Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Macam-Macam Bisnis Affiliasi

Oleh | Publikasi: March 15, 2010 9:31 pm
SEO Complete Guide for Wordpress

Seperti sudah disebutkan di artikel sebelumnya, inti dari bisnis affiliasi adalah kita mempromosikan produk atau layanan milik orang lain, dan apabila terjadi transaksi sesuai dengan aturan yang disepakati, maka kita akan mendapat komisi. Pada awalnya, bisnis affiliasi memang terbatas pada kegiatan mempromosikan barang dagangan milik orang lain, dan apabila ada orang yang membeli melalui referensi kita, maka kita akan mendapatkan ‘tips’ dari transaksi yang terjadi. Namun dengan pesatnya perkembangan bisnis internet, maka bisnis affiliasi turut berevolusi sehingga tidak lagi terbatas pada proses menjual saja.

Untuk menyingkat waktu, berikut ini macam-macam bisnis affiliasi (sepanjang sepengetahuan saya) dan beberapa contohnya:

  1. Pay Per Sales (PPS)
    Pay Per Sales adalah jenis bisnis affiliasi tradisional dimana seorang affiliate, dalam hal ini adalah diri kita, akan mendapat komisi setiap kali produk atau layanan milik penyedia jasa affiliate terjual. Contoh program affiliasi yang termasuk dalam kategori ini adalah Amazon Associates (ebook panduan Amazon tersedia gratis di PanduanDasar.Com), Clickbank, dan PayDotCom.
  2. Pay Per Lead (PPL)
    Pay Per Lead adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk bergabung dengan program atau layanan tertentu. Contoh yang paling gampang adalah program Paypal Wishlist yang diselenggarakan oleh Paypal beberapa waktu yang lalu.
  3. Pay Per Action (PPA)
    Pay Per Action (PPA) adalah jenis bisnis affiliasi dimana seorang affiliate akan mendapat komisi setiap kali ia berhasil mereferensikan orang lain untuk melakukan suatu kegiatan sesuai dengan yang disyaratkan oleh penyedia program affiliasi. ‘Kegiatan’ di sini biasanya bersifat spesifik dan memiliki parameter-parameter tertentu yang harus dipenuhi. Misalnya saja, mengisi survey, mengunduh software, dan sebagainya. Contoh program affiliasi jenis ini yang sedang naik daun adalah CPALead.

Meskipun tampak serupa, namun pada prakteknya masing-masing jenis bisnis affiliasi di atas membutuhkan keahlian tersendiri yang juga serupa tapi tak sama. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk mengikuti sebuah program affiliasi, pelajari terlebih dahulu sistemnya dan pastikan bahwa kemampuan Anda sudah mencukupi. Ingat selalu ajaran Sun Tzu, bahwa jenderal yang bijak akan selalu berusaha untuk memperkuat pasukannya terlebih dahulu (secara fisik ataupun moral — sesuai kebutuhan) sebelum memutuskan untuk menyerang musuh.

Silahkan jika ada yang ingin mengkoreksi atau menambahkan, dan jangan lupa untuk stay tune terus di seri artikel Belajar Bisnis Affiliasi selanjutnya :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

131 Responses to “Macam-Macam Bisnis Affiliasi”

  1. Bisnis affiliasi memang lumayan menguntungkan..
    Sudah banyak org yg menikmati hasilnya..
    Tapi satu kelemahannya yg kadang2 mengesalkan juga bagi saya adalah keuntungan yg didapat hanya satu kali penjualan, untuk pembelian selanjutnya kita sudah tidak dapat keuntungan apa2, sebab pembeli akan langsung berhubungan ke web perusahaan.. Bahkan ketika mereka menjadi langganan tetap, kita hanya bisa gigit jari..
    Memang ada juga sih program affiliasi yg bayar perklik tapi komisinya kecil banget jika dibandingkan dg usaha kita yg mati2an untuk mempromosikannya..

    Beruntung sekarang ada penemuan baru di dunia bisnis online.. Saya tidak tau siapa yang pertama menemukannya. Yg jelas, bisnis ini sangat menguntungkan. Sebuah perkawinan antara affiliasi dan network marketing. Di mana kita berhak selamanya mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang dilakukan oleh orang yg kita referensikan, kemudian orang yg direferensikan oleh orang yg kita referensikan, dan begitulah terus ke bawahnya..

    Untungnya lagi, mendaftarnya geratis. Kita hanya perlu menyiapkan email dan no rekening. Tanpa harus punya website ataupun blog sendiri. Karena setiap member akan mendapatkan web replikanya masing2, link yang akan merujuk ke upline, ke uplinenya upline, terus sampai ke atas..

    Kita tinggal mempromosikan webreplika yang kita dapat. Bisa melalui facebook, twitter, forum, chatting, ataupun di layanan2 iklan gratis dan premium. Apalagi jika kita punya website/blog sendiri, tentunya itu akan lebih efesien lagi. Atau bisa juga dg cara offline, yaitu dg cara memajang iklan di warnet2 lokal, yg tentu saja dengan negosiasi pihak warnet terlebih dahulu (jangan lupa sertakan jg no hp agar lebih familiar).

    Setiap member yg terdaftar di di grop kita adalah nilai income selamanya untuk kita. Karena kita berhak mendapat komisi dari orang2 yg bergabung di bawah mereka, begitupun juga seterusnya, tanpa batasan..
    Oleh karenanya jangan kaget! Bila dalam waktu dekat, kita bakal menyandang gelar jutawan..

    Masih ada kabar gembira, bagi kita yang pemula atau yang masih awam di bidang internet.. Ketika kita sudah resmi menjadi member, maka hampir setiap hari kita akan menerima email berupa arahan yang akan memandu secara detail, bagaimana agar kita bisa menjalankannya dengan mudah step by step..

    Ini cuma sekedar berbagi informasi tentang peningkatan sistem affiliasi yg tadinya hanya memberi keuntungan pada satu kali penjualan kepada tingkat keuntungan yang lebih tinggi, yakni setiap kali penjualan. Meski pembelian yang berikutnya sudah tidak melalui kita lagi, tapi kita tetap berhak mendapatkan komisinya. Sebab kita lah yang pertama mengenalkannya kepada si pembeli.

    Mohon maaf kepada yang mpunya website, komen ini hanya sekedar sharing. Jika informasi ini dianggap kurang bermanfaat atau tidak menyumbangkan kebaikan apa2, maka silahkan di delet saja!

  2. chandra says:

    wah makasi bnget atas infonya ya… sukses terus jgan lupa kunjungi blog aku juga ya

  3. Ika says:

    Apa tips dan trik jitu supaya berhasil dalam bisnis affiliasi ini? Thank’s..

  4. tomi says:

    bisnis afiliasi memang menjajikan apalagi saat ini sudah ada bisnis dropship

  5. Terima kasih atas informasinya sangat kreatif dan inspiratif. Salam.

  6. Terima kasih karena telah berbagi informasi yang bermanfaat ini. Salam kenal.

  7. Semoga blog ini bermanfaat bagi semua orang. Terimakaih yah.

  8. Artikel blog Anda sangat menarik. Saya suka artikel ini. Terima kasih banyak.

  9. kursus seo says:

    wah bagus juga nih artikelnya..
    mkasih mas share informasinya..
    lanjut baca lagi deh :)
    belum paham wkkwkw :D

  10. asahilmu says:

    bisnis affiliasi banyak juga yah

  11. Beatrice says:

    Informasi yang sangat bermanfaat. Thank you uda sharing

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Macam-Macam Bisnis Affiliasi": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy