Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Insight 2010: Era Free Marketing – Bagian 1

Oleh | Publikasi: December 28, 2009 6:16 am
Panduan 28 Hari Menguasai SEO

Untuk materi kali ini saya sarankan Anda untuk membaca buku Free: The Future of Radical Price karangan Chris Anderson, si penggagas fenomena Long Tail. Versi digital buku tersebut sebenarnya tersedia secara gratis di Scribd, hanya sayangnya dibatasi agar hanya bisa dibaca oleh pengunjung yang berasal dari US. Jika Anda ingin mencoba mengakalinya, entah dengan proxy atau tehnik lainnya, berikut ini tautannya. Jika Anda punya perangkat Kindle, Anda juga bisa mengunduhnya secara gratis di sini. Sedang yang tidak beruntung seperti saya, silahkan cari bukunya di toko buku import terdekat di kota Anda (karena versi terjemahannya belum ada).

Nah, dalam buku tersebut, Chris Anderson mengangkat gagasan bahwa di masa depan (FYI, buku tersebut ditulis di awal tahu, jadi ‘masa depan’ yang dimaksud ya mulai tahun 2010 besok), setiap pebisnis atau pemilik produk yang ingin sukses seharusnya mengedepankan aspek gratis ketimbang komersil. Memberi dulu, baru menerima.

Tentu saja, karena namanya bisnis, tetap ada ‘perhitungan dalam memberi’. Beberapa metode yang bisa digunakan:

  • Give This, Pay That
    Satu produk diberikan gratis, tapi untuk mendapatkan produk lain harus membeli
  • Give First, Pay Later
    Satu produk diberikan gratis di awal, tapi untuk menggunakannya secara berkelanjutan harus membayar. Setara dengan sistem trial version pada software.
  • Give First, Pay For More
    Satu produk diberikan gratis di awal, tapi untuk mendapatkan konten atau fitur yang lebih lengkap harus membayar. Setara dengan sistem demo version pada software.
  • Just Give, Let Someone Pay
    Satu produk diberikan gratis, sedang nilai komersilnya ditutupi oleh penjualan produk lain. Biasanya digunakan di toko-toko retail pada masa promosi.

Bedakan dengan ‘memberi secara perhitungan‘ ya. Kalo yang satu ini, kita memberinya secara tidak ikhlas :)

Keempat metode di atas (sebenarnya ada lebih dari empat, tapi untuk sisanya silahkan baca bukunya saja) bisa diterapkan pada bisnis internet. Tidak hanya bagi pembuat produk atau penyedia layanan loh, bagi yang berkutat di monetisasi blog pun bisa mengimplementasikannya. Nah, seperti apa contoh-contoh penerapan konsep Free Marketing di atas pada dunia bisnis internet? Tunggu pembahasannya di artikel berikutnya Kamis besok :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

93 Responses to “Insight 2010: Era Free Marketing – Bagian 1”

  1. nandin says:

    Gagal PertamaXXXX !!!!

  2. Goenz says:

    Weww.. nice article gan.. :))

    Membedah konsep Freemium dan Premium?

    Just Give, Let Someone Pay.
    Sepertinya konsep ini sudah lama diterapkan sama raksasa Google maupun Yahoo ya mas..?

  3. balik lagi ke inti bisnis: tidak ada makan siang yang gratis di bumi ini… tetep aja harus mbayar…

  4. fauziwong says:

    kalo ingin menerima ya harus memberi…. itu kata bapak saya… :)

  5. Just Give Let “Allah” Pay…hehehhe.

  6. wandi says:

    ada kesamaan dengan konsep ust. Yusuf mansur nih..

  7. Richie Eddy says:

    Sy sih setuju dgn ke4 point tsb, zaman skrng ini mana ada yg serba gratis…Tetapi, kata bapak sy ‘sebaiknya banyak2lah memberi drpd banyak menerima…’ Salam

  8. setuju banget mas… ‘banyak memberi, insyallah LEBIH BANYAK menerima’.amiin. prinsip ini juga yang sekarang kupraktekkan

  9. Give First Receive Later

  10. puputs says:

    kalo tukang bubur di tempat saya,

    Pay Now, free tomorrow

    :D

  11. Materi Freemium ini sudah pernah saya bahas mas bersama2 teman2 dari navinot. Memang konsep ini bisa dibilang sebagai new wave / konsepnya tren social media 2010. Nah, bicara soal konsep Freemium ini, ternyata PDC sudah melakukannya lho :D . mas cosa mau liat slide konsep Freemium ?

  12. Yudhi says:

    Kadang – sih kalo trialnya udah habis, suka nyari trial – trial lainya…wak…wek…wok…..maklum muka gratisan.

  13. Rasanya konsep2 tersebut sangat mirip dengan model bisnis software open source. Tapi kayaknya malah lebih enak kalau di terapkan di dunia bisnis online selain jualan software/layanan di seputar software.

  14. kayaknya konsep ini pas banget buat rencana bisnis 2010 saya :)

  15. 12obin says:

    seperti artikelnya dulu, tukang jualannya kasih gretongan yang tidak terduga, :). Kalau saya kasih secara perhitungan, hitung-hitung buat amal :D

  16. stan says:

    seperti prinsipnya ustadz yusuf mansur…saya yakin prinsip ini bagus untuk semua bisnis kita. trims mengingatkan saya kembali tentang prinsip ini

  17. Nirvana says:

    Saya pernah ikut seminar para wiraswastawan offline sukses di yogyakarta. Dan anehnya para pembicara2nya mengajarkan satu hal untuk sukses: jangan lupa shadaqah :)

  18. Benar mas cosa itu merupakan cara paling ampuh dalam memikat konsumen.

  19. Kalau aku lebih sering menggunakan gratis produk A, kalau membeli produk B.

    Kalau pesen tiket kecak di Uluwatu, ngga ada yang gratis gan :)

  20. Wahh..sepertinya patut di coba nih, model bisnis seperti itu

  21. Thanks ilmunya mas cosa…

  22. Tahun 2010 sepertinya persaingan online lebih ketat lagi, jadi seru ya.

  23. Saya setuju dengan ide Marketing nya. Sangat menarik untuk dipelajari

  24. Anton says:

    Sebuah strategi marketing yang cespleng …

  25. faris vio says:

    ngeles apa nii maz.. boleh ikutan jadi murid teladan hehe..

  26. fidi says:

    Uang adalah bagian kecil dari sebuah ide…. Jadi kalau mau dapat uang jangan memikirkan untuk dapat uang dulu…. tapi jalankan ide yang bermanfaat bagi banyak orang… Ide akan menghasilkan uang berlebih….

  27. Rizki says:

    Give and Take, hmmm… Modal awal harus keluar lebih banyak tampaknya. BTW info nya bagus, saya berharap banyak belajar di sini.

  28. nada says:

    idenya keren jg bang
    mantabss

  29. Fauzan says:

    Paling demen dah sama yang namanya gratisan :D

  30. fadhli says:

    wew kayaknya keren nih….kayaknya harus ikuta membacanya…tapi belom sekrang ntar pulang dari tahun baru hehehe

    oh mas cosa met tahun baru yaaa ……

  31. dreamfrog says:

    saya malah terlalu banyak ngasih, soalnya kalau dijual udah gak laku, ya udah di free-kan aja lagi.

  32. ikut baca-baca aja … menarik Gan …

  33. wah sy ngalamin teknik ini nih. diterapin tuh sama shopperpress ‘n E-Store.. kasi plugin ‘n template yang gratisan.. hehe..

  34. Postingan yang sangat bagus Pak Cosa. Menambah pengetahuan tentang ilmu marketing dalam bisnis online. Ditambah dengan ilmu yang saya dapat dari komentar temen2. Terima kasih.

  35. […] bagian kedua dari artikel ini (baca bagian pertamanya di sini), yang sekaligus merupakan penutup dari mini seri artikel Insight 2010, saya akan coba untuk […]

  36. fadly muin says:

    menarik sekali artikel ini. walau ujungnya sema harus “pay”. tapi tantangan untuk mendapatkan itu semuanya harus memberi dengan modifikasi di masing-masing bidang. inspiratif sekali….

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Insight 2010: Era Free Marketing – Bagian 1": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy