Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Online Brand Building

Oleh | Publikasi: February 16, 2010 10:42 am
Instant Internet Business Ideas

Seperti sudah dijanjikan di artikel sebelumnya, sekarang saatnya kita bahas bagaimana cara meningkatkan branding yang kita miliki dengan efektif dan efisien. Sebelumnya saya informasikan (baca: promosikan) bahwa tips-tips berikut merupakan cuplikan dari materi produk saya yang akan datang, yang bertajuk Kaya Dari Bisnis Ebook. Ebook tersebut meng-explore lebih jauh mengenai topik bisnis ebook, tidak hanya dari sisi teknis saja, melainkan juga dari sisi pencitraan, psikologi pemasaran, manajemen waktu, dan sebagainya. Harganya? Rencananya sih gratis :) Tapi saat ini sedang menjajaki kemungkinan untuk diterbitkan dalam bentuk buku cetak, asal parameter-parameter yang saya harapkan bisa terpenuhi dalam penerbitannya.

Now let’s talk about brand building.

Langkah paling awal yang harus kita lakukan adalah memahami masing-masing media pencitraan online yang ada dan menentukan media mana yang akan kita gunakan. Di sini saya berfokus pada empat media saja, yaitu blog, microblog, social media, dan minisite. Perhatikan gambar berikut ini.

Media Brand Building

Seperti terlihat di atas, dari kacamata saya itulah kelebihan dan kekurangan masing-masing media online yang ada jika digunakan untuk keperluan pencitraan. Untuk menentukan pilihan media, selain menjadikan karakteristik masing-masing sebagai pertimbangan, juga perlu memperhitungkan langkah-langkah eksekusi yang bersesuaian, apakah memungkinkan untuk Anda laksanakan atau tidak.

Sebagai contoh, perhatikan media brand milik Indovision di JanganAsal.Com yang masuk dalam kategori minisite.

Screenshot JanganAsal.Com

Tanpa bermaksud menjatuhkan, minisite di atas termasuk yang kurang optimal pengerjaannya karena tidak memanfaatkan sama sekali kelebihan media online dan hanya mengandalkan media offline saja.

Coba bandingkan dengan media brand milik Pepsodent di SikatGigiPagiMalam.Com berikut ini:

Situs SikatGigiPagiMalam.Com

Sama-sama minisite, tapi contoh yang kedua digarap jauh lebih serius dan memang online-minded.

Lalu bagaimana langkah-langkah atau tips-tips pengimplementasian brand building pada media online secara baik dan benar? Jawabannya ada di bawah ini.

  1. Blog
    • Fokus pada pembuatan artikel yang bersifat informatif dan edukatif
    • Selipkan artikel yang bersifat kontroversial dan juga teaser
    • Terapkan tehnik SEO untuk menjaring calon anggota brand fans
    • Bangun komunitas brand fans dan jalin hubungan baik dengan mereka
    • Sebaiknya digabung dengan media social network
  2. Microblog
    • Fokus pada informasi yang bersifat urgen / surprise / teaser / kontroversial / penting
  3. Social Network
    • Fokus pada informasi yang bersifat urgen / surprise / teaser / kontroversial / penting
    • Jika memiliki fitur blog, manfaatkan untuk menulis artikel yang informatif dan edukatif
    • Bangun komunitas brand fans dan jalin hubungan baik dengan mereka
  4. Minisite
    • Fokus pada informasi yang bersifat esential, informatif, dan edukatif
    • Terapkan tehnik SEO untuk menjaring calon brand fans
    • Sebaiknya digabung dengan media jejaring sosial

Selain itu, perlu diingat juga ada beberapa langkah implementasi yang bersifat umum. Seperti kejelasan alamat atau info kontak, serta rutinitas melakukan updet pada media blog dan social network.

Nah, jika masih kurang paham dan butuh penjelasan yang lebih detil, nanti simak saja ebook atau buku cetaknya ya, hehehe.

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

130 Responses to “Online Brand Building”

  1. benar sekali mas cosa,branding harus benar-benar diperhatikan oleh kita karena branding bisa meningkatkan penjualan produk kita.

  2. heheh, biasanya sih kalo minisite itu kan untuk suatu produk yang mempunyai masa promo sesaat saja, mungkin mereka tidak ingin keluar budget yang banyak.

    kalo saya sih memang branding harus diutamakan apalagi online branding itu cara paling ampuh deh untuk meningkatkan penjualan produk

    Mantap dah:beer:

  3. www.facebooker.us says:

    thanx infonya…maju terus

  4. [...] adalah bagian terakhir dari artikel berseri di CosaAranda.Com mengenai online branding. Di artikel lalu, saya sengaja menyimpan pembahasan mengenai forum karena media tersebut sudah saya rencanakan untuk [...]

  5. kalo belom punya ide untuk branding , mungkin bisa join dengan network international/ yang eksis sebelumnya, untuk market place spesifik.

    thanks mas cosa buat ide2 yang selangkah kedepan dari yang lain :) — mungkin itu juga kali yaa kunci sukses berbisinis —

  6. irvan says:

    makasih atas infonya
    minta tolong dong blogroll kan aku ya…
    thank you..

  7. thanks ya mas cosa atas informasinya

  8. Dengan branding produk kita maka akan sangat baik bagi kemajuan bisnis kita.

  9. Haryanto says:

    Wah lama ga mampir, ternyata dah ganti wajah. hehehe… sip Bos, lebih fresh!
    Mas, saya lagi belajar untuk membangun brand image usaha saya secara online. selangkah demi langkah.. baru bisa bikin website sendiri, meraba-raba tentang SEO/SMO, tapi belakangan saya jadi agak2 ragu mas, mana yang harus saya dahulukan, Brand image atau Sales. Dengan sekian banyaknya competitor di dunia maya, untuk “menyentuh” pelanggan rasa nya koq cukup sulit tanpa komunikasi secara langsung di dunia nyata.
    Ditunggu mas Ebook nya, masih banyak ilmu mas yang mau saya dwnld ke otak kiri & kanan saya :)

    • Cosa Aranda says:

      tergantung dari jasa / produk-nya juga sih, masih terhitung ‘langka’ ato gak. kalo dulu, pembuat ebook tentang bisnis internet masih bisa jualan dulu dan branding belakangan, tapi kalo sekarang sudah sulit karena selain produk serupa sudah banyak, pembeli juga makin kritis dalam mengambil keputusan. pengecualian ya itu tadi, topik. kalo pernah denger ebook kebunemas, itu laris manis karena itu ebook yg pertama membahas mengenai bisnis jual beli emas. sekedar contoh aja :)

      yah, tapi branding tetap bisa dijalankan bersamaan dengan sales kok. pinter2nya kita aja dalam mengkaryakan otak kanan :D

      • Haryanto says:

        Mas kl product yg dihasilkasn sangat spesifik sudah tidak heran akan dicari oleh customer, apalagi kl sudah tiba saatnya produk tersebut laku di pasaran. Masalah nya model kaya saya ini mas, masa peak dari produk sudah lewat (walaupun produk nya masih akan tetap dibutuhkan org).
        Karena dah ke’enakan jualan offline, pada saat masuk ke dunia maya jadi serba bingung mana yg harus duluan.
        Cita2 sih mau kaya org2 yg sudah duluan dpt rejeki nomplok dengan jualan di internet. Setelah belajar hampir 1thn, kenal yg namanya joomla, google analytic, dll. Tapi sayang banyak yg dibahas adalah penggunaan nya dalam blog yang notabene bisa menampung pengunjung yang memberikan backlink. Sedangkan untuk web yg berfungsi sebagai company profile bagaimana cara nya?

        Soal branding atau sales, setelah browsing2 kayaknya memang kaya 2 muka koin yg ga bisa dipisah.

  10. Devy Online says:

    saya suka artikelnya, selain itu ada beberapa tahapan lagi untuk membangun branding image terutama hal tersebut adalah terfokus kepada kita sendiri yang menjalankan bisnis tersebut

  11. bambang says:

    bagaimana cara yang paling jitu untuk membangun branding image?Tolong dunk dibuat ebooknya ? Thanl’s

  12. iqblis says:

    infonya sangat jrenk, saya tggu info selanjutny…

  13. Dee says:

    pengen sih nyoba bisnis e-book, tp kadang berpikir, dengan banyaknya ebook gratisan di internet, apa masih ada orang yg mau beli ebook ya? atau mungkin ini faktor dari dalam diri saya sendiri yg selalu ngerasa ga pede :(

  14. YS says:

    Thank for the nice info.

  15. Wahyu says:

    mas Cosa mohon kritik dan sarannya untuk blog saya?
    apakah sudah sesuai dengan yang mas jelaskan diposting ini.

    Salam Kenal
    Wahyu H ( http://www.ceritabisnis.com )

  16. thanks sob infonya menarik.dan salam kenal

  17. listya says:

    nice infoo broo…
    :D

  18. Terus berkembanglah para blogger indonesia, semangat-semangat Go. go..

  19. [...] tentang Online Branding pernah juga ditulis oleh Mas Cosa. Semoga membantu pemahaman Anda. Artikel lain yang berkaitan :Easy Ad dengan $0.5 per Affiliate [...]

  20. kaos couple says:

    gitu ya…baru tau sya. btw, kalo blog yang edit post nya termasuk update gak ya? efeknya sama gak kayak buat post baru ne bos??

  21. John O With says:

    Mantap Bos, semakin lama isi blog ini semakin berbobot, thank untuk share ilmunya….

  22. saya terus mengikuti blog ini ..untuk menambah ilmu untuk mengoptimasi blog jualan saya …update terus yaa..salam

  23. Nah ini namanya baru blog yang memberikan wawasan yang bermanfaat dan sesuai kebutuhan. Salam kenal bos.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Online Brand Building": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy