Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Perkiraan Modal Untuk Bisnis Internet

Oleh | Publikasi: October 27, 2009 8:10 am
Panduan 28 Hari Menguasai SEO

Setelah sebelumnya dijelaskan bahwa bisnis internet itu butuh modal, maka mungkin yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, seberapa besar sih modal yang harus dipersiapkan sebelum kita masuk ke bisnis internet? 100 ribu kah? 1 juta kah? 10 juta kah? 1 milyard kah? Hehehe, emangnya mau beli sahamnya Google sampai harus nyiapin 1M segala :) Jawabannya sih sebenarnya relatif, tergantung dari jenis bisnis internet yang ingin Anda seriusi. Masih ingat kan jenis-jenis bisnis internet itu apa saja? Kalau sudah lupa, buka contekan dulu deh di presentasi bisnis internet yang pernah saya posting dulu.

Di luar modal-modal tambahan yang bersifat tentatif tersebut, saya mencoba untuk memberikan perkiraan modal bisnis internet (yang berupa uang atau materi), baik untuk modal awal maupun modal bulanan, sebagai berikut:

Plan 1

Asumsi, Anda belum memiliki komputer sendiri dan tidak bisa menggunakan fasilitas komputer dan internet di kantor dengan bebas (atau emang pengangguran).

Sewa warnet, rata-rata 2 jam / hari @ Rp 2.000,- = Rp 120.000,- / bulan
Transport ke warnet @ Rp 5.000,- / hari = Rp 150.000,- / bulan
Hosting = Rp 50.000,- / bulan
Domain @ Rp 120.000,- per tahun = Rp 10.000,- / bulan
-----
Total = Rp Rp 330.000,- / bulan tanpa modal awal

Plan 2

Asumsi, Anda mengeluarkan modal ekstra untuk membeli komputer atau laptop  sehingga bisa bekerja di rumah.

Beli komputer / laptop = Rp 3.000.000,-
Beli modem mobile = Rp 1.000.000,-
Biaya mobile internet = Rp 150.000,- / bulan
Biaya listrik = Rp 100.000,- / bulan
Hosting = Rp 50.000,- / bulan
Domain @ Rp 120.000,- per tahun = Rp 10.000,- / bulan
-----
Total = Rp 420.000,- / bulan dengan modal awal sebesar Rp 4.000.000,-

Angka nominal di atas memang hanya perkiraan saja, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran agar persiapan bisnis internet Anda bisa menjadi lebih total. Saya sengaja memasukkan hosting dan domain karena hampir semua bisnis internet membutuhkannya. Setidaknya, secara personal Anda akan membutuhkan sebagai sarana self branding, sesuatu yang (sebenarnya) sangat diperlukan untuk bertahan di bisnis internet. Selain itu, saya sengaja tidak memasukkan faktor X yang bersifat individu ke dalam perkiraan di atas. Contohnya adalah apabila yang bersangkutan dapat menggunakan fasilitas internet secara gratis di kantor. Atau mendapat hibah laptop dari orang tua atau saudara.

Bagaimana jika tidak ada uang untuk dijadikan modal? Ingat, modal tidak hanya berupa materi saja, skill Anda juga adalah sebuah modal yang berharga. Ini akan dibahas lain waktu. Terus jika benar-benar tidak ada modal berupa uang atau skill? Apa harus ke laut aja deh loe? Nggak lah. Meskipun modal dengkul itu gak ada, tapi Anda bisa saja bermodal dengkul dan dahi. Apa itu? Banyak-banyak bersujud dan berdoa kepada-Nya.

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

75 Responses to “Perkiraan Modal Untuk Bisnis Internet”

  1. Sunandar says:

    Mas cosa sori member baru bergabung, wah mantap penyebar semangat menjadi enterprenuer online sejati…kyk lagu malaysia ..sejati..itulah yang kau inginkan..!!
    saya juga lagi mengembangkan bisnis online mas..,bantu dukungan dan supportnya ya mas..

  2. Adhy says:

    wow, besar sekali ya biaya bulanannya.Kasihan deh yang menganggur seperti saya.

  3. edi joe says:

    Ini yang penting diketahui siapapun yang ingin bisnis online. Kebanyakan ebook strategi online selama ini tidak ada yang menjelaskan hal ini

  4. nugroho says:

    mas mau tanya…(saya baru mau belajar) adakah bisnis internet tanpa menggunakn blog atau website yang menguntungkan?

  5. mas Cosaa, hebat webnya, ane searching dengan kw ‘belajar bisnis internet’
    diurutan no 1, bisa ngalahin punya pak sukanto http://www.BBI dot com
    apa rahasianya….

  6. Om cosa, sepakat!! tambahan dari new-comer nih.

    Dengan membeli domain dan hosting, selain dari segi self-branding yang om sebut. Disisi lain kita kan dipaksa diri sendiri untuk lebih mengembangkan kompetensi baik dari segi men-develop web, maupun content building.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Perkiraan Modal Untuk Bisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy