Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Kerja Atau ‘Kerja’, Ya?

Oleh | Publikasi: December 1, 2009 6:56 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Pada bagian penutup artikel edisi khusus hari Idul Adha kemarin, saya menyebutkan bahwa garis batas perbedaan antara seorang pengangguran dengan pebisnis internet sukses amat sangat tipis. Alasannya sederhana saja. Seorang pebisnis internet yang sudah sukses biasanya jam kerjanya sangat minim (baca juga artikel mengenai nilai jual seseorang), karena sebagian pekerjaan rutinnya sudah dilakukan secara cerdas. Saking minimnya, dunia luar pun menganggap mereka sebagai seorang pengangguran yang kerjaannya setiap hari hanya bangun tidur dan tidur lagi. Apalagi ditambah dengan penampilan yang kadang jauh dari definisi rapi dan necis.

Ngomong-ngomong soal jam kerja, terus terang agak sulit juga untuk menentukan berapa sih sebenarnya waktu yang kita sisihkan untuk bekerja mengurusi bisnis internet kita. Bagaimana tidak sulit, lha wong kerja atau tidak juga kita sama-sama bertatap muka dengan layar komputer kok. Saat-saat dimana kita melakukan investasi ilmu pun agak membingungkan, apakah dimasukkan dalam sesi bekerja atau tidak.

Coba bandingkan dengan pekerjaan di dunia nyata yang sudah jelas jam kerjanya. Meskipun ada saat-saat tertentu dimana kita harus mempelajari materi-materi yang berhubungan dengan pekerjaan utama kita (setara dengan berinvestasi ilmu di dunia bisnis internet), namun karena itu dilakukan pada jam kerja, maka ya sudah ikut dihitung sebagai ‘pekerjaan’.

Apakah hal yang sama bisa diasumsikan pada dunia bisnis internet?

Entahlah. Belum lagi untuk kasus bersosialisasi di jejaring sosial atau layanan pesan instan. Untuk bidang bisnis internet tertentu mungkin tidak berhubungan dan tidak bermanfaat, namun untuk bidang bisnis internet yang lain, menjalin hubungan dengan orang lain hukumnya adalah wajib dan sudah pasti masuk dalam ‘jam kerja’ kita.

Saya pribadi, jika mengabaikan unsur investasi ilmu dan investasi jaringan sosial, maka hasil akhir perhitungan total jam kerja adalah sekitar 2 – 4 jam per hari. Masalahnya, jika kedua parameter tersebut disertakan, maka bisa mencapai 6 jam per hari. Sungguh bukan merupakan nilai yang ideal :)

Atau mungkin, karena sebagian besar pelaku bisnis internet menganggap dan merasa bahwa bisnis internet adalah pekerjaan yang menyenangkan, maka sebenarnya jam kerja kita adalah NOL? Ingat, sesuatu yang menyenangkan untuk dikerjakan bukanlah sebuah pekerjaan, melainkan dapat dianggap sebuah aktivitas yang bisa kita lakukan kapan saja tanpa ada paksaan dan aturan. Dan tidak dapat dipungkiri, itulah yang dirasakan dalam hati kecil saya :)

Bagaimana menurut pendapat Anda?

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

93 Responses to “Kerja Atau ‘Kerja’, Ya?”

  1. hmmmmm kayaknya emang mengasyikkan kerja di dunia maya….

  2. Metode Baru says:

    Hati kecil saya juga berkata begitu mas :D

  3. betul, jam kerja kita tidak tetap. Selamat bagi anda kalau sudah menemukan pekerjaan yang menyenangkan.

  4. darknight says:

    Wah artikel yang menarik sekali :)

    Menurut saya pribadi, itu ga enaknya kerja online, meski enaknya segudang ;) (Bisa kerja kapan aja, kita yang nentuin target penghasilan, dan penghasilan tidak terbatas) tapi ya, Sangat sangat MENYEBALKAN kalo kita dianggap pengangguran. Waktu saya full bisnis online, rasanya orang2 serumah menganggap saya pengangguran sejati meski mereka tau saya di rumah kerja juga dan saya dikasih kerjaan khas2nya pengangguran penunggu rumah :(

    Jadi, solusi kecil dari saya: Miliki Kegiataan lain selain bisnis online, yang membuat kita ga dicap sebagai pengangguran. Kalau saya sih memilih dengan lanjut kuliah lagi, di mana setelah lulus, saya bisa mendapatkan profesi yang rada kerenan di mata masyarakat. Tetapi itu kembali ke diri masing2, yang penting lakukan kegiatan yang sesuai minat aja.

    Lucunya, setelah saya ada kegiatan offline tetap, saya jadi lebih produktif, dan earning malah meningkat dibanding hanya nganggur online aja. Mungkin itu efek keterbatasan waktu ya :D

  5. Bodrox says:

    Saya malah pernah baca dari blogger luar kalau ‘kerja’ tepatnya ‘kerja kreatif’ itu tanda bahwa seseorang tidak menjadi komoditas.. Btw, pandangan mainstream masyarakat memang kadang menyakitkan :)

  6. ismail says:

    Apalagi ditambah dengan penampilan yang kadang jauh dari definisi rapi dan necis —> gw ga setuju ama kalimat ini, lha wong banyak yg naksir gw di dunia nyata kok :D Wawkwkwwkwkw…….

  7. Bener sekali mas, paling enak sih emang jadi “PNS”

    PNS = Pengangguran Neng Sugeh (basa jawa he2)

  8. pensiun kaya says:

    kerja tetap atau tetap kerja? pilh mana? atau berpenghasilan tetap atau tetap berpenghasilan? prioritas Anda yang mana? 🙂

  9. nangga says:

    hmmmm….saya malah bercita-cita seperti itu(meninggalkan kerja di dunia nyata)kalau melihat master-master yang ada sekarang memang lumayan susah untuk memulainya..gak mudah kan mas cosa..harus kerja keras dulu pastinya baru bisa kerja pintar..hehe…
    thx untuk artikelnya bagus dan terus memberikan spirit untuk newbies seperti saya.
    btw…selamat mas cosa udah jadi KING di pemburudolar awesome dah!!! :)

    • Cosa Aranda says:

      hehehe, tapi belum donlot produk yg video. males, gede banget :p

      • nangga says:

        share dong..buat saya..hehe..kalau newbie kaya saya mana bisa jadi KING seperti mas Cosa.
        kalau dikasih yaa alhamdulillah itung2 kasih amal dari “King” Cosa,,lumayan buat materi belajar tambahan..wkwkwkwkwk…. :)

        • Cosa Aranda says:

          ngomong2 tahunya aku dapet King darimana?

          • nangga says:

            dari admin mas cosa..hehe.. 😛

            • singgih says:

              bleh bgt tuh mas nagga saya setuju……
              haduh susah bgt ngajak satu org ja…..
              laen mang yg dah jd d king segala rekomendasi k banyakan pd yg ngikutin…
              hahahah jd pngen nih

            • nangga says:

              iyalah..wong membangun komunitas yg saling percaya kn gak gampang..hehe..
              kalau uda master spt mas cosa kn gampang aj hiks jg ngiri..okelah steytun aja di cosaaranda.com sp tau..sp tau nih ya =)
              mas cosa berbaik hati ngeshare hehe..

      • Haris says:

        Boleh saya bantuin donlot bos?! berapapun gedenya pasti saya lahap dweh… :D

  10. kalo bagi saya, bisnis online tuh COOL bangett. seneng banget jadi orang yang berbeda. seneng juga melihat orang orang yang tidak mengerti soal bisnis online ini. mengapa harus menyebalkan bila dianggap pengangguran? toh pengangguran kan bukan kriminal. buat saya pribadi duh keren dunk dianggap pengangguran, tapi bisa banyak uang, ga jadi suruhan orang. it’s cool, brotha! dare to be different lah.

  11. Domain says:

    Waduh…

    Cocok banget artikel kali ini dg “isi hatiku” saat ini…
    Aku memutuskan untuk resign segera dari kantor (ngekut orang)…pengin full bisnis online…

    Semoga ini keputusan yang tepat…amin…

  12. DianRibut says:

    q jga lbh nyaman di online. . . santai bgd. . :D

  13. Lebih asik bisnis online lah, waktu kerjanya cuma kita-kita sendiri yang ngatur. Cuman emang sih dari sudut pandang orang lain, pasti menganggap kita kayak orang yang nggak ada kerjaan. Jadi baiknya mesti ada kegiatan bisnis offline juga disamping bisnis online, contohnya selagi berbisnis online nanti saya berencana buka warnet atau cafe. Ah, mudah-mudahan impian saya terkabul. Amin. Hehe… :D

    Karena menurut saya inti dari pekerjaan itu sebenernya bukan duit melulu yang yang mesti jadi tujuan, tapi untuk mendapatkan nilai kehidupan yang hanya dapat dicari dengan bekerja atau berusaha. Juga untuk kepuasan batin ketika apa yang kita usahakan membuahkan hasil yang ranum.

    Gitu aja sih… *tumben saya ngomong bijak gini* :))

  14. bayu mukti says:

    heheheeh……seperti definisi para tetangga saya di kampung :D

  15. mending “pengangguran” tapi TAJIR daripada kantoran tapi BOKEK he..he..

  16. […] Banyak pelaku bisnis online yang memiliki ganjalan dalam hati karena dianggap pengangguran oleh orang-orang disekitarnya. Anda juga mengalami hal ini? Saya terdorong menulis tips ini untuk sekedar berbagi setelah membaca sebuah tulisan di blog Cosa Aranda. […]

    • he..he.. kalo gwa mah perduli setan dengan anggapan orang, lha wong cuma anggapan en bukan kenyataan. Mending dianggep pengangguran yang nggak punya uang dari pada dianggap kaya tapi kenyataanya nggak punya uang 😉

  17. Klo mnrt sy gini…. 6 jam kerja bisa jadi dibagi 2 jam di pagi hari… 2 jam kerja di jam siang…. dan 2 jam di mlm hari… Itu lah kebebasan-nya. Pokoke total jam kerja adalah 6 jam.

  18. aan iskandar says:

    Wah senangnya kalau sudah full time seperti mas Cosa sekarang, saya memang sedang merintis, apalagi dalam perjalanan sekarang banyak sekali tantangan dan hambatan, namun belajar dari Mas Cosa yang sudah sukses, mudah2an hambatan2 tersebut saya jadikan batu loncatan untuk terus belajar dan sukses seperi Mas Cosa.

    Memang bisnis ini penuh dengan tantangan dan investasi terutama uang, karena jarang sekali modal yang kita pakai untuk berbisnis internet adalah modal yang sedikit, karena bisnis ini mengharuskan kita untuk mengumpulkan modal yang lumayan besar.

    Namun modal bukanlah penghalang orang yang ingin sukses, benar khan mas Cosa..?

    Salam sukses dari saya untuk anda.

  19. Kalo saya sih dah cuek dg pendapat tetangga. Mereka anggap aku ini pengangguran. Tapi hidupnya kok lebih makmur dibanding pekerja 8 to 5. Ah biar saja mereka mikir…status sosial seperti jabatan atau pangkat sudah ga jaman. Yang penting ada aktifitas dan hasilnya lumayan.
    Bener tuh, walaupun kita tetap kerja di depan PC/laptop,tapi serasa ga kerja karena semua dilakukan dengan senang hati dan tanpa tekanan orang lain :)

  20. Bedanya kerja di internet sama kerja biasa adalah jam kerja mas…kalo di dunia maya kita bisa kerja kapan aja kalo lagi mood, kalo lagi males ya istirahat dulu.

  21. rudy azhar says:

    ini bisa jadi dilema tersendiri Mas, memang banyak opini kalau bisnis internet hanya punya jam kerja 2-3 jam sehari tapi kebanyakan master saya lihat bisa sampai 10 jam sehari untuk melakoni itu.
    Ini juga terjadi di bisnis offline yang menggunakan sistem jaringan dimana kita bisa mendapat pasif income (jadi tidak perlu kerja lagi).
    Saya rasa kalau ingin hasilnya maksimal jam kerja kita bisa lebih panjang daripada kita menjadi pegawai.
    contoh kasusnya banyak kok Mas, saya aja menghabiskan tidak kurang dari 10 jam sehari untuk melototin komputer.

  22. Sofwan says:

    yang penting itu happy, nggak jadi masalah klu harus nongkrong didepan komputer seharian… :D

    Ya, klu emang menghasilkan bagus. Klu belum ya cari ilmu lagi biar bisa menghasilkan…itu sich pandangan saya sebagai pemula, klu mas Cosa ya pasti bedalah…

  23. nandin says:

    meskipun “pengangguran” tapi kan Gajinya 10x Lipat dari Gaji PNS loh, bahkan bisa lebih. HIDUP BISNIS ONLINE !!!!
    aku pengen seperti MASTER COSA ah dapet 90 JUTA dari f*******l.com hehehehe…. :D

  24. humaid says:

    wah! walau melototin layar komputer berjam-jam..gak masalah..habis demen sih. dulu pernah kerja offline tapi krn gak suka diatur2 ya keluar aja. walau di bisnis online belum ada hasil yang banyak..yang nikmati aja. fulus belum sesuai harapan, yang penting happy, nambah ilmu dan kawan..so, disini kita bukan kerja tapi pelampiasan hoby sambil siapatahu dapat fulus

  25. kenikmatan tersendiri bagi yang sudah merasakan…
    yang belum pasti masih meraba2 mas :) pastinya newbie butuh usaha lebih extra untuk memahami bisnis online :)

  26. 12obin says:

    Penginnya sih tidur dan jalan-jalan, uang masuk terus tanpa henti :)

  27. Yudhi says:

    Enak juga sih kerja didunia maya, bebas ngopi sambil ngrokok, ataupun ngopi sambil tiduran ngga ada yang nglarang…wkwkwkwk

  28. Ferri says:

    Setuju om cosa.. aku serasa asik hingga lupa waktu bila sudah online dari pagi sampai malam.. terlalu asik bekerja online :D

  29. rivaekaputra says:

    orang yg kerja di dunia on-line sudah pasti bisa kerja di dunia off-line

    tapi orang yg kerja di dunia off-line belum tentu bisa kerja di dunia on-line

  30. Abah Yudhi says:

    Waaah… kalau dulu saya nyoba usaha nyata (jual hp, pulsa, foto kopi, dll) toh akhirnya jebol juga. Akhirnya terjun bisnis ke dunia maya. Ternyata lebih menghasilkan, dan memang lebih banyak nganggurnya (kata orang). Lha dirumah, makan tidur dan menthelengi kompi :D Tapi tak apalah yang penting duit di dapet deh…. :Peace:

  31. badboys says:

    wah brarti jam kerja sy 0 cak. wong sy seneng nongkrong di depan komputer…. hehehehehe

  32. mumpung masih muda, semua dijalanin aja..

  33. randa says:

    bener om…kalo seneng berjam-jam juga dijabanin

  34. dreamfrog says:

    semua yang dilakukan di depan komputer, kalau diniatkan kerja menurut saya ya namanya tetap kerja. walaupun kalau menyenangkan mungkin bisa disebut main-main. kerja sambil main, main sambil kerja.
    mungkin bisa disebut juga pensiun. :D

  35. mbah gendeng says:

    kerja terus… n terus…. kadangklo depan kompi udah lupa…

  36. 15persen says:

    emang gitu mas,,,

    krasanya lagi seneng2 aja..

    kecuali kalo kita lagi ga mood tapi ada job yang harus diselesein..kalo itu mungkin krasa kerja…

    :D

  37. hati kecil saya juga begitu, saya dengan senang hati meninggalkan pekerjaan saya, untuk full time dan membaur dengan cyber.

  38. reez says:

    ayo…. semangat… semangat…

  39. Apar says:

    Betul juga Om, jadi bingung….ha..ha..

  40. bebek goreng says:

    benar, yang penting enjoy,law of attraction berlaku juga

  41. sebagai seorang newbie terkadang kita masih belum bisa melakukan cara cerdas berbisnis internet,namun lambat laun mindset itu sendiri akan tumbuh dan berkembang karena pengalaman yang sudah kita alami selama berbisnis internet.akhirnya aktivitas yang semula dianggap sebagai suatu pekerjaan akan berubah menjadi hobby yang menyenangkan bagi kita.

  42. Aktivitas di internet sudah dianggap sebagai suatu hobby yang menyenangkan bagi kalangan netter saat ini bukan mejadi suatu pekerjaan yang berat.

  43. ningthea says:

    kalo dilihat dari income sih ya jelas lah perbedaannya :)

  44. [..] http://www.thepoint.com/users/sbecker089/profile Kerja Atau ‘Kerja’, Ya? | CosaAranda.Com .. [..]

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Kerja Atau ‘Kerja’, Ya?": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy