Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Memahami Trend Dengan Google Trend – Bagian 1

Oleh | Publikasi: June 29, 2010 11:57 am
Instant Internet Business Ideas

Salah satu keahlian dasar yang cukup berguna bagi pebisnis internet adalah tehnik memahami trend suatu produk atau topik di dunia internet. Dengan mengetahui arus popularitas suatu produk atau topik tersebut, kita jadi bisa menentukan waktu yang tepat untuk mempromosikan produk (untuk bisnis affiliasi) atau untuk membahas topik (untuk monetisasi blog) tersebut di situs kita. Dengan demikian, apa yang kita kerjakan menjadi lebih efektif dan tidak sia-sia.

Tehnik ‘membidik’ trend sendiri ada dua, yaitu (1) dengan mengandalkan insting kita; dan (2) dengan menggunakan tool yang sudah tersedia. Saya sendiri lebih suka menggunakan cara pertama karena lebih praktis. Namun untuk menguasai cara ini dibutuhkan pengalaman karena bagi kebanyakan orang tidak mudah untuk mengasah kejelian atau kepekaan terhadap suatu niche. Apalagi jika dari luar niche tersebut terlihat tidak menghasilkan :) Untuk detil tehnik ini tidak akan saya bahas di sini karena sudah saya tuangkan dalam salah satu produk PanduanDasar.Com, Instant Internet Business Ideas.

Untuk cara kedua, kita dapat menggunakan beberapa tool yang sudah tersedia di internet. Ada yang gratis, dan ada pula yang berbayar. Namun bagi pemula seperti kita-kita ini, kita gunakan saja yang gratisan, yaitu Google Trend (http://www.google.com/trends). Sesuai namanya, tool online ini memang disediakan oleh Google untuk melihat dan menganalisa trend yang ada di dunia internet.

Nah, berhubung secara garis besar fungsionalitas Google Trend dapat dibagi menjadi empat, maka artikel ini juga sengaja saya bagi menjadi dua (gak matching, hehehe).

Hot Topics dan Hot Searches

Jika Anda masuk ke situs Google Trend, Anda akan langsung disuguhi oleh dua buah daftar bertajuk Hot Topics dan Hot Searches. Seperti ini penampakannya:

Tampilan Hot Searches dan Hot Topics Google Trend

Tampilan Hot Searches dan Hot Topics Google Trend

Kedua daftar tersebut sama-sama menampilkan topik-topik yang sedang panas saat ini di Amerika (USA). Bedanya? Untuk Hot Topics, topik-topik tersebut dikumpulkan dari berbagai layanan jejaring sosial, seperti Twitter, FriendFeed, dan sebagainya. Sedang untuk Hot Searches, topik-topik tersebut dikumpulkan dari data mesin pencari Google sendiri. Jadi bisa disimpulkan, data pertama adalah topik yang sedang ramai dibicarakan, sedang data kedua adalah topik yang sedang banyak dicari oleh pengguna internet.

Apabila salah satu topik pada daftar Hot Topics diklik, maka Anda akan dibawa ke hasil pencarian untuk topik (kata kunci) yang bersangkutan di Google.Com. Namun apabila salah satu topik pada daftar Hot Searches diklik, maka Anda akan dibawa ke detil informasi trend dari topik yang bersangkutan. Berikut ini contoh tampilannya:

Detil Tren Topik

Detil Tren Topik

Selain cuplikan hasil pencarian di Google News (News Articles), Google Blogsearch (Blog Posts), dan Google.Com (Web Results), ada beberapa parameter informasi yang cukup penting untuk diperhatikan di sini, yaitu:

  • Related Searches, yaitu topik-topik yang berhubungan dengan topik utama yang sedang kita lihat detilnya.
  • Search Volume Index, yaitu grafik frekuensi pencarian untuk topik yang bersangkutan dalam jangka waktu 24 jam terakhir.

Untuk memutuskan apakah Anda perlu membahas topik ini atau tidak pada situs / blog Anda (ya, informasi yang ada di sini lebih cocok digunakan untuk keperluan penulisan konten di blog), perhatikan grafis Search Volume Index-nya. Apabila meningkat, berarti lampu hijau untuk menulisnya. Nah, pada saat menulis, Anda bisa mengambil referensi dari situs-situs atau berita-berita yang ada pada cuplikan hasil pencarian (News Articles + Blog Posts + Web Results). Terakhir, perkuat konten Anda dengan menambahkan materi / topik yang ada di daftar Related Searches.

Yang menjadi masalah, salah satu syarat mutlak agar bisa sukses dalam membidik topik Google Trend melalui tehnik di atas adalah, artikel baru pada situs / blog Anda harus dapat terindex dalam waktu cepat. Oleh karena itu, cara ini hanya bisa digunakan pada situs / blog yang sudah established dengan matang, bukan blog culun yang masih abal-abal. Lalu, agar dapat terindex dengan cepat? Ya, belajar SEO dong aw :nerd

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

122 Responses to “Memahami Trend Dengan Google Trend – Bagian 1”

  1. kakboedi says:

    well, mantap abiz ilmu, sngat bermanfaaat. Hm maz cos.. katanya produk panduandasar.com lagi discon 50 % ya? bener gak seh:-)

    makasih

  2. Puti says:

    Ini nich artikel yang aku cari-cari..kapan-kapan gimana klo Bang Cosa nulis juga tentang Google Inlsight for Search..wah makin canggih aja nich Bang Cosa setelah berbulan-bulan aku gak ngunjungin blog ini…ok banget.GBU.

  3. rulyabdillah says:

    Tips bagus bisa anda terapkan ketika menjadi member affiliasi kami, ini software bagus, draft survey kapal, menghitung muatan kapal dengan cepat

  4. memang mas cosa ini tak habis habisna ide

  5. Wah Mas Cosa Instingnya dan strateginya hebat jadi kangen terus nich sama situsnya, Terima kasih atas sharenya.

    Bagi saudara2 yang ingin meningkatkan penjualan dan promosi produk atas webnya bisa pasang iklan gratis disini http://MitraIklan.Com

    Salam sukses Mas Cosa,

    Admin – MitraIklan.Com

  6. eko says:

    mas cosa bimbing aku dalam memulai bisnis di internet…aku sudah bekerja keras tapi belum ada hasil….kalau bisa mampir juga di http://www.dokterkimia.com/ bisa kasih komentar juga…mas cosa sudah berpengalaman di dunia bisnis internet…

  7. cakoda says:

    mantap bro………..

  8. tips bagus mas,,,, aku add di fb kok temena dah banyak,,, gmana mas pgen jadi temen di fb ni?? insaAllah dalam bulan2 ini saya mau daftar panduan 28 hari menguasai SEO

  9. erdysays says:

    wow tipsnya bagus euy menggugah selera untuk tetap ngeblog ternyata banyak juga ya triknya suapaya blog/web kita ngakring di no 1 google. thx mas cosa. :cendol

  10. Sergei says:

    Cak Cosa, numpang interupsi lagi nih..
    Saya seorang advertiser di reviewmu. Salah satu iklan “order” saya hanya diminati 1 dari 7 blogger yang saya tunjuk. Review yang satu itu sudah saya approve, dan iklan sudah saya tutup minggu lalu. Tapi kok nggak bisa “Tarik Dana” ya mas..?
    Tolong bantuannya, supaya dana tersebut bisa saya pakai membeli review dari blogger yang lain. Saya sudah hubungi support tapi tidak ada jawaban.
    Terima kasih

    • Cosa Aranda says:

      kalo gak bisa ‘tarik dana’, berarti ada order yg nyantol. dalam arti, udah ada yg ambil untuk ngerjain (dan udah dipilih oleh advertiser) tapi blogger ybs belum ngerjain order tsb.

      • Sergei says:

        Tapi ada batas waktunya kan cak? kalo seumur2 gak dikerjain ama itu blogger bisa repot juga soalnya :D
        Btw, jenis iklan saya “order” loh cak bukan “review”..
        Makasih cak,mudah2an bisa segera ditarik dananya untuk dimanfaatin lagi

  11. wah,,info penting nih gan!
    seo memang pasangan paling cocok buat bisnis internet,,,

    maksih infonya,,,salam kenal dari pelopor bisnis internet.

  12. kok komentku gak muncul ya ?
    coba lagi ach,,,,

    seo dan bisnis internet sebuah pasangan yang tidak bia terpisahkan,,menjadi senjata ampuh.

  13. johnlee says:

    Siippp, artikel yang bermanfaat untuk temenin gw tunggu final world cup antara Belanda vs Spanyol….. Nonton Mas… ?

  14. arif says:

    hhmm…selalu membawakan sesatu yg baru. boleh..boleh..

  15. kebanyakan keyword yg bagus2 udah direbut org semua..hicks2

  16. mau belajar insting juga nih. salam kenal u semuanya. trims

  17. mrilham says:

    memang kalo blognya master selalu berbeda. Makasih infonya

  18. Adam says:

    wew, menarik sekali nih. makasih ilmunya. salam kenal

  19. Blogger ITN says:

    Akhirnya artikel yang selama ini saya cari, saya temukan di sini. Terima kasih banyak….

    Salam Blogger ITN

  20. Lyrics says:

    Wah, ini patut di resapin ilmunya, ditunggu sambungan contekannya ^^

    kapan lagi ada kumpul2 di surabaya bos?

  21. MOHAN says:

    Wah mantap mas ilmunya, tapi google trends untuk wilayah Indonesia bisa gak mas?

  22. afandieko says:

    terima kasih atas artikelnya yang bagus bgt… sukses

  23. Thanks, mas cosa. ijin di copy writing ya…,

  24. syamsy says:

    om cosa … , koq bisa tampil hot search dan dan hot topic yah
    ditempat saya koq g muncul … , beda dengan yg disana …

  25. janghar says:

    UUD-nya SEO lagi SEO lagi….. :2thumbup

    klopun dapet keyword yg trendy..klo gak terindex google sama gajah :ngakak

  26. lasem art says:

    wah aku belum pernah nyoba tool ini, thanks infonya

  27. deandra says:

    “cara ini hanya bisa digunakan pada situs / blog yang sudah established dengan matang”. Barangkali dapat diperjelas kematangan sebuah blog, Mas..

  28. binaga says:

    dimana si cosa aranda ini ya sekarang?

  29. parfum says:

    Artikel yang bagus. Memang sudah mengetahui mengenai google trend, namun tidak terpikir untuk memanfaatkannya.

  30. saiful says:

    rencana mau beli produk panduan dasar neh.. tpi bingung ntuh bner2 dasar gak zaw? soalnya masih awan yg nmanya bsnis online

  31. toko herbal says:

    kalau misal datanya gak muncul itu sebabnya apa ya,
    cyman ada keterangan volume not enough

  32. Blogrollink says:

    manarik! ternyata ini ilmu mendatangkan pengunjung ya

  33. Munawir says:

    Terima kasih banyak bos atas ulasannya.semoga selalu update terus srtikelnya.

  34. hulk says:

    cpk negejar traffik dr google trend saingannya bejibun :)

  35. ver2se says:

    wah….tidak terpikir sebelumnya,,,terima kasih infonya..

  36. asyik kayaknya pakai G.trend nih,coba dulu yah

  37. Yoga says:

    Makasih. tipsnya sangat membantu sekali.

  38. Pulau Tidung says:

    terima kasih untuk artikel nya mas cosa, sangat bermanfaat sekali, sy sering sekali berkunjung ke blog ini dan maaf kalau baru kasih komen hehehe.

  39. Sukses itu mudah, asal tahu jalannya.. Mari.. semangat berwirausaha…

  40. sangat bagus infomasinya serta bermutu salam untuk agan admin

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Memahami Trend Dengan Google Trend – Bagian 1": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy