Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Multiple Streams of Income – Bagian 3

Oleh | Publikasi: December 4, 2009 8:55 am
Instant Internet Business Ideas

Akhirnya kita tiba di penghujung seri artikel Multiple Stream of Income. Agar tidak bingung, sebaiknya baca terlebih dahulu artikel bagian pertamax dan keduax yang sudah dipublikasikan sebelumnya. Sedikit rekap, di  bagian pertama saya memberikan gambaran mengenai seperti apa sih konsep dari memiliki banyak arus penghasilan dan terutama apa bedanya antara memiliki banyak arus dengan banyak sumber. Sedangkan di bagian kedua, saya menceritakan pengalaman saya pribadi dalam melaksanakan konsep multiple streams tersebut. Nah, di bagian ketiga ini, kita akan membahas berbagai tips dan trik seputar pelaksaan konsep multiple streams of income (selanjutnya disingkat MSOI). Siap?

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan seputar pelaksanaan MSOI:

  1. MSOI bukan berarti mengerjakan banyak hal secara bersamaan, oleh karena itu, FOKUS terlebih dahulu pada satu arus dan satu sumber penghasilan, dan setelah ia DAPAT BERJALAN SENDIRI, baru kita ALIHKAN FOKUS ke arus atau sumber penghasilan yang lain (baca artikel Fokus).
  2. Agar suatu sumber penghasilan dapat berjalan sendiri, diperlukan SISTEM KERJA yang BAIK atau CERDAS (minggu depan kita bahas tentang Smart System vs Smart Work).
  3. Sistem kerja yang baik atau cerdas adalah sistem yang SEMINIM MUNGKIN membutuhkan campur tangan kita. Kuncinya adalah MENGGANTIKAN / MENDELEGASIKAN pekerjaan rutin yang sebelumnya kita kerjakan sendiri (baca artikel Work Hard vs Work Smart).
  4. Agar mengetahui pekerjaan mana dan apa yang bisa digantikan oleh orang lain, maka kita perlu MELAKUKANNYA SENDIRI terlebih dahulu. Lebih bagus lagi jika kita pernah GAGAL, agar kita terhindar dari kesalahan pada saat melakukan delegasi (baca artikel Banggalah Jika Gagal).

Dari penjelasaan di atas, terlihat bahwa sebenarnya apa yang sebelumnya telah kita pelajari bersama di CosaAranda.Com sudah mengarah ke MSOI. Tidak sengaja? Ya jelas disengaja dong, neng :) Kan saya tidak sedang becanda pada saat mengatakan bahwa MSOI adalah konsep ideal yang sudah sewajarnya dijalankan oleh setiap pebisnis internet. Sungguh.

Dua hal lagi yang mungkin menjadi ganjalan di hati adalah, (1) kapan saat yang tepat untuk beralih dari satu sumber penghasilan ke sumber penghasilan yang lain, dan (2) pada saat beralih, sumber penghasilan apa yang menjadi next destination kita?

Untuk yang pertama, jawabannya adalah relatif :) Sebenarnya yang jadi patokan kondisi adalah ketika kita merasa bidang bisnis internet yang kita tekuni sudah optimal — kerja seminimal mungkin dan hasil semaksimal mungkin. Saya katakan relatif karena memang hanya kita sendiri yang bisa menentukan ukuran minimal dan maksimal tersebut. Mungkin gampang-gampangannya sih, ketika Anda sudah bisa ongkang-ongkang kaki di rumah dan penghasilan terus mengalir tanpa henti, ya :)

Untuk yang kedua, kembangkan sumber penghasilan Anda dengan mencari sumber penghasilan bisnis internet lain yang mirip dengan yang sudah sebelumnya Anda jalankan. Misalnya, dari PPC ke direct ads. Atau dari affiliate ke CPA. Tujuannya agar tidak banyak waktu yang terbuang untuk mempelajari tehnik-tehnik yang ada. Jika sudah mentok, alias semua sumber penghasilan dari satu jenis bisnis internet sudah Anda kerjakan (kecuali yang memang dirasa tidak mungkin dikerjakan atau Anda tidak berminat untuk mengerjakannya), maka Anda bisa berpindah ke jenis bisnis internet yang lain. Misal dari monetisasi blog ke affiliate marketing.

Semoga bermanfaat, kawan.

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

52 Responses to “Multiple Streams of Income – Bagian 3”

  1. nangga says:

    pertamaX

  2. Hal itu kelemahan gw, gw selalu mau nya mengerjakan satu hal bersama-sama, akibatnya sering gw binggung apa yang gw lakukan tadi. Paling susah memang untuk FOKUS, apa lagi kalau tiba-tiba muncul satu ide.

  3. ismail says:

    Mohon saran mas cosa yang sudah banyak pengalaman dalam bisnis online untuk pemula lebih bagus mendalami affiliate atau monetasi blog ? Matur nuwun

    • nandin says:

      tergantung minat Mas Ismail, kalo mas Ismail suka menulis, monetasi blog cocok sekali dijalankan. tetepai jika tidak suka menulis dan Mas Ismail sibuk kerja offline, bisnis affiliate sangat cocok sekali dijalankan secara Part Time ya minimal 2 jam lah :)

  4. ditunggu ya poin nomor 2 dan 3 :)

  5. buat pemula memang hal yang paling sulit adalah menentukan fokus. karena sepertinya ada begitu banyak peluang, jadi mau diambil semua. padahal, semua butuh waktu yang tidak sedikit. buat pemula bisnis internet masih terlihat seperti ‘wonderland’..indah namun penuh marabahaya.

  6. pasutrisatu says:

    wah!kayaknya memang semua newbie harus melalui jalan yang namanya overload informasi, jalan ini begitu padat dan berliku seakan gak ada jalan lain untuk menuju jalan tol kesuksesan..thank’s ilmunya hari ini..

  7. Wanita says:

    kira2 berapa pintu yang ideal gan? :D

  8. blog nya bisa dicopas jadi ebook nih.. wkwkwkwk

  9. elsadra says:

    tulisan2 yg bermutu… jauh lebih bermutu daripada tulisan2 di buku2 yg bermutu yg pernah sy baca.. tengkyu..

  10. darknight says:

    Aku percaya dengan prinsip MSOI, soalnya aku sendiri juga menjalaninya, hehehehe

  11. dian says:

    wah terima kasih mas, terus terang saya setelah membaca ke 3 artikel ini jadi bengong, ternyata banyak sekali kesalahan yang saya lakukan. Saya terlalu gampang tergoda, ada yang bilang bisnis a enak, saya lari ke bisnis a, besok ada yang bilang bisnis b enak saya lari lagi ke bisnis b, tanpa menyelesaikan ugas sebelumnya.
    Sekali lagi terima kasih sudah mau berbagi

  12. WILDAN says:

    artikel.a bgus bgt. .
    bsa beri tahu cara mudah.a jj yg to the point g. ?
    tolong berikan jawabn.a lwt komen d blog ku y. .
    di wildantipsandtrick.blogspot.com

  13. randa says:

    kadang giuran sana sini bisa bikin hati berpindah arah…intinya belajar fokus dulu ajah..nggak serakah mau semuanya…

    om cosa untuk awalan lebih bagus monetisasi blog apa affiliasi???

  14. mas cosa emang mantap :)
    huwww…..
    multiple stream income 1 sampe 3 berat juga dibahas..
    apalagi buat orang yang belum berincome seperti saya T_T

  15. dreamfrog says:

    lagi fokus ke satu bisnis
    belum bisa outsourcing
    lagi fokus ke first payment
    masih newbie sekali

  16. luar bisa mas cosa. Saya jadi teringat saat mengikuti seminar di EU yang dibwakan oleh mentor2nya yang telah sukses di bisnis offline. Konsepnya sama ” jika ingin beralih ke bisnis lain, pastikan bisnis yang telah ada sudah bisa di tinggalkan”. Dalam hal ini system sudah terbentuk sehingga kita sebagai bisnis ownernya tingga memeriksa (audit)perkembangan bisnis kita. Mantap mas dah di bookmark nih..

  17. AnggaRifandi says:

    artikel berseri yang bagus. saat ini saya masih belajar fokus pada satu bidang dulu, setelah mantap baru mulai belajar multiple streams of incomenya mas Cosa :D

  18. fidi says:

    kadang kita agak sulit apakah bisnis satu yang sudah kita fokuskan sudah dianggap berhasil ? Bagaimana kita menilainya ? apa dilihat dari hasil /bulan sudah tinggi….? berapa nilai tinggi itu ? karena kita nggak tahu puncak nya…

  19. Yudhi says:

    Terima kasih atar semua pencerahanya Cak Cossa.
    Memang kalau buat newbie seperti saya semua pengenya dilahap, pada akhirnya malah berantakan semua karena gak fokus.

  20. Yudhi says:

    Terima kasih atas semua pencerahanya Cak Cossa.
    Memang kalau buat newbie seperti saya semua pengenya dilahap, pada akhirnya malah berantakan semua karena gak fokus.

  21. Fokus di income memang penting, karena untuk itu lah kita menjalankan bisnis di internet.

  22. Benar harus fokus dulu dengan salah satu bisnis baru kemudian berpindah ke bisnis yang lain

  23. Syamsul Alam says:

    Wah… super! Mas Cosa, sistem pendelegasian yang mas Cosa gunakan seperti apa? Sya dari dulu ingin mempelajari hal ini dari orang yang benar-beanr sudah pernah melakukannya.

    Thx berat jika pertanyaan saya bisa jadi judul baru dalam post mas Cosa mendatang.

    Salam.

  24. Dalam menjalankan bisnis apapun yang terpenting adalah fokus terlebih dahulu.baru kenudian kalau benar-benar bisa berjalan dengan sendirinya kita bisa fokus mengerjakan sesuatu yang baru sebagai sumber pendapatan kita yang baru.

  25. James Thomas says:

    i also signed up on infolinks and they pay better than kontera`:’

  26. jemblem says:

    keren mas artikelnya…ijin bookmark

  27. Mehmed says:

    dulu rencananya fokus satu bisnis kemudian gali bisnis lain jika sudah sukses, tapi ketika sudah ada di titik nyaman lupa deh rencana… untung diingetin lagi … mantap dah ..

  28. [...] berseri yang pernah saya tulis 2 tahun silam mengenai Multiple Streams Of Income (bagian 1, 2, dan 3). Tuh, dari dulu sudah saya ingatkan, [...]

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Multiple Streams of Income – Bagian 3": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy