Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Mengenal Mastermind Group dan Mengapa Anda Memerlukannya

Oleh | Publikasi: November 12, 2009 6:56 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Ketika SMA dulu, saya punya sebuah ‘kelompok belajar’. Bersama dengan 6 orang kawan (3 di antaranya sudah terhubung lagi, thanks to fesbuk), setiap malam kami rutin berkumpul dan mengerjakan soal bersama-sama. Pada saat ulangan kami juga sering berkompetisi. Yang paling kecil nilainya harus nraktir temen-temen yang lain, hehehe. Kalau dipikir-pikir sebenarnya lucu juga. Kita berenam bukan kategori murid yang rajin di kelas. Suka telat dan kadang bolos. Tugas juga jarang ngerjain, hehehe. Di luar itu? Masing-masing punya karakter yang berbeda. Satu-satunya alasan mengapa kita bisa berkumpul bersama adalah keinginan untuk lulus dengan nilai yang baik (baca: di atas rata-rata), terutama nilai ebtanas.

Dalam konteks yang lebih profesional, ada sebuah istilah bernama ‘mastermind group‘. Jika Anda belum pernah mendengarnya, grup mastermind adalah sebuah kelompok kecil dimana masing-masing anggotanya saling bekerjasama dalam mencapai kesuksesan. Bentuk kerjasama di sini bisa berupa saling berbagi informasi dan ilmu (information and knowledge sharing), membantu memecahkan masalah yang dihadapi anggota (problem solving), mencari ide-ide baru secara bersama (brainstorming), hingga benar-benar bekerja bersama dalam sebuah proyek (joint venture). Secara rutin, misalnya satu bulan sekali, grup mastermind akan berkumpul bersama dengan agenda tersebut.

Untuk membentuk sebuah kelompok mastermind yang baik, maka sebaiknya memperhatikan hal-hal berikut ini:

  • Cari anggota kelompok yang memiliki persamaan visi dan misi.
  • Anggota kelompok tidak harus memiliki kemampuan / skill yang sama. Kelompok mastermind yang baik justru terdiri dari orang-orang dengan skill yang berbeda namun saling melengkapi.
  • Masing-masing anggota kelompok harus mau berdisiplin dan bertanggungjawab terhadap keberadaan grup mastermind yang ia ikuti.
  • Masing-masing anggota kelompok harus memiliki pikiran yang terbuka dan mau menghargai pendapat atau masukan dari anggota kelompok yang lain.

Bagaimana? Sudah tertarik untuk membentuk kelompok mastermind Anda? Atau malah sudah memilikinya?

Jangan lupa, masih banyak hal-hal lain yang bisa dilakukan bersama dengan anggota grup mastermind Anda loh. Misalnya saja, patungan untuk beli produk digital :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

41 Responses to “Mengenal Mastermind Group dan Mengapa Anda Memerlukannya”

  1. menarik juga buat grup mastermind, bisa saling memotivasi, tapi harus ada rasa trust antar anggota.

  2. Sampai saat ini agak susah untuk mencari kelompok, karena yang gw perhatikan kebanyakan ingin jalan sendiri-sendiri. Enak juga kalau punya 1 atau 2 sukur-sukur lebih banyak teman yang bisa di ajak berdiskusi dan dimintain pendapat.
    Ada yg mau berkelompok dengan gw?

    • Cosa Aranda says:

      kebanyakan sih emang lebih seneng jalan sendiri. biasanya karena dari awal belajarnya secara otodidak jadi tanpa sengaja ada perasaan ‘tidak butuh orang lain’

  3. Mamat Maslutfi says:

    perlu dicoba tuk nyari grup seperti itu…gak perlu sempurna, tapi musti konsisten aja…

  4. MasterMind adalah salah satu rahasia menjadi kaya yang banyak disarankan oleh para ahli, termasuk penggagasnya adalah Napoleon Hill. Sayangnya masih banyak yang mengabaikan kekuatan ini. Joe Vitale (ahli hypnotic writing – guru the Secret) tetap memiliki master mind meski dia sendiri sudah master. Dia juga menulis panduannya “Meet and Grow Rich”.

  5. Haris says:

    Agak telat nih absen 3 hari sibuk urusan RS mulu…
    Benar juga nih infonya, terasa banget manfaat dan kegunaannya.

  6. banyak ilmu brharga d sini, sangat bermanfaat bgt

  7. Mautanya.com says:

    Jadi ingat waktu masih kuliah bareng2 dengan teman belajar di rumah =). Thanks for the reminder.

  8. mastermind: mashengky, mandor: cosaaranda, tukang semen: jokosusilo, tukang gali tanah: ariefmaulana, tukang bikin kopi: dinishanti

  9. kelompok kecil untuk diskusi memang perlu mas. saya dan beberapa teman sering tukar pikiran, bahkan chatting konferensi sambil membahas ide bisnis yang bisa direalisasikan..

  10. bintang says:

    ada yang mau buat kelompok dengan aku

  11. Sofwan says:

    Untuk jarak dan waktu jadi masalah nggak om?

  12. Usul saja,gmn kalo mas cosa yang mengkordinir pembentukan grup mastermind tsb?anggotanya bisa dimulai dari visitor tetap blog ini.hanya usul…

  13. ovan says:

    Wah, saya dah punya tuh Oom. Cuman bukan untuk bisnis online, tapi untuk bisnis beneran, yaitu Freelance Penulisan, Layout buku serta pembuatan cover buku.

    Kita juga rutin sebulan sekali, dulunya dua minggu sekali ngumpul untuk membahas strategi mencari job. Klo lagi ada Job ya… bisa berhari-hari ngumpul..he.he.he.he

  14. Baca judulnya mentereng banget. Baru tahu ternyata seperti itu :)

    Mencari orang yang bisa saling melengkapi itu yg agak sulit.Biasanya punya idealisme sendiri-sendiri

  15. Metode Baru says:

    Wah, baru sempet coment nih. Listriknya baru aja nyala nih, abiz pemadaman bergilir, hiks :(

    Soal Mastermind Group, yups saya sudah diajarkan ini sejak duduk di bangku SD dulu, ketika itu Guru saya menyuruh murid2nya untuk membentuk Tim Kelompok Belajar. Bagi yang belum nyoba, gak ada kata terlambat untuk memcoba :D

  16. mastermind ya. .
    ak ad ma tmenq,tp organsasi. .
    yg bwat ngeblog??
    ada yang mau jd mastermind ma ak?

  17. blog joss says:

    masih jalan sendiri,mastermind sangat penting.

  18. 12obin says:

    Ayo kita kumpul-kumpul untuk cari duit dan membetulkan mind kita yang mungkin masih ngalor ngidul

  19. suamimalas says:

    ya sudah…ayo…ada yang mo gabung sama sayah? :D

  20. badboys says:

    Patungan beli rokok juga bisa om cosa … hehehehe

  21. unego says:

    di rumah sebenarnya sudah pernah ada group mastermind
    tapi ya gitu. pas lagi ngumpul, sama-sama bingung soalnya semuanya sama-sama lagi gak punya kerjaan.
    bingung cari kerja semua, dan gak ada ide selain cari lowongan baru.

  22. Aji Monoarfa says:

    Jadi ingat “matermind group” waktu SMA juga nih. Hari-hari mulai jam 06.30an selepas magrib langsung pada kumpul. Yang diobrolin cewek… tapi pas malam minggu pada main catur sama gitaran :))

  23. Adi says:

    Ada rekomendasi pak Bos??

  24. pensiun kaya says:

    kalo ada yang mo diskusi about investing, boleh dong saya gabung?

  25. bani risset says:

    Yup, setuju banget. Team mastermind memang sebaiknya seperti itu. Kenapa? Karena dinamika team akan terjadi, dan (kemungkinan) untuk melakukan improvisasi dn melakukan inovasi akan jauh lebih baik, drpd team yg statis.

  26. Gandhi says:

    Sangat menarik mas, tapi yang jadi masalah adalah terkadang kita susah untuk mencari parthner yang pas dan kalaupun dapat biasanya seiring dengan berjalannya waktu akan sangat sulit untuk masing-masing anggota mempertahankan kepercayaan satu sama lainnya, karena terkadang muncul ego pribadi yang mendominasi untuk ‘menguasai’. Hiks hiks hiks. :(

  27. achi says:

    mastermind group memang sangat dibutuhkan dalam mengaccelerasikan percepatan kesuksesan bro. akan tetapi tidak gampang mendapatkan atau membentuk suatu tim yang memiliki mastermind yang sama. saya kira hanyalah proses dan waktu yang menentukan dan pastinya integritas dari tiap memeber di tim itu sendiri. sukses bro..

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Mengenal Mastermind Group dan Mengapa Anda Memerlukannya": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy