Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Lelakon Bisnis Internet

Oleh | Publikasi: November 24, 2009 6:02 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Salah satu permainan favorit saya dulu adalah catur. Sekarang? Masih catur sih, cuman sudah jarang maen aja. Gak seru soalnya kalo maen catur lawan komputer, hehehe. Salah satu penyebab saya demen dengan permainan yang konon ditemukan pada abab ke-6 masehi di India ini adalah kekaguman saya terhadap ke-6 jenis bidak catur yang masing-masing memiliki ciri khas atau karakteristik tersendiri — pion, benteng, kuda, menteri, perdana menteri, dan raja. Mereka semua berusaha untuk melindungi sang raja sesuai dengan peran dan kemampuannya masing-masing.

Dunia bisnis internet tidak jauh berbeda. Masing-masing dari kita, yang berkecimpung di dalam bisnis internet, memiliki peran dan karakteristik tersendiri. Meskipun tujuan mungkin berbeda, tapi sebenarnya kita semua terkait dalam satu kesatuan.

Nah, dari kacamata saya, berikut ini peran-peran alias lakon-lakon dari ‘reality show‘ bisnis internet yang sedang kita jalani:

  1. Publisher
    Umumnya adalah pemilik situs atau blog yang memanfaatkan situs atau blog mereka sebagai sumber mendapatkan penghasilan dari bisnis internet. Mayoritas penghasilan mereka bergantung pada Service Provider, walau sudah ada sebagian yang sudah memiliki channel langsung dengan Advertiser. Mereka juga merupakan pasar utama dari Digital Product Creator.
  2. Digital Product Creator
    Adalah para pembuat produk digital, seperti ebook dan video tutorial, serta pemilik toko online yang produk-produknya murni diproduksi sendiri atau disediakan oleh pihak lain yang tidak berada dalam lingkaran bisnis internet. Memiliki hubungan simbiosis mutualisme dengan Internet Marketer (semacam hubungan distributor dan agen) dan seringkali memanfaatkan jasa dari Service Provider. Meski tidak tercantum dalam bagan relasi, pemain ini juga terkadang menggunakan produk dari Digital Product Creator yang lain.
  3. Service Provider
    Adalah penyedia layanan dalam bisnis internet, mulai dari layanan pembuatan situs, layanan desain, hingga layanan yang menjembatani antara Publisher dengan Advertiser, Internet Marketer, dan Digital Product Creator. Layanan PPC dan Paid Review misalnya, termasuk sebagai pemeran lakon ini.
  4. Internet Marketer
    Berperan sebagai penjual atau sales dalam bisnis internet. Tidak memiliki produk sendiri seringkali juga tidak memiliki situs atau blog. Ia menawarkan produk-produk dari Digital Product Creator dan Advertiser dengan memanfaatkan jasa Service Provider.
  5. Advertiser
    Adalah pemilik produk atau layanan yang, meski tidak berhubungan langsung, ikut memanfaatkan dunia internet untuk mempromosikan atau memasarkan produk atau layanan mereka melalui pihak Service Provider atau langsung mengkontak pihak Publisher dan Internet Marketer.

Hubungan antar pemain dapat dilihat pada bagan di bawah ini:

Clip_20

Relasi yang saya gambarkan di atas hanya yang bersifat umum dan sering terjadi, sehingga tentu saja sifatnya tidak mutlak. Sebagai contoh, bisa saja pihak Service Provider melakukan jemput bola dengan langsung menghubungi pihak Advertiser.

Ngomong-ngomong, dari bagan di atas, sebetulnya dapat terlihat, pemain mana yang sebenarnya paling diuntungkan dalam dunia bisnis internet. We’ll talk about that later, tapi silahkan jika ada yang mau berpendapat lebih dulu :) Eits, tapi jangan lupa, meskipun ada satu yang paling diuntungkan, seperti sudah disebutkan di awal, keseluruhan pemain juga merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Artinya, tidak ada yang tidak penting. Termasuk Anda :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

52 Responses to “Lelakon Bisnis Internet”

  1. Rofiul Hadi says:

    PERTAMAX!! .. Belajar memahami dulu, tulisan mas Cosa sekarang agak berat nih :d

  2. sariful says:

    kadang-kadang kehidupan kita juga seperti main catur… :) koq sepi yach… alo teman-friend pada kemana nich… ?

  3. Kalau pemilik toko online yg menjual produk fisik itu masuk lelakon mana mas?

  4. Haris says:

    Modal gede untung gede lah…
    dari ke 5 elemen yang disebutkan, 1 yang saya lihat bisa dimulai tanpa modal gede, yaitu PUBLISHER :D

  5. Metode Baru says:

    Hmm, kalau dari sudut pandang saya sepertinya ada salah satu elemen dari total ke 5 elemen tsb yang tidak bisa hidup sendiri tanpa kehadiran dari beberapa elemen atau ke 4 elemen lainnya yang sudah dijelaskan diatas.

    nah, Yang paling bergantung kepada elemen lain menurut saya adalah yang –>> PUBLISHER.

    Kalau salah mohon dikoreksi ya :D

    • Metode Baru says:

      Sedangkan yang paling diuntungkan menurut saya adalah yang, hmm mana ya..?? Digital Product Creator
      benar gak sih..?? kalau salah mohon dikoreksi ya :D

      • Metode Baru says:

        Eh tapi Service Provider juga ternyata menjadi yang paling diuntungkan juga jika ke 4 lainnya ADA SEMUA, sedangkan yang Digital Product Creator, setidak tidaknya masih bisa dijalankan sendiri selama masih ada pangsa pasar.

        • Cosa Aranda says:

          DPC dan SP sama2 menguntungkan, hanya SP sedikit lebih unggul karena ada akses tambahan ke Advetiser, sedangkan DPC hanya bisa mengandalkan Publisher

  6. Ferry Ariyanto says:

    cafenya ‘wajib’ ada papan catur tuh… blom bisa ngalahin master cosa di bisnis internet, sapa tau bisa ngalahin lewat permainan catur ;)

  7. Betul, Om. Semua lelakon diatas saling menguntungkan dan saling membutuhkan. Seperti layaknya permainan catur, bila 1 bidak catur jatuh maka tugas bidak yang lainnya akan terasa berat.

    Tapi yang paling diuntungkan diantara lelakon diatas kayaknya, hm… Digital Product Creator. :D

  8. MEnjadi service provider cukup diuntungkan juga.

  9. kayaknya menjadi service provider akan sangant menguntungkan seperti seorang raja dalam permainan catur.selalu dlindungi dan menjadi pusat perhatian.

  10. skr mas cosa kok sering bahas kyk gini ya..

  11. [...] Internet, saya dan juga Anda banyak mendengar terminologi seperti berikut, tips bisnis Internet, optimasi bisnis Internet, Black Hat Technique, White Hat technique.  Saya juga telah mempraktekkan semua sebagian besar [...]

  12. ucok says:

    wew..klo penjahat online ada gak ya hehehe

  13. menurut saya, yang paling diuntungkan adalah product creator. dimana-mana produsen menang secara ideologi dan untung. ideologi dalam arti dia yg menentukan kemana arah pasar bergerak :)

  14. ismail says:

    Service Provider paling gede risikonya, untungnya juga lebih gede. Tapi internet marketing risikonya kecil, potensi incomenya gede. Tul ga mas cosa ? CMIIW

    • Cosa Aranda says:

      besar kecil resiko aku rasa tergantung sistem dan skill aja. Internet marketer kalo masih pemula juga kemungkinan gagalnya besar kok, hehehe

  15. saat ini saya ternyata masih dilevel publisher, mksh Om buat infonya :)

  16. iruel says:

    Star for u mas cosa,artikel ni mrupakan bcaan wajib bg pebisnis online..makacih ea?

  17. muklas kurdi says:

    Pilihanku menjadi Service Provider…

    Salah satu service gw yang Gratisan adalah Twitter Ala Indonesia..

  18. bayu mukti says:

    semua diperlukan, tapi kalo itung-itungan untung, yang untung kalo di indonesia tetep internet service providernya =)) …..hahahah….ga ada itu….ga ada internet …. dan ga ada bagan kayak diatas :))

  19. walawala. . . beratt, . .

  20. [...] masih banyak yang bingung dengan bagan relasi masing-masing peran dalam dunia bisnis internet, saya mencoba untuk membuat bagan hubungan yang lebih detil dan menjelaskannya ulang dalam artikel [...]

  21. dreamfrog says:

    saya masih mencoba jadi publisher, mungkin nanti bisa naik pangkat

  22. [...] kita juga menyiapkan exit strategy dalam setiap bisnis internet yang kita jalankan. Tidak peduli lelakon apa yang sedang kita jalankan, jika Anda adalah orang yang bijak dengan masa depan Anda, exit strategy is a [...]

  23. AriE ONly says:

    izin simpan dan dipelajarin mas cosaa…^_^

  24. no.or says:

    bookmark dulu ah… jgn sampai ga kebaca.. postingan berkelas rugi kalo gak dibaca… :thumbup:

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Lelakon Bisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy