Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Perkiraan Modal Untuk Bisnis Internet

Oleh | Publikasi: October 27, 2009 8:10 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Setelah sebelumnya dijelaskan bahwa bisnis internet itu butuh modal, maka mungkin yang menjadi pertanyaan berikutnya adalah, seberapa besar sih modal yang harus dipersiapkan sebelum kita masuk ke bisnis internet? 100 ribu kah? 1 juta kah? 10 juta kah? 1 milyard kah? Hehehe, emangnya mau beli sahamnya Google sampai harus nyiapin 1M segala :) Jawabannya sih sebenarnya relatif, tergantung dari jenis bisnis internet yang ingin Anda seriusi. Masih ingat kan jenis-jenis bisnis internet itu apa saja? Kalau sudah lupa, buka contekan dulu deh di presentasi bisnis internet yang pernah saya posting dulu.

Di luar modal-modal tambahan yang bersifat tentatif tersebut, saya mencoba untuk memberikan perkiraan modal bisnis internet (yang berupa uang atau materi), baik untuk modal awal maupun modal bulanan, sebagai berikut:

Plan 1

Asumsi, Anda belum memiliki komputer sendiri dan tidak bisa menggunakan fasilitas komputer dan internet di kantor dengan bebas (atau emang pengangguran).

Sewa warnet, rata-rata 2 jam / hari @ Rp 2.000,- = Rp 120.000,- / bulan
Transport ke warnet @ Rp 5.000,- / hari = Rp 150.000,- / bulan
Hosting = Rp 50.000,- / bulan
Domain @ Rp 120.000,- per tahun = Rp 10.000,- / bulan
-----
Total = Rp Rp 330.000,- / bulan tanpa modal awal

Plan 2

Asumsi, Anda mengeluarkan modal ekstra untuk membeli komputer atau laptop  sehingga bisa bekerja di rumah.

Beli komputer / laptop = Rp 3.000.000,-
Beli modem mobile = Rp 1.000.000,-
Biaya mobile internet = Rp 150.000,- / bulan
Biaya listrik = Rp 100.000,- / bulan
Hosting = Rp 50.000,- / bulan
Domain @ Rp 120.000,- per tahun = Rp 10.000,- / bulan
-----
Total = Rp 420.000,- / bulan dengan modal awal sebesar Rp 4.000.000,-

Angka nominal di atas memang hanya perkiraan saja, tapi setidaknya bisa memberikan gambaran agar persiapan bisnis internet Anda bisa menjadi lebih total. Saya sengaja memasukkan hosting dan domain karena hampir semua bisnis internet membutuhkannya. Setidaknya, secara personal Anda akan membutuhkan sebagai sarana self branding, sesuatu yang (sebenarnya) sangat diperlukan untuk bertahan di bisnis internet. Selain itu, saya sengaja tidak memasukkan faktor X yang bersifat individu ke dalam perkiraan di atas. Contohnya adalah apabila yang bersangkutan dapat menggunakan fasilitas internet secara gratis di kantor. Atau mendapat hibah laptop dari orang tua atau saudara.

Bagaimana jika tidak ada uang untuk dijadikan modal? Ingat, modal tidak hanya berupa materi saja, skill Anda juga adalah sebuah modal yang berharga. Ini akan dibahas lain waktu. Terus jika benar-benar tidak ada modal berupa uang atau skill? Apa harus ke laut aja deh loe? Nggak lah. Meskipun modal dengkul itu gak ada, tapi Anda bisa saja bermodal dengkul dan dahi. Apa itu? Banyak-banyak bersujud dan berdoa kepada-Nya.

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

83 Responses to “Perkiraan Modal Untuk Bisnis Internet”

  1. Yah namanya bisnis perlu modal lah bos..bener ga? Kadang-kadang kita sering denger mitos2 bahwa memulai bisnis di internet tidak perlu modal.. kenyataanya namnya bisnis pasti memerlukan modal..

    • Mizwar says:

      Yo’i bro…..tul banget tuh.

    • Mitos yg di isukan mmg ada benar-nya. Para guru-2 internet kdg tdk menganggap membeli komputer / koneksi internet sebagai biaya. Anggapan-nya adalah klo Anda tdk memilikii komputer dan internet , buat apa anda memulai bisnis online.

      Nah dgn anggapan itu, para guru menjelaskan kita bisa mulai bisnis online / menghasilkan uang dari internet dgn cara

      1. Buat akun blogspot
      2. Pasang adsense / iklan ppc lain-nya
      3. Cari trafik gratis dari manapun
      4. …dan menghasilkan uang tentunya

      3

  2. iphin cow says:

    setuju mas cosa…
    uang itu memang dibutuhkan untuk memulai bisnis di internet, namun uang bukan lah segala-galanya…
    jika tak punya modal uang kita masih punya modal otak mata telinga yang masih bisa dimanfaatkan.

    akhirnya bisa ketemu sang master, seneng deh :)

  3. darknight says:

    Pertamaxkah??
    Dulu modal yang benar2 saya keluarkan dr kantong saya sendiri itu cm 200.000, 80rb untuk domain dan 120rb untuk hosting lokal murah meriah. Biaya internet masih nebeng orang tua, hehehe…

    Saran saya sih, paling nggak siapkan sekitar 1-2 juta untuk startup bisnis online, untuk beli beberapa domain dan hosting luar. Pengalaman saya, dulu saya fokus pd satu situs dan situs tersebut terkena sandbox (dicurgai karena hosting murah itu sering down) selama 9 bulan, jadilah saya cuma dapat sen-sen-an dari adsense nyaris selama satu tahun. Setelah itu, saya pindahkan ke server luar dan buat situs baru dgn niche baru, alhamdulillah earning meningkat ribuan persen karena banyak pengunjung dr luar jg, bisa gajian tiap bulan dan profitnya lumayan.

    Lagipula, dibanding bisnis2 offline yang lain, bisnis online hanya memakan capital sedikit dan cost maintenancenya tidak sebesar bisnis offline, jadi mengeluarkan modal sedikit gak masalah. Yang penting kita harus berpikir cerdas dan cermat, jangan implusif tergiur oleh iklan cepat kaya aja.

    Online business is still a business, so treat it like a REAL business.

    • Cosa Aranda says:

      thanks masukannya mbak.

      enak tuh, biaya internet masuk ke dalam faktor x karena dibayarin, hehehe. aku dulu biaya internet harus bayar sendiri. mana adanya masih dial up dan gak bisa ambil paket unlimited (masih khusus kantor dan warnet) :( alhasil biaya internet tiap bulan bisa mencapai 60% dari penghasilan, hehehe, untung gak tekor :p

    • MasRub says:

      setuju banget… dan harus think smart juga yah mbak…
      sukses deh buat semua… om Cosa makasih dah mulai menulis lagi artikel2x kerennn nya…

  4. cpns says:

    Bisnis internte perlu modal juga ya.

  5. WS says:

    Ehm.. ya emang benar tuh, ga kerasa bisnis tanpa modal, tapi malah sebenarnya modalnya ga keitung..

    Biaya langganan internet (termasuk yang diwarnet..hehe), blum lagi uang tak terduganya, kopi, rokok dan macem..
    Intinya juga ga ada bisnis yang tanpa modal..
    Keep online

  6. pensiun kaya says:

    modal dasarnya memang domain, hosting, biaya koneksi internet dan fitur2 lain yang dibutuhkan, seperti beli script, software yang berhubungan dengan bisnis online…minimal 1-2 juta lah untuk modal awal. perlu diperhatikan juga biaya rutin bulanan yang dibutuhkan…
    salam

  7. kaskus says:

    ga ada yang namanya bisnis Itu tanpa modal.. bullshit pasti butuh modal.. walaupun katanya Cosa Hanya modal dengkul dan dahi Tak papa ahahahahhahah…

  8. Chamot says:

    Wah detail banget cak… ikutan nambahin deh..

    menurut saya kalo misal biaya ngenet dimasukkan ke modal… berarti sudah selayaknya… ada proporsi waktu yang digunakan netter dimana ngenet untuk bekerja dan dimana ngenet untuk sekedar browsing2 seneng-seneng aja…

    toh gak bisa dipungkiri kebanyakan (terutama teman2 saya yang saya tahu) netter yang nyambi nyelam nyari duit di internet (online marketer want to be “termasuk saya” ) tab-tab yang dibuka di firefox, ie atau operanya juga ada facebook, forum online, atau halaman page lain yang sama sekali tak ada hubungan dengan pekerjaannya :D

    tapi setidaknya… kalo untuk pemula seperti saya yang penitng enjoy aja mengawali semuanya.. :D

    • Cosa Aranda says:

      betul, manajemen waktu juga perlu (sudah sempat disinggung di artikel 8 persiapan bisnis internet). apalagi, dengan teori 80:20, maka dari perkiraan 2 jam di warnet yg aku tulis di atas, waktu efektif seseorang hanyalah 20%-nya atau sekitar 24 menit saja :)

      artikel berikutnya besok kebetulan akan membahas mengenai modal pribadi, termasuk salah satunya mengenai investasi waktu. stay tune! :p

  9. BangJo says:

    Jelas lah butuh modal,.tp qt juga bisa mengatur modal itu sndiri. Gak punya modal,bukan brarti menyerah di Bisnis internet,tul gak,gan?hehehe,..

  10. sariful says:

    menurut saya.. apapun bisnisnya… modal yang utamanya….

    biar kata semuanya dah ada dan di bayarin sama kantor pun.. kita tetap harus modal “Waktu” .. hehehehe bener ga sich ?

  11. diendie says:

    Mas, maaf pertanyaannya melenceng dikit, kira2 bagusan mana seminar global internet summit sama financial revolution ?? Suwun mas

  12. Mars says:

    Bang cosa bisaaaa ajaaaa……………..

  13. yang penting modalnya nggak dihabisin cuma buat beli E-Book

  14. Sesuatu itu harus butuh pengorbanan (modal). Bisnis adsense aja juga butuh modal koneksi internet. Jualan ebook juga butuh modah laptop dan listrik :)

  15. kayaknya saya yang paling ngirit,full online pake hp,ke warnet 1 minggu 1x,paling cuma 1 jam,untuk ngedit ngedit yang gak bisa pake hp,he he.tapi ya gitu,hasil adsense pun cuma sen senan perhari.

  16. omagus says:

    saya modal nggak balik-balik nih.. udah berbulan bulan..!

  17. Saya mulai bisnis internet ini dengan modal nekat. Pengetahuan internet hanya sebatas chating, kirim email dan buka web bokep.
    Karena gw berhenti dari kerjaan sebagai kolektor kartu kredit dan punya cita-cita pindah ke Bali, maka gw bikin web travel.
    Dan hasilnya lumayan hampir dua tahun gw bisa makan dari web ini. Dengan modal awal bikin web 600ribu hosting 700ribu, sama internet pakai flash Rp. 125.000 perbulan.

  18. hmmmm..mudah-mudah modal ane kembalilah hahahah…eh mas cosa ta tunggu neh ttg investasi waktunya tuk bisnis internet hehehe

  19. negeri hijau says:

    Bisnis ga pake modal? Gak ada kayaknya.

    Modal itu kan:
    1. Waktu
    2. Kemauan
    3. Skil
    4. Dana

  20. Anda bisa saja bermodal dengkul dan dahi. Apa itu? Banyak-banyak bersujud dan berdoa kepada-Nya—-> ane paling suka kalimat ini. Nendang banget dehhh!!!

  21. makasih pengetahuannya sobat!!!!!

  22. Modalnya 0 bener… tapi jangan diitung, Alat untuk koneksi dan perangkat komputernya di itung, itu sudah dipunya sebelumnya. Kalo waktu?? Semua pekerjaan pasti memakan dan memakai waktu.

    Contoh ni ye…
    Ada seorang Punya duit 10 juta, nah duit itu dibelikan beberapa unit Computer 2nd + pasang Speedy GRATIS bayar 50rb buat install speedy doank dibuat WARNET pake paket yg 200rb/bln unlimited. Nah warnetnya tuh ditungguin sendiri SambiL ngeblog.

    Akhirnya… WarneT dapet DuiT ngeblognya Pun Dapet,2 in 1 lah.

  23. saya malah tidak pernah membuat plan seperti ini…
    semuanya langsung saya jalani tanpa memperhitungkan biaya yang saya keluarkan.. (waktu, skill, dll)
    artikel ini menyadarkan saya supaya lebih perhitungan terhadap semuanya… ^^
    terima kasih bang cosa…

  24. wah mantap kali mas hitung-hitungannya..soalnya banyak yg menjanjikan orang bisa cepat dan langsung kaya dgn bisnis internet,tnyta lumyan berat jg ya mas..sukses selalu mas cosa.

  25. Elsa Sakina says:

    Robert Kiyosaki pernah bilang “It doesn’t take money to make money”, karena “knowledge is the new money.”

    Sebaiknya bisnis jangan sampai terhambat gara-gara masalah uang. Uang sebenarnya hanyalah ide dari manusia.

  26. […] Gini, maksud saya, untuk mencapai sesuatu, kita harus memaksimalkan apa yang ada di dalam diri kita. Termasuk itu tubuh (keuletan), akal (pengetahuan), dan pikiran (mindset, tekat, moral). Dengan memanfaatkan ketiga faktor tersebut sebaik-baiknya, kita akan bisa mengeliminir faktor minusnya materi. […]

  27. Bisnis perlu Modal,…Pertama: niat, kedua: Nekat, ketiga:………….?

  28. reez says:

    ayo semangat….. semangat……

  29. yup setuju banget…. semuanya harus dengan modal, walau hanya dengan “dengkul dan dahi”

  30. bungerik says:

    bener mas…gk ada yang tanpa modal.harus berusaha dan terus berkarya..

  31. bayu mukti says:

    wakakakak…..modal terakir yang bikin aq ketawa terbahak-bahak mas :D

  32. Dwi Wahyudi says:

    Menurut saya tidak ada satu usahapun yang tidak memerlukan modal. Seperti yang telah mas hitung-hitung diatas bahwa untuk ongkos transport aja udah dimasukkan sebagai biaya kan, otomatis itu akan termasuk dalam jumlah modal yang harus dikeluarkan. Belum lagi tenaga dan pikiran yang digunakan untuk mencari ide dan gagasan mengenai bagaimana mempertahankan usaha tersebut krn memulai lebih mudah daripada mempertahankan. Banyak kok diantara para pelaku usaha yang pada akhirnya harus gulung tikar hanya krn tidak mampu mempertahankan usahanya lagi. Demikian sedikit komentar dari saya. Terima kasih…

  33. blogger Nol says:

    Modal nekat bisa juga.. nekat untuk belajar, nekad pinjem duit untuk ke warnet….

  34. priyo says:

    Sebenarnya modal yang pasti keluar sih, biaya koneksi internet, kecuali ada yang nanggung bisa gratis. Selanjutnya tergantung dari cara pemasaran ato promosi yang kita pilih. Kalo banyak duit bisa main PPC ( Adwords dll ), ato bikin website di outsource semua..kita cuma cari idenya…uenak tenann,ato ikut model MLM..terus leads kita beli.., TAPI kalo gak punya modal alias pas-pasan bisa milih Article Marketing, tapi harus rajin bikin tulisan bhs inggris,ato rajin ikut program klik dapet dollar…sebanyak-banyaknya….iya nggak?

  35. […] Butuh modal, bandingkan dengan bekerja kantoran yang praktis kita hanya butuh modal untuk pakaian saja (karena biaya transportasi dan makan sudah ditanggung dalam gaji bulanan) […]

  36. […] Mau gak mau, anda harus menyiapkan sarana dan prasarana untuk bisa berbisnis online. […]

  37. unego says:

    disitu ditulis di warnet 2 jam perhari. apa gak kurang banyak itu bos. 2 jam ngenet tiap hari gak akan cukup buat bisnis, kalaupun cukup akan lama sekali balik modal dan bahkan bisa tekor.

  38. wew… perkiraannya besar juga yah.
    Aku dulu malah ngga kerasa untuk modal awal habis mpe 2 juta. Gara-garanya kebanyakan beli produk di awal, hahaha… (salah langkah).

    Tapi untunglah… semuanya udah balik modal dan hutang2 juga udah bisa kebayar. Tinggal memetik untungnya aja. And bout operasional, klo udah jalan bisnis ini bakal menghidupi dirinya sendiri…!

  39. Neneng says:

    selain keperluan biaya, perlu pegnaturan waktu .. apalagi bagi temen-temen yang meluangkan waktunya setelah jam kerja…

  40. ismail says:

    Koreksi mas Cosa, untuk biaya warnet ada tambahan minumnya. Biasanya untuk minum :cendol , lebih banyak lagi klo plus indomie dan cigarate

  41. Yap, tidak ketinggalan bisnis online/internet, juga butuh modal. Salahsatunya adalah modal untuk membeli satu atau beberapa aplikasi dan tools sebagai alat bantu untuk memudahkan menjalankan bisnisnya.

  42. ternyata mahal juga ya mas.padahal kalo liat iklannya murah bgt.hanya bermodal 200ribu bisa mendapatkan jutaan

  43. iya nih jadi pengi ikutan yang rame2

  44. bang bima says:

    wah harga hosting kemahalan tu mas.. menurut saya kalo untuk pemula hosting 50MB udah cukup (bisa lebih malah).
    jadi harganya bisa dikurangin jadi sekitaran 5000 perbulan buat hosting

  45. virul says:

    mas cosa sya stuju kalimat terahir modal dengkul and dahinya…, hehehe 😀

  46. hendpage says:

    ikutan baca ya mas, aku awan soal bisnis internet pengen banget dapet duit dari ngeblog, pengennya sih gak modal

  47. apakah dengan 1 domain saja sudah cukup untuk membangun bisinis online?

  48. holiq says:

    salam om! Nice info ..

  49. mas cosa makin keren aja..gaya bahasa dan penyampaiannya jg renyah en enak dibaca. thanx boss!

  50. artikel yang sangat menambah pengetahuan dan wawasan saya tentang bisnis di internet,terima kasih mas

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Perkiraan Modal Untuk Bisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy