Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Memahami Trend Dengan Google Trend – Bagian 1

Oleh | Publikasi: June 29, 2010 11:57 am
Art of Stealing Wordpress Themes

Salah satu keahlian dasar yang cukup berguna bagi pebisnis internet adalah tehnik memahami trend suatu produk atau topik di dunia internet. Dengan mengetahui arus popularitas suatu produk atau topik tersebut, kita jadi bisa menentukan waktu yang tepat untuk mempromosikan produk (untuk bisnis affiliasi) atau untuk membahas topik (untuk monetisasi blog) tersebut di situs kita. Dengan demikian, apa yang kita kerjakan menjadi lebih efektif dan tidak sia-sia.

Tehnik ‘membidik’ trend sendiri ada dua, yaitu (1) dengan mengandalkan insting kita; dan (2) dengan menggunakan tool yang sudah tersedia. Saya sendiri lebih suka menggunakan cara pertama karena lebih praktis. Namun untuk menguasai cara ini dibutuhkan pengalaman karena bagi kebanyakan orang tidak mudah untuk mengasah kejelian atau kepekaan terhadap suatu niche. Apalagi jika dari luar niche tersebut terlihat tidak menghasilkan :) Untuk detil tehnik ini tidak akan saya bahas di sini karena sudah saya tuangkan dalam salah satu produk PanduanDasar.Com, Instant Internet Business Ideas.

Untuk cara kedua, kita dapat menggunakan beberapa tool yang sudah tersedia di internet. Ada yang gratis, dan ada pula yang berbayar. Namun bagi pemula seperti kita-kita ini, kita gunakan saja yang gratisan, yaitu Google Trend (http://www.google.com/trends). Sesuai namanya, tool online ini memang disediakan oleh Google untuk melihat dan menganalisa trend yang ada di dunia internet.

Nah, berhubung secara garis besar fungsionalitas Google Trend dapat dibagi menjadi empat, maka artikel ini juga sengaja saya bagi menjadi dua (gak matching, hehehe).

Hot Topics dan Hot Searches

Jika Anda masuk ke situs Google Trend, Anda akan langsung disuguhi oleh dua buah daftar bertajuk Hot Topics dan Hot Searches. Seperti ini penampakannya:

Tampilan Hot Searches dan Hot Topics Google Trend

Tampilan Hot Searches dan Hot Topics Google Trend

Kedua daftar tersebut sama-sama menampilkan topik-topik yang sedang panas saat ini di Amerika (USA). Bedanya? Untuk Hot Topics, topik-topik tersebut dikumpulkan dari berbagai layanan jejaring sosial, seperti Twitter, FriendFeed, dan sebagainya. Sedang untuk Hot Searches, topik-topik tersebut dikumpulkan dari data mesin pencari Google sendiri. Jadi bisa disimpulkan, data pertama adalah topik yang sedang ramai dibicarakan, sedang data kedua adalah topik yang sedang banyak dicari oleh pengguna internet.

Apabila salah satu topik pada daftar Hot Topics diklik, maka Anda akan dibawa ke hasil pencarian untuk topik (kata kunci) yang bersangkutan di Google.Com. Namun apabila salah satu topik pada daftar Hot Searches diklik, maka Anda akan dibawa ke detil informasi trend dari topik yang bersangkutan. Berikut ini contoh tampilannya:

Detil Tren Topik

Detil Tren Topik

Selain cuplikan hasil pencarian di Google News (News Articles), Google Blogsearch (Blog Posts), dan Google.Com (Web Results), ada beberapa parameter informasi yang cukup penting untuk diperhatikan di sini, yaitu:

  • Related Searches, yaitu topik-topik yang berhubungan dengan topik utama yang sedang kita lihat detilnya.
  • Search Volume Index, yaitu grafik frekuensi pencarian untuk topik yang bersangkutan dalam jangka waktu 24 jam terakhir.

Untuk memutuskan apakah Anda perlu membahas topik ini atau tidak pada situs / blog Anda (ya, informasi yang ada di sini lebih cocok digunakan untuk keperluan penulisan konten di blog), perhatikan grafis Search Volume Index-nya. Apabila meningkat, berarti lampu hijau untuk menulisnya. Nah, pada saat menulis, Anda bisa mengambil referensi dari situs-situs atau berita-berita yang ada pada cuplikan hasil pencarian (News Articles + Blog Posts + Web Results). Terakhir, perkuat konten Anda dengan menambahkan materi / topik yang ada di daftar Related Searches.

Yang menjadi masalah, salah satu syarat mutlak agar bisa sukses dalam membidik topik Google Trend melalui tehnik di atas adalah, artikel baru pada situs / blog Anda harus dapat terindex dalam waktu cepat. Oleh karena itu, cara ini hanya bisa digunakan pada situs / blog yang sudah established dengan matang, bukan blog culun yang masih abal-abal. Lalu, agar dapat terindex dengan cepat? Ya, belajar SEO dong aw :nerd

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

129 Responses to “Memahami Trend Dengan Google Trend – Bagian 1”

  1. Surya says:

    Thx Info nya mas.. untuk Hot Searches apakah di blok untuk Search amerika (seperti Hot Topik) saja atau tidak mas… thx

    • Cosa Aranda says:

      setauku untuk saat ini cuman bisa USA aja. udah coba cari2 settingnya tapi gak ketemu. mungkin yg lain ada yg tau?

      • saya malah baru tau boss… google trend…. hehehe dari kemarin.. saya kemana aza yach.. :D :hammer

      • techgame says:

        maaf diluar konten.. cuma mau komplain aja bosss…

        blog anda lau di lihat pake HP ada yg error… mhn di koreksi..

        kira-kira begini errornya…

        Warning: imagegif() [function.imagegif]: Unable to open ‘/home/uneg2/public_html/cosaaranda.com//home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/uploads/cosaaranda.com_wp-content_uploads_2010_06_trends_logo_lg.gif’ for writing: No such file or directory in /home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/plugins/wordpress-mobile-plugin_2/wordpress-mobile.php on line 1914

        Warning: imagejpeg() [function.imagejpeg]: Unable to open ‘/home/uneg2/public_html/cosaaranda.com//home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/uploads/cosaaranda.com_wp-content_uploads_2010_06_Clip_87-300×149.jpg’ for writing: No such file or directory in /home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/plugins/wordpress-mobile-plugin_2/wordpress-mobile.php on line 1912

        Warning: imagejpeg() [function.imagejpeg]: Unable to open ‘/home/uneg2/public_html/cosaaranda.com//home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/uploads/cosaaranda.com_wp-content_uploads_2010_06_Clip_88-300×194.jpg’ for writing: No such file or directory in /home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/plugins/wordpress-mobile-plugin_2/wordpress-mobile.php on line 1912

        Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at /home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/plugins/wordpress-mobile-plugin_2/wordpress-mobile.php:1914) in /home/uneg2/public_html/cosaaranda.com/wp-content/plugins/wordpress-mobile-plugin_2/wordpress-mobile.php on line 606

  2. Fadli Chan says:

    Mantap, gan!
    Jadi tau apa itu “Hot Topics dan Hot Searches”. Udah lama tau Google trend tapi jarang make hehe…. Perlu dipelajari lagi nih^^

  3. Tas Branded says:

    Wahh seneng bangett bisa koment di blog cosa , info-infonya selalu menarik.. thanks atas sarannya..

  4. wah..thx mas cosa…artikel anda sangat membantu..tapi saya jarang c pake google trend ini…biasanya saya cari tahu yang lagi ngetrend di yahoo..salam kenal…

  5. Infonya sangat bagus, mungkin kalo blog kita english itu bisa efektif untuk menarik puluhan ribu UV per hari. Tapi gimana caranya untuk mengetahui google trend di Indonesia yah boz..??

  6. 2R says:

    Yup, didlm salah satu materi produk PDC ada hubungannya dgn Artikel ini :D

  7. bagus nih…………. semoga bermanfaat n makin sukses.
    Thanks Gan..

  8. saffa' says:

    Menurut aku seh, pokoknya yang hot-hot pasti menarik. Tul kaga? :lapar

  9. berdasarkan pengalaman saya butuh waktu paling tidak 3 bulan untuk artikel sebuah blog benar2 bisa keindex artikelnya dalam 2 meniiit …. adakah yg mau share tips dan triknya biar bisa lebih cepet untuk blog yg masih baru ?? he he ……

    • Cosa Aranda says:

      kalo baru agak susah karena harus bangun ‘trust’ dulu dengan mesin pencari. tapi bisa dicoba dengan nge-ping + social bookmark setelah publish artikel :)

    • wiki says:

      Bener..kalu blog yang baru emang masih susah terindex, tapi kalu sudah cukup lama biasanya kurang dari 2 menit saja sudah terindex.

      • dhyar says:

        Menurut ane ga juga say..blog lama juga kadang ga langsung terindex. Kayaknya harus milih2 waktu posting juga ya om cosa? Misalnya kapan kira2/biasanya bot menghampiri blog kita.

        Bener ga om?

  10. gamer says:

    menarik sekali :rate

  11. Sarimin says:

    info menarik …. terima kasih bang Cosa… semoga bermanfaat buat semuanya… :)

  12. Iwan Susanto says:

    ALhamdulillah, bulan ini nampaknya fee dari Amazon tembus $100, padahal bulan kemarin dan sebelumnya, susah amat pengen dapat 10 atau 20 dollar..

    Aku promosiin produk yang emang akan dan sedang ngetrend di USA.. dari satu produk elektronik yang diunggulkan, menjalar ke aksesorisnya, aksesorisnya pun puluhan macem.. dan pastinya tiap bulan ada saja barang baru yang akan ngetrend di US.. sekarang pengennya posting produk amazon terus (tanpa plugin), kadang lebih bingung permak/edit artikel orang sekarang mah..hehehe..

    Mungkin ini termasuk insting kali yah, soalnya gak pake tools.. Thanks mas cosa..

  13. listya says:

    keren keren..
    :D

    nice infoo..
    :)

  14. alat musik says:

    makasi gan infonya..

  15. joe says:

    hm, berarti saya masih harus banyak belajar nih…

  16. fidi says:

    Masih make google trend… cuman eaarning nggak ningkat… malah turun… huhuhuh… Btw semangat deh…

  17. pulsa murah says:

    thx ya untuk infonya…

  18. thanks
    moga2 benar 2 mmbantu q

  19. spy camera says:

    Untuk negara Indonesia belum bisa ya Mas?

  20. cciiipp…de…infonya

  21. herianda says:

    makasih infonya gan.kebetulan saya juga lagi memanfaatkan google trend.tapi bener2 butuh kerja keras.

  22. ilham says:

    thanks infonya, baru belajar

  23. Mantap bgt neeh infonya…
    Boleh deh ane cobain, maklum msh newbie sukanya nyoba2..

    Oiya mampir2 juga donk gan ke blog ane.
    Dh dofollow lho.. PR juga dah lumayan

  24. Sekali lagi dapat informasi berharga dari blog ini.
    Terima kasih buat para senior dan sesepuh..

    Mampir2 juga donk ke blog saya. Dah dofollow dr kmrn

  25. Miftakh says:

    Oh Begini to, walah memang tambah efektif dan optimal kalau begini.

  26. Colbin says:

    nice…
    Sob tutorialnya…

  27. Nyari2 gugel trend ternyata nemunya di blog ini, oke deh menunggu bagian 2 dengan sabar ah…

  28. jarno says:

    Makin joss ilmunya, makasih buanyaaak.. :peluk

  29. Don Paradox says:

    nice site brother!!
    saya ingin bertukaran link dengan anda..
    link anda sudah saya pasang di blog saya..
    mohon balasan link backnya!!
    trims…

  30. Hello,mas Cosa…Pha kabarnya nih. Dah keren banget neh sekarang bisnisnya…mulai belajar lagi yah,maklum baru memasuki dunia yang dulu lagee…God Blessing You

  31. A9YnD1LV3R says:

    Kebetulan saya pernah nembak keywords dengan Google Trends secara acak. Dalam 5 hari traffic total lebih kurang 1000 kunjungan dan berasal dari spanyol.

    Mantap memang Google Trends ini. :cendol

  32. Terima kasih sharing Google Trendnya Mas Cosa, he..3x sok akrab, ikut belajar. Maaf sekalian mau nanya tentang Amazon Mas Cosa, Langkah2 apa yang harus di lakukan untuk bisa menjalankan bisnis amazon dan menghasilkan secara cepat?

    Terima kasih atas jawaban, support dan bantuannya.

    Sukses selalu
    Arman

  33. agung daniel says:

    tapi bener loh mas. disalah satu blogku yang berbahasa inggris, aku coba pake google trends ini. Disana ada kata kunci yang menarik. tentu saja pada Hot searches. alhasil lumayan, adsenseku grafiknya seperti gunung. naik keatas!. bravo mas, artikelnya sungguh memberikan pencerahan.

  34. saya mau rendah diri dulu dan mau belajar,TQ mas cosa helpful much…..

  35. kangMoes says:

    wah, Cosa UUD nih
    Ujung Ujungnya Dagang

    hehehe … kabur ah

  36. arifr says:

    mas cosa sebelumnya minta maaf kalau terpaksa komen disini, cuma ingin menanyakan tentang komisi bulan mei dan juni 2010 kira kira kapan pembayarannya? atau ada ketentuan baru mohon infonya..terima kasih :)

  37. zoel says:

    bener2 bermanfaat, trims infonya bang! :-)intinya SEO is kings he3x!

  38. manthony says:

    woi… makin jitu nih… “sasaran tembak” nya..

  39. seru juga ikut nembak trend sepeti itu hanya saja insting penembaknya kadang belum jitu :cd

  40. jual parfum says:

    q malah baru tw e gan…

  41. laptop says:

    wah makasih gan..

  42. google tambah canggih

  43. dari dulu google mang tg paling hebat

  44. wah tutorial yang lengkap sekali mas
    aku sih pernah pake google trend tapi ga begitu mendalami mas
    sama kaya mas cosaaranda, lebih sering pake insting aja buat kata kunci..
    lihat mana yang banyak di bicarain di temen2 blogger
    iya ikut ikitan serang keywordnya hehehe….

  45. Dapat info menarik lagi neh sob,,,, Thx for u post,,,,,

  46. kartika says:

    sudah lama bang tidak berkunjung ke web sampean…., ya… sejak sampean menghilang maret yang lalu.

    sudah lama juga saya tidak menyimak google trends, makasih telah diingatkan.

  47. makasih infonya …..

    baru tahu kalau ada kayak gitu .. di coba deh …

  48. aaheroe says:

    cos, rame lagi tuh kamu digosipin d forum adsense-id hehe,

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Memahami Trend Dengan Google Trend – Bagian 1": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy