Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Menyoal Konten Orisinil

Oleh | Publikasi: June 25, 2010 12:06 pm
Panduan 28 Hari Menguasai SEO

Salah satu poin yang sering menjadi momok bagi pemain bisnis internet, khususnya yang berkaitan dengan situs web atau blog, adalah mengenai original content atau konten orisinil. Seperti kita tahu, beberapa aspek dalam bisnis internet membutuhkan konten yang orisinil. SEO misalnya. Sedang bagi sebagian orang, diminta membuat konten orisinil bagaikan diminta untuk membalikkan tubuh gajah gendut yang sedang hamil tua. Atau bagai diminta memberi makan kawanan singa yang sudah berbulan-bulan puasa putih.

Yang kayak begini misalnya:

Gambar Singa

Sebenarnya, seperti apa sih konten yang orisinil itu?

Waktu SMA, dua orang guru sejarah saya di kelas satu dan dua punya hobi yang sama — suka memanggil murid yang ada untuk maju ke depan (ke meja beliau) dan meminta mereka menceritakan kembali salah satu peristiwa bersejarah yang sudah pernah diajarkan. Bedanya, guru yang pertama, seorang veteran perang kemerdekaan, memanggil muridnya satu demi satu secara acak dan kita diperbolehkan untuk menceritakan secara persis dengan yang ada di buku. Sedang guru yang kedua, yang juga merangkap sebagai kepala sekolah pada waktu itu, memanggil muridnya secara berkelompok sesuai urutan daftar absen dan masing-masing anggota kelompok tersebut harus bercerita tanpa boleh ada yang sama.

Bayangkan betapa stressnya saya saat itu ketika berada di urutan terakhir kelompok dan harus menceritakan kembali mengenai peristiwa perobekan bendera Belanda di hotel Yamato (sekarang Hotel Majapahit), Surabaya, pada tahun 1945.

Setelah sekian lama, ketika teringat kembali kejadian tersebut di atas (pada saat disuruh cerita kembali, bukan pada saat perobekan bendera), saya sadar bahwa untuk saat ini adalah terlalu naif untuk mengharapkan dapat membuat sesuatu yang benar-benar orisinil. Bukan karena mustahil, namun karena pada dasarnya, segala sesuatu yang ada saat ini merupakan pengembangan dari sesuatu yang ada sebelumnya. Entah disadari atau tidak. Sehingga pada dasarnya, yang membuatnya menjadi orisinil atau tidak adalah sudut pandang kita sendiri.

Sebagai contoh, si A membuat tulisan tentang cara beternak ayam. Secara kebetulan, si B, yang sama sekali tidak mengenal A dan sama sekali belum pernah membaca tulisan A, membuat tulisan dengan topik yang sama dan dengan isi yang hampir sama pula. Ketika A dan B saling bertemu atau saling membaca tulisan mereka, bisa jadi mereka akan saling menuduh satu sama lain telah melakukan penjiplakan tulisan. Padahal faktanya, masing-masing membuat sendiri tulisan tersebut. Dan dengan topik yang umum seperti itu, sudah dipastikan bahwa tidak hanya A dan B saja yang karyanya mirip, melainkan ada ratusan hingga ribuan.

Kenapa? Ya karena memang seperti itu materinya. Mau ditulis oleh siapa saja buntut-buntutnya tidak jauh berbeda. Kalau gak percaya, coba masing-masing yang membaca artikel ini membuat tulisan mengenai cara memasak mie instan. Meski nanti muncul beberapa versi, tapi dijamin akan ada yang mirip.

Apa yang membuat sesuatu hal yang sebenarnya sudah ada menjadi orisinil sebenarnya adalah sentuhan personal kita — bagaimana kita menyampaikan suatu topik dengan gaya kita sendiri dan bagaimana kita memasukkan opini dan pengalaman kita ke dalamnya. Itulah yang membuat konten kita menjadi orisinil.

Cobalah belajar dari RCTI. Banyak acara-acaranya yang meniru acara stasiun TV swasta lain, namun mereka dengan cerdas menambahkan sentuhan mereka sendiri di dalamnya, sehingga terlihat seperti sesuatu yang orisinil. Dan yang terpenting, laku.

Jadi, pahami baik-baik bahwa membuat konten orisinil itu tidak sesulit yang kita kira. Hanya ada tiga langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Mempelajari / memahami / mengerti topik yang akan Anda tulis
  2. Menuliskan topik  tersebut dengan gaya penulisan Anda sendiri
  3. Menambahkan opini atau pengalaman Anda yang berkaitan dengan topik tersebut ke dalam tulisan yang Anda buat

There!

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

52 Responses to “Menyoal Konten Orisinil”

  1. Jadi sesimpel itu ya menjadi kreatif? :D

  2. coba ah langsung praktek

  3. Pemula says:

    ow begitu ya..!!kalau masalah tulisan baku dan tidak baku (gaya bahasa gaul) gimana ya? bagus apa tidak kalau dimasukan ke postingan?

    • Cosa Aranda says:

      gak ada masalah, tergantung gaya kita aja, lebih nyaman dengan yang mana :) asal jangan pakai tulisan ala sms aja, hehehe

      • 2R says:

        Sy Sependapat sekali bos dgn isi postingannya, hrs diakui, faktor inilah yg byk diperdebatkan oleh banyak narablog akhir2 ini, Thx utk pencerahannya bos. keep Update. Wassallam

  4. Betul mas, memang dibutuhkan kreatifitas untuk melahirkan karya yang bermutu. Main kopas hanyalah merugikan diri sendiri. Selain ilmunya gak berkembang, nama pun cemar. Begitu ya rupanya. Trims banget sharingnya.
    Salam dari Surabaya :)
    A Fauzi

  5. Tidak orisinil jelas tidak apa-apa, tapi yang masalah itu adalah copy-paste. Karena sering saya temui pebisnis internet yang masih baru asal copy-paste tulisan blog lain.

  6. Diah says:

    Serem banget ilustrasinya mas. Betul mas meski topiknya sama kalo ditulis sendiri mengikuti 3 tip diatas, konten kita pasti jadi orisinil.makasih tipnya.

  7. Doni says:

    seblomnya saya harus terima kasih dulu karena sudah diingatkan lewat tulisan di sini. terutama dengan cerita dua orang guru dan originalitas lewat sudut pandang.

    saya sendiri saat ini sedang mengembangkan sebuah blog. dan, ya, secara jujur, tujuan saya adalah pendapatan iklan. saya memilih topik yang memang saya sukai, yaitu musik. topik yang dibahas bisa dibilang tidak original. artikel saya buat dengan melakukan kompilasi dalam bahasa saya sendiri dari artikel2 lain dengan subyek yang sama.

    cukup repot melakukan hal itu. saya bisa menghabiskan waktu sekitar dua jam hanya untuk membuat satu artikel yang isinya cuma beberapa paragraf singkat. dan itu membuat tindakan copy-paste tampak sangat menggoda.

    saya bahkan sempat terpeleset beberapa kali dengan “jujur” meng-copy paste dari artikel induk dan kemudian saya publish walaupun hanya beberapa bagian.

    setengah mati saya ingatkan diri sendiri supaya tetap di jalur rencana semula.

    semoga artikel saya berikutnya bisa lebih baik.

    sekedar konfirmasi ringan saja, apakah yang saya lakukan sudah sesuai dengan originalitas seperti tertulis dalam blog di atas, yaitu dalam sudut pandang saya sendiri?

  8. Fajar says:

    berarti klo kita mau copas, harus bikinan sendiri ya om…
    nggak asal copas aja..

    btw, om Cosa kq sebut merek ya..?

  9. jarno says:

    Kopi Paste memang tidak enak, mendhing Kopi Susu, sudah seger menyehatkan he he… :alay

  10. “Apa yang membuat sesuatu hal yang sebenarnya sudah ada menjadi orisinil sebenarnya adalah sentuhan personal kita”

    WOW… serasa mendapatkan aha moment membaca kalimat ini.

    Langsung nyala deh lampu di kepala gue ^o^

    Mantap!

  11. reez says:

    thx artikelnya…. sangat bermanfaat..

  12. Mantap bos cosa,
    Bagaimana caranya agar singa yang lapar tidak melahap orang yang mengasih makan?
    Orang yang ngasih makan harus lapar juga bos cosa!
    Setuju..? hehehe

    Just joke,
    Salam Persaudaraan

  13. A9YnD1LV3R says:

    Iya mas cosa, betul sekali. Bisa jadi pengetahuan saya menulis diblog nanti.

  14. dukun manjur says:

    ya itulah indahnya penulis sejati, bukan penjiplak

  15. Mas Adi says:

    sip banget infonya… kalo boleh menyimpulkan itu sama aja dengan copas edit donk?? he he :ngakak :ngakak
    mohon koreksi kalo salah…
    :recsel
    :recsel :recsel

  16. Ovan says:

    Jadi teringat waktu pengangkatan karyawan tetap saya dahulu. Waktu itu, manajer saya bertanya tentang sebuah acara di salah satu stasiun televisi yang sedang digandrungi oleh pemirsa.
    “Kenapa acara itu bisa sukses?” tanyanya.
    Aku dan beberapa teman menjawab dengan jawaban yang seragam, yaitu karena acara tersebut merupakan pioner.
    Tapi ternyata, menurut manajerku, jawaban kami itu salah.
    Dia berpendapat bahwa acara tersebut bisa sukses karena unik dan menarik bagi pemirsa. Walaupun menjadi acara yang meniru acara lain, klo mampu membuat sesuatu yang unik dan disukai pemirsa, pasti bisa sukses juga melebihi pioner-nya.

  17. Achong says:

    Itulah namanya kreatifitas. Memberdayakan apa yang nampak biasa menjadi tidak biasa( luar biasa).

  18. bener kata mas aranda untuk membuat sebuah artikel sebenarnya ga terlalu susah, tinggal kita pintar-pintar membumbui, sehingga artikel dengan tema yang sama jadi terlihat fresh

  19. blognya pns says:

    he2 mantep, kalo aq sih baru bisa mbaca2 tulisan lain sambil nambahin dikit2 pokoknya kalo kopas nggak mentah2 deh…

  20. Hem … terus apakah ada perbedaan antara konten yg orisinil dengan konten yg unique ??
    And sebenarnya konten yg seperti apa sih yg dianggap unique sama si embah Grogol ?? serta bagaimana pengaruhnya terhadap SEO? … terima kasih buat solusinya …. :cendol

  21. Ahmad Sunarya says:

    jempol buat mas cosa………….

  22. d'amateur says:

    berani bikin blog, ya harus percaya diri bisa menulis, bukan begitu bukan?

  23. listya says:

    jempoooolll…
    :DD

  24. Stefanus says:

    menarik sekali konsep konten orisinil dengan personal touch… :thumbup:
    Kreatifitas menghasilkan konten orisinil dengan personal touch ini terlihat jelas pada saat kontes SEO, ketika puluhan ribu blog memperjuangkan long-tail keyword yang sama untuk berebut posisi :pertamax .

  25. sopian says:

    bener sekali mas, karena tanpa artikel yang unik maka kita tidak akan menjadi yang nmr satu oleh om google…heheheh

    terimkasih banyak atas info-info yang mas berikan kepada saya.

  26. sofyan says:

    sangat berguna sekali bagi blogger baru kaya saya… makasih om cosa.. :)

  27. Cafe Bisnis says:

    Betul Om Jurusnya Adalah CPM Copy Paste Modifikasi he..he….

  28. Deniz says:

    hehe iya klo copy paste harus di edit, tambah sentuhan bisa gak ya…

  29. artikel yg mantap,mudah2an koment saya ini juga ori. trims

  30. setyo says:

    he he he…..mantab…banget coffenya..mas…..jadi dapt pencerahan ttg original content…….

  31. slank says:

    Numpang lewat oom !!!

    Saya kira CPM boleh-boleh aja, asaaa….llll Modifnya lebih dari 50%.trims

  32. Yuk! Bisnis says:

    Betul sekali bang, untuk membuat konten orisinil menurut saya tidaklah terlalu sukar, hanya terkadang kita malas untuk melakukannya dibanding klo melakukan copy+paste…

  33. mantaffff om,jadi ada inspirasi nih,langsung ngeeblooggg

  34. Semaugue says:

    Hmmm, jadi gak sabar ni buat artikel yang agak orisinil hehe

  35. [...] but basically, most articles on every blog are idea expansion of pre-existing articles. It’s what this site called originality by perspective. Two different perspectives on the same topic make two original [...]

  36. jobs says:

    mantep bos
    emang betul kalo conten orisinil itu sulit untuk di kalahkan
    bisa selalu berthan di atas
    kalo emng ga bisa buat orisinil ya tinggla copas trus edit dah..
    tergantung kreatifitas’a seserorang

  37. iman says:

    ya paling gak buatlah sebagai review, so ada kerjaan juga buat kita, abis kadang geli juga, ada yg teriak soal original content taunya malah tukang copas bulet – bulet,setuju dengan cosa, kerja dikit biar gak pure copas.

    lagian google respek banget dengan original content, so mulai deh kk bikin satu….salam buat semua.

  38. angelic says:

    sip mas tapi ni baru buat blog tapi orisinil nil nil

  39. yumant says:

    bisa niru sih tapi harus ada beda-beda sedikit biar gak dianggap plagiat. banyak kejadian seharihari yang hanya ngikut dari orang lain misalnya penemuan pesawat terbang saat ini juga intinya ngikutin wright bersaudara, lampu, motor.dll

  40. Info Unik says:

    Google lebih suka blog dengan konten orisinil :)

  41. reza says:

    saya tidak ada masalah dengan menulis, saya senang menulis, yang jadi masalah adalah make over web + SEO. dua hal ini membuat saya jadi tidak fokus menulis. ada cara cepat belajar 2 hal ini? saya beli buku dan googling, kayaknya kok info nya terlalu scattered yaa… bukan tercerahkan malah, malah makin bingung. misalnya aja, saya mau daftar di google webmasters tools. sudah masuk jauh-jauh, ternyata harus masukin script ke wordpress… waduh, malah jadi bingung.

  42. Geo says:

    Originalitas memang bkn jaminan utk optimasi dgn hasil yg maksimal, tetapi memperkaya konten hasil copas disi lain jg sama saja dgn mengubur blog itu sendiri.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Menyoal Konten Orisinil": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy