Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Multiple Streams of Income – Bagian 2

Oleh | Publikasi: December 3, 2009 6:00 am
Instant Internet Business Ideas

Mungkin salah satu keputusan terbaik yang pernah saya lakukan dalam bisnis internet adalah ketika nekad ‘meninggalkan’ bisnis monetisasi blog yang telah saya jalani sejak tahun 2005. Ada tanda kutipnya loh, dimana saya tidak meninggalkan bisnis tersebut secara harfiah, namun mendelegasikan secara virtual (baca: smart work) 95% tugas-tugas rutin blog. Lagipula, kontradiksi dengan perkiraan banyak orang, situs-situs yang saya monetisasi sebenarnya tidak banyak karena saya menganut paham quality over quantity :) Ditambah lagi, sebagian besar dari situs-situs tersebut saat itu sudah bisa berjalan dan berkembang dengan sendirinya alias self-growth (baca: smart system), sehingga memang tidak perlu campur tangan saya lagi.

Kembali ke masalah keputusan, dengan mempertimbangkan perkembangan bisnis internet di masa depan, maka new stream yang coba saya arungi adalah bisnis produk digital. Dan hasilnya mungkin sudah ada yang tahu, PanduanDasar.Com :)

Kenapa saya mengatakan bahwa ini adalah keputusan yang tepat (bagi saya)?

Sebelumnya, karena hanya memiliki satu arus penghasilan, maka saya harus membagi penghasilan tersebut untuk tabungan, investasi, dan berbagai pengeluaran rutin. Sekarang, karena sudah ada dua arus penghasilan, maka saya bisa mengalihkan SEMUA penghasilan dari monetisasi blog ke arah tabungan dan menggunakan penghasilan dari bisnis produk digital untuk keperluan investasi, pemenuhan pos-pos pengeluaran rutin bulanan, serta untuk sekedar having fun :)

Untuk tahun 2010 sendiri saya sudah menyiapkan income stream yang baru sebagai salah satu afirmasi saya di tahun tersebut. Syukur-syukur jika hasilnya sesuai target sehingga penghasilannya bisa full digunakan buat memenuhi berbagai kebutuhan keinginan sekunder. Ganti-ganti HP seminggu sekali misalnya, hehehe.

Intinya kawan, jika memang Anda sudah mapan dengan satu arus penghasilan, cobalah untuk lebih mengembangkan skill dan portfolio Anda. Jangan meremehkan dan merendahkan diri Anda sendiri dengan hanya bergantung pada satu arus penghasilan saja. Kemampuan akal dan pikiran yang dianugerahkan oleh Tuhan pada Anda itu jauh lebih besar dari yang mungkin Anda bayangkan.

Bersambung :)

PS: Berapa kira-kira penghasilan saya? Jika Anda sempat mengikuti pencapaian Wish List saya bulan kemarin, Anda mungkin sudah bisa mengira-ngira berapa jumlahnya untuk salah satu arus. Untuk yang satu lagi? Insya allah masih di atasnya lagi :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

73 Responses to “Multiple Streams of Income – Bagian 2”

  1. iphin cow says:

    pertamaxx……….

  2. nangga says:

    keduaxx

  3. safetyshoes says:

    “Jangan meremehkan dan merendahkan diri Anda sendiri dengan hanya bergantung pada satu arus penghasilan saja” jadi merasa kesindir.. tapi tetap semangat….

  4. Mas cosa emang betul. Para internet marketer dunia pun sebagian besar jualan produk digital seperti ebook atau video tutorial. Ada yang sinis dan meremehkan hal ini.Salah 1 pelopor di bidang ini di Indonesia adalah pak JS.Bahkan mas cosa sudah ketemu beliau.Apa mas cosa terinspirasi oleh pak JS? :)

    • Kalau MH mampir pasti komentar nih karena nyebut nyebut JS… wakakaa

    • Cosa Aranda says:

      yah, ada banyak hal yg bisa dipelajari dari beliau. salah satunya adalah bagaimana cara bisa tetap eksis dengan banyaknya tekanan yg ada. terlepas dari masalah pro dan kontra, aku rasa kemampuan JS untuk survive dengan hanya SATU PRODUK selama 8 tahun lebih adalah sesuatu yang sangat luar biasa :)

      yg jelas aku rilis PanduanDasar sebelum ketemu JS loh, hehehe

      • Sariful says:

        menurut saya, masing-masing punya kelebihan dan ekkurangan… yang jelas, setelah membeli produk di praktekan atau tidak dan berhasil atau tidak tergantung orangnya juga.. :)

        ada yang berhasil dan menyatakan suatu produk bagus, dan ada yang gagal dan menyatakan suatu produk jelek..

      • itu dia mas saya salut sama dia, dibalik tekanan yang dahsyat dia berani nongol juga di seminar seminar & bisa bertahan dengan 1 ebook, sekarang ada 2 kayaknya, tp gak sedahsyat spt formula bisnis

      • randa says:

        “Jangan meremehkan dan merendahkan diri Anda sendiri dengan hanya bergantung pada satu arus penghasilan saja”

        kata-katannya bikin saya makin optimis…

        om cosa sales letternya paling beda…kata2nya kadang kebalikan dari sales letter penjual mimpi…

        itu yang bikin produknya lebih berbobot dimata saya…

        SUKSES TRUZ

      • Joko tuh kuat di sales letter nya, walaupun sekarang sales letternya sudah keluar dari pakem internasional, karena lebih banyak menunjukkan foto2 dibandingkan kekuatan kata-kata salesnya.

  5. duwh….. satu alur aja blum berhasil mas…
    harus lebih keras… sampai bisa seperti mas cosa yang sudah work smart :)

  6. Saya sebagai newbie bener – bener penasaran banget. Obok – obok internet dapatnya masih kelas teri terus. Mo investasi online, gimana caranya juga lom ngerti…. tiap pagi nongkrongin aja blog nya mas cosa, siapa tau arah bola kelihatan. Malamnya nongkrong di cafebisnis, masih bingung banyak karena banyak menu makanan, mana dulu yang dipilih… kekekeke

  7. Smart System <– kayaknya saya suka yg ini.. :-)

  8. Dari artikel mas cosa ini, saya sangat tertarik dengan kata ‘MONETISASI” blog (teringat cewek bernama MONA.. kekeke). Langsung saya search ke mbah google, hmmm beberapa artikel saya baca melalui search mbah google tentang monetisasi blog ternyata sangat menarik, tapi semuanya ngambang. Gak ngerti apa maksud monetisasi “make money from blog”. Lalu saya temukan link belajar gratis 30 hari monetisasi blog http://monetisasiblog.com/ kayaknya punya mas cosa nih, tp lom ada isinya… buat dong mas segera. Biar kecipratan ilmunya… thank’s

  9. darknight says:

    Benar2 ditinggalkan? Hebaaat, berarti sistemnya udah berjalan sempurna nih!

    Tapi memang benar2 bisa sepenuhnya dilepas ya? Kalau saya masih campur tangan dikit, minimal buat urusan admin2an kyk pindah server dan sgala tetek bengeknya, sama paling kadang “Turun Gunung” kalo kangen nulis :) Kalau urusan admin2an yg berhubungan dengan password penting ga berani di outsource ah, takuuuuttttt

    • Cosa Aranda says:

      kalo masalah teknis sih masih dipegang sendiri mbak, jangan sampai yg kayak gitu diserahin ke orang, bisa bahaya :)

      kalo masalah content, sebagian besar situsku kan sekarang model service (file sharing, image sharing, dan sejenisnya), jadi emang gak perlu updet sendiri, hehehe. untuk yg blog, seperti sudah disebutin ama aaheroe beberapa waktu yg lalu di artikel lain, ditambahin form buat submit artikel. kalo udah established, tugas kita cuman tinggal approve2 artikel yg masuk aja. bayangkan kalo tugas yg tinggal approve itu diserahin ke outsource, hehehe.

      • darknight says:

        Oooh bgitu, iya saya udah baca ko artikel aahero yang user generated content,,, saya jg pengen punya situs kayak gt, tp pengetahuan programming web ga ada apalagi kuliah ga ada nyambung2nya, jadi belum bisa buat situs begitu.

        Mungkin harus dipertimbangkan bwt outsource pembuatan situs2 besar seperti itu kali ya… Bisa jadi ide untuk produk Mas Cosa selanjutnya tuh!! Saya dukung dengan jadi pembeli :)

        Oh ya tanya sedikit dong, kalau blog dengan user submitted artikel, form submit artikel yang bagus untuk wordpress apa ya? Apa dengan plugin wp-contact form cukup atau ada form yang lebih bagus? Sepertinya saya benar2 tertarik untuk pakai metode yang dijelaskan Mas Cosa nih, hehehe..

        Maaf klo panjang, terima kasih atas jawabannya ya :)

        • Cosa Aranda says:

          salah satu produk PDC di tahun 2010 adalah mengenai pengembangan jaringan bisnis internet (membangun kerajaan / real estate bisnis internet) kok, dan itu nanti free, jadi gak perlu beli, hehehe. Outsourcing termasuk dalam salah satu materinya.

          untuk user-generated content, kalo pake WP, bisa pake plugin TDO Mini Forms karena so far menurutku ini yg fiturnya paling bagus. Pengunjung gak cuman bisa masukin artikel baru, mereka juga bisa kasih revisi ke artikel yg udah ada :)

  10. wah,, nee Wa baru2 kale2 pertaMa berkunjung ke sini (maklum gk gaul n baru masuk dunia internet marketing) … ternyata da forum diskusi yg unik n luar biasa,, banyak ilmu yg bisa d dapat … thx Mazz Cosa n temen2 semua ,, salam kenal dan persahabatan …….

  11. keknya perlu di fotokopi babar blas nih ilmu nya.. jiplak abiisss.. spy cepat kaya raya

  12. pasutrisatu says:

    wah! gak salah kalau om Cosa jadi ikon nasehat Pasutrisatu. Sukses terus om..makasih artikel2nya..

  13. ismail says:

    Jangan lupa zakatnya mas cosa. Supaya penghasilan kita bersih dan lebih berkah. Dan memang setiap penghasilan kita ada hak orang lain didalamnya. Sukses deh buat mas cosa.

    Monggo silahkan—->http://baitul-maal.com/

  14. Saya mesti memantapkan dulu satu arus penghasilan sebelum beranjak ke tingkat yang lebih menantang.

  15. singgih says:

    asiknya punya situs yg sudah bisa berjalan dan berkembang dengan sendirinya…
    work smart bgt dah…
    harus berkembang terus ky.y nih

  16. elsadra says:

    multiple stream, itu kuncinya…
    satu lagi multiple orgasme… ouuupzzz…

  17. waduh ada ipin tanpa upin hehehe, hmmm,.. tapi buat pemula, belum bisa, fokus satu dulu. toh dulu cak cosa fokus dulu di ansense. kecuali mungkin buat pemula kaya raya, bisa lakuin. dia bisa bayar para IM dan promosi dgn cara kontes seo hadiah honda jazz, hehehe.

  18. sutrisno says:

    makasih banged mas Cosa.. bisnis yang satu dah OK.. berjalan sendiri..bisnis yang lain ditekuni.. salut banget sama mas Cosa..

  19. Vienka says:

    wah kata terakhirnya nieh yang manteb banget :D Jangan meremehkan dan merendahkan diri Anda sendiri dengan hanya bergantung pada satu arus penghasilan saja.

  20. FuN says:

    Mas Cosa,

    akhir2 ini (dalam 1 minggu ini) saya kok mengalami kesulitan buka post mas cosa ya ? terutama yang di single post. sering problem loading page, setelah di refresh berkali2 baru mau terbuka. padahal dalam proses loading itu sudah transfering data …, dan di tengah2 langsung problem loading page ( saya kira tidak terkait dengan kualitas koneksi internet saya, karena web yang yang lain terbuka normal ).

    saya memakai browser Mozilla Firefox 3.5.5, OS Win XP.

    mohon di cek mas, kesalahan ada di mana, karena saya sangat ‘menikmati’ postingan anda.

    Suwun

  21. Salut sama mas cosa bisa sampai tahapan multiple stream, kapan bisa ngejar yah ?

  22. turisuna says:

    Wah jadi penasaran afirmasi mas cosa th 2010, kok malah jadi inget programnya Darren Rowse ya? semacem itu gak mas?

    • Cosa Aranda says:

      aku malah gak tau tuh programnya darren. emang yg kayak gimana? yg blog network itu? ato yg laen? setauku darren sekarang malah lagi keranjingan maen di produk digital, hehehe

      • turisuna says:

        Programnya dah lama sie, judulnya ’31 Days to Build a Better Blog challenge’, tp klo utk proyeknya mas cosa lebih fokus ke blog monized mungkin ya? lah pokoknya aku tunggu aja tanggal maennya he3

  23. WILDAN says:

    bisa berikan saran situz mna yg menghasilkn uang dengan mudah. ?
    tolong blz dgn coment d blog saya di wildantipsandtrick.blogspot.com
    thx. .

  24. Entah berapa lama lagi gw untuk bisa mencapai ke sana.
    Tolong suhu bimbingannya.

  25. dreamfrog says:

    mencari telur
    dijual buat beli keranjang
    mencari telur lagi
    dimasukkan keranjang
    udah penuh beli keranjang baru
    dapat dua keranjang akhirnya.

    sayangnya sekarang masih tahap mencari telur.
    mau dimasukkan dua keranjang telurnya cuman satu,
    keranjang aja belum punya

    perjalanan masih panjang.

  26. reez says:

    thanks… bagus artikelnya…^__^

  27. fidi says:

    semakin ramai ya mas…. ide-ide baru sampeyan sangat menunjang monetisasi blog lebih lagi dengan cara yang sehat dan continue penghasilan bisa lebih diharapkan..

  28. Sangat setuju :), kita harus punya contigency plan kalo misalkan terjadi permasalah pada sumber income utama hehehe.

    Cuma yang perlu dipikirin adalah caranya untuk dapet sumber income alternative .. Harus jeli dan kreatif..

  29. saya sependapat dengan mas cosaaranda.com mengenai artikel ini.KIta nggak boleh puas dengan penghasilan kita saat ini.Kita harus terus menggali potensi yang kita miliki untuk mencari sumber penghasilan baru.

  30. Zaman sekarang kita perlu mencari sumber penghasilan yang baru mengingat kebutuhan hidup yang terus meningkat dari waktu ke waktu.

  31. arifjt says:

    Artikel ini jadi inspirasiku untuk ikut banyak PTC, kebetulan buka-buka file hasil download yg lalu-lau nemukan ebook gratis ptc…..yaa..dipraktekkan dech..

  32. [...] artikel berseri yang pernah saya tulis 2 tahun silam mengenai Multiple Streams Of Income (bagian 1, 2, dan 3). Tuh, dari dulu sudah saya ingatkan, [...]

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Multiple Streams of Income – Bagian 2": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy