Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Insight 2010: Era Free Marketing – Bagian 2

Oleh | Publikasi: January 3, 2010 8:59 pm
SEO Complete Guide for Wordpress

Pada bagian kedua dari artikel ini (baca bagian pertamanya di sini), yang sekaligus merupakan penutup dari mini seri artikel Insight 2010, saya akan coba untuk memberikan beberapa contoh penerapan tehnik Free Marketing pada dunia bisnis internet. Sebenarnya, tidak sedikit yang sudah menerapkan tehnik Free Marketing tersebut, hanya saja kemungkinan besar yang bersangkutan sendiri tidak menyadarinya. Alhasil, efeknya menjadi tidak optimal. Nah dengan adanya penjelasan ini,diharapkan nanti para pebisnis internet menjadi lebih aware terhadap konsep Free Marketing dan menerapkannya dengan lebih optimal.

Agar lebih mudah, saya akan membaginya menjadi 4 bagian, berdasarkan empat contoh metode implementasi Free Marketing yang sudah dijelaskan sebelumnya.

  1. Give This, Pay That
    • Dua situs yang saling berhubungan, misal situs informasi software baru dan situs file sharing. Pengunjung masuk melalui situs portal software yang bersangkutan dan mengunduh software tersebut pada situs file sharing yang telah disediakan. Untuk situs portal, berhubung hanya sebagai perantara, dapat dibuat bebas iklan. Sedangkan untuk situs file sharingnya sendiri dimonetisasi dengan menggunakan PPC maupun PPL.
    • Bagi-bagi ebook gratis, namun di dalamnya ada upsell ke produk atau layanan  lain yang berbayar.
    • Bagi-bagi desain gratis, tapi untuk melakukan kostumisasi atau request desain harus memesan dan membayar.
  2. Give First, Pay Later
    • Beri keanggotaan gratis selama durasi waktu tertentu, namun untuk memperpanjang keanggotaan tersebut harus membayar
    • Beri script / aplikasi gratis yang bisa dijalankan dalam durasi terbatas. Untuk menggunakannya lebih lama harus membayar.
  3. Give First, Pay For More
    • Beri keanggotaan gratis selamanya dengan fitur terbatas. Untuk mendapatkan fitur yang lengkap harus membayar.
    • Beri script / aplikasi gratis dengan fitur terbatas. Untuk mendapatkan fitur yang lengkap harus membayar.
    • Buat situs dengan dua versi konten, standar dan premium. Untuk konten standar dapat diakses oleh siapa saja, sedang untuk konten premium hanya dapat diakses oleh pengunjung yang telah menjadi anggota dengan membayar biaya / iuran keanggotaan tertentu.
  4. Just Give, Let Someone Pay
    • Buat situs dan atur supaya iklan hanya muncul pada pengunjung dengan kriteria tertentu. Misalnya untuk pengunjung yang berasal dari luar negeri saja.
    • Buat situs / portal informasi gratis yang menerima pemasangan iklan.
    • Bagikan produk berkualitas premium secara gratis. ‘Biaya’ produk tersebut dibebankan kepada produk lain yang memang berbayar. Hal yang sama berlaku untuk script dan aplikasi.

Saya sendiri termasuk yang secara tidak sadar sudah menerapkan beberapa tehnik Free Marketing di atas. Termasuk juga di blog CosaAranda.Com ini. Setelah mempelajari ilmu ini, sekarang saya jadi lebih pede dalam menerapkan tehnik Free Marketing dan sudah siap untuk menerapkan ide-ide lain seputar metode pemasaran yang satu ini. Emang masih ada lagi tehnik penerapan yang lain selain yang disebutkan di atas? Ada dong. Makanya belajar Instant Internet Business Ideas biar jago cari ide, hehehe.

Silahkan jika ada teman-teman lain yang ingin berbagi tips implementasi seputar Free Marketing :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

95 Responses to “Insight 2010: Era Free Marketing – Bagian 2”

  1. sariful says:

    menurut saya yang mas cosa lakukan di panduan dasar adalah teknik Give First, Pay For More. Saya pertama mendaftar gratis… dan ingin belajar SEO yang merupakan produk premium. akhirnya beli dech… karena saya yakin ilmu yang akan di dapat dari mas cosa pasti bagus. bagi rekan-rekan yang belum daftar, segeralah.. ambiul yang gratisnya dulu.. setelah mahir baru beli yang premium.. ini link ref saya :D http://panduandasar.com/members/go.php?r=948&i=l4

  2. wah bisnis free marketing memang asik sekali apalagi kalo member.y suka yang gratisan kaya saya ini.
    Saya termasuk org yang terkena dengan teknik marketing ini dari free member jadi premium member
    hahahaha

  3. birthdaygift says:

    memberi dulu menerima urusan nanti,layani dulu pasti dapet ganti…sip mas

  4. serasa berkunjung ke problogger nya indonesia :). yang penting dalam free markeitng adalah pengunjung plus calon kastamer tidak merasa terintimidasi kenyamanannya dengan tawaran2 pembelian, justru merasa membutuhkan, karena sadar mamfaat yang bisa diambil darinya.. halahh

  5. Wao mas Cosa… tipsnya keren2, tapi lagi baru belajar nih. Mulai dikit2 dulu ah…thanks infonya.

  6. asep says:

    Wah saya paling hobi ngembat yang geratisan… terkadang suka berfikir beberapakali untuk memutuskan membelinya… tapi pada akhirnya membeli juga heuheuheu….

  7. holand says:

    pokoknya prinsipnya give give give dulu lah yak hehehe..

  8. Elsa Sakina says:

    Jadi mau baca “Free”nya Chris Anderson…Sebenernya sudah dari dulu pingin baca, dan baru2 ini diingatkan lagi oleh artikelnya Seth Godin, dan sekarang Mas Cosa…hehe

  9. produk gratis memang menyenangkan, namun bila memang serius ingin menekuni bisnis internet sebagai sumber penghasilan, membeli produk produk premium sangat di rekomendasikan. karena selain materinya yang fokus, juga ada banyak materi yang ‘sulit’ di dapatkan ilmunya hanya melalui browsing dan materi gratis.percayalah…

  10. Dengan prinsip free marketing, baik pemilik website maupun pengunjung / pembaca sama-sama memperoleh keuntungan. Contohnya: Saya dapat ilmu baru bagaimana membuat sampul e-book dari PanduanDasar.Com. Mungkin suatu waktu saya akan membeli salah satu produk premium di situs tersebut.

  11. “Bagi-bagi ebook gratis, namun di dalamnya ada upsell ke produk atau layanan lain yang berbayar” Ini dia yg lagi saya terapin ;)

  12. faris vio says:

    saya tambahi ben pas 80 hehe

  13. Sama halnya dengan “Coba dulu baru beli” jika di dunia nyata. Teknik memberi gratis ini memang mantap. Sapa sih yang gak mau barang gratisan? :)

  14. paling suka Just Give, Let Someone Pay ….. :D

  15. Paling suka dengan konsep nomor 2 :D

  16. Anton says:

    Berarti trial order yang mas … coba dulu kalau ok baru beli

  17. kalo diterapkan di bisnis offline, bisa ga ya mas cosa ?

  18. febri says:

    siap, saya sedang berusaha menyelesaikan yang tipe no.1 :)
    cuman gini loh mas *mulai curhat*
    ini kan saya baru belajar maslah give away (dalam kasus ini e-book rencananya.) gimana cara meningkatkan kepercayaan diri kita mas? jujur, saya takut ebook saya disebut ebook sa**ah.
    lalu sistem seperi apa yang perlu kita siapkan dalam menjalankan project seperti ini?
    need clue mas ^:)^

    • Cosa Aranda says:

      mulai dari trust building aja, coba tulis beberapa artikel dengan topik sejenis di kaskus ato jadi guest blogger di blog orang. bisa jg dengan bikin notes di fesbuk. inget aja, kebanyakan yg dicap produk sampah (padahal gak semua bener) adalah produk milik orang2 yg jarang bersosialiasi alias tiba2 eksis begitu aja :)

      kalo sistem aku gak tau maksud pertanyaannya. bisa tolong diperjelas :)

      • hmm ya sering juga liat ada yang jual produk informasi, kelihatannya cukup bagus, berbobot dan bagus. tapi karena pembuat produknya ga gaul (di cek ricek di google dan social network ga ada tu profil ato review tentangnya), juga yang ngasih testi juga ga familier) yah jadinya ragu tu buat beli apalagi masarin produknya

      • febri says:

        ya mungkin toolsnya, atau persiapan2 standard macem apa aja mas yang perlu kita siapin. *sekalian nanya mas, kalo jvp pdc bisa nggak mas menjebatani pemula macem saya buat share ebook gratisan?*

        • Cosa Aranda says:

          tools:
          1. software document editor & pdf converter. gratis ato berbayar tergantung kebutuhan :)
          2.software ecover creator ato photoshop + ecover action script
          3.image editor untuk edit screenshot jika diperlukan
          4. screen recorder seperti camtasia untuk bikin video jika diperlukan
          5. webcam / handycam untuk bikin video jika diperlukan
          6. graphic tablet untuk personalisasi gambar jika diperlukan
          7. dll.

          basicnya sih cukup 1-2 aja :maho

  19. Petrus says:

    Dear,

    Nice Blog , keep on writing , my friend.
    GBU.

  20. iphin cow says:

    jadi teringat lagunya SID : “kusadari semua dalam hidup ini kau hanya dapat kan apa yang akan kau berikan”

  21. Saya masih baru di dunia bisnis online, artikel ini membuka wawasan saya tentang teknik Free Marketing dalam bisnis online. Terima kasih sudah memberi artikel yang bagus untuk saya.

  22. beeky says:

    Bisa gak saya mendapatkan ebooknya mas cosa ???

  23. ismail says:

    Klo saya masih bingung apa yang mau dikasih, lha wong saya ini masih dalam tahap belajar. Lagi nunggu ebooknya mas cosa yang cara bikin product dulu deh. Sambil nunggu aku berbagi senyum aja deh :)

  24. mas cosa senantiasa memberikan tips2 jitu dalam internet marketing. sukses untuk mas cosa, doain juga ya biar bisa mengikuti kesuksesannya:p

  25. Hampir dua tahun ini saya hidup dari internet marketing

    • darknight says:

      Iya saya juga dua tahun belakangan ini makan dr internet, hehehe… Tapi tahun pertama mulai IM ga dapet earning sama skali, malah tekor bayar koneksi internet,,

  26. Modem Venus says:

    saya lg belajar biar bisa dapet ilmu kaya mas Cosa nih…ukur sukur di kasih tips nya

  27. Melvern says:

    saya terpaksa ngomen karena tergila-gila dengan artikel mas cosa, dan supaya artikel baru cepat di publish. ayo yang lain ngomen juga ya~!

    • bintang says:

      aku juga nambahin komen ah!!!

      • sariful says:

        kalo comment nya seperti ini apa masuk hitungan mas cosa? khan di artikel kemarin dah jelas.. hanya comment yang berkualitas yang di hitung.. hehehehe…
        kalo comment saya yang ini di hitung ga yach… ? masa iya mas cosa ngitungin dengan kalkulator mana-mana aja koment yang berkualitas..

        • darknight says:

          Makanya, saya sendiri juga bingung comment2 itu masuk ga ya.. Tp sepertinya ga diitung deh, soalnya kemarin aku comment hingga pas 80 eh artikel baru blm nongol, sedangkan comment 84, atikel nongol,,, berarti 4 commentnya ga diitung kan?

  28. benar mas cosa,cara yang satu ini sangat ampuh sekali untuk menarik konsumen yang berbayar.

  29. andizulfikar says:

    agak seedikit berat tulisannya boss maklum masih angkatan level 1

  30. play-1st says:

    nice post brooooooo

  31. darknight says:

    aduh, artikelnya udah tersedia tapi commentnya masih 69, jadi ikutan comment ah… *ini dianggap spam ga ya?*

    • febri says:

      tuit… tuit….
      spam coment was detected :D

      btw, mas/ mbak ini siapa toh yah? beberapa kali saya liat komentarnya di respone oleh mas cosa dengan gaya yang personal banget :)
      mas cosa kan sedikit banyak jadi panutan saya, jadi saya pikir, temen – temennya juga bisa dijadikan panutan :D
      cuman mbak nya ini nggak ada linknya e. jadi saya tinggal penasarannya aja. hehe…
      salam kenal mbak. saya febri (ada kan yah tulisannya diatas :D)

      • darknight says:

        Salam kenal juga :)

        Perasaan Mas Cosa emang gayanya personal ke semua komentator blognya deh, terutama yang emang rajin berkunjung ke blognya. Makanya saya rajin ke sini, hehehe…

        Saya kayak mas Sariful, pembaca setia dari awal 2007, bisa dibilang blog ini tempat belajar utama Bisnis online saya. Makanya ikut membantu kontribusi dgn comment2 supaya blognya rame :)

  32. i like this…infonya mantep2 banget!!!

  33. Ilmuwan says:

    masih belajar ngeblog,,, cara yang keempat mungkin sangat efektif untuk meningkatkan penghasilan kita,,, tapi caranya gimana ya???

  34. Dewa Cinta says:

    Nice artikel. Emang kayaknya tahun 2010 akan jadi ajang munculnya penulis-penulis E-Book berkualitas.
    Saatnya bikin List Building..

    Sukses terus Bro COSA.

  35. yully says:

    udah 82 komentarnya, kok lom ada artikel baru yah….hehehe

    • darknight says:

      Hmmm, berarti banyak artikel yang dianggap sp*m kali ya? Iya nih, Berarti kita harus tambah2in comment supaya artikelnya nongol..

    • sariful says:

      kalo statistik khan ada margin error nya…, belum cukup berarti sampling nya :D khan pake moving average hehehehehe

      • yully says:

        mungkin lom banyak yang voting…
        ayoo dong di voting rame2….

        “Tidak sabar agar blog ini diupdate? Komentari artikel di atas hingga setidaknya memiliki 80 komentar berkualitas dan artikel baru akan segera dipublikasikan. Isi juga Polling Artikel yang ada di samping untuk menentukan artikel mana yang dipublikasikan terlebih dahulu.”

        • sariful says:

          ga merhatikan… ternyata ada polling euy… yang aneh masa ada polling cosaaranda penipu.. dah banyak lagi yang vote, kalo saya sich mata duitan… pengen dengerin lagu dapet duit.. padahal biasanya main musik dangdut baru dapet duit (Kalo ada undangan orang hajatan) hahahaha

  36. techno says:

    kalo aku pastinya no 2. . :D

  37. Salam Kenal…
    Infonya Bagus Kang, Thank’s ya…Sangat membantu kita…
    Sedikit informasi nih,
    buat kawan2 yang ingin terus semangat dan termotivasi, kawan bisa dapatkan dvd/cd motivator-motivator hebat disini secara gratis

  38. Mr. Bingung says:

    gak ngerti…maksud pertamaxxx tuh apa…???
    bikin kotor kontak komentar aja… :bingung:

  39. Mr. Bingung says:

    pertamaxxxxxxxxxxxxxxx……….?? gak jelas…!!
    :bingung:

  40. Eviwidi says:

    Saya sudah baca bukunya Chris Anderson yang versi Indonesia, beberapa contoh yang diberikan cukup menarik, contohnya toko SampleLab di Jepang… jadi semakin mengerti setelah baca Artikel ini dan artikel sebelumnya…thanks Mas Cosa, saya mulai komen lagi setelah lama vakum *halah, gak penting* hahah..

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Insight 2010: Era Free Marketing – Bagian 2": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy