Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Insight 2010: Era Free Marketing – Bagian 2

Oleh | Publikasi: January 3, 2010 8:59 pm
Art of Stealing Wordpress Themes

Pada bagian kedua dari artikel ini (baca bagian pertamanya di sini), yang sekaligus merupakan penutup dari mini seri artikel Insight 2010, saya akan coba untuk memberikan beberapa contoh penerapan tehnik Free Marketing pada dunia bisnis internet. Sebenarnya, tidak sedikit yang sudah menerapkan tehnik Free Marketing tersebut, hanya saja kemungkinan besar yang bersangkutan sendiri tidak menyadarinya. Alhasil, efeknya menjadi tidak optimal. Nah dengan adanya penjelasan ini,diharapkan nanti para pebisnis internet menjadi lebih aware terhadap konsep Free Marketing dan menerapkannya dengan lebih optimal.

Agar lebih mudah, saya akan membaginya menjadi 4 bagian, berdasarkan empat contoh metode implementasi Free Marketing yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  1. Give This, Pay That
    • Dua situs yang saling berhubungan, misal situs informasi software baru dan situs file sharing. Pengunjung masuk melalui situs portal software yang bersangkutan dan mengunduh software tersebut pada situs file sharing yang telah disediakan. Untuk situs portal, berhubung hanya sebagai perantara, dapat dibuat bebas iklan. Sedangkan untuk situs file sharingnya sendiri dimonetisasi dengan menggunakan PPC maupun PPL.
    • Bagi-bagi ebook gratis, namun di dalamnya ada upsell ke produk atau layanan  lain yang berbayar.
    • Bagi-bagi desain gratis, tapi untuk melakukan kostumisasi atau request desain harus memesan dan membayar.
  2. Give First, Pay Later
    • Beri keanggotaan gratis selama durasi waktu tertentu, namun untuk memperpanjang keanggotaan tersebut harus membayar
    • Beri script / aplikasi gratis yang bisa dijalankan dalam durasi terbatas. Untuk menggunakannya lebih lama harus membayar.
  3. Give First, Pay For More
    • Beri keanggotaan gratis selamanya dengan fitur terbatas. Untuk mendapatkan fitur yang lengkap harus membayar.
    • Beri script / aplikasi gratis dengan fitur terbatas. Untuk mendapatkan fitur yang lengkap harus membayar.
    • Buat situs dengan dua versi konten, standar dan premium. Untuk konten standar dapat diakses oleh siapa saja, sedang untuk konten premium hanya dapat diakses oleh pengunjung yang telah menjadi anggota dengan membayar biaya / iuran keanggotaan tertentu.
  4. Just Give, Let Someone Pay
    • Buat situs dan atur supaya iklan hanya muncul pada pengunjung dengan kriteria tertentu. Misalnya untuk pengunjung yang berasal dari luar negeri saja.
    • Buat situs / portal informasi gratis yang menerima pemasangan iklan.
    • Bagikan produk berkualitas premium secara gratis. ‘Biaya’ produk tersebut dibebankan kepada produk lain yang memang berbayar. Hal yang sama berlaku untuk script dan aplikasi.

Saya sendiri termasuk yang secara tidak sadar sudah menerapkan beberapa tehnik Free Marketing di atas. Termasuk juga di blog CosaAranda.Com ini. Setelah mempelajari ilmu ini, sekarang saya jadi lebih pede dalam menerapkan tehnik Free Marketing dan sudah siap untuk menerapkan ide-ide lain seputar metode pemasaran yang satu ini. Emang masih ada lagi tehnik penerapan yang lain selain yang disebutkan di atas? Ada dong. Makanya belajar Instant Internet Business Ideas biar jago cari ide, hehehe.

Silahkan jika ada teman-teman lain yang ingin berbagi tips implementasi seputar Free Marketing :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Insight 2010: Era Free Marketing – Bagian 2": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy