Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Siap-Siap Pebisnis Internet, Pajak Bakal Naik Tahun Depan

Oleh | Publikasi: June 26, 2015 1:15 pm
SEO Complete Guide for Wordpress

Beberapa hari muncul berita yang menggegerkan sekaligus menyedihkan bagi kita para pebisnis internet yang sadar untuk membayar pajak (yang gak bayar pajak gak usah baca berita ini, ya :p). Kabarnya, pemerintah akan segera merevisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 46 Tahun 2013 tentang PPh atas Penghasilan Dari Usaha Yang Diterima Atau Diperoleh Wajib Pajak Yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu. Seperti mungkin sudah banyak tahu, pelaku UKM dan pebisnis internet menggunakan aturan tersebut untuk membayar pajak, yang besarnya 1% dari omzet. Apesnya, jika usulan revisi nanti benar-benar disetujui dan diberlakukan, maka kita harus bersiap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam untuk membayar pajak ke negara tercinta republik Indonesia kita ini.

Oh ya, sekilas info, untuk tata cara membayar pajak bisnis online dapat dibaca di Curcol.Co.

Kembali ke berita buruk hari ini. Berdasarkan informasi yang beredar, nilai pajak baru yang diusulkan untuk PP 46/2013 adalah 25% dari laba. Dan, jika disetujui, aturan ini akan mulai diberlakukan pada tahun 2016 mendatang.

Aturan nomor 46/2013 mengamanatkan UKM yang memiliki omzet usaha tidak lebih dari Rp 4,8 miliar per tahun wajib membayar PPh pribadi maupun badan sebesar 1 persen dari omzet. Dalam revisi kelak, Ditjen Pajak mengusulkan pungutan PPh final itu hanya berlaku bagi UKM yang baru berumur kurang dari tiga tahun. Pelaku UKM lama atau berumur lebih dari tiga tahun harus membayar PPh badan dan perorangan secara normal sesuai aturan yang berlaku, yakni 25 persen dari laba.

Bagi UKM, perubahan ini bisa berakibat baik dan juga buruk. Bagi yang labanya jauh di bawah omzet (total pengeluaran / biaya produksi lebih tinggi), tentunya pajak yang dikeluarkan ada kemungkinan akan lebih kecil dari yang biasa dibayarkan. Tapi sebaliknya, bagi UKM yang sudah berkembang dan laba yang diperoleh jauh melebihi biaya produksi, sudah pasti pajak yang dibayarkan akan bertambah. Termasuk bagi para pebisnis internet, yang rata-rata pengeluaran jauh di bawah penghasilan, tentunya akan merasakan nikmatnya membayar pajak dengan jumlah yang lebih besar dari sebelumnya.

Benarkah seperti itu?

Mari kita coba ilustrasikan dengan tiga skenario di bawah ini.

Ilustrasi perhitungan pajak untuk laba setara dengan biaya produksi

Ilustrasi perhitungan pajak untuk laba setara dengan biaya produksi

Ilustrasi perhitungan pajak untuk laba lebih besar dari biaya produksi

Ilustrasi perhitungan pajak untuk laba lebih besar dari biaya produksi

Ilustrasi perhitungan pajak untuk laba lebih kecil dari biaya produksi

Ilustrasi perhitungan pajak untuk laba lebih kecil dari biaya produksi

Walah, ternyata apa yang saya sampaikan sebelumnya SALAH. Berapapun perbandingan laba dengan biaya produksi, jumlah pajak yang harus dibayarkan ternyata MENINGKAT dibandingkan dengan besaran pajak pada aturan yang lama.

Pertanyaannya kini, dengan perbedaan jumlah pajak yang harus dibayarkan yang cukup mencolok, kira-kira pebisnis internet bakal jujur menuliskan penghasilannya gak ya nanti? Lha yang cuma bayar 1% aja masih di-markup kok angkanya :D

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

15 Responses to “Siap-Siap Pebisnis Internet, Pajak Bakal Naik Tahun Depan”

  1. edi says:

    Kalau batas biaya minimal pendapatan yang kena pajak berapa?.Dan mas cosa maaf saya mau tanya diluar tema artikel diatas saya ingin tanya tentang artikel pilar apakah banyak yang sudah pake dan kalau menggunakan artikel di atas untuk melihat artikel pilar mana yang sudah digunakan.

    • Cosa Aranda says:

      kalo untuk aturan pp 46/2013 gak ada batas minimalnya. berapapun omzetnya tetep harus bayar pajak. makanya jumlah yg harus dibayarkan gak besar, cmn 1% aja.

      untuk artikel pilar sudah banyak yg pake tehnik itu tapi mungkin banyak yg gak sadar kalo artikel yg dia bikin adalah artikel pilar :) intinya, artikel pilar = artikel dng topik spesifik dan banyak dicari orang (PLUS sedikit kompetitornya)

  2. Saiful says:

    alhamdulillah saya sudah pada tahap bayar pajak utk usaha online saya

  3. asemmmm….saya tertarik terjun ke dunia online untuk menghindari pajak dan tetek bengek lainnya :p

    salam

    http://www.infokampus.net

  4. Abdul Yusuf says:

    Apakah hanya dengan memonetasikan blog kita itu dikatakan pebisnis internet?

  5. Ferry says:

    Mas cosa koq lama nih gk bikin artikel lagi, seneng bgt akhirnya di update lagi websitenya..

  6. bagus says:

    iya mas lama ngga nongol sekarang namanya jadi legenda 😛
    nimbrung lagi di dunia perbloggeran dong mas.. abaikan orang yang sirik.
    terima kasih, ane salah satu murid panduan dasar yang dapet ilmu dan manfaatnya.

  7. Trader Forex says:

    Bukan hanya pebisnis internet pak, trader forex recehan juga kena imbasnya, akan dikenai pajak trader juga wwkwkwkwkwk

  8. kalau investasi saham, di SPT sudah ada pajak untuk jual beli efek….

  9. Bambang says:

    klo dialokasikan untuk kesejahteraan masyarakat, saya mah rela kok :D

  10. fachry says:

    berul mas bambang, tapi kalau uangnya malah dimakan oleh sebelah pihak, saya ga ridho dunia akhirat

  11. buket bunga says:

    sekarang pemerintahan baru sedang gencar2nya meningkatkan pendapatan negara dari segi pajak. tinggal masalah waktu semua pebisnis online harus bayar pajak

  12. Wah ini udah isu lama, tapi cukup mengerikan juga. Kira kira forex juga bakal kena ga ya?

  13. Gak masalah klo pajak diterapin buat pebisnis online asalkan dibarengi dng pengelolaan hasil pajak yang benar jg.

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Siap-Siap Pebisnis Internet, Pajak Bakal Naik Tahun Depan": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy