Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Ini Dia Alasan Situs Wallpaper Dibanned Google Adsense

Oleh | Publikasi: December 8, 2011 11:01 am
Instant Internet Business Ideas

Hihihi, format judulnya kayak judul-judul artikel blog ama portal berita sebelah, yah :Yb Tapi memang, sejak dimulainya banned brutal Google Adsense bulan lalu, salah satu yang menjadi kambing hitam adalah blog bertema galeri wallpaper. Mayoritas mengatakan bahwa publisher yang memajang iklannya di situs-situs jenis ini ditendang oleh Google karena kurangnya konten. Bisa karena halaman wallpapernya memang tidak berisi deskripsi gambar (atau hanya satu dua kalimat saja), atau karena menggunakan tehnik halaman attachment dimana halaman tersebut hanya berisi gambar dan iklan. Benarkah?

Secara teori (dan pendapat saya pribadi), ‘tuduhan’ tersebut agak kurang tepat karena pada dasarnya gambar adalah bagian dari konten. So, sebuah halaman yang berisi gambar dengan judul dan teks yang saling berkaitan saya rasa sudah cukup untuk disebut konten. Dengan catatan, gambar itu sendiri juga sudah dilengkapi dengan parameter pendukung yang sesuai, yaitu parameter ALT.

Untuk menghilangkan kegalauan, saya pun nekad menanyakan masalah ini di akun Twitter official Google Adsense Indonesia. Awalnya mereka langsung me-respon dengan menanyakan contoh situsnya. Namun setelah saya berikan URL situs  saya, tidak ada balasan lagi dengan mereka :mads Hingga akhirnya 4 hari kemudian, saya menyindir mereka karena tidak menjawab pertanyaan saya, dan balasan tersebut pun muncul  :ngakaks

Seperti apa jawabannya? Nih, baca aja sendiri   :request

Pernyataan Resmi Pihak Google Adsense Mengenai Situs Wallpaper

Yup. Inilah alasan sebenarnya mengapa banyak pemilik situs wallpaper yang menjadi korban banned masal. Bukan karena minimnya konten, melainkan karena obyek wallpapernya sendiri yang dianggap tidak orisinil. Dan karena Google memang sedang memasyarakatkan original content dan meng-original content-kan masyarakat maka ya wajar saja apabila mereka kini bertindak tegas terhadap situs-situs wallpaper.

Dengan aturan baru ini, rasanya akan agak susah untuk terus bertahan memonetisasi situs wallpaper dengan jaringan iklan Google Adsense. Kecuali jika Anda memang dari awal men-desain sendiri gambar-gambar wallpaper yang Anda tampilkan di situs.

Alternatif lain adalah berlindung di balik payung sangkalan (bahasa Indonesia-nya disclaimer menurut Google Translate) DMCA. Dengan menyertakan halaman disclaimer DMCA di situs Anda, maka apabila ada konten yang melanggar hak cipta, *biasanya* akun Google Adsense Anda tidak akan langsung dibanned, melainkan hanya situsnya saja. Atau bisa jadi malah hanya diberi peringatan dan diminta untuk mencopot konten yang sensitif tersebut.

Tapi yang disebut di atas ini *biasanya* ya, kan sudah rahasia umum kalau Google juga sering bertindak *tidak biasa* :cd:

Nah kini pertanyaannya, masih berpotensikah membangun situs wallpaper? Bagaimana cara membuat situs jenis ini yang baik dan benar? Bagaimana tehnik monetisasinya? Tunggu di artikel berikutnya  :ngacir:

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

63 Responses to “Ini Dia Alasan Situs Wallpaper Dibanned Google Adsense”

  1. aaheroe says:

    wah kalo kaya gitu gak harus web wallpaper dong cos, misalkan website lain yang ada gambarnya trus gak orisinil (comot dr tempat lain) , pasti kena juga kan ?.. kemaren ada sempet temen juga singgung masalah yang sama.. trus gimana caranya google detek itu image original apa gak yah..

    • Cosa Aranda says:

      yup, kan skrg segala sesuatu yg gak orisinil dilarang, meski ditulis sumbernya sekalipun :)

      masalah deteksinya itu yg kurang tau. ada temen yg punya situs wallpaper dan semua gambarnya hasil modif dari wallpaper laen pun tetep kena soalnya, hehehe.

      • Prana says:

        Maaf numpang comment,Kalau menurut saya” team google mengetahui siapa pemilik gambar? dari tgl posting, logikanya siapa yang posting pertama kali dia pemilik original gambar tersebut,tapi pendapat saya google gak mungkin liat gambar satu – persatu,kayak nya mereka liat dari judul gambarnya,Sory kalau banyak perkataan yang salah,namanya juga pendapat..xi..

  2. agus says:

    jadi, klo situs wallpapernya orisinil, boleh donk ya?

    * bikin wallpaper pake fotoku sendiri seru juga…

    :toast

  3. apa yang dilakukan google ini MUNGKIN salah satu bentuk partisipasi mendukung HAKI karena di situs-situs yang menyediakan konten gambar, banyak terjadi pelanggaran hak cipta.Buat situs, trus kontennya diambil dari hasil googling. Kasian kan yang sudah susah payah mendesain gambar. Mereka sudah bersusah payah mendesain, eh orang lain yang mendapat untung. Tapi menurut saya, tidak ada ketegasan parameter dari google adsense tentang parameter-parameter pelanggaran HAKI dalam konten-konten blog maupun situs. Kadang mereka melakukan banned sepihak tanpa memberi peringatan terlebih dahulu. Kalo yang ini aku juga ikut Capee deh…ha ha ha

    • Cosa Aranda says:

      betul bro. kemarin aku sempat tanya jg ke twitter-nya Adsense soal deteksi orisinalitas itu pertimbangannya apa aja (aku pake acuan situs lirik, kan 90% pasti copas tuh) mereka gak mau jawab :)

  4. honeylizious says:

    ditunggu artikel berikutnya :)

  5. Kang Rudy jogja says:

    sesuatu kalo sudah makin berkuasa “biasanya” semakin sewenang-wenang.. alasannya demi ketegasan.. dan kebijaksanaan sulit dicari..

  6. Jangka says:

    Pake luminate om.
    Alternatif yang lumayan buat wallpaper site.

    • Cosa Aranda says:

      luminate lg red zone, ampir 1 bulan gak jelas statusnya. cmn kyknya dah mulai normal lg sih, tp tunggu perkembangan dulu :)

      yg bisa dipake sekarang gumgum.com (sama dng luminate modelnya)

  7. he1stman says:

    kalo boleh tanya ni ke mas cosa

    apakah CPM bagus untuk wallpaper site?

    • Cosa Aranda says:

      cpm bagus kalo trafiknya banyak :p

      untuk wallpaper yg bagus in-image ads, model luminate ato gumgum. cpm boleh ditambahkan sbg alternatif.

  8. kalau situs2 yang kontennya copy paste, apakah akan juga bernasib serupa yah….

  9. Dinantikan artikel berikutnya Bang..

  10. konten masih tetap jadi raja :)

  11. Jo says:

    Kemarin aku ditolak daftar google ads pakai blog berbahasa indonesia (pemberitahuan lewat email).
    lalu aku daftar lagi pakai blog yang isinya sama, tapi berbahasa inggris. tidak ada pemberitahuan lewat email, tapi blog disebutkan bahwa akun adsense dinonaktifkan.
    Apa copy paste dari blog sendiri juga dilarang (content original)? ada solusi nggak? Matur nuwun

    • Cosa Aranda says:

      kalo menurut google yg skrg, translate / rewrite / copas = non-original content

      • Jo says:

        jadi nggak bisa ya bikin blog 2 versi bahasa?!
        kalau udah kena banned, tapi masih pengin ngikut google ads, harus daftar pakai email & blog baru?

      • Mas Cosa..Oke lah kalo rewrite atau copas itu non-original content..Tapi kalo translate..?? Masa’ dibilang non original..lagian gimana cara ngecek kalo konten hasil translate..? :)

        Eya..satu lagi..Google gak adil menurut saya..Kalo dia mem-banned akun yang isinya gak original atau nyepam..Tapi koq banyak sekali website press release dan article directory(misal pr log) dan banyak lagi lainnya yang auto publish(tanpa moderasi) dan konten-nya sangat tidak original..Mereka koq aman-aman saja..So,google gak fair dong..?

  12. jhoni says:

    wah mateng saya………blog saya banyak isi gambar dari situs lain?!?!?!?!

    musti ganti pake gambar sendiri kali ya?!?!?!?

  13. bedjo says:

    oooooh, jadi @misterbluee itu mas cosa juga ya? hahahaha *ngacir*

  14. bedjo says:

    oooooh, jadi @misterbluee itu mas cosa juga ya? hahahaha *ngacir*

    dan ternyata, mbak niken pakai blackberry ketimbang android hihihi

  15. masuk akal jg mas..
    karna stlh saya daftar akun lg akhir bln kmren, alhamdulilah blm dibanned, karna ga saya pasang disitus wallpaper saya
    abis baca artikel ini jadi jelas maksudnya google

    thanks mas :2thumbup

  16. Baskoro says:

    Analisa penarikan kesimpulan yg bagus, wajar saja publisher2 keenakan dengan konten yg sedikit akan tetapi menyajikan gambar2 penunjang segede gaban dan banyak. Ga usah byk mikir dpt konten dg mudah. Byk posting + byk visitor + byk duit = Google tdk suka.

  17. oh iya mas,,

    berarti kalau gitu google melakukan banned pada web/blog yang ke daftar ma google adsense?

  18. Hmm, memang lumayan ribet juga dgn google adsense, pasti masih banyak jalan.

  19. Re-Informs says:

    oh oh oh ternyta, kalo content yang di cari GA yang original ya harus content artikel yang memang artikel gambar dan semuanya berasal dari upload bukan dari web lain

    tp kebanyakan semua situs butuh gambar yang memang ada’a d situs lain atau sedikit referensi dari situs lainnya

    menulis content original itu membutuhkan waktu sekitar 17 menit termasuk waktu mengambil Screenshot dan menulis

    tapi kalo udah nulis lama tetep aja gag ada yang klik dan no visitor sama aja :nohope

    :mewek2

  20. Hananto says:

    Coment-ny dah mulai banyak lagi Cos.. bisa seramai 2007 lagi deh gw doain :D

  21. herasoft says:

    selama masih trafik sih situs wallpaper pastinya masih berpotensi. ditunggu ya.. artikel berikutnya. :D

  22. forex says:

    saya punya 1 web wallpaper dan syukur ampe sekarang gak di banned tapi saya takut resikonya makanya saya copot adsense nya :)

  23. Ilham says:

    oh gitu toh. tapi kayaknya masih banyak juga situs2 wallpaper. yang nawarin wallpaper HD, wide, dsb. saya suka download juga kadang2. tapi seringnya, kalo lagi nyari wallpaper langsung dari google image. plus menyertakan resolusi gambarnya di keyword (misalnya ‘funnny wallpaper 1280×800′;) :D

  24. fadjartn says:

    waah..masuk akal juga mas cosa,gara-gara konten ga orisinil ya?
    kapan hari saya malah daftar GA pake wallpaperblog saya, alhamdulillah smp skrg g knapa2 *semoga*, dipostingannya saya tambahkan sumbernya..trus ada berita terkait gambar juga. :)
    alternatif selain GA apa ya? Buat cadangan,lumayan visitor harian saya.. Hehe… :)

  25. hanjar says:

    kalau kaskustoday, detiksmart itu koq masih “aman ya” masih keluar adsense-nya

  26. recky says:

    hmmm kabar buruk,padahal blog wallpaperku baru jalan

  27. virtaxp says:

    hmmm thank infonya

  28. ibad says:

    Ane tunggu artikel selanjutnya bang, :D

  29. andipandora says:

    emang benar bang…kadang gambar juga mempunyai hak cipta jg ya..

  30. apakah blog berisi foto juga diperlakukan sama?

  31. yusuf says:

    wah,, bagus nih mas cosa

  32. Blogrollink says:

    blog fotoku juga jadi korban
    padahal itu hasil jepretan pribadi, kenapa ya?

  33. Mamen says:

    Wah, kasian euy buat para publisher yang selama ini dapat earning dari blog wallpaper… yg ptning maju terus pantang mundur!

  34. Abdiez says:

    Lalu bagaimana dengan web yang share template atau themes ? itu juga beberapa saya lihat terdapat disana-sini.

  35. oh gitu yah q malah baru tahu. makasih atas infonya sob
    :2thumbup

  36. hanakres says:

    Wah mantap sekali nih infonya.. ini yang lagi dicari.. Soalnya sempet ragu kalau mau buat konten dari walpper..

  37. raharjo says:

    sekarang adsense rajin banget banned….

  38. Ane punya 5 blog wallpaper tapi aman2 aja gan karena memang selalu ane cantumin disclaimer sama privacy policy.

  39. begitu rupanya, berarti klo walpapernya originalmasih aman buat adsense ya. thx artikelnya.

  40. wah ternyata begituyah…
    padahal baru buat blog wallpaper nih..

    makasih infonya.

  41. Google emang kadang semena-mena dalam mem-banned para publisher nya. apa karena sudah kebayakan publisher kali ya? hehe.. Tapi kalau web saya setiap upload wallpaper selalu saya beri 3 paragraf sebagai deskripsinya :) Semoga cara saya ini ttp aman! CMIIW :)

  42. Waduh, ndak tau yang beginian.. padahal baru saja beli domain untuk membuat situs wallpaper .. yaaa :mewek

    Terus bagaimana om cosa, kalau sudah terlanjur seperti ini. Apakah ada bentuk monetisasi “yang tepat” lainnya selain adsense?

  43. baru rencana buat blog wallpaper nih..
    nice info.. thanks mas.

  44. pakar seo says:

    udh mau rencana buat blog wallpaper tapi apakah tidak ada cara untuk terlepas dari banned ya? mohon info

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Ini Dia Alasan Situs Wallpaper Dibanned Google Adsense": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy