Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Mengenal Payoneer

Oleh | Publikasi: April 12, 2014 10:11 am
SEO Complete Guide for Wordpress

payoneerlogoSudah pernah dengar tentang Payoneer? Ini memang bukan barang baru di dunia bisnis internet. Bertahun-tahun lalu saya juga pernah memiliki kartu Payoneer ini. Sayangnya karena pada waktu itu belum banyak program penghasil uang yang mendukung pembayaran melalui Payoneer, akhirnya akun dan kartu saya ‘hangus’ dan tidak bisa digunakan lagi. Tapi kini takdir mempertemukan saya kembali dengannya — gara-gara ada program money making yang bayarannya hanya bisa via Payoneer — dan inilah sedikit sharing saya mengenai si Payoneer.

Apa Itu Payoneer?

Secara singkat, Payoneer adalah sebuah kartu debit berlogo Mastercard. As a debit card, artinya untuk bisa menggunakannya berbelanja, saldo Anda haruslah lebih besar dari nol. Sedang sebagai kartu berlogo Mastercard, artinya Anda bisa menggunakannya untuk berbelanja di tempat-tempat yang mendukung kartu Mastercard. Online maupun offline. Anda juga bisa menarik saldo yang Anda miliki di ATM-ATM yang memajang gambar logo Mastercard di pintunya.

Karena ini bukan kartu kredit, maka tidak perlu syarat njelimet untuk memiliki kartu Payoneer. Cukup modal KTP (dan satu dokumen lagi yang saya lupa itu apa) dan koneksi internet saja. Daftarkan diri Anda di situs Payoneer, lengkapi dokumen persyaratannya, dan jika disetujui, duduk manis di rumah menunggu kartu tersebut tiba di kotak pos.

Seperti ini penampakan kartunya (note: bukan punya saya):

Payoneer

Biaya Penggunaan dan Lain-Lain?

Seperti disebutkan sebelumnya, untuk membuat kartu Payoneer biayanya nol. Tapi untuk penggunaannya tentu saja ada biayanya. Kalau tidak ya perusahaannya rugi dong :)

Untuk akun saya, biaya aktivasi kartu adalah sebesar $29.95 per tahun. Sedang untuk penarikan uang melalui ATM dikenai potongan ekstra sebesar $3.15. Karena biayanya tidak murah, jangan lupa untuk melakukan analisa laba rugi terlebih dahulu apabila memang ingin menggunakan Payoneer.

Setahu saya, biaya penggunaan kartu ini sudah mengalami beberapa kali perubahan (baca: kenaikan harga). Untungnya, masih setahu saya, perubahan biaya tersebut hanya berlaku pada siapa saja yang membuat akun Payoneer baru setelah perubahan ditetapkan. Artinya, semakin cepat Anda memiliki akun Payoneer, semakin murah biaya hidup kartu yang harus Anda tanggung.

Oh ya, seperti halnya Paypal, apabila Anda menerima pembayaran ke dalam kartu Payoneer Anda, akan ada sejumlah upeti yang harus Anda bayarkan ke mereka. Apabila Anda ingin duit tersebut secepatnya masuk ke kantong Payoneer Anda (maksimal 3 jam kalau tidak salah, biasanya kurang dari 15 menit), potongannya adalah sebesar $5. Namun apabila Anda woles dan no problem untuk menunggu beberapa hari, biayanya hanya $2 saja.

Cara Menggunakan Kartu Payoneer

Untuk berbelanja online, cara menggunakan kartu Payoneer adalah sama dengan melakukan pembayaran menggunakan kartu kredit. Hanya jangan lupa, apabila selain kartu kredit ada opsi pembayaran menggunakan kartu debit (seperti di GoDaddy), pilihlah opsi kartu debit tersebut. Tapi jika tidak ada, pilih saja yang kartu kredit. Untuk pembayaran online ini saya sudah mencobanya di GoDaddy dan Periplus (karena kebetulan dapat voucher shopping buku di sana).

Untuk berbelanja offline, menurut informasi yang saya dapat sebenarnya bisa-bisa saja. Tapi saya sendiri belum mencobanya karena tidak tahu apakah kartunya nanti minta digesek di mesin kartu kredit atau debit. Yang punya pengalaman menggunakan kartu Payoneer untuk belanja-belanji offline di-sharing ya infonya :)

Untuk tarik uang di ATM, berikut ini beberapa hal yang penting untuk disimak:

  • Pastikan ATM tersebut mendukung kartu bertanda Mastercard. Berdasarkan info dari googling, ATM yang sukses menarik saldo Payoneer adalah ATM BCA, Niaga, dan Mandiri. Yang sudah saya coba dan memang berhasil adalah ATM Mandiri.
  • Pada saat artikel ini ditulis, batas penarikan uang adalah $2500 per hari. Sedang untuk jumlah maksimal dalam sekali penarikan ATM adalah sesuai dengan pecahan ATM yang bersangkutan — Rp 1.250.000,- untuk pecahan Rp 50.000,- dan Rp 2.500.000,- untuk pecahan Rp 100.000,- Nah, karena ada potongan di setiap kali penarikan uang melalui ATM, apabila Anda ingin mengambil uang dalam jumlah besar, cari ATM yang pecahannya Rp 100.000,- saja. Supaya upeti untuk Payoneer-nya tidak terlalu banyak tentunya.
  • Kurs yang diperoleh pada saat penarikan melalui ATM adalah kurs yang berlaku saat itu dikurangi Rp 300,- (kurang lebih). Jadi seandainya kurs yang berlaku adalah Rp 11.500,- maka kurs penarikan ATM adalah Rp 11.200,-

Oh ya, bagi yang galau karena masih belum akun Paypal terverifikasi, kartu Payoneer ini juga bisa digunakan untuk verifikasi Paypal loh. Caranya nanti bisa dicari sendiri di forum Payoneer.

Keamanan Akun Payoneer

Selain prosedur keamanan standar (kata sandi jangan sama dengan akun-akun Anda lainnya, seringkali mengganti password, dan sebagainya), perlu dicamkan bahwa jangan pernah sekali-kali mempublikasikan nomer kartu Payoneer Anda. Ini karena ada beberapa kejadian dimana akun seseorang bisa ditembus hanya dengan bermodal nomer kartu Payoneer saja. Entah bagaimana caranya.

Lebih rawan lagi, saya tidak pernah mendapat konfirmasi melalui email apabila ada transaksi di akun Payoneer saya. Pada saat menerima uang memang ada konfirmasinya, tapi email tersebut masuk ke folder Spam di GMail. Semoga pihak Payoneer bisa memperbaiki masalah yang satu ini.

Kesimpulan

Memiliki kartu Payoneer memang bukan sebuah keharusan bagi pemain bisnis online. Terlebih karena besar potongannya yang tidak main-main. Namun apabila, seperti saya, Anda dipojokkan dalam kondisi harus memiliki kartu yang satu ini, semoga tulisan ini bisa menjadi ‘panduan singkat’ bagi teman-teman sekalian. Kalaupun ada satu alasan mengapa Anda harus punya kartu Payoneer, yaitu bahwa untuk saat ini, apabila Anda mendaftarkan diri menggunakan tautan referral seperti punya saya ini, maka Anda akan mendapatkan bonus saldo sebesar $25. Lumayan, kan? :)

PS: Bingung dengan saldo Payoneer yang masih nihil alias $0.00? Gak usah pusing pala berbie lagi, simak nih tips cara mudah untuk mengisi rekening Payoneer dari saya. Dijamin gak akan kosong lagi rekeningnya :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

38 Responses to “Mengenal Payoneer”

  1. Trisna says:

    Wah cakep nie, pas lagi cari info payoneer ternayata mas Cosa udah ngebahas duluan, makasih mas :)

  2. Agun says:

    saya udah punya Bang Cosa, tapi belum ada isinya hehe
    btw kalo punya trik biar kartu payoneernya terisi dollar, mohon berbagi dong bang hehh

    saya pengunjung setia site ini bang, salam kenal

  3. nur says:

    thanks 4 nice info.

    I hope get more n more articles from here.

  4. naza says:

    Kira kira untuk kartu payoner dibanding yang dari payza bagusan mana ya mas cosa?

  5. maman says:

    Wah biaya tarik atmnya mahal amat. Sekali tarik 3dolar. Penghasilah dari internet aja sebulan lum ada 100 dollar gan. Sepertinya nanti dulu dah untuk payoneernya.

  6. sandy says:

    bang, kalo pake payoneer blnja online store di indonesia misal : laz*da, elev**ia, bsa gk ??
    dan apakah perlu diverifiksi dlu ato bgmn ??
    makasih..

  7. waw lumayan juga nih harganya memang sih bermanfaat buat transaksi online

  8. Kharifa says:

    Bisa kok pake payoneer klo beli offline, di mesin kartu kredit atau debit asal ada logo Mastercard nya.

  9. Trims infonya, saya masih awam soal payoneer.

  10. pipit says:

    jika sudah punya payoneer card satu tahun tapi saldo masih 0, apakah masih kena biaya tahunan ?

    • Cosa Aranda says:

      setauku biaya aktivasi / tahunan hanya dicharge waktu pertama kali kita pake kartunya kok

      • win_Naa says:

        ow jadi annual fee itu cuma satu kali yaa bang, gak tiap tahun?

        saya kemarin pas narik uang ke payoneer langsung kena itu, naah saya was-was kalau th depan masih kena pajat itu lagi

  11. Summon Agus says:

    Wahhh mantep sih punya ini card, tp juga mantep pajaknya itu…

  12. InfoGue says:

    Alhamdulillah saya sudah punya kartunya bang, tapi harus request dua kali karena yang pertama gagal :D

    mampir juga ya bang

  13. Hosting says:

    Kalau saya pake Payoner buat terima komisi dari Clickbank atau Amazon.

  14. febri says:

    kalo tarik atm trus pin nya apaan ? kan pasword yg ada ?

  15. noer says:

    kebetulan saya sudah pakai nih payoneer, buat nerima pembayaran dr affiliate

  16. Kalau kartunya sudah datang dan tidak diaktivasi tidak apa-apa kan..?

  17. Kang Untung says:

    Terima kasih banyak infonya sangat bermanfaat :)

  18. bang, kalau sudah punya kartu payoneer, kalau mau ngisi saldonya secara manual bagaimana ya,,, apa bisa transfer lewat bank lokal?

  19. Tarik ATM-nya mahal juga ya.., :)

  20. mahal bangettt ya biaya admin nya.. share dong bang gimana supaya kartu payoneer nya bisa keisi dollar. :)

  21. biaya tari atm nya mahal yah

  22. Izna says:

    stelah kartu expired, saldonya hilang gak ya?

  23. rudi says:

    Bang saya mau tanya nih klu kartu payoneer cara dapatin pin nya gimana ya bang,tolong dong

    • Cosa Aranda says:

      udah agak lupa, kalo gak salah melalui website payoneer. login terus dikonekkan kartunya ke account payoneer kita. Ntar bisa setting PIN di situ. Kalo salah tolong diralat ya :)

  24. erlangga says:

    Wow, baru tau ternyata ada yg lebih mahal dari skrill :) kirain saya Skrill kartu debit termahal…hehe
    thanks for info

  25. zael says:

    gan payoner debit apa kredit …plis infonya
    klo ingin nonaktifkanya gimana gan..

  26. zuzu says:

    mas cara ngisi uang di payoneer gmana sih?

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Mengenal Payoneer": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy