Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Perencanaan Bisnis Internet

Oleh | Publikasi: December 22, 2011 9:27 am
Panduan 28 Hari Menguasai SEO

Mumpung akhir tahun, sepertinya pas banget untuk membahas masalah ini, Perencanaan Bisnis Internet. Selain itu, sedikit banyak juga berhubungan dengan materi kultwit beberapa waktu lalu mengenai #manajemenblog dan #ternakblog (cek timeline @CosaAranda2010, sekalian follow ya :siul ). Nah, untuk membangun peternakan blog yang baik dan efektif, serta efisien dalam hal manajemennya, proses perencanaan tidak boleh diabaikan. Apalagi jika Anda memang berniat banget untuk eksis secara profesional di dunia blogpreneurship. Memiliki jaringan situs yang tidak asal-asalan jelas adalah salah satu kuncinya.

Beberapa keuntungan melakukan perencanaan bisnis internet adalah:

  • Mudah membangun jadwal kerja, baik yang nanti dikerjakan sendiri atau di-outsource-kan, karena dari awal kita sudah siap dengan apa yang harus kita lakukan dan apa yang harus disiapkan.
  • Dapat mengatur budget sejak awal dan tidak membuang-buang uang dengan membeli domain hanya berdasarkan nafsu. Kebutuhan hosting, biaya outsource, dan sebagianya juga sudah dapat diprediksi.
  • Dapat mengefektifkan waktu kerja karena sekali lagi kita sudah tahu apa yang akan (dan apa yang harus) kita lakukan.
  • ‘Pekerjaan’ mencari uang di internet yang Anda lakukan akan terasa lebih profesional. Secara tidak langsung, Anda akan bekerja dengan lebih serius. Dan segala sesuatu yang dikerjakan dengan serius, pasti hasil yang diperoleh juga akan ‘serius’  :selamat

Perencanaan ini sendiri berkaitan erat dengan visi dan target. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini.

Perencanaan Bisnis Internet

Sekedar curcol, di tahun 2011, fokus pengembangan jaringan blog saya adalah pada tema kesehatan, kuliner, dan musik. Ini berbeda dengan tahun 2010 lalu yang berkutat pada tema gadget dan games. Kenapa? Ya selain karena pertimbangan tren, juga untuk menghindari kejenuhan :nohope Bagaimana dengan tahun 2012 mendatang? Untuk kuliner masih tetap akan saya pertahankan,  sedang untuk kesehatan saya gantikan dengan topik yang berkaitan dengan travelling. Alasannya sama, selain sudah jenuh, juga karena tren topik kesehatan yang semakin lama semakin menurun.

Hayo, masih ingat gak bagaimana kemarin caranya mengecek jalur tren menggunakan Google Insight for Search? :)

Nah, jika digambarkan, berikut ini perencanaan fokus pengembangan blog saya di tahun 2012 mendatang.

Road Map Pengembangan Blog 2012

Perhatikan bahwa saya masih menyertakan topik-topik lainnya di kuartal 1 dan 2. Alasannya adalah karena tahun ini saya sudah terlanjur membeli beberapa domain berkenaan dengan topik Health, Movie, Music, dan Games yang belum sempat diurus. Ide maupun sumber konten pun sudah disiapkan. So, agar tidak mubazir, mau tidak mau ya harus saya garap dulu sebelum fokus ke menu utama, soal kuliner dan travel. Minim-minim dibuat autoblog atau minisite, agar tidak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk proses pengerjaannya.

Terakhir, saya buat pula daftar aset yang (sudah) saya miliki agar penerapan road map di atas lebih terfokus lagi. Contohnya seperti ini.

Daftar Aset

Apakah dengan menerapkan sistem perencanaan dan road map seperti ini berarti kita tidak boleh membuat situs dengan tema lain? Ya boleh saja, gak ada yang melarang. Lha itu kan situs-situs Anda sendiri, hehehe. Konsep pengembangan blog yang terencana di sini hanyalah sekedar panduan atau pegangan bagi Anda untuk mengembangkan jaringan situs yang Anda miliki. Jika di tengah jalan ingin selingkuh ya monggo :)

Bagaimana dengan blog-blog sebelumnya yang topiknya sudah tidak menjadi fokus utama lagi? Ya tetap diurus dong, kan proses perencanaan di sini tujuannya adalah untuk pengembangan bisnis. Gak lucu kan kalau bisnis kita berkembang tapi bisnis-bisnis kita yang sebelumnya kolaps. Tapi jika ingin praktis, pertimbangkan untuk mengalihkan proses maintenance-nya pada orang lain alias outsource.

Oh ya, meski pembahasan dan contoh di atas dikaitkan dengan blog, tapi konsep visi, target, dan perencanaan ini juga bisa diimplementasikan ke model bisnis internet yang lain, ya :)

Selamat mengguritakan jaringan situs Anda!

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

75 Responses to “Perencanaan Bisnis Internet”

  1. Waaah.. Artikel dari blog ini sangat menarik dan menambah wawasan.. Tks mas Cosa

  2. barodast says:

    makasih tips nya saya sangat terbantu..

  3. mekatronik says:

    mantaf mas tips nya makasih ya.

  4. kalao soal perencanaan saya selalu menyiapkan 2 plan, jika blog satu sudah beres maka saya akan menjamah ke blog satunya, salam berternak link

  5. Mimin says:

    Ide cemerlang!
    Koq blog nya ndak di update2 lagi, bung??

  6. Memang management sangat diperlukan untuk semua bisnis, termasuk bisnis online

  7. yosep467 says:

    info yang bagus untuk referensi saya gan, makasih ya

  8. nah ini salah satu info yang ditunggu, selain itu kami sebagai marketing dibidang properti khususnya rumah yogyakarta sangat memanfaatkan perencanaan bisnis online. thanks gan

  9. dhidhik says:

    wuih saya newbie sangat terbantu..thanks bos infonya

  10. wah….perencanaan yang matang tuh….boleh juga di coba teorinya….

  11. @ADIB_CORTEZ says:

    are you crazy

  12. blenger says:

    menarik dan bermanfaat. trims artikelnya. siip.

  13. Info yang menarik, bagus untuk di rencanakan mulai saat ini.

  14. Perencanaan yang matang akan menghasilkan hasil yang matang juga. Saya jadi ingin membuat banyak blog dengan 2 tema dan beberapa niche dari tema tersebut :-)

  15. umroh murah says:

    thank gan atas berbagi pengetahuannya

  16. makasih gan infonya manfaat

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Perencanaan Bisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy