Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Laporan Kopdar Blogger Nusantara 2011

Oleh | Publikasi: November 2, 2011 12:55 am
Instant Internet Business Ideas

Blogger NusantaraKopdar Blogger Nusantara adalah event yang berusaha untuk menyatukan blogger-blogger dari seluruh nusantara dalam satu wadah, yaitu Blogger Nusantara. Selain itu, Blogger Nusantara juga mengajak para blogger untuk menjadi seorang blogpreneurship atau blogger yang mandiri (dan inilah alasan utama saya memutuskan untuk datang), berbeda dengan event-event sebelumnya yang tabu akan hal itu :batas Untuk edisi perdana ini, acara kopdar dilakukan pada tanggal 28-30 Oktober 2011 di Sun City Convention Hall, Sidoarjo, dengan target 1000 orang blogger dari seluruh penjuru Indonesia. Pembicaranya pun cukup berimbang antara pihak sponsor, komunitas, dan blogpreneur, termasuk di antaranya perwakilan dari Google Southeast Asia dan blogger matre dari Singapura. Mangtaps  :thumbup:  Nah, supaya makin mangtaps dan gak lupa dengan event bersejarah tersebut, kali ini saya hadirkan laporannya. Laporan ini sendiri akan lebih bersifat teknis materi, bukan sekedar live report, jadi dijamin banyak dagingnya :lapar

Tapi sebelumnya, berikut ini sedikit rekap tentang keseluruhan acara Kopdar Blogger Nusantara.

  1. Blogpreneur identik dengan ide fresh dan inovasi. Panitia Kopdar Blogger Nusantara membuktikan bahwa mereka tidak sekedar mengangkat tema yang sedang hot, melainkan juga berani membuat keputusan hebat dengan menyediakan akomodasi gratis bagi seribu lebih peserta kopdar berupa gedung tenis indoor GOR Sidoarjo yang disulap menjadi sebuah ‘barak pengungsi’. Informasi yang saya peroleh dari panitia, untuk mewujudkan camp ini mereka membeli lebih dari 400 matras untuk alas tidur, sejumlah kain terpal untuk menutup seluruh lantai gedung, dan juga bantal.
    Pembuatan camp ini bukannya tanpa alasan. Selain untuk mempererat persaudaraan antar peserta dengan menghilangkan sekat-sekat pemisah, juga untuk membuat mereka merasakan susahnya para pengungsi bencana sehingga diharapkan dapat meningkatkan rasa kemanusiaan mereka. Dari kedua misi tersebut, bisa dikatakan panitia amat sangat berhasil.
    Di sisi lain, sepertinya tidak ada sosialisasi sebelumnya mengenai masalah akomodasi ini sehingga ada beberapa peserta yang ‘tidak siap’ dan akhirnya memilih untuk menginap di hotel terdekat :)
  2. Meski akomodasinya ‘sederhana’, seluruh peserta tetap diperhatikan kondisi kesehatannya dengan menyediakan pos kesehatan serta pemberian makanan 3x sehari plus snack 2x sehari. Minum pun tersedia berlimpah. Gak nyangka banget kalau peserta di luar undangan hanya harus membayar 50 ribu rupiah saja untuk mengikuti acara ini.
  3. Tujuan kopdar yang mentarget hadirnya 1000 blogger tercapai. Meski pada hari pertama jumlahnya sedikit kurang (karena masih hari kerja), namun pada hari ke-2 kuota peserta yang hadir mencapai 1300 orang! Asalnya pun beragam. Mulai dari yang dekat seperti Surabaya dan wilayah Jawa Timur (Bojonegoro, Tuban, Pacitan, dan sebagainya), hingga yang berasal dari luar pulau (Padang, Pontianak, Ambon, Maros, dan sebagainya). Meski ada komunitas yang mendapat biaya transportasi dari panitia, tidak sedikit pula yang rela merogoh kocek pribadi untuk jauh-jauh datang ke Sidoarjo.
    Saya sendiri sempat bertemu dengan rekan-rekan lama, maupun berkenalan dengan teman-teman baru, di dunia blogger dan bisnis internet. Termasuk para seleb blogger, pembaca blog ini, pelanggan PanduanDasar.Com, bahkan rekan sekampus :beer:
    Dari kalangan pebisnis internet atau blogpreneur, sayangnya saya tidak melihat ada perwakilan dari komunitas blogpreneur tertentu. Entah karena mereka tidak diundang atau panitia yang tidak mengetahui keberadaan komunitas-komunitas tersebut. Kalau pun ada yang datang, itu pun karena berasal dari komunitas blogger tertentu. Mungkin agar lebih eksis, sudah saatnya dibentuk ‘komunitas’ atau — seperti anjuran mas Donny B.U dari Internet Sehat — ‘perkumpulan’ (badan hukum) bagi para blogpreneur. ‘Asosiasi Blogpreneur Indonesia’ kayaknya keren tuh :2thumbup
  4. Acara padat dan berimbang antara blog / komunitas dan bisnis / blogpreneur, baik pada saat resmi (di Convention Hall, pagi – sore hari) maupun saat Mimbar Bebas (di camp, malam hari). Sayang karena capek, banyak peserta yang sudah tepar saat mimbar bebas berlangsung. Belum minus peserta-peserta yang jalan-jalan malam sambil belanja oleh-oleh, hehehe. Oh ya, ada juga sajian kesenian dan budaya loh, termasuk tari-tarian dan teater. Kumplit dah!

Saya gak banyak mengambil foto, jadi jangan protes ya kalau dokumentasinya cuma sedikit :)

Suasana Convention Hall

Suasana Convention Hall

Suasana Mimbar Bebas

Suasana Mimbar Bebas

Laporan lain mengenai Kopdar Blogger Nusantara dapat disimak di sini, sini, sini, sini, sini, dan sini. Kalau ada lagi yang nulis laporannya dan ingin di-link di sini tulis aja di komentar ya :)

Nah, sekarang, saatnya untuk menyimak laporan detilnya. Karena agak panjang tulisannya, sengaja saya bagi menjadi beberapa halaman, ya. Chuck it dot!

Halaman: 1 2 3

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

28 Responses to “Laporan Kopdar Blogger Nusantara 2011”

  1. bro eser says:

    Akhirnya “ndeso” kata ndeso yang dipopulerkan XL nyerang balik ke sponsor… Btw senang juga akhirnya bisa ketemu dengan salah satu blogpreneur tenar Indonesia

  2. adetruna says:

    saya beberapa kali dikasih tahu teman bahwa itu loh Cosa Aranda saat perhelatan ajang KOPDAR BLOGGER NUSANTARA kemaren; 😛

  3. sibair says:

    wahhh liputan keren mas Cosa. Sayang waktu itu kita gak sempat berbincang langsung ya..

  4. afrid says:

    oh ini yah acara yg masuk di koran kalimantan tempat saya, he he..

    kayakny seru banget

  5. Ribut says:

    Lho, mas cosa ikut acaranya to?? kok kayaknya gak kelihatan?? apa emang sengaja menyembunyikan diri??:hmm:

  6. ~MHC~ says:

    Senengnya melalui event ini aku bisa kenal dan kopdar ama mas Cosa Aranda… kapan2 minta diajari bisnis online dunk, mas… hehehe… kemarin belum sempat tanya-tanya uda pulang :(

  7. WAah. .
    padahal pengen foto dengan sampean lho mas cosa. .
    saya ga ngerti kalau ente dateng. .saya yang pake sarung sendiri di acara malem2, , deket mas kukuh.. hehe

  8. Lutfi Retno says:

    Kita kmrin sempat kenalan nggak ya? Aku Lutfi dari Jogja. Kmrin pas di mimbar bebas yang jadi MC-nya. Aku juga dah posting di blogku loh.

    • Cosa Aranda says:

      belum sempat kenalan mbak, tapi kalo penampakannya mbak lutfi sih udah tau.. secara pas mimbar bebas duduknya pas di seberangnya (agak ke belakang dikit sih), hehehe.

  9. bukik says:

    Wah ulasannya keren, segar dan asyik
    Belajar banyak buat menulis ulasan keren

    Hehehehe kadung janji traktir kepiting……

  10. Pekanbaru says:

    wah keren banget acaranya.. sayang banget saya gagal datang karena kurang 80 karakter (artikel kontes) hehehe….
    semoga kopdar berikutnya kita bisa ketemu ya mas…
    Salam kompak dari Pekanbaru Riau :)

  11. […] tengah-tengah acara Kopdar Blogger Nusantara 2011 di Sun City Convention Hall, Sidoarjo, akhir bulan Oktober lalu, XL, selaku salah satu sponsor […]

  12. mubarika says:

    terima kasih atas kedatangannya mas Cosa. nanti sy kirim foto dokumentasi kita berdua yaaaaa:-)

  13. Rusa says:

    Huwaaa, baru baca panjang banget yak :D
    Eh ternyata dapat backlink dari sini Rusa #eaaa #fakirbacklink

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Laporan Kopdar Blogger Nusantara 2011": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy