Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Memahami Trend Dengan Google Trend – Bagian 2

Oleh | Publikasi: July 16, 2010 6:11 pm
Instant Internet Business Ideas

Jika pada artikel bagian pertama kita sudah belajar bagaimana caranya mengetahui topik yang sedang eksis saat ini di dunia maya, sekarang kita akan mengenal kegunaan lain dari layanan Google Trends (http://www.google.com/trends), yaitu untuk mengetahui tingkat popularitas suatu topik di wilayah tertentu dan pada jangkauan waktu tertentu. Hal ini biasanya dapat kita manfaatkan untuk mengetahui grafis trend suatu produk affiliasi, sehingga kita bisa menawarkannya pada momen yang tepat. Sebagai contoh, tidak mungkin kan kita menawarkan produk-produk yang berkaitan dengan natal pada saat menjelang Valentine’s Day? :cd

Mari kita mulai.

Langkah pertama tentu saja masuk ke dalam situs Google Trends. Perhatikan kotak pencarian yang ada di bagian atas. Melalui form itu lah kita dapat mengetahui popularitas suatu topik. So, langsung aja masukkan topik atau nama produk yang ingin Anda ketahui popularitasnya. Pada contoh kali ini, saya menggunakan topik “apple ipad“.

Klik tombol Search Trends. Perhatikan grafis yang muncul. Di sini terlihat bahwa popularitas “apple ipad” mencapai puncaknya pada awal tahun 2010 yang ditandai oleh node B. Masing-masing node tersebut menandakan peristiwa-peristiwa atau berita-berita penting yang berkaitan dengan “apple ipad’.

Penting untuk diketahui bahwa angka yang ditunjukkan oleh Search Volume Index adalah merupakan PERBANDINGAN jumlah pencarian dan tidak menunjukan JUMLAH PENCARIAN yang sebenarnya. Pada contoh di atas, jumlah pencarian pada node B (Januari 2010) adalah sekitar 3x lipat dari jumlah pencarian pada node C (April 2010).

Nah, di bagian bawah, terdapat tiga kolom / tabel, yaitu Regions, Cities, dan Language. Secara berturut-turut, mereka menunjukkan 10 negara, kota, dan pengguna bahasa teratas dimana topik yang bersangkutan menjadi populer. Pada kasus “apple ipad”, topik ini paling populer di negara Australia, di kota Singapura, dan pada pengguna internet (khususnya pengguna mesin pencari Google) yang berbahasa Inggris.

Menarik untuk diperhatikan bahwa meski Indonesia dan salah satu kotanya tidak masuk dalam daftar top 10 Regions dan Cities, tapi pengguna bahasa Indonesia yang berminat terhadap “apple ipad” menempati urutan kedua :newyear

Oke lanjut. Selain melihat sepuluh besar negara dan kota dimana suatu topik menjadi populer, kita juga bisa melihat detil popularitas topik yang bersangkutan pada negara (Region) dan kurun waktu tertentu (per tahun). Caranya, perhatikan drop-down All Regions dan All Years yang ada di bagian kanan atas. Cobalah untuk mengubah negaranya menjadi Indonesia dan tahun menjadi 2010.

Data secara otomatis akan berganti sesuai dengan opsi yang sudah kita ubah.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa peminat “apple ipad” terbanyak adalah mereka yang berdomisili di Jawa Barat dan Jakarta, sedang dari sisi trend untuk saat ini minat mereka masih stabil. Artinya, apabila Anda berminat untuk menjual “apple ipad” di kedua kota tersebut, potensinya cukup besar   :cendol

Oh ya, kita juga bisa membandingkan popularitas dari beberapa topik sekaligus. Caranya mudah saja, cukup dengan menuliskan topik-topik tersebut pada kotak pencarian sebelumnya, dengan masing-masing dipisahkan oleh tanda koma. Sebagai contoh, untuk membandingkan popularitas ‘apple iphone” dan “blackberry bold”, Anda tinggal menuliskan “apple iphone,blackberry bold” pada kotak pencarian tersebut.

Hasil grafisnya adalah sebagai berikut:

Cobalah untuk “membaca” maksud dari grafis tersebut untuk menuntaskan pemahaman Anda mengenai fitur Google Trends yang satu ini :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

45 Responses to “Memahami Trend Dengan Google Trend – Bagian 2”

  1. mantap nih info…
    dapat pelajaran baru lagi…
    ternyata bisa membandingkan popularitas topik..

    tapi tetap inti nya harus melatih insting penembakan keyword dhe..
    masih pemula :(

    • kang cosa, bagaimana Google Trends dan peluang Sisi Bisnisnya?

      Google Trends berguna sekali apabila kita tertarik membandingkan popularitas 2 atau lebih search query. Search Query adalah Kata atau kunci pencarian yg kita pakai mencari menggunakan search engine seperti google, MSN, dan yahoo

      Namun sayangnya, apabila kata kunci yg kita masukkan tidak terlalu populer digunakan pengguna internet, maka kita harus menggantinya dengan search query baru. Untuk itu. kita harus kembali mencoba satu demi satu keyword sampai akhirnya menemukan keyword dengan volume pencaria yg cukup besar. Jelas, proses ini bisa tidak efektif.

      Seluruh hasil trends for website diambil dari kombinasi informasi yg berasal dari berbagai macam sumber traffik seperti Google search data, anonymous Google Analytics data, consumer panel data, dan third-party market research. Sy belum mendapat kejelasan soal asal data, namun tampaknya google menggunakan cara alexa yaitu membeli data data traffik konsumen ISP.
      Masalah Layanan Google Trends

      Permasalahan layanan pencatat traffik seperti Goolge Trends dan Alexa adalah Validitas. Mereka sering dianggap tidak akurat. Kekhawatiran serupa juga diarahkan pada layanan google trends.

      cukup itu dulu dari saya bang cosa?

  2. sariful says:

    wah .. lengkap banget pembahasannya… jadi tambah tau tentang google trend… matur nuhun mas… :) :2thumbup

  3. sulis says:

    ide mbah google memang cemerlang, dan bahkan tidak terpikirkan kita awalnya.nais inpoh….

  4. Website Baru says:

    google trends memang sangat berguna , bukan hanya untuk para pebisnis online tetapi juga buat pebisnis offline untuk mengetahui seluk beluk pasar :cystg

  5. FLash Game says:

    pembahasan yang menarik mas cosa, dari google trends banyak yg bisa di angkat….niche baru :-D

    Thanks :sungkem

  6. thnx buat info nya om,google sepertinya pengen jadi penguasa dunia.Bahkan sudah merambah ke dunia TV,bakalan ada Google TV juga.ckckckc,salut buat om dan om gugel

  7. mkasi mas cosa atas ilmunya,,, saya baru pertama kali keni sini, maklum masih baru di dunia blogger, ilmunya bagus banget dan berguna sekali untuk saya,,, makasih ya,,,,

  8. The says:

    Top dah pokoe Google…
    Thanks infonya sob…

  9. mengetahui daerah strategis untuk menjual sangat membantu penjualan produk, khususnya bila pakai adwords.

  10. akhirnya…. bagian 2 nya nongol juga. hehehe… thx ya mas

  11. Tips yang Sangat Super Kereeeennn

  12. mantab-mantab… matur suwun terimakasih mas infonya

  13. Rock says:

    Makasih untuk tipsnya mas…. :-)

  14. A9YnD1LV3R says:

    Betul juga mas Cosa, sangat tepat untuk riset penjualan produk digital atau fisik.

  15. hasan says:

    nice info,..
    mang dah google paling terdepan

  16. bagus, saya suka Bro!

  17. Blog Hardim says:

    terima kasih untuk tambahan wawasan tentang cara pemanfaatan google trends mas cosa.

  18. dari kemarin nyari cara gimana untuk membandingkan dua kata kunci, eh ketemu disini. Terima kasih mas Cosa

  19. Tetap diperlukan pola pikir yang ‘sudah terbentuk’ untuk menggunakan tool ini. Untuk awal penggunaan biasanya malah membuat tambah pusing dan tidak fokus. Saya sendir kadang memerlukan beberapa kali sesi untuk mencari trend yang sesuai dengan produk yang akan saya pasarkan. :malu:

  20. agorepost says:

    bedanya google trend sama google insight itu apa ya?

    • Cosa Aranda says:

      hampir sama, cuman kalo google trend lebih cocok buat yg jualan produk, google insight buat yg main di content. yah ntar abis ini dibahas kok masalah google insight. kan masih ada google trends for website jg yg belum dibahas :)

  21. Yuk! Bisnis says:

    Kalau mau mencari apa yang lagi trend di negara tertentu bisa tidak ya?

  22. update news says:

    sayang ya hanya bisa di aplikasikan buat situs yang sudah stabil. Kalau situs baru bisa enggak ya dapat berkah dari GT ?

  23. iman firdaus says:

    akhir2 ini trends yang ada banyak yang berasal dari berita terbaru..

  24. bangun says:

    Mas mau tanya … untuk blog yang sudah terlanjur buruk di mata google (umurnya emang udah lama, tapi gak ke urus, masuk sanbox, sulit ke index, dll) apakah masih bisa diperbaiki lagi sehingga menjadi blog yang cukup baik di mata oleh google ?? Dan bagaimana caranya ? Terima kasih ….

  25. Adey says:

    Nice posting mas Cosa, tapi hati2 juga dengan sifat niche/keywords tersebut

  26. otak tengah says:

    bagi pebisnis clickbank, sangat penting menggunakan google trend. Saya sendiri selalu melihat trend tsb dan kaitannya dgn produk yg ada. Contoh pernah ada tokoh matematika yg jadi trend, langsung saja jualan ebook matematika khusus di region tsb, hasilnya penjualan sangat baik :D

  27. […] penggunaan Google Trends local bisa mengacu pada artikel yang sebelumnya dibahas oleh Cosa yaitu memahami Google Trends. Di artikel tersebut, Cosa menjelaskan secara detail bagaimana melakukan pencarian trends […]

  28. fresh says:

    informasi yang bermamfaat thx mas cosa

  29. rattan says:

    Kebetulan bisnis saya selalu trend… Tapi google trend ini sangat membantu untuk memamantau perkembangan trend dalam bisnis saya… Info yang sangat bagus… Keep on great posting…

  30. mantab banget juragan cosa.. ijinkan nubie numpang belajar disini ya.. :malu:

  31. ghalzzz says:

    ane biasa pake google insight masbro . . . bagusan mana ama google insight??

  32. BOABOO says:

    insting menembak keyword … ini yg harus terus diasah terutama bagi nubi kayak sy

  33. toko herbal says:

    menarik sekali artikelnya. Lebih menarik jika dijelaskan cara membaca google trendsnya

    salam
    pengusaha obat herbal

  34. Blogrollink says:

    mantap ulasannya! trend bisa menarik pengunjung nih

  35. Anisa Cream says:

    google trend itu buat apa ya mas??

  36. aqiqah says:

    Tambah pengetahuan lagi makasih mas broo

  37. Abangaja says:

    mau tanya mas, bagaimana menggunakan hasil dari google trends ini untuk membidik keyword yang tepat kalo kita ingin menjual produk-produk tertentu. mksh

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Memahami Trend Dengan Google Trend – Bagian 2": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy