Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Smart Work vs Smart System

Oleh | Publikasi: December 14, 2009 6:04 am
Art of Stealing Wordpress Themes

Pada banyak pembahasan sebelumnya mengenai sistem bisnis internet yang efektif dan profesional, saya selalu berbicara tentang smart work dan outsourcing. Saya lupa bahwa selain smart work, ada satu lagi alternatif cara kerja efektif dalam dunia bisnis internet, yaitu dengan memanfaatkan smart system. Padahal, saya sendiri justru lebih banyak menerapkan smart system ketimbang smart work. Untung, sahabat saya aaheroe beberapa waktu lalu mengingatkan saya akan hal tersebut. Hmmm, seperti apa sih Smart System itu? Apa bedanya dengan Smart Work?

Begini bos. Seperti sudah sering disebutkan, Smart Work adalah sistem kerja dimana kita mendelegasikan pekerjaan-pekerjaan rutin yang sering kita lakukan ke orang lain. Istilah kerennya: outsourcing. Tentu, selain outsourcing, kita juga membangun ‘kelompok pekerja’ kita sendiri alias karyawan. Intinya, let others do YOUR job.

Smart System sedikit berbeda. Di sini, dari awal kita telah merancang sistem yang sedemikian rupa hingga orang lain (baca: pengunjung, pelanggan) justru melakukan pekerjaan yang seharusnya kita kerjakan tanpa perlu kita melakukan delegasi tugas. Prosesnya di sini bisa dengan menggunakan insentif tertentu atau totally free. Intinya, let others WILLINGLY do YOUR job.

Meskipun kedua pemahaman di atas hanya memiliki sedikit perbedaan, pada implementasinya, terhadap perbedaan yang cukup besar dari sisi jenis situs yang dikerjakan. Segala jenis situs bisa menerapkan model Smart Work, namun untuk Smart System hanya jenis-jenis situs tertentu saja yang bisa. Di antaranya blog, forum, dan media sharing. Dan karena situs-situs yang menerapkan Smart System dapat berkembang dengan sendirinya (bedakan dengan Smart Work dimana kita memang MEMINTA orang lain untuk mengembangkan situs tersebut), maka muncullah istilah self-growth website. Buka kamus ya kalau tidak tahu artinya :)

Satu perbedaan lagi, Smart Work dapat kita terapkan KAPAN PUN kita mau, sedangkan pada Smart System kita tidak dapat memaksakan prosesnya. Yang bisa kita lakukan adalah meng-encourage orang lain untuk melakukannya. Mau tidak mau, caranya adalah dengan berpromosi dan meningkatkan trust sekaligus brand situs kita tersebut. Dan kebanyakan orang yang mencoba menerapkan Smart System ini gagal karena mereka mengira bahwa self-growth website dapat langsung bertumbuh kembang tanpa harus disiram dan dipupuk terlebih dahulu.

Sekarang pertanyaannya tinggal satu — mana yang Anda pilih, Smart Work atau Smart System? :)

Tararengkiu.

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

86 Responses to “Smart Work vs Smart System”

  1. Klik Info says:

    Smart work it’s more important, dengan kerja secara smart maka kita juga bisa menghemat banyak waktu…. :)

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Smart Work vs Smart System": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy