Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Perlunya Punya Visi dan Target Dalam Berbisnis Internet

Oleh | Publikasi: November 2, 2009 7:16 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Dulu, saya pernah minta salah seorang teman untuk meramal garis tangan saya. Dari beberapa hal yang ia ceritakan dari hasil membaca garis tangan tersebut, salah satunya adalah bahwa saya ‘ditakdirkan’ untuk selalu tergantung pada orang lain secara finansial. Dengan asumsi bahwa yang dimaksud dengan ‘orang lain’ ini adalah orang tua saya, maka cukup miris juga mendengarnya. Buset, masa’ sih, bakal terus-terusan nyusahin orang tua? Well, terlepas dari benar tidaknya ramalan tersebut, sejak saat itu saya memutuskan untuk berusaha sekuat tenaga agar bisa hidup mandiri dan tidak lagi bergantung kepada orang lain. Itulah visi dan tujuan saya dahulu pada saat memulai bisnis internet.

Efek bawah sadar dari sebuah visi ternyata sangat luar biasa. Dari apa yang saya alami hingga saat ini, itulah yang membuat saya tetap fokus dan tidak berhenti berusaha meskipun banyak cobaan yang datang. Dan bisa saya katakan, dalam dunia bisnis internet yang perlu kerja keras dan pemikiran yang matang yang kita jalani sekarang, sudah sewajarnya tiap pebisnis internet memiliki visi dan targetnya masing-masing.

Memang apa beda antara visi dan target?

Bagi saya (karena saya tidak menggunakan KBBI sebagai acuan), visi adalah tujuan akhir atau tujuan jangka panjang yang ingin kita capai. Sedangkan target adalah tujuan jangka pendek yang harus tempuh untuk mencapai tujuan jangka panjang yang kita miliki.

Alhamdulillah sejak tahun kemarin visi saya sudah terpenuhi. Untuk dapat mencapai visi tersebut, saya menetapkan beberapa target jangka pendek yang harus dipenuhi secara berurutan. Misalnya:

  • Mendapatkan penghasilan dari internet sebesar $100 / bulan
  • Mendapatkan penghasilan dari internet sebesar $500 / bulan
  • Mendapatkan penghasilan dari internet sebesar $1,000 / bulan
  • Mendapatkan penghasilan dari internet sebesar $10,000 / bulan

Nah, jika visi berfungsi sebagai penjaga agar kita tetap fokus dan tidak berhenti di tengah jalan, target berfungsi sebagai pengarah tindakan dan keputusan apa saja yang harus kita ambil. Sebagai contoh, untuk dapat memperoleh penghasilan sebesar $100 / bulan, langkah-langkah yang perlu saya lakukan adalah:

  • Memiliki 1 sampai 3 blog yang di-updet secara rutin
  • Mengoptimasi blog-blog tersebut, baik dari sisi tampilan, SEO, dan peletakkan iklan
  • Menggunakan PPC sebagai sumber penghasilan

Apabila target tersebut telah tercapai, maka strategi berikutnya ditetapkan berdasarkan target kita selanjutnya. Dalam contoh kasus ini, memperoleh penghasilan sebesar $500 / bulan. Langkah-langkah yang ditempuh misalnya:

  • Memiliki 4-6 blog yang di-updet secara rutin
  • Mengoptimalkan blog-blog tersebut, baik dari sisi tampilan, SEO, dan peletakkan iklan
  • Menggunakan PPC dan affiliate sebagai sumber penghasilan

Kedua contoh di atas saya rasa sudah cukup untuk menjelaskan mengenai perbedaan visi dan target, serta penerapan masing-masing. Dan ingat, meskipun visi adalah tujuan jangka panjang, tidak ada salahnya jika suatu saat, apabila visi Anda telah terpenuhi, Anda merevisi visi tersebut dengan visi lain yang lebih sesuai dengan kondisi Anda. Visi saya sendiri saat ini adalah menemukan sistem yang tepat untuk meningkatkan penghasilan dan mengurangi waktu kerja. Perpindahan fokus dari blog monetizing ke digital product creation adalah salah satu strategi pencapaian target yang saya tempuh.

Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda memiliki visi dalam berbisnis internet? Jika berkenan, mohon sekiranya untuk di-share di sini :)

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

78 Responses to “Perlunya Punya Visi dan Target Dalam Berbisnis Internet”

  1. BlogSigit says:

    Visi dan target saya sepertinya sangat terbantu (walau belum maksimal) dengan bergabung dengan panduan dasar dot com.
    Banyak hal yang harus saya pelajari lagi bagi seorang pemula seperti saya :)

  2. ismail says:

    intinya sich, visi itu ga bersifat duniawi aja tapi juga ukhrowi….hehehhe :D

  3. Mas Cosa, saya dukung visi anda untuk menemukan sistem yang tepat untuk meningkatkan penghasilan dan mengurangi waktu kerja. Dengan mencoba mengalihkan fokus dari blog monetizing ke digital product creation, tapi JANGAN lupa untuk terus berbagi ilmu di blog ini ya, walaupun mungkin mas cosa sedang fokus ke product creation, kita kita disini, terutama yg masih newbie juga masih butuh bimbingan mas Cosa, hehe…

    BTW, saya juga punya Visi untuk mengembalikan lagi citra EBOOK SELLING yang masih aja terpuruk di pasar lokal, karena semakin banyaknya ebook sampah dimana-mana.

    Untuk mencapai Visi itu, saya melakukan beberapa Misi, diantaranya Building Trust, Meningkatkan Nilai Tambah, dan juga Menggunakan Faktor Kali. Mohon Do’a dan Dukungannya ya Kang :D

    • saya pelajari metode baru anda, ternyata mirip2 money game. tidak ada ebook yang benar2 bermutu yang anda jual, kecuali ebook gratisan yang bisa di donlod.
      Sepertinya anda cuma menjual mimpi dan membership (upgrade membership dengan membayar sejumlan uang), tanpa didukung dengan penjualan ilmu yang berguna untuk orang lain.
      Sori atas kritik saya. Tapi saya sudah benar2 mempelajari isi dari ebook dan website anda.

      • Thanks atas kritikannya Mas, saya sangat suka dikritik jika memang itu sebuah kritik yang membangun. Mungkin jika dilihat dari sudut pandang anda sebagai seorang blogger, semua materi yang ada diproduk saya sudah anda ketahui sehingga nilai manfaatnya bagi anda(bersifat subyektif) terasa kurang, dan sebagainya.

        Jangan sampai Anda mengkritik hanya karena emosi. Yang paling penting: jika Anda merasa sudah mahir, JANGAN membeli produk yang dibuat untuk pemula. Demikian pula sebaliknya. Kenapa? Karena apabila target market dan consumer benar-benar match, maka saya yakin sebenarnya (hampir) semua produk bermanfaat.

        So, jangan keburu men-judge ‘pengikut fanatik’ sebuah produk adalah orang ‘bodoh’ yang ‘tertipu’ oleh produk yang bersangkutan. Bisa jadi memang merekalah target sesungguhnya dari produk tersebut dan mereka memang mendapatkan banyak ilmu dari produk tersebut.

        Terimakasih

      • Freddy says:

        bagus banget ini ctayernia. gw beberapa bulan ini lagi terapi untuk hal kayak gini.. dan ternyata emang SUSAH.gw selalu pengen pamer dan mengagungkan diri sendiri.. ok.. ini udah sangat berkurang sekarang, walaupun belum 100%dan gw lumayan terkenal short-tempered.. gampang marah dan gampang kepancing orang lain. kadang orang cuma pengen aja ngerendahin gw (dan disini gw yakin bukan tough love) (terutama disaat gw nggak menunjukan kekuatan).. di saat2 kayak gitu gw mesti DIAM dan SABAR, dan NGGAK NGIKUTIN PERMAINAN ANAK KECIL. susah banget itu.gw seneng lo post artikel kayak gini. gw jadi jauh lebih semangat dan sabar buat jadi orang yang lebih baik.thx

  4. darknight says:

    Pembuatan produk digital ya, sejujurnya saya juga sangat tertarik tuh. Cuma tetap aja masih kurang ada nyali untuk membuat produk informasi, masih ga berani dengan publikasi yang berlebihan mengenai diri, makanya masih bertahan sebagai self employee publisher dan affiliate marketer :)

  5. HariS says:

    Sebuah ilmu yang sangat membuka mata dan keinginan saya untuk lebih fokus dan fokus.

  6. omagus says:

    baca tulisan ini jadi mulai mikirin misi ke depanya nanti..!
    memang butuh targeting sih.

  7. coment dulu baru baca :D

    • wew … Mz Cosa harus terjun offline juga nich … jadi motivator bussiness plan … keren … tapi masalahna meski terkadang dah ngerti pengertian visi dan target … tapi tetap saja susah untuk membuat visi dan menderivasikannya dalam target-target … apalagi manusia nggak bisa lepas dari berbagai problem yang out dari visi dan target yang juga butuh perhatian untuk diselesaikan …

      artinya terkadang ada satu keadaan dimana seseorang dipalingkan dari visi dan target …

      misalnya saya ingin dapt penghasilan dari blogging … di sisi lain … saya juga belum bisa meninggalkan pekerjaan offline saya … karena justru pekerjaan offline itulah yang menopang untuk tetap bisa online … nah … terkadang pekerjaan offline itu juga butuh waktu, pikiran dan tenaga yang dicurahkan …

      sehingga tidak bisa fokus pada visi dan target karena pecah … coz bagaimanapun juga 2 kegiatan itu saling terkait …

      mungkin Mz Coza punya sedikit nasihat atas problem ini …

      • eh Mz Coza … Anda itu karyawan Google yack … kuk baru beberapa hari rajin coment di sini tiba-tiba PR ku dari 0 langsung jadi 2 …

        (maaf out of topic … penasaran saja :D )

      • Cosa Aranda says:

        aku jawab di artikel besok ya, tentang bagaimana jika kita bekerja secara offline dan online sekaligus.

        • Oka says:

          yoi om, ditunggu bagaimana cara menjalani kerjaan offline dan online secara berdampingan.
          kadang aku sambi kerja online diwaktu kerja offline. Ehh kerjaan yang lain kelupaan heheh

          • Cosa Aranda says:

            hmm, artikel yg berikutnya sih bukan ttg manajemen kerja offline dan online secara berdampingan. Tapi kayaknya boleh juga buat bahan artikel mendatang :)

  8. Rohadi says:

    Sangat menarik mas Cosa. kesulitan saya dalam visi dan target yang ingin saya wujudkan adalah masalah focus. mana yang harus di prioritaskan. banyaknya cara buat bisnis di internet seperti ppc, paid review, affiliasi sampe auto blogging kadang malah bikin sulit untuk fokus. ada saran ?

  9. elsadra says:

    cuma mau share kata bijak dari sebuah buku yang pernah aku baca: “orang miskin bukanlah orang yang ga punya uang tapi orang yang miskin adalah orang yang ga punya visi kedepan…”

    makasih artikelnya mas cosa…cukup melecutkan semangat lagi…

  10. pensiun kaya says:

    salam..
    target jangka pendek saya adalah menekuni bisnis online yang spesifik yaitu bisnis paid review dengan income 20-30 dollar per bulan (untuk nutup biaya koneksi internet nya dulu)
    setiap bulan bikin blog dengan tema berbeda, dioptimasi dan dinaikkan popularitas nya biar dapat job banyak dari paid review:-) faktor kali di sini yang berperan, kalo dari 1 blog bisa menghasilkan 20-30 dollar per bulan, maka dengan adanya 10 blog bisa 200-300 dollar, kalo punya 100 silakan kalikan saja sendiri. bagaimana memenej blog yang banyak tersebut, kita rekrut teman dan digaji dengan proporsi 50:50, yang terpenting blog kita tetap menghasilkan dan terus berbagi (joint venture kecil-kecilan) :-)

    • muhacakep says:

      paid review ituh kerjanya kyk gmn yah mas?
      kita bikin review website orang lain gituh yah??

      • munfaridon says:

        ya, mereview situs milik orang lain baik itu melalui perantara seperti (reviewme.com,payperpost.com dan lain sebagainya) atau langsung dari situs ataupub blog anda sendiri yang jauh lebih besar keuntungannya karena tidak di bagi 2 seperti jika anda menggunakan perantara.

  11. Good content… dengan artikel ini diharapkan orang tidak lagi menganggap iseng bisnis internet. Target saya, setidaknya menyamai penghasilan mas Cosa… (berapa yah?). Btw, saya sudah punya visi dan target yg jelas.

  12. Setuju Mas Cosa Sebagai Pebisnis dibisnis apapun kita harus punya visi dan misi

  13. Sriyono says:

    Sip mas, klo blogging just for money, terlebih ndak terbiasa nulis sebelum punya blog, pasti hanya akan berakhir putus asa, ini$50/bln saja dan sulit naeknya, mending i remove saja ppc nya, start blogging with heart, pasang paypal donation barangkali ada yg nyumbang, sambil bertapa nyari ide apa yg bisa dijual, ma.tt juga tak mengijinkan ada javascript di wordpress.com, visinya om ma.tt: sangat sulit buat anda untuk dapat uang banyak dr blog anda, tp sangat mungkin anda dapat uang banyak karena anda ngeblog, karena ndak punya blog yg mirip ok dah ndak pasang link! :D

  14. abu nawas says:

    mas visi yg sudah canangkan beberapa pekan lalu adalah mendapatkan penghasilan online $ 100/bulan, aksi untuk mendukung target tersebut adalah 2 blog gratisan yg terupdate secara rutin + 1 buah blog berbayar. cuma untuk blog berbayar terkendala update karena memang sejak awal di rencanakan untuk diisi dgn english content, sementara ini dari pada ngga ada postingan, aku isi dengan postingan hasil kopas

    • munfaridon says:

      dari pada kopas kenapa gak di rewrite aja biar lebih unik aja gitu, banyak kok software untuk me rewrite, kalau gak punya uang ya “JUAL DIRI” aja, seperti artikel mas cosa kemarin.

  15. Apa ada visi dan misi mas cosa..selain dolar sebagai tujuan akhir?

  16. dinda cute says:

    numpang baca yach? sambil cari ilmu…

  17. munfaridon says:

    VISI saya yaitu mengupayakan agar bisnis bisnis di internet tidak cepat mati, lah wong saya baru mulai kok udah pada gulung tikar kan enggak enak juga, he..he , emangnya saya siapa kok bisa bisanya ya berharap agar ini tidak terjadi…..

    Kalau TARGET, sudah pasti sebagai pelaku bisnis internet jangan menghancurkan bisnis itu sendiri dengan tindakan tindakan kriminal ataupun mau untung sendiri…..

    nyambung gak ya……

  18. mbah gendeng says:

    Kapan ya bisa mengurangi waktu kerja tp pendapatan meningkat? fokus ikutan kontes seo bisa dikatakan salah satu usaha ga mas?

    • Cosa Aranda says:

      ikutan kontes seo merupakan salah satu bentuk investasi ilmu :) cmn perlu dipahami bahwa ‘kontes seo’ masih belum merupakan ‘seo’ yg sesungguhnya, karena durasi action kita terbatas. Sedang untuk meng-seo-kan situs kita, kita pasti harus berusaha supaya ia terus menerus ada di halaman pertama, gak cmn dalam waktu 3 bulan aja. Kalo bisa 1 tahun, 2 tahun, 5 tahun…

  19. betul sekali boz,visi target harus pula di sesuaikan dengan keadaan dan kemampuan,jangan terlalu muluk,ntar kalo gagal bisa stress :)
    target saya pengen dapet earning pertama dari GA,dan visi pengen bikin rumah dari hasil maen GA he he (wajar gak ?)

  20. T. Wahyudi says:

    visi saya ingin menjadi pebisnis kelinci terbesar di indonesia… tapi mungkin harus ada target dulu ya mas… untuk menuju itu….

  21. Pagerank apa tidak menjadi target kang?

  22. visi, dari kata vision, artinya pandangan, atau bermakna memandang masa depan, mau dibawa kemana hidup kita ini. Makanya visi selalu dibarengi oleh misi, dari kata mission, atau penugasan, yang berisi pekerjaan yang harus dibereskan demi mencapai visi yang sudah terekam dalam otak kita.
    Kalo target, merupakan bagian dari misi, bukan visi.
    Anda bekerja, tentu punya target, masuk jam 9 pulang jam 5 sore, ada 10 tugas kantor yang harus selesai. Itulah target.
    Jadi kesimpulan nya?

  23. daydaily.com says:

    wow, thanks mas atas masukannya
    saya memang paling susah fokus nih
    gara-gara kaskus.us

    • News Today says:

      Hampir sama dengan dengan saya, hanya saja saya ngga’ di kaskus dan kebiasaan nongkrong saya hentikan udah beberaapa bulan yang lalu. Hanya main keforum kalau ada yang udah mendesak bgt, klw kelamaan disana bisa2 habis waktu satu hari cuman buat nongkrong disana. Saran saya beri durasi untuk tiap2 kegiatan, selain ngurusin situs ya.
      Klw buat ngurusin situs mah saya bisa satu harian :-)

  24. runde-runde says:

    fuiiihh… tanpa Visi dan Misi pastilah Anda tersesat di dunia Maya, cuman ada Visi juga sebuah Planning ga bakal Jalan dengan bener, tanpa Misi sebuah planning cuman sebuah kantong melompong kosong, Bisnis Internet itu amat sulit sulit sekali

  25. Hem,,ternyata visi dan target sangat penting ya mas,,,(wawan junaidi)

  26. Revoltase says:

    Betul mas, Visi dan targetlah yang membuat kita berani berkorban habis2an. Tentukan target dan yakini itu seperti iman :-). Slam kenal semuanya…

  27. Tongkonan says:

    Konsistensi dan fokus yang selama ini menjadi kendala saya. Gak tahu nih.. saya susah bgt untuk fokus. :(

  28. Klo sy sih sederhana mas, sy ingin menggalakkan kampanye mengurangi pengangguran di aceh dengan menjadi blogpreneur sejati..terlebih saat ini, citra pebisnis online di sini masih dipandang “miring”..sedih juga rasanya..tapi sy dah bertekad untuk merubah persepsi itu..hari ini juga sy pesan blog http://www.acehblogpreneur.com…mohon bimbingannya mas. Terimakasih artikelnya sangat bermanfaat.

  29. maaf mas..sy newbie,100% gak tau hal itu..alamat URL di atas belum aktif,krn baru sy order malam ni..100% maaf mas..maaf..maaf

  30. Sadewa says:

    Ya sih sama dengan saya juga masih kurang fokus dan terkadang terlalu banyak angan2 yang akhirnya sering membuat kita malah kebingungan. awal sih udah mempunyai target dan misi tapi di tengah jalan malah ketemu tembok deh. sepertinya memang harus lebih sering mampir ke tempat Sang guru satu ini. kalau masalah Bisnis Online saya Recomend mas Cosa deh, dari dulu sampai sekarang.
    Gak ada income kalau kita gak mau Kerja keras.

    Thanks mas pencerahannya

  31. kang eko says:

    hmmmm mantap mas, kalu dah ada visi dan target tinggal di tambahin misi…misalnya “menularkan virus netpreneur kepada masyarakat indonesia” hehehe.

  32. sharing dari bang cosa ini memberikan gambaran yang simple dan mudah buat saya… saya blum punya visi dan target… jadi perlu buat juga neh… tulis di coret2an ah….
    makasih dah memberi pandangan yang mudah dimengerti bang cosa :D

  33. terima kasih mas cosa.. saya sedang memulai karir di internet nih.. visi awal masih sederhana, ingin dapat penghasilan sendiri biar nggak nungguin kiriman ortu terus.. :)

  34. Masrur says:

    Mantep & ngena bener nih artikel…hehe

    Banyak dari kita yg gak nyadar akan arti penting dr visi, target dan tujuan yg pengin dicapai..termasuk aku..hehe

  35. humaid says:

    1.salam kenal mas
    2.makasih inputnya hari ini
    3.mampir mas
    4.sukses selalu

  36. [...] halaman Wish List, dimana saya menuliskan target (jangka pendek) saya dalam bisnis internet. Selain target yang ingin saya capai (berupa materi), saya juga menuliskan persyaratan yang harus saya lalui serta progress report-nya. [...]

  37. Achmad says:

    Belajar terus,….

  38. Ghani says:

    Jangankan $100 Dollar, 10 dollar saja saya tidak muncul-muncul! pengen belajar yang berkualitas– harus bayar, paling banter belajar berkualitas dengan cara otodidak. hm-hm-hm

  39. Scor says:

    Scor cuma tertarik dengan kata : Visi.
    Sedangkan misi adalah tindakan yang di perlukan
    Agar visi tercapai.

    Jadi awal dari langkah ke visi adalah misi.

    Coba kamu ke blogspot Scor.
    justnewblogs.blogspot.com .
    Cukup pada topik : The Introduction intro saja.
    Coba kamu lihat!.
    Bukan di dalam mengandung Visi dan ada misi juga (?).

    Tertarik?.
    Itu semua melebihin semua omong kosong yang kamu lihat
    dan dengar di dunia maya, bukan?.
    Itu lebih di atas !.
    Itu bukan kemunafikan ataupun hiprokitisme.
    Tetapi lebih!.

    :) .

    Coba kesana dulu dech.

  40. siip selalu untuk master SEO

  41. saya malah lagi nyusun visi ma target mas :2thumbup :2thumbup

  42. suprib says:

    mas cosa, artikelnya tentang pekerja offline nyambi online apakah sudah di buat? Makasih..

  43. [...] ini sendiri berkaitan erat dengan visi dan target. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar di bawah ini. Perencanaan Bisnis [...]

  44. jelita says:

    terimakasih atas infonya gan

  45. ruri says:

    info yang bermanfaat, layak untuk dicoba gan

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Perlunya Punya Visi dan Target Dalam Berbisnis Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy