Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Insight 2010: Era Joint Venture

Oleh | Publikasi: December 24, 2009 6:18 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Booming produk digital lokal 1.5 tahun belakangan mulai mereda sejak pertengahan tahun 2009 lalu. Meskipun ada juga produk-produk berkualitas yang hadir di tahun 2009, namun tidak bisa dipungkiri bahwa gaungnya kalah kencang dengan dua buah produk fenomenal — Bisnis5Milyard dan SmartMachineSystem. Produk sampah? Mungkin, tergantung dari sudut mana Anda memandangnya. Tapi bagi saya pribadi ada dua pelajaran yang bisa saya petik dari kedua produk tersebut. Bahwa (1) sistem yang ditawarkan terbukti menarik bagi kebanyakan orang, dan (2) segencar apa pun kampanye “bisnis internet bukan bisnis instan”, tetap sulit untuk mengalahkan sifat dasar manusia yang ingin cepat kaya tanpa mau bekerja keras.

Dengan meredanya arus rilis produk-produk lokal, peta persaingan pencipta produk lokal tampaknya akan semakin mengerucut. Kandidat yang bertahan adalah mereka-mereka yang produknya memang berkualitas, rutin updet, memiliki reputasi bagus, dan cerdas dalam memanajemen komunitas pelanggannya. Atau setidaknya memiliki komunitas calon pelanggan yang kuat.

Di sini lah mulai terkuak pintu gerbang era baru bisnis produk digital di Indonesia — Joint Venture (JV).

Konsep JV sendiri sebenarnya ada dua, yaitu:

  1. JV dimana masing-masing pihak saling bekerjasama dalam membuat produk dan memasarkannya
  2. JV dimana satu pihak bertindak sebagai pembuat produk dan pihak lain bertindak sebagai yang memasarkannya

Dengan alasan ego :) sepertinya yang lebih berkembang di Indonesia adalah JV model kedua, yaitu JV model penulis – penerbit. Alih-alih harus repot membangun reputasi dan berpromosi, JV jenis menawarkan jalan pintas bagi Anda yang ingin sukses menjadi pencipta produk digital. Anda bahkan tidak perlu pusing memikirkan masalah sistem karena sudah ditangani oleh partner JV Anda.

Langkah-langkah yang harus dilakukan, jika Anda berminat ber-JV-an model kedua kira-kira seperti ini:

  1. Cari ide produk digital yang akan dibuat
  2. Buat gambaran / garis besar dari produk digital tersebut
  3. Cari partner JV yang sekiranya paling cocok dalam memasarkan produk tersebut
  4. Jika disetujui, selesaikan produk digital tersebut
  5. Serahkan pada pihak JV untuk dikoreksi. Jika disetujui, produk mulai dipasarkan
  6. Ongkang-ongkang kaki terima duit :)

Jujur aja, saya sekarang malah jadi iri dengan penghasilan salah satu partner JV saya, mas Toni Jauhari, karena produk pertamanya yang dipasarkan di PanduanDasar.Com cukup lumayan hasilnya. Padahal saya tuh yang repot ngurusin customer support-nya, hehehe.

Saya akan membahas lebih lanjut masalah JV nanti di PanduanDasar.Com. Hanya mungkin terakhir yang perlu disampaikan, melakukan JV bukan berarti Anda bisa asal-asalan membuat produk. Justru, produk Anda harus SANGAT terjamin kualitasnya. Anda juga harus tetap membangun trust dan komunikasi dengan pelanggan. Tapi setidaknya Anda sudah tidak perlu repot jualan sendiri dan menghadapi pelanggan secara langsung. Trust me, ribet banget tuh :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

72 Responses to “Insight 2010: Era Joint Venture”

  1. puputs says:

    hehehe jadi mas cosa yang punya warungnya nie, kita tinggal nitip lontong sama bakwaannya yah… :D

  2. berarti paid review masih menjadi trend di 2010 ya boss?

  3. Faihu says:

    Sepertinya produk penunjang bagaimana membuat produk dan JV juga bakal laku keras.

  4. Goenz says:

    Mas Cosa, melihat dari konten sebuah produk. Apakah produk yang diciptakan akan selalu mengarah ke produk bisnis online saja? Yang masih mengarah dimana pembeli akan mendapatkan efek (online income) setelah mempelajari produk tersebut. Bagaimana peluangnya dengan produk2 panduan yang sifatnya tidak untuk mencari income saja..? Thanks to ur attention.. :)

    • Cosa Aranda says:

      gak juga. cuman masalahnya, kebanyakan yg bikin produk non-IM itu cuman sekedar iseng aja dan/atau gak ngerti tentang cara masarin produk digital. Jadinya hasil gak sesuai dng yg mereka harapin dan ilang begitu aja.

      udah banyak kok produk2 non-IM benernya. Ada ebook ttg nama bayi, resep masakan (ini yg banyak), cara diet, belajar bahasa inggris, dll. aku sendiri jg ntar mau ngeluarin kok, hehehe.

  5. antodhore says:

    Mas cosaranda, salam kenal dari saya. Kira-kira menurut anda, bisa gak, saya promosi lewat dunia nyata (bukan maya) bentuknya melalui brosur untuk mempromosikan produk internetku?

  6. ismail says:

    klo saya pengennya ada yang menuangkan ide saya dalam bentuk prodeuk digital. plus ada yng memasarkannya, Mas cosa bisa bantu ?

  7. Era JV … ya tetap harus ada si pembuat produk dan yang memasarkan… klo semua org cuma tau-nya memasarkan dan tdk ada pembuat produk , sama aja bo’ong.

    btw mas cosa… sekalian cek donk ticket id tanyacosa dot com : 5YB59PL2ME
    hehhe… msh ada mslh dgn ticket-nya ya ?

  8. zona bisnis says:

    ya semoga memang benar klo JV adalah trend 2010

  9. Wah sepertinya mas cosa jadi pelopor JV nih :)

  10. memang JV akan menjadi trend 2010..
    dah hampir saja mau beli produk panduandasar.com saya kira ada diskonnya? tapi tak apa lah.
    Oh ya mas saya menunggu produk panduan seo compelete blogspot loh mas..
    jangan wordpress ja mas..
    coz saya pecinta blogspot …
    hehehhhe

  11. bayu mukti says:

    wah kalo saya ga ada produk bos :D .

  12. firman says:

    Hmm.. Persiapan nih..

  13. bener mas cosa.. bisnis online ga ada yang instan saya juga ketipu dengan smart machine sytem….

  14. gugeluv says:

    apakah akhirnya produk-produk sampah itu akan hilang.
    Mulai tahun 2010 saya rencananya akan mulai kampanye anti produk sampah dari internet.

    Tahun 2010 akan jadi tahun perjuangan untuk bisnis yang bersih.

    • Cosa Aranda says:

      hilang sepenuhnya aku rasa gak mungkin, toh sebenarnya itu kan bagian dari bisnis internet juga. lagipula, kalo gak ada produk sampah, gak ada jg yg namanya produk berkualitas :)

      tapi semoga saja peredaran dan kehadirannya bisa ditekan seminim mungkin. ato at least sampahnya jangan jorok2 amat lah, hehehe

      • Bener bgt mas, berkat Produk Sampah yang SMS itu, sy malah jadi TERTANTANG untuk membikin Produk Yang Berkualitas terutama dalam segi System nya. Spt yg dibilang bang Igor : Balas Dengan Karya…!!

  15. rivan says:

    wah boleh boleh tapi mau beli belum ada uang

  16. Benar produk yang dibuat saat kita hendak joint venture harus benar-benar berkualitas agar tidak mengecewakan customer kita nantinya.

  17. Fauzan says:

    Kalo produknya berupa software bisa masuk JVP gak mas ?

  18. Salam kenal, maaf saya masih sangat pemula.

  19. subecha says:

    JV menjual produk teman yang berkualitas lebih baik dari pada yang asal-asalan dibuat sendiri. Bagus mas artikel nya. terimakasih.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Insight 2010: Era Joint Venture": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy