini, gan. Jika kita bermain dalam dunia blog monetizing, ada dua alternatif exit strategy yang bisa kita pakai, yaitu (a) menjual blog tersebutdi forum atau layanan jual beli situs; atau (b) menjual domain yang kita gunakan di forum atau layanan jual beli domain. Apabila dari awal kita sudah menetapkan rencana cadangan kita, maka kita juga bisa mempergunakan rencana cadangan tersebut sebagai bahan pertimbangan atas sistem pelaksanaan bisnis internet yang kita kerjakan. Pada kasus monetisasi blog ini misalnya, jika strategi yang Anda pilih adalah strategi (b), maka dari awal Anda sudah mempertimbangkan matang-matang domain apa yang Anda beli, terutama dari sisi SEO dan brand.

FYI, tanggal 19 November lalu saya sukses menjual salah satu domain saya seharga $300. Kebetulan, domain tersebut sebelumnya memang saya pakai, namun karena masalah teknis pada hosting, akhirnya jadi terbengkalai. Melalui proses yang singkat (hanya melalui kontak email dan selang waktu 3 jam), uang sudah di tangan (di Paypal lebih tepatnya, hehehe) dan domain sudah berpindah tangan.

Dan sebelum ada yang bertanya, domain tersebut terdiri atas dua kata kunci, mudah diingat (brandable), berekstensi .COM, dan menurut Estibot (layanan penghitung nilai sebuah nama domain) nilainya adalah $610.

Bagaimana agan-agan sekalian? Sudah menyiapkan exit strategy bagi bisnis (internet) Anda? :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Exit Strategy": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy