Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Exit Strategy

Oleh | Publikasi: December 17, 2009 6:00 am
Art of Stealing Wordpress Themes

Entah kenapa, beberapa ebook luar yang saya baca akhir-akhir ini cukup kompak dalam menyertakan pembahasan mengenai exit strategy. Sudah tahu exit strategy itu makanan apa? Kalau belum, coba simak apa kata Wikipedia berikut ini:

An exit strategy is a means of escaping one’s current situation, typically an unfavourable situation. An organization or individual without an exit strategy may be in a quagmire. At worst, an exit strategy will save face; at best, an exit strategy will peg a withdrawal to the achievement of an objective worth more than the cost of continued involvement.

Gampang-gampangannya begini, gan. Exit strategy adalah semacam backup plan atau rencana cadangan yang akan kita gunakan apabila rencana utama kita tidak berjalan sesuai target. Yang perlu diperhatikan, rencana cadangan ini masih berkaitan dengan rencana utama kita, dan apabila dengan sangat terpaksa dijalankan, tujuan dari exit strategy ini adalah agar kita balik modal atau setidaknya terhindar dari rasa malu akan kegagalan rencana utama kita.

Sebagai contoh begini, gan. Anda memesan gerobak bakso dan memanfaatkannya untuk membuka warung bakso di depan rumah. Ini tentu adalah rencana utama Anda, untuk berwirausaha sebagai abang tukang bakso. Masalahnya, karena semua keluarga dan tetangga tahu Anda berdagang bakso, maka akan sangat ‘memalukan’ sekali apabila ternyata dagangan Anda tidak laku dan Anda menutup begitu saja warung tersebut.

Nah, salah satu alternatif exit strategy yang dapat diterapkan di sini, apabila kemungkinan terburuk di atas benar-benar terjadi, adalah dengan menjual gerobak bakso Anda dan hanya membuat bakso apabila ada pesanan (untuk pesta ulang tahun, arisan, dan sebagainya).  Dengan demikian, setidaknya sebagian besar dari modal Anda sudah kembali (catat bahwa kita bisa saja menjual gerobak bakso tersebut dengan harga yang lebih mahal daripada ongkos pembuatannya) dan Anda tidak terlalu malu akan kegagalan warung bakso Anda. Setidaknya Anda bisa ngeles dengan mengatakan sedang tidak in the mood untuk buka warung :p

Sebagai pebisnis internet, sudah sepatutnya apabila kita juga menyiapkan exit strategy dalam setiap bisnis internet yang kita jalankan. Tidak peduli lelakon apa yang sedang kita jalankan, jika Anda adalah orang yang bijak dengan masa depan Anda, exit strategy is a must.

Contoh riilnya begini, gan. Jika kita bermain dalam dunia blog monetizing, ada dua alternatif exit strategy yang bisa kita pakai, yaitu (a) menjual blog tersebutdi forum atau layanan jual beli situs; atau (b) menjual domain yang kita gunakan di forum atau layanan jual beli domain. Apabila dari awal kita sudah menetapkan rencana cadangan kita, maka kita juga bisa mempergunakan rencana cadangan tersebut sebagai bahan pertimbangan atas sistem pelaksanaan bisnis internet yang kita kerjakan. Pada kasus monetisasi blog ini misalnya, jika strategi yang Anda pilih adalah strategi (b), maka dari awal Anda sudah mempertimbangkan matang-matang domain apa yang Anda beli, terutama dari sisi SEO dan brand.

FYI, tanggal 19 November lalu saya sukses menjual salah satu domain saya seharga $300. Kebetulan, domain tersebut sebelumnya memang saya pakai, namun karena masalah teknis pada hosting, akhirnya jadi terbengkalai. Melalui proses yang singkat (hanya melalui kontak email dan selang waktu 3 jam), uang sudah di tangan (di Paypal lebih tepatnya, hehehe) dan domain sudah berpindah tangan.

Dan sebelum ada yang bertanya, domain tersebut terdiri atas dua kata kunci, mudah diingat (brandable), berekstensi .COM, dan menurut Estibot (layanan penghitung nilai sebuah nama domain) nilainya adalah $610.

Bagaimana agan-agan sekalian? Sudah menyiapkan exit strategy bagi bisnis (internet) Anda? :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

79 Responses to “Exit Strategy”

  1. Pertamaxx dulu baru baca….

  2. Kalo domain saya di jual harganya berapa yach mas… ??

  3. sutrisno says:

    Mantab Gan infonya.. kalo boleh tau.. forum jual beli domain di mana Gan..??

  4. darknight says:

    Wah ga dapet pertamax nih :)
    Hmm exit strategy ya,, jadi inget banyak domen nganggur, tapi ga ada yang nawar :p

  5. Yudhi says:

    Ooow..rencana cadangan tow, memang perlu juga tuh gan, selain untuk memgembalikan modal juga untuk menghindari jurang kebangkrutan

  6. Exit strategy memang perlu ya dalam semua bisnis, agar modal tetap terjaga juga.

  7. Yep,

    Dalam bisnis kita harus punya yang namanya contigency plan, if something ugly happen then we know what we have to do ;).

  8. Vania says:

    Jadi kayak plan B gitu ya pak?
    Ide bagus tuh…
    Cuma plan B ini masih nyerempet sama plan A kita..

  9. Metode Baru says:

    Om Cosa, Mo Nanya nih, Layanan jejaring sosial Friendster akhirnya kan resmi dijual ke sebuah perusahaan Malaysia, MOL Global Pte Ltd.

    Apakah itu termasuk bagian dari Exit Strategy? Thanks b4

  10. Bagaimana agan-agan sekalian? Sudah menyiapkan exit strategy bagi bisnis (internet) Anda?

    belum mas :D

  11. blackgerry says:

    jadi bisnis juga ada konsep ngeles yah :D

  12. A9YnD1LV3R says:

    Oh ternyata, yang pernah saya lakukan namanya “Exit Strategy”!

  13. hmmm, jadi inget sama saran2 suami, persis sama.. tapi ada kalanya tidak hanya menyiapkan 1 jenis exit strategy, tp sesuai kondisi dan kebutuhan. dan adakalanya dah exit strategy ke plan B dan C, masih gagal juga, apes dah hahaha

  14. ismail says:

    Mas cosa, mas cosa…… anda itu kok asyik banget sih bikin artikelnya. Bermanfaat sekali buat umat. Gw cuman bisa bilang Jazakallah khoiran katsiron (Moga-moga Allah membalasmu dengan kebaikan yang berlipat-lipat) :D

  15. zahidayat says:

    karena udah laku boleh dong dishare nama domain $300 itu :)

  16. benar mas cosa,saya juga pernah berada dalam situasi seperti itu.Apa yang sudah kita persiapkan biasanya tidak sesuai yang diharapkan akibatnya saya exit strategy dari rencana semula dan beralih ke strategi yang lain.

  17. turisuna says:

    Memang klo lagi buat suatu proyek mesti ada plan B-nya, tapi selalu berharap klo plan A bisa berjalan lancar sehingga plan B ini gak perlu digunakan, ya abisnya gondok juga sie klo dah capek-capek ngerjain proyek utama ternyata gagal n harus beralih ke plan B he3.

  18. emang penting sekali exit strategi, karena kebanyakan rencana utama sering meleset ato blm berhasil

  19. dengan membaca artikel ini, jd punya ide nih. jd gak usah lagi takut berusaha, toh masih ada exit strategi

  20. DEWANTO says:

    kayak operasi tentara ada plan A,plan B,plan C semua harus dipikirkan karena menyangkut nyawa,banyak netter gagal terus pade bunuh diri minum air soda he…hee ,So jangan plin-plan

  21. lain kali buat ebook gratis tentang strategi jual beli domain mas :)

    Salam Kreatif,
    Octa Dwinanda

  22. Aseli, dunia bisnis online tdk jauh beda dgn offline dgn adanya exit strategy diatas

  23. munfaridon says:

    Mas, kira kira Estibot itu valid enggak yah, masa blog saya baru berumur 5 bulan PR2 dengan 2 keyword nilainya $2600, kalau emang bener boleh kalau ada yang tertarik mau beli, he he he

    coba di cek http://www.financecase.com

  24. Wah… bisnis ternyata tak semudah yang saya pikirkan sebelumnya…

  25. Siiip mas, makasih tambahan ilmunya…

  26. mastenk says:

    tempat jual beli domain yg indo dimana ya?

  27. randa says:

    buka usaha bakso seru juga neh……hee…
    setiap pengusaha emang harus punya banyak cadangan strategy, biar paz gagal kagak malu-malu amat, soalnya kebayakan orang di luar menganggap gagal itu memalukan, tapi buat pebisnis that’s the formula..

  28. handysatria says:

    Wah, mau nyiapin exit strategy dulu ah.

  29. iphin cow says:

    wah gara2 ngomongin bakso, aku jadi pengen beli bakso…hehe

  30. Masih ngudek di business plan dan memulai startup mas. soal exit strategy, justru tadinya mau dijual cuman sekarang malah ada yang mau modalin thmes.. alhasil exit startegynya blm dipakai

  31. great bacaan master … btw www nich aku jarang coment ksini PR ku kuk kembali jadi 0 lagi :( … aneh tenan … mempertahankan PR harus rajin coment kesini apa yack .. duh Gusti …

  32. 12obin says:

    Waduh, ini memang sesuatu yang harus kita pikir sebagai bisnis online atau blogger. Oke gan

  33. johan says:

    artikel yg sngat mnarik…mas,tlg snggah d blog sy dong tuk sumbang sarannya(br ni hr aku buat)

  34. wah wah :D
    exit strategy :)
    belum terpikirkan kesana juga -_-a
    soalnya juga baru tahu setelah membaca postingan ini :D

  35. [...] Exit Strategy lalu sendiri saya rasa sangat cocok sebagai penutup lembaran artikel di CosaAranda.Com untuk tahun [...]

  36. Dalam segala hal memang harus ada rencana cadangan…Plan A,plan B, plan C dst :)

  37. 4Shared Mp3 says:

    Wah… bener juga apa om cosa… seperti pepatah sekali gayuh… 100 pulau terlampaui….. :))

  38. Exit strategy. baru dengar istilah ini. Terima kasih postingannya sangat bermanfaat sekali. Saya selalu mendapat ilmu baru dari blog ini.

  39. bagus says:

    belum gan,,,bisnis ny ja blm pny,,,apalagi exit strategy ny gan

    :mrgreen:

  40. gugeluv says:

    gak punya exit strategy
    masih berharap untuk tidak gagal di akhir tahun ini.

  41. Exit strategynya balik lagi jadi karyawan :(

  42. ajie says:

    blum tuuuh, blm punya srategi khusus,,,

  43. no.or says:

    ijin bookmark dulu.. nanti dibaca.. mata udah 5 watt nih.. :D

    postingane bang cosa pancen full :rate

  44. Eko Prabowo says:

    biar gagal tetapi tetap pake prinsip “Nothing to Lose” biar ngga di pandang “Loser”

  45. adi says:

    Gan, bagusan mana, exit strategy atau multiple strategy?

  46. Jazirah says:

    Untuk memulai bisnis internet saya harus banyak membolak-balik halaman ini, makasih mas Cosa artikelnya sangat bermanfaat bagi saya.

  47. saya suka dgn semua tulisan sampeyan mas. enak dibaca, bahasanya ringan, original.

    artikel exit strategy ini bermanfaat buat saya. thanks.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Exit Strategy": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy