Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Insight 2010: Era Bisnis Affiliasi Yang Sesungguhnya

Oleh | Publikasi: December 21, 2009 3:41 pm
Instant Internet Business Ideas

Seperti sudah saya ramalkan di akhir tahun kemarin, bisnis affiliasi — apa pun itu bentuknya, entah PPS (Pay Per Sale), PPL (Pay Per Lead), PPA (Pay Per Action), dan sebagainya — telah menjadi primadona di tahun 2009, memecah stagnan perkembangan bisnis internet di Indonesia yang di tahun-tahun sebelumnya hanya berkutat pada bisnis monetisasi blog. Beberapa rekan yang saya kenal mulai menunjukkan hasil yang luar biasa dari bisnis affiliasi ini, dari yang sebelumnya hanya mendapatkan 2-3 digit per bulan (dolar, ya) hingga rutin mencapai 4 – 5 digit tiap bulannya. Dahsyat!

Sayangnya, sebagian besar masih memanfaatkan situs atau blog sebagai pendongkrak, sehingga belum masuk ke dalam bisnis affiliasi murni yang berfokus pada pemasaran dan pembangunan calon pelanggan. Sehingga tehnik yang dijalankan masih tidak jauh berbeda dengan monetisasi blog, dengan SEO sebagai senjatanya. Tidak salah memang, namun niche-niche tertentu memaksa kita untuk melakukan proses optimasi secara berkelanjutan sehingga banyak membuang waktu kita yang berharga.

Untungnya, akhir-akhir ini sepertinya banyak pelaku bisnis affiliasi yang mulai melirik konsep list building sebagai salah satu media pemasaran yang handal bagi bisnis affiliasi yang mereka ikuti. Dan ini adalah langkah yang tepat karena dengan melakukan list bulding atau pembangunan daftar calon pelanggan, maka kita akan memiliki sekumpulan orang-orang yang ‘lapar’ terhadap produk-produk yang kita tawarkan. Yang lebih penting lagi, jika kita ingin masuk ke dalam bisnis affiliasi yang sesungguhnya, penguasaan terhadap list building adalah mutlak hukumnya.

Jadi, menurut pandangan saya, di tahun 2010 nanti, pelaku bisnis affiliasi akan bertambah dan apa yang mereka lakukan pun akan berada pada jalur yang benar — dengan membangun reputasi diri (brand & trust building), membangun prospek pelanggan (list building), serta membangun komunitas pelanggan (community building). Bakal dahsyat deh pokoknya!

Sebagai pendukung, baca juga artikel seri Affiliate Marketing di PanduanDasar.Com, ya? :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

100 Responses to “Insight 2010: Era Bisnis Affiliasi Yang Sesungguhnya”

  1. Sariful says:

    mas cosa, san teman2 ada yang bisa bantu saya, web http://safetyshoes.web.id di hack…. ada yang tau cara memperbaikinya.. mohon bantuannya… maaf out of topic :D

  2. blom sempet nyoba bisnis affiliasi nih coz baru berkencimpung di dunia ini…
    mesti di coba tapi saya gk tao banyak ttg para IM mana saja yg mngadakan.y coz bngun pngen nyari d google gk tao keyword yg tepat

  3. Adi says:

    Oh ya, mas Cosa di atas disebutin PPA/PPL, keluarin ebook panduannya donk mas.
    Pengen nyoba, tapi mandeg..
    Thanks

  4. Bener bgt Om Cosa, salah satu Trik untuk membangun List Building bisa dengan cara GIVE FREE FIRST spt yang pernah mas bilang disini –>> http://lanjut.in/givefreefirst

    Dengan begitu, kita bisa dengan mudah membangun List Building, dan bisa memiliki Data prospek, apalagi jika ada system Auto Responder nya, dijamin makin Maknyus.

  5. Wah.. Trend sudah berpindah lagi ya…

  6. Masih bermasalah sama produk apa yang mau dipasarkan nih mas cosa… terlalu banyak yang seragam

  7. rekomendasi autoresponder yang murah dan bagus apa ya mas?

  8. turisuna says:

    InsyaAllah bisnis affiliate adalah tujuan berikutnya, tapi sekarang menata yang udah ada dulu sampai lumayan stabil :)

  9. darknight says:

    Sebenernya cara berdagang produk tergantung pada produk dan pribadi affiliate marketernya juga. Ada yang cocok dengan ala marketer list building ada juga yang lebih cocok dengan soft selling dengan rekomendasi. Ada juga yang buat toko online lain untuk presell dan redirect ke merchant.

    Kalau dari pengamatan saya, affiliasi sendiri terdiri jadi 2:
    1. Affiliasi ala Marketer
    – Forum Buat belajar di warriorforum(dot)com
    – Suka menggunakan kata IM (Internet Marketer)
    – Biasanya jual produk digital
    – Banyak bermain Niche Make Money Online
    – Banyak yang tidak ragu menunjukkan penghasilan dan sharing bagaimana cara mendapatkannya (dan jadi produk)
    – Traffic apa aja asal ROI lewat, sering pakai PPC dengan perhitungan cermat
    – List Building Wajib hukumnya, “Money is on the List” begitu katanya.
    – Barang yang dijual: Produk dengan Desperate Niche sperti Make Money Online, Get Ex Back, dan lain sebagainya.
    – Affiliate Network: Clickbank, Click2sell, paydotcom

    Sedangkan aliran kedua
    2. Afiliasi ala Affilite + webmaster
    – Lebih suka menyebut diri sebagai affiliate
    – Umumnya jago Website coding dan programming, karena web suksesnya biasanya Hand-Coded
    – Ga suka sama produk digital, apalagi Tipe2 make Money Online
    – Tempat Nongkrong: abestweb.com
    – Mereka adalah orang2 yang menurut Merchant2 ternama “Affiliate yang sudah ada bahkan sebelum affiliate network Ada”.
    – Rata2 pemain lama yang sudah berada di industri affiliate selama lebih dari satu dekade.
    – SUSAH untuk mendapatkan rahasia sukses mereka. Jarang sharing, apalagi buat ebook. Soalnya pendapatan mereka bukan dari produk yang mereka buat, tetapi apa yang mereka jual. (Padahal klo jadi produk, saya mau beli tuh)
    – Produk yang dijual: Apa aja, tetapi umumnya barang yang ada product feed-nya. Bisa consumer goods kayak HP, GPS sampe asesoris kayak gantungan kunci atau hair dryer.
    – Affiiliate Network: CJ, Shareasale, Linkshare dsb

    Kalau dari artikel ini, yang berkembang di Indonesia sepertinya affiliate marketer tipe pertama ya?

    • sky says:

      wow, darknight, totally agree with you. Tadi barusan komentar tanya ke bos cosa gimana caranya list building kalo jualan produk fisik hehehe …

      karena saya demennya produk fisik, jadi bingung kalo disuruh bikin squeeze page, apalagi ga suka bikin model website 1 sales page per produk (klo mo jual 20 macam ebook, berati harus punya 20 domain donk?), saya lebih suka blog style (produk review) gitu.

      kalo darknight sendiri, aliran yang mana?

      • darknight says:

        Aliran kedua wannabe :)

        Soalnya saya ga sreg jualan produk digital tapi pengetahuan programmingnya Nol, jadi ya jualan produk fisik pake Blog aja.

        Alhamdulillah kalau kita bekerja keras, cermat dan konsisten dengan apa yang kita percayai, rejeki dateng2 aja.. Yah meski kalau dibandingin Bos Cosa pasti jomplang earningnya, krn earning saya terlalu imut2,,

        • sky says:

          ah … lega ada yang satu aliran, karena kadang nyali jadi ciut kalo ngeliat begitu banyak affiliate marketer yang mengagung2kan produk digital, seakan2 apa yang bakal saya kerjakan bakal buang2 waktu.

          Karena itu saya mencari orang2 yang sudah berhasil menjual produk2 fisik (produk kebutuhan sehari2) dan sukses tentunya :D untuk meyakinkan diri saya bahwa ini bukan sesuatu yang impossible atau terlalu susah untuk diraih.

          Temen saya bilang : “if u feel strongly about something then that is what u should do, everything else will fall into place”

          so darknight, salam kenal, dan semoga perjuangan kita membuahkan hasil :D

          • Cosa Aranda says:

            aliran mana pun gak masalah kok, yg penting sukses dan gak ganggu orang, hehehe. kalo aku kebetulan gak hoki di cj dan sejenisnya (cuman amazon aja bisanya), jadi sekalian aja nyemplung ke digital product creator :)

            • darknight says:

              Ga Hoki di Cj tp amazon earningnya bisa ngasih makan anak2 sekelurahan :)

              Saya pernah jg ko jualan yg digital, tapi krn dijalaninnya setengah hati earningnya juga jarang mampir :) Malah yg di Clickbank ada yg blm nyampe minimal payout baru, nunggu produknya Mas Cosa nongol di clickbank trus promo ah, kali2 bisa payout :)

    • mantep deh tips dari anda..mksh
      benar affiliate jika udah tau triknya bikin ngiler aja..
      sekali terjual uang di tangan
      tidakkayakadsense..uff..nunggu lama br payout..soalnya masih recehan dapatnya

      • darknight says:

        Tau Triknya juga belum tentu sukses kok, sama-sama susah, smwa tergantung kerja keras dan rejeki kita larinya ke mana..

    • iphin cow says:

      wow,komentarnya panjang sekali…
      jempol buat kamu :)

    • Mantap Oom!

      Saya suka dengan kalimat: “Sebenarnya cara berdagang produk tergantung pada produk dan pribadi affiliate marketernya juga”.

    • Mantab ini, comment apa artikel baru ya :D

  10. Setahu saya kalo tahu dari bisnis internet luar negeri, emang bisnis internet tuh ya afiliasi dan list building. Cek saja tuh clickbank dll semuanya khan afiliasi sekaligus list building :)

  11. Arnol Adams says:

    numpang iklan ya mas, saya mau jual domain punya saya yaitu http://www.kuburanband.com , jika ada yg berminat hubungi saya , pr emang masih rendah , abis ga sempet ngurus2nya

  12. memperbanyak list building bisa meningkatkan income kita di dunia maya ini.

  13. Haris says:

    Wah, tambah ketinggalan ajah nih gw… Kapan ya bisa mengejarnya???

  14. ngongangi says:

    Wah saya belum begitu paham dengan konsep list building.

  15. sky says:

    akhirnya di bahas juga soal list building :D

    Semua affiliate marketer selalu menomor satukan proses list building ini, sayangnya yang saya lihat saat ini, kok pada jualan nya produk digital ya … jadi model list buildingnya pake squeeze page gitu. Kalo yang mo dijual produk fisik spt punya amazon, cj, ebay, squeeze page nya kayak apa?

    Kalo orang mo cari misal “sikat gigi”, kan aneh kalo kita arahkan mereka ke squeeze page dengan iming2 misal “info gigi putih dalam waktu 2 hari”, karena mereka cari produk fisik, bukan informasi.

    Mohon bimbingannya ya bos cosa :)

    • Cosa Aranda says:

      sebetulnya gak masalah kok, karena sebelum mereka _membeli_ pasti akan cari _informasi_ sebanyak2nya dulu :) ntar list bisa dibagi jadi 2, satu untuk CALON pelanggan, satu untuk yg emang udah beli. yg pertama diisi tentang informasi, artikel, berita, review, dsb yg berhubungan dengan produk (untuk encourage mereka agar beli), dan yg kedua diisi tips, tutorial, dan upsell ke produk lain yg berhubungan :)

      • sky says:

        Jadi bikin 2 squeeze page gitu? yang pertama untuk memposisikan diri kita ke orang2 yang “mungkin/punya prospek” untuk beli, dan yang kedua memposisikan diri kita ke orang2 yang memang mau beli. Nah … gimana memilahnya cos?

        I wish we could discuss this some more …

  16. makin mengembangkan sayap marketing kupu-kupu ya? berarti perusahaan layanan autoresponder dan squeeze page bakalan laku. Apalagi para icon dan avatar desainer, makin naik daun neh..

  17. ismail says:

    berarti panduandasar.com harus mengeluarkan ebook yang berkaitan dengan affiliasi. Dan harus tampil beda dibandingin produk-produk yang lain

  18. kisaran says:

    kudu cari yg jual autoresponder ha..ha

  19. gugeluv says:

    sepertinya bisnis PPC akan makin laris lagi dengan barang-barang yang baru
    semoga barangnya gak kayak dulu

  20. Membangun list perlu autoresponder, mungkin bisa juga disediakan layanan autoresponder yang murah =P.

  21. pasutrisatu says:

    tampaknya era perdagangan bebas di dunia online tahun depan makin seru nih..tarik maang..

  22. Ferry Ariyanto says:

    mas cosa bikin ‘autoresponder’ dw aj… member PDC dpt discount, he… ;)

  23. 12obin says:

    Untuk membangun list building kayaknya sudah lama metode tersebut di kembangkan. Bukankah sejak adanya aweber dll, hal itu merupakan tonggak adanya list bulding. Bahkan pernah saya dengar salah seorang internet marketer indonesia pernah memperoleh ribuan dollar lewat list building ini lewat newletternya. :)

    Salam

  24. tech manis says:

    tambah semangat nih untuk berburu dollar,,,

  25. memang bisnis afiliasi sangat populer tahun ini sampai-sampai saya ikutan dan sudah dapat uangnya… wkwkwkwk… kaya;nya mas cosa ini peramal ya ?? wkwkwkwk beranda…

  26. prex says:

    terima kasih infonya ya mas….salam kenal dulu ya

  27. gambar rumah says:

    Membangun list perlu autoresponder, mungkin bisa juga disediakan layanan autoresponder yang murah

  28. Saya masih buta tentang list building ini, kira2 sumber informasi yang bagus dan terpercaya dimana ya?

  29. kadek says:

    PPS,PPL,PPA

    klo PPK (pay per komen) ada gk gan??

    :mrgreen:

  30. bloggerspeed says:

    Wah, jadi pengen belajar lebih jauh tentang IM. Kalau liat2 punya om2, tante2 affiliate marketer banyak bgt yg pada make aweber Dan getaresponse. Dua Pertanyaan om Cosa: 1. Boleh di share kekurangan atau keluhan yg pernah di dpt dr dua produk diatas gak? Biar gak salah pilih… 2. Kalau list yg dah dimiliki bisa ditransfer ke provider yg lain gak? … kalau2 ada masalah misalnya. Thanks in advance!

  31. amazonku says:

    salam teman-teman, saya butuh pencerahan nih mengenai bisnis online? ada yang bisa bantu nga?

  32. yayah says:

    saya pusing mas.. ikutan bisnis di internet.. rata rata 1 jenis yang sama… lama lama muak juga ya..

  33. john oto says:

    ikutan menyambut era baru bisnis affiliasi yg lebih menjanjikan…..

  34. ya pebisnis affiliasi pada tahun 2010 ini menurut saya juga akan meningkat, setelah banyak yang susah pada bisnis affiliasi.

  35. […] menurut blog monetizing guru “sebagian besar Internet marketer skala personal masih memanfaatkan situs atau blog sebagai […]

  36. cakka says:

    tips dan trick nya buat menghasilkan uang dari internet diperbanyak dong mas :D

  37. ajarin saya mas, saya gak dapet2 tuh yg namanya earning!

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Insight 2010: Era Bisnis Affiliasi Yang Sesungguhnya": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy