Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Monetisasi Masa Depan – Bagian 3

Oleh | Publikasi: December 3, 2011 4:34 pm
Art of Stealing Wordpress Themes

Ini adalah bagian penutup dari seri artikel Monetisasi Masa Depan. Di bagian pertama lalu kita sudah membahas mengenai recurring trend content, sedangkan di bagian kedua ada future time-specific trend content. Untuk eternal trend content, tipe konten yang popularitasnya bertahan dalam jangka waktu yang sangat lama sehingga hampir bisa disebut sebagai konten abadi, sepertinya tidak perlu dijelaskan lebih detil karena sudah cukup jelas. Jadi, kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mengecek grafik trend sebuah topik untuk mengetahui masuk kategori trend yang manakah topik tersebut.

Cara pertama adalah dengan menggunakan Google Insight For Search, tool gratisan yang disediakan oleh Google. Dengan tool ini, kita bisa mengetahui secara detil popularitas suatu topik dari waktu ke waktu serta di negara atau wilayah mana topik tersebut populer. Mangtapsnya lagi, tool ini juga langsung menyediakan kata kunci-kata kunci yang berkaitan dengan topik yang bersangkutan.

Markico (baca: mari kita coba)  :cystg

Pertama-tama, masuklah ke situs Google Insight For Search terlebih dahulu.

Tampilan Awal

Tampilan Awal

Masukkan topik yang ingin dianalisa pada bagian Search Terms. Sebagai contoh di sini kita gunakan topik “kado“.

Agar hasilnya lebih spesifik, kita juga bisa mengatur opsi analisa tambahan di bagian Filter. Mulai dari tipe pencarian (Web, Image, News, atau Product), wilayah (Worldwide atau spesifik ke negara tertentu), durasi (mulai dari tahun 2004 hingga sekarang atau spesifik pada tahun tertentu), serta kategori topik (agar hasilnya lebih akurat). Untuk kali ini, berhubung kita menggunakan topik berbahasa Indonesia, kita ubah wilayahnya ke Indonesia. Tekan tombol Search.

Berikut ini hasilnya.

Grafik Tren

Grafik Tren

Letakkan kursor mouse pada titik / node grafik untuk mengetahui nilai popularitas dari bulan yang bersangkutan. Perlu diketahui bahwa nilai popularitas ini bersifat relatif terhadap bulan-bulan yang lain. Semakin tinggi nilai popularitas suatu waktu, semakin populer pula topik yang bersangkutan di waktu tersebut.

Dari contoh ini kita bisa lihat bahwa topik “kado” populer setiap bulan Februari (hari Valentine) dan Desember (hari Natal). Yang menarik, ternyata setelah Februari 2009, kecenderungan orang untuk memberi kado di hari Valentine menurun. Sebaliknya, orang jadi makin sering memberi kado di hari Natal. Informasi yang menarik, bukan?

Di bawah grafik tren, kita bisa melihat Regional Interest. Ini adalah daftar 10 sub-wilayah dimana topik yang dianalisa banyak dicari. Sama seperti sebelumnya, angka yang ada bersifat relatif dengan nilai maksimum 100.

Regional Interest

Regional Interest

Yang terakhir adalah kumpulan kata kunci (Search Terms) yang berhubungan dengan topik yang kita analisa. Perhatikan bahwa di sini ada dua kolom, yaitu Top Searches (kata kunci yang banyak dicari) dan Rising Searches (kata kunci yang tingkat popularitasnya meningkat belakangan ini).

Search Terms

Search Terms

Anda bisa meng-klik pada kata kunci yang bersangkutan untuk menganalisa lebih detil topik tersebut.

Oh ya, Anda juga bisa membandingkan popularitas beberapa topik sekaligus. Caranya, di bagian Search Terms, klik Add Search Terms dan masukkan topik yang ingin dibandingkan. Ulangi untuk topik-topik yang lain (jika ada).

Sebagai contoh di sini saya membandingkan topik “kado” dan “hadiah”, yang ternyata ‘dimenangkan’ oleh “hadiah”.

Perbandingan Tren

Perbandingan Tren

Cobalah untuk bermain-main dengan berbagai opsi yang ada dan dengan menggunakan bermacam-macam topik. Banyak fakta menarik yang bisa dipelajari loh. Misalnya saja, topik “diabetes” ternyata memiliki popularitas yang cenderung menurun. Atau topik “impotensi”, yang ternyata hanya populer di Jakarta, Jawa Timur, dan Jawa Barat saja.

Selamat mencoba, ya :)

Ups ketinggalan, untuk cara kedua yaitu dengan main feeling, hehehe. Cara ini yang biasanya lebih sering saya lakukan — amati kebiasaan / tren di masyarakat lalu dikira-kira topik mana yang paling pas dengan kebiasaan / tren tersebut. Praktek yang paling mudah adalah dengan berkunjung ke toko buku dan lihat tema apa yang sedang naik daun. Biasanya ya itu tidak jauh dengan minat masyarakat pada umumnya.

Jika suka gambling boleh coba cara saya ini, hehehe.

So, sekali lagi, selamat mencoba, ya :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

10 Responses to “Monetisasi Masa Depan – Bagian 3”

  1. seep mas… makasih udah share tentang monetisasi masa depan.. hingga sampai 3 bagian… :2thumbup

  2. arul says:

    baru tau cara yg lbh mendalam menggunakan tools ini. trims mas :babyboy1

  3. Hananto says:

    1. Like this. Great idea
    2. Chart Compare-nya bikin teringat chart compare alexa
    3. Analisa produk wanita kok makin tahun makin turun ya, dari bunga, spa, dll (Apa daya beli indonesia menurun ya)*gedek-gedek* :cd

  4. Rahmat says:

    Bagus banget Google insight for search ini mas Cosa.

  5. agus says:

    recurring, future, and eternal…

    :2thumbup

    ini ide orisinal dari ente bos? klo iya, luar biasa om…

    :toast

  6. [...] popularitas sebuah tema, Anda bisa menggunakan tool Google Insight for Search yang sudah kita bahas cara penggunaannya minggu [...]

  7. andipandora says:

    infonya keren…ternyata bisa dianalisis juga y keyword2 tersebut

  8. nuzil says:

    baru tau nih mas kalau ada Google Insight For Search,,biasanya cuma pakai webmaster tools aja..
    makasih ya mas udah atas infonya..
    salam olahraga

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Monetisasi Masa Depan – Bagian 3": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy