Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Meningkatkan Disiplin Diri Dalam Berbisnis Internet

Oleh | Publikasi: January 18, 2010 10:54 am
Art of Stealing Wordpress Themes

Disiplin diri memang merupakan salah satu kendala besar dalam berbisnis internet karena tidak semua orang bisa bekerja tanpa diawasi. Inilah yang juga menyebabkan tidak semua orang bisa sukses dalam dunia bisnis internet dan lebih cocok melakukan pekerjaan-pekerjaan konvensional di dunia nyata. Orang-orang masih golongan tersebut mungkin harus lulus dulu pelajaran mengenai change DNA dari Rhenald Kasali, supaya bisa merubah kebiasaannya demi menuruti tuntutan netpreneurship, hehehe. Tapi mampu bekerja secara mandiri pun terkadang belum cukup karena bisa jadi apa yang dikerjakan tidak optimal. Ribet yah :)

Definisi hasil yang optimal pun bagi setiap orang berbeda-beda. Tergantung situasi, kondisi, dan kepribadian masing-masing. Tapi pada dasarnya, hasil optimal adalah hasil yang sesuai dengan target rasional yang telah kita tetapkan.

Perhatikan kata kuncinya, target rational atau target yang masuk akal. Kenapa perlu ditekankan? Karena ketika Anda berkondisi sebagai pengangguran dengan koneksi internet yang tak terbatas, dan target Anda adalah menulis SATU artikel 200 kata per hari, maka itu adalah target yang tidak masuk akal alias kebangetan. Sebaliknya, jika Anda bekerja nine to five, sudah berkeluarga dengan dua orang anak yang masih balita, maka target menulis 20 artikel per hari juga bukan keputusan yang cerdas.

Nah, jika target sudah Anda tentukan, maka beberapa tindakan berikut ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan disiplin diri dalam mencapai target tersebut:

  1. Uraikan target dalam bentuk sub-kegiatan. Catat di tempat yang dekat dengan ‘ruang kerja’ Anda dan jelas terlihat. Anda bisa menulisnya di kertas dan kemudian ditempelkan di tembok, atau dengan menggunakan white board atau black board.
  2. Jangan membuat jadwal terlalu jauh ke depan karena seringkali justru akan membuat kita malas untuk mengerjakan. Yang ideal adalah untuk satu dua hari ke depan saja.
  3. Tentukan dengan jelas kapan jadwal setiap kegiatan harus dilaksanakan. Apakah pagi, siang, atau malam. Kalau perlu, tentukan hingga detil ke jam-jam-nya.
  4. Jangan melakukan kegiatan lain sebelum semua jadwal kegiatan terlaksana. Termasuk di antaranya mengecek email, chatting, maen Farmville, ngincer pertamax di Kaskus, dan ngumpulin poin di CosaAranda.Com :)
  5. Yang terakhir, sekaligus yang paling sulit untuk dilakukan, berikan hukuman pada diri Anda apabila ada target atau jadwal kegiatan yang meleset. Istilah kerennya, self punishment. Cara ini efektif, tapi tidak mudah untuk dilakukan. Tidak perlu hukuman yang aneh-aneh seperti makan beling dan nginjek api, cukup yang sederhana aja tapi membuat Anda terpacu untuk lebih berdisiplin. Makan cuman pake kecap dan garam misalnya.

Selamat mencoba :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

134 Responses to “Meningkatkan Disiplin Diri Dalam Berbisnis Internet”

  1. andi says:

    oot: saya mengucapkan terima kasih atas info paypal wishlist;paypal telah membayar saya hari ini

  2. Novianto says:

    mau bikin rencana tapi malah kacau terus…mending ngukum cdiri makan nasi putih aja :D

  3. cossierandi says:

    disiplin memang harus dilakukan bukan hanya di sekolah dan pekerjaan, tapi juga di bisnis online. ok, siap dipraktekkan.

    • darknight says:

      Kayaknya di setiap aspek kehidupan disiplin perlu deh, disiplin dalam menggunakan uang sampai dalam mengurus rumah tangga,, :maho

  4. dreamfrog says:

    target saya adalah comment 100 blog sehari
    masuk akal gak yah?

    biasanya tuh master-master sehari berapa seh.

  5. Disiplin dan konsisten adalah hal yang sulit dikerjakan jika tidak ada niat yang kuat

    • darknight says:

      Setujuuuu :cendol :cendol
      Tetapi sebenarnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan kok kalau memang kita memang ada niat dan kemauan

  6. Bung Eko says:

    Itu dia Mas, menerapkan disiplin diri itu yg susyeee banget. Saya sering sekali kejadian kaya gitu, taoi bukan bisnis online. Malam bertekad mau nulis minimal 10 halaman, eh, begitu onliine malah keasyikan blogwalking dan fesbuk sampe berjam-jam. Molor terus deh.

    Tulisan ini benar-benar mencerahkan saya. Thanks a lot, Mas.

  7. hickey says:

    Tips yg menarik, thx mas

  8. […] Kembalinya master Cosa Aranda salah satu guru saya dalam ilmu blogging dan search engine optimization, semoga kembalinya beliau bisa menambah inspirasi di dunia […]

  9. sori, sibuk berat jadi gak sempat main ke sini. disiplin memang harga mati untuk menuju sukses. bahkan untuk menuju surga pun, agama menerapkan kedisiplinan dalam beribadah.
    tunggu apa lagi? ayo disiplin!

  10. setuju banget…tapi aku masih belum bisa ya :cendol
    Tapi mulai sekarang dapat suntikan artikel jadi harus seman :rate gat…Mumupung masih tahun baru… :newyear

  11. Light says:

    Saya setuju dengan yang namanya self punishment.Sebaliknya saat kita berhasil memenuhi target pribadi,kita juga ‘wajib’ memanjakan diri…Thanks,mas Cosa…Inspiratif sekali.. :sungkem

    • Cosa Aranda says:

      betul mas. self reward juga penting, selama gak kebablasan, hehehe. maybe next time bisa dibahas tentang self punishment dan self reward secara lebih detil :)

  12. Pertamaxx deh Buat Kak Cosa,,Emang berat untuk disiplin ituh,,

  13. kalau menurut saya agar bisa disiplin yg penting harus fokus pada 1 tujuan, secara internet menawarkan macam2 bisnis internet yg baru maupun lama yg membuat anda kepincut dan meninggalkan bisnis online yg sedang anda ikuti saat itu.

    :pertamax

  14. no.or says:

    well ini dia nih langkah2 yg maknyuzz untuk berdisiplin… makasi bang cosa… :recsel
    ditambah sm deskripsikan impian kita sejelas-jelasnya dan tempelkan di sebelah job-list kita,… bagi saya itu salah satu penambah nutrisi semangat pula bang… (walau kadang suka ngelantur juga sih.. :malu masi blm kuat istiqomahnya.. hehehe) :ngakak
    harus FOKUS..FOKUS..FOKUS !!! ^^

  15. susilo says:

    Lagi mau belajar bisnis online, jalan – jalan ke blog mas dulu ya, banyak infonya disini mas, matur nuwun

  16. Mau nyoba-nyoba bisnis online, katanya sih biar lebih bebas ngatur waktu. Eh..kena disiplin juga ya? Kirain bisa nyantai. Trims infonya mas Cosa. Biar saya yang pemalas ini gak lari-lari terus menghindari disiplin kerja.

  17. Paijo says:

    NIce tips mas,,, sangat berguna

  18. ane masioh bermasalah dgn manajemen waktu. itu aja kekurangan ane… lainnya udah SIAP TEMPUR…. Bismillah

  19. romi says:

    mantap banget bang cosa
    bisa di coba untuk bisa disiplin waktu dalam berbisnis

  20. lewonk says:

    wah, jadi termotivasi neh

  21. Nah inilah yang sulit. . Di siplin .Apalagi buat blogger yg miskin inspirasi. .Tapi tulisan2 mas ini sudah bisa memotivasi saya. .Mau lebih serius

  22. anak nelayan says:

    terimakasih untuk motivasinya gan

  23. hanif IM says:

    cara lama ya pak, apalagi tentang self punishment, hehe, sekarang populernya menjadikan semua yang teraih itu dengan bersyukur. hehe

  24. Untuk meningkatkan disiplin pada diri kita sendiri dalam menjalankan bisnis internet adalah paling tidak kita membuat jadwal atau planning yang akan kita lakukan setiap harinya guna untuk mengembangkan bisnis internet yang kita kelola entah sebagai product owner atau seorang affiliate marketing.

  25. Mesin roti says:

    Emang benar sich mas, disiplin diri emang perlu di bisnis internet dan segala bidang. Salam kenal aja ya mas.

  26. ary suseno says:

    motivasi meningkat,,,saya masih pemula om…mohon bimbingannya..
    kalo ada waktu singgah di gubuk saya ya..

    mohon kritik n sarannya…tq

  27. cakka says:

    setuju banget, segala sesuatu harus kerja keras dan disiplin :)

  28. dhyar says:

    Nah ini niy yang dari dulu ane tau, tapi sulit sekali menjalankannya. Berkali-kali ane catet schedule buat hari esok, dah kotra-kotret di kertas, tapi pas waktunya tetep aja lelet. Atau kalau nemu sedikit aja kendala, langsung deh jadi males ngerjainnya. Bad mood

  29. jelita says:

    ternyata dalam berbisnis internet pun juga sangatt diperlukan ya gan

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Meningkatkan Disiplin Diri Dalam Berbisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy