Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Perkuat Branding Dengan Logo dan Slogan

Oleh | Publikasi: January 29, 2010 12:46 pm
Instant Internet Business Ideas

Mari kita lanjutkan obrolan kita sebelumnya mengenai branding. Seperti sudah saya jelaskan sebelumnya, blog adalah salah satu media yang bisa kita gunakan dalam menciptakan branding terhadap diri kita. Namun jangan salah, branding sendiri tidak hanya dapat melekat secara personal kepada seorang pebisnis internet, melainkan juga kepada blog atau situs yang ia miliki. Dan mantapnya, apabila cerdas, kita bisa memanfaatkan berbagai situs atau blog yang kita miliki untuk membangun self-branding yang berbeda, namun semuanya saling mendukung branding utama yang ada pada diri kita.

Dua elemen pada situs atau blog yang dapat memperkuat ‘pencitraan’ — berhubung kemarin ada yang menanyakan bahasa Indonesianya ‘branding’, seharusnya sih ini yang cocok — adalah logo dan slogan. Tahu bedanya, kan? Halah, ya jelas lah. Yang satu berupa gambar, sedang yang satu lagi berupa teks atau kalimat.

Logo yang baik adalah yang apabila dilihat secara sekilas saja setidaknya sudah dapat menggambarkan ciri khas dari situs atau blog yang bersangkutan. Lebih bagus lagi apabila bisa sekaligus menyampaikan visi dan misi dari situs atau blog tersebut. Jika situs atau blognya sendiri lebih bersifat personal, maka logo menggambarkan kepribadian dari si pemilik situs atau blog. Sah-sah juga memiliki logo yang bernilai filosofis — asal masuk akal tentunya.

Untuk blog CosaAranda.Com ini misalnya, saya menggunakan logo yang berupa gambar karikatur saya dengan pakaian santai — kaos putih dan celana pendek jeans selutut. Maknanya ada dua:

  • Menunjukkan bahwa blog ini, meskipun membahas mengenai bisnis internet, namun isinya disampaikan dengan cara yang santai dan mudah diterima oleh pemula sekalipun *semoga demikian adanya*
  • Menunjukkan bahwa jika nanti Anda sukses dalam bisnis internet, Anda juga bisa seperti saya — berpakaian santai kemana-mana tapi duit terus mengalir, hehehe

Sebaliknya, di PanduanDasar.Com saya menggunakan logo yang lebih filosofis karena memang situsnya lebih ‘resmi’. Menggunakan gambar modifikasi yang dibilang mirip dengan logo Microsoft Office, filosofi logo PanduanDasar.Com dapat disimak lebih detil di sini.

Bahkan untuk situs Reviewmu yang tidak memiliki logo khusus, saya mencoba memperkuat branding dengan kombinasi warna tertentu pada gambar header dan gambar headernya itu sendiri. Maknanya? Silahkan ditebak sendiri deh :)

Nah, bagaimana dengan slogan?

Jika logo menggambarkan ciri khas atau karakteristik konten, maka slogan menyampaikan secara singkat isi dari blog atau situs yang bersangkutan. Slogan juga dapat digunakan untuk menyampaikan kelebihan dari situs atau blog yang kita miliki. Oleh karena itu, pemilihan slogan tidak boleh asal karena bisa menjadi bumerang bagi diri kita.

Dengan slogan “Belajar Bisnis Internet Untuk Pemula” yang diusung oleh blog ini misalnya, saya memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan materi, termasuk pemilihan topik materi, dengan cara tersendiri supaya benar-benar dapat diterima oleh pemula. Syukur-syukur jika ada yang sudah level master namun tetap rendah hati untuk berkunjung ke blog jelek ini :)

Di blog saya yang lain, saya mengusung slogan ‘daily gadgets news‘. Padahal, sudah berbulan-bulan blog tersebut tidak pernah di-updet. Jelas, ini adalah contoh yang tidak perlu ditiru, hehehe.

So, bagaimana dengan situs atau blog Anda? Sudah punya logo dan slogan yang mendukung?

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

160 Responses to “Perkuat Branding Dengan Logo dan Slogan”

  1. yudi says:

    mengamankan pertamax :D

  2. Rafi says:

    Wow kereeen banget Bos, Asli Saya Suka banget dgn Kalimat

    “Menunjukkan bahwa jika nanti Anda sukses dalam bisnis internet, Anda juga bisa seperti saya — berpakaian santai kemana-mana tapi duit terus mengalir…”

    Thanks Pencerahannya. :cendol

  3. Make Money says:

    pulang juma’atan dapet pencerahan… hahahaha :recsel

    saya juga punya slogan… :alay “dangdut is the music of my country” hehehe ngutif punya orang :D

  4. Iya benar Gan, memilik banyak blog, kadang untuk mengupdatenya.. Ada saran atau ide Gan Cosa untuk membuat slogan biar simple, menarik?? :cendol

  5. dafiDRiau says:

    Mas saya sudah dapat logo (saya pake sebagai Gravatar Blog) tapi sepertinya logo saya itu mirip dengan partai tertentu. Sehingga saya takut ada isu2 yang tidak jelas. Gimana menurut mas Cosa

  6. Agus says:

    Langsung eksekusi mas, langsung bikin logo…

  7. Iphin Cow says:

    mantabs… gan…
    semoga saya bisa secepatnya santai2 spt ANDA…. :peluk

  8. zaki says:

    branding melalui logo dan slogan adalah salah satu wave marketing yang manjur… cuman kalo slogannya cuman OMDO repot juga.hehehehe

  9. PAYPALVERIFIED says:

    :berduka :berduka :berduka :berduka VCC SELLERS

  10. gak bisa bikin logo nih.. :(
    klo minta dibikinin sama jasa2 freelance desain gitu bisa jg kan ya :malu:

  11. yully says:

    hummm jadi mikir….mo bikin logo… thanks infonya :peluk

  12. Rasanya susah sekali membuat Logo atau Slogan untuk blog sendiri, mungkin karena penguasaan terhadap materi yang disampaikan dalam blog (isi/content blog) masih kurang dipahami secara utuh.

    Selain itu kurang konsisten terhadap topik utama blog yang pada awalnya sudah mantap di deklarasikan, tetpi pada akhirnya malah menyimpang kemana-mana.

  13. A9YnD1LV3R says:

    Betul juga ya? Jika branding hanya sebatas konten yang menarik sepertinya kurang.

    Jika saya simpulkan secara sederhana:
    langkah pertama adalah menentukan tema blog plus sekalian buat slogan.
    Langkah kedua adalah pastikan deh kontennya baik. Kalau buat yang berkualitas susah dan juga relatif.
    Langkah ketiga adalah buat logo.

  14. Blog Hardim says:

    wah pas banget! saya baru saja nyiapin relaunch logo dan slogan untuk blog hardim. logo dan slogan sudah siap, rencananya februari nanti relaunchnya. plus integrasi dengan fb dan twitter.

  15. Agus Siswoyo says:

    Wah, info menarik nih. Ternyata branding itu tidak hanya melalui content artikel saja.

  16. rullyfp says:

    Masih nyari theme blog yg sehati :)

  17. Arham blogpreneur says:

    Tentang logo dan slogan.. pembahasan tentang neurolang. bakal seru mas:D sementara slogan. apa mas cosa ada saran slogan apa yang pendek sehingga bisa mudah diingat namun bisa pas atau eye catching

  18. Kalau reviemu keknya dilihat dari logonya bermakna Buzz maketing tuh…he..he…

  19. napolleo says:

    logo penting buat branding mas cosa,lg nyari ide biar logo mudah di inget orang :)

  20. Bos.. kata-kata ini terbaca indah dimata:

    ““Menunjukkan bahwa jika nanti Anda sukses dalam bisnis internet, Anda juga bisa seperti saya — berpakaian santai kemana-mana tapi duit terus mengalir…””

    Itu sudah seperti saya banget juga gitu loh… :))

  21. Bos.. kata-kata ini terbaca indah dimata:

    ““Menunjukkan bahwa jika nanti Anda sukses dalam bisnis internet, Anda juga bisa seperti saya — berpakaian santai kemana-mana tapi duit terus mengalir…””

    Itu juga sudah seperti saya banget juga gitu loh… :))

  22. just kidding bos… tapi di aminin aja ya…

  23. Info Gaptek says:

    Setuju..
    Logo dan slogan memang satu point yang harus jadi perhatian khusus bila ingin tetap eksis..
    Tapi, jangan lebay plis! halah.. :)

  24. logo dan slogan berguna untuk memberikan cirikhas dari blog kita.biar lebih di inget orang…..

  25. salam kenal bos..

    matur tengkiyu atas info2nya di blog ini.

  26. buat logo yang mudah dikenal orang.dari desainya………

  27. catatan hery says:

    Logo dan Slogan adalah hal pertama yang diperhatikan oleh calon kustomer. Apalagi dikalangan orang2 yang gemar fashion, mereka2 ini sering membeli produk karena logo-nya. Padahal sih bahan produk tersebut tidak bagus2 amat.

    Ini masalah Branding. Anda dinilai dari pakaian anda :Peace:

  28. turisuna says:

    Bikin logo yang murah meriah, klo perlu gratis dimana ya? he3 :ngakak

  29. Ray says:

    wah saya pemula…informasi yang bagus..thx om Cosa

  30. saya sudah ada logo yg khas bali …yaitu karikatur pake udeng…tapi belum punya semboyan yg pas

  31. Novita says:

    Terima kasih atas pelajaran brandingnya pak. Paling penting memang branding pribadi (self-branding). :)

  32. gaya hidup sederhana memang harus dibiasakan oleh kita orang Indonesia. gaya hidup sederhana=hemat. gaya hidup mewah=boros.

  33. Kalo slogannya, ada teorinya yah harus begini ato begitu?

  34. nandin says:

    PERSONAL BRANDING !!!!!! :hope

  35. Maulana says:

    untuk pemula masih kesulitan buat logonya mas tolong diajarin yach

  36. Branding jelas penting sekali dlm bisnis apapun dan mempertahankan-nya juga Penting Sekali.

  37. farisvio says:

    setuju buat logo untuk memberikan branding sekaligus mempermudah mengenal ciri khas blog, namun di cosaaranda kok belom di pasang yang di sebelah alamat url, seperti icon cirikhas gitu.. hehe :cendol

  38. cak yit says:

    ini baru yang namanya keren abis, penyemangat hidup agar bisa sukses seperti mas cosa.

    tapi kapan ya mas cosa mampir di blogku, gpp kalo blog ku di caci maki asal mas cosa sudi mampir di blog gembelku. hehehe :rate

  39. Yuyun says:

    Makasih banget infonya mas, saya juga kebetulan punya toko online tapi bingung logonya, maklum ga pinter art design :D

  40. Wah memang sulit mas cosa kalau blogger gembloeng seperti saya ini harus memikirkan logo dan slogan… selain tidak ada bakat di dunia grafis.. juga minimimnya pengetahuan dibidang slogan.. Namun baca-baca postingan mas cosa bisa buat masukan..

    he..he..he..

  41. indra says:

    nama di paypal sm rek bank beda bisa dirubah ga yah?

  42. Eval Blog says:

    Masih bingung nyari logo :bingung

  43. irvan says:

    wah makin maju aja ya websitenya…..

  44. aku kok belum punya logo ya. :cd …cuma ada slogan… :siul
    Setelah ini buat logo ah,,,, :newyear :alay

  45. Deddy says:

    sudah dua2nya :) Malah Maret 2008 saya sudah nulis tentang “Ekor yang Bernama “Tagline”. Hehe…

  46. Orang mudah ingat dengan suatu produk hanya dengan melihat logo, jadi logo emang sangat menentukan

  47. girl graphic says:

    weh, buru-buru bikin logo ahh meh gamapng di inget… hihihi kayak google yak

  48. Bener juga…dan keduanya adalah hal yang penting…
    Good posting…^^

  49. blog dan slogan sangat bermanfaat untuk menyampaikan informasi.

  50. Pen Lab says:

    menarik sekali artikel mu mas…
    saya udah coba tetapi belum terpublikasikan dengan baik dan benar mas…
    salam…

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Perkuat Branding Dengan Logo dan Slogan": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy