Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Tips Memilih Sosok Guru Bagi Perjalanan Bisnis Internet Anda

Oleh | Publikasi: November 1, 2009 7:12 am
Instant Internet Business Ideas

Setiap orang pasti memiliki sosok yang ia jadikan sebagai idola, panutan, atau guru. Yah, mungkin gak semua, tapi kebanyakan orang memiliknya. Termasuk saya. Tidak hanya sebagai penyemangat bagi kita untuk bisa meniru keberhasilan mereka (dalam hal tertentu), sosok ini juga terkadang kita jadikan sebagai ‘tempat peraduan’ bila kita mengalami masalah (dalam hal tertentu). Dalam bisnis internet pun kita, atau kebanyakan dari kita, memiliki sosok yang diidolakan. Termasuk saya. Biasanya, tokoh-tokoh idola ini adalah pebisnis internet yang sudah lebih dulu sukses. Dan dengan mengidolakan mereka, kita berharap suatu saat akan dapat mencapai tingkat kesuksesan yang sama, atau bahkan melampauinya.

Dalam memilih figur guru, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelumnya.

  • Apabila mereka  adalah orang yang sukses, pahami bahwa ‘waktu luang’ mereka terbatas. Orang-orang yang sukses berusaha untuk mempersingkat waktu kerja mereka karena mereka ingin meluangkan waktu sebanyak-banyaknya bersama dengan orang yang mereka cintai atau untuk melakukan hal-hal yang mereka cintai. Jadi, yang dimaksud dengan terbatas di sini adalah waktu yang mereka alokasikan untuk melakukan hal-hal yang bukan tujuan awal mereka untuk sukses. Nah, dengan demikian, jangan berharap bahwa ‘seorang guru’ akan standby dan bisa mengajari Anda setiap waktu. Sekali lagi bukan karena tidak mau, melainkan karena tidak ada waktu. Solusinya adalah Anda yang harus cerdas untuk mengamati kebiasaan dari mereka dan apa yang mereka kerjakan untuk mendapatkan kesuksesan. Selanjutnya tinggal ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).
  • Seorang guru juga manusia, tidak selamanya putih. Meskipun di depan terlihat selalu melakukan tehnik-tehnik whitehat, bisa jadi di belakang dia mengerjakan hal lain secara blackhat. Ini WAJAR. Yang tidak wajar adalah apabila kita kemudian memandang sinis pada mereka hanya gara-gara ketahuan melakukan kegiatan blackhat tersebut. Kenapa? Karena pada saat Anda memilih mereka sebagai guru, mengetahui baik buruknya mereka di kemudian hari adalah suatu resiko.
  • Berkaitan dengan poin di atas, miliki pikiran yang terbuka (open mind) dan belajarlah dari banyak guru. Masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. So, ambil kelebihannya, dan pilah keburukannya. Ingat, ini bisnis, dan Anda sedang berusaha untuk sukses. Tidak perlu sungkan untuk belajar dari berbagai sumber. Apalagi jika diantaranya berbayar. Yang penting adalah itu tadi, have an open mind. Pernah nonton film-film kungfu atau baca cerita silat, kan? Biasanya, apabila seseorang ingin belajar jurus atau aliran yang baru, maka ia akan diminta untuk membuang atau melupakan aliran-aliran kungfu yang sudah ia kuasai sebelumnya. Konsepnya sama dengan membuka pikiran kita terhadap ajaran bisnis internet yang berbeda dari guru yang berbeda.
  • Terakhir, pada saat Anda membeli sebuah produk, maka secara tidak langsung Anda sudah ‘menganggap’ bahwa pembuat produk tersebut adalah guru Anda. Pada artikel sebelumnya saya sudah menulis berbagai tips seputar pemilihan produk digital secara cerdas, yang intinya, putuskan untuk membeli setelah Anda benar-benar percaya dengan produk dan pembuatnya. Yang perlu digarisbawahi di sini adalah kata ‘percaya’. Apapun produk yang Anda beli akan terlihat bagaikan produk sampah apabila dari awal Anda tidak memiliki kepercayaan terhadap kualitas produk dan pembuat produk tersebut. Bahkan seandainya produk tersebut tidak menipu dan pembuatnya tidak berbohong, akan tetap saja terlihat bagai penipu dan pembohong di mata Anda. So, ketika sudah yakin untuk membeli produk, tinggikan kepercayaan Anda terhadap produk dan pembuat produk yang bersangkutan, dan perlakukan ia sebagai guru Anda. Setidaknya untuk topik yang berhubungan dengan produk tersebut.

Satu hal lagi yang mungkin perlu Anda ketahui, sosok guru bisnis internet Anda tidak harus orang yang sukses di bisnis internet. Atau orang yang bisa mengajari Anda tentang bisnis internet. Atau orang yang berkecimpung di bidang bisnis internet.

Salah satu ‘guru’ saya dalam bisnis internet adalah orang yang SAMA SEKALI tidak pernah mengajarkan ilmu bisnis internet kepada saya. Namun, salah satu penyebab keberhasilan saya adalah karena saya terinspirasi oleh keuletan dan kegigihan beliau.

Salah satu ‘guru’ saya tentang kehidupan juga adalah orang yang hanya pernah saya temui SATU KALI. Ia seorang gay, atau lebih tepatnya biseks, yang berprofesi sebagai model terkenal. Selain dapet bocoran mengenai kehidupan ‘gelap’ para bintang fim dan pemain sinetron, hehehe,  ia juga mengajarkan banyak hal kepada saya mengenai kerasnya kehidupan. Dan jangan khawatir, saya tidak melakukan hal yang ‘aneh-aneh’ dengan dia :) Tidak semua kaum dengan ‘kelainan’ seperti mereka berperilaku seburuk apa yang kita bayangkan selama ini. Yang jelas, pertemuan dengan dia selama 3 jam di sebuah warung pinggir jalan mungkin merupakan salah satu titik balik dalam kehidupan saya.

Well, kembali soal guru bisnis internet, sudahkah Anda menemukan sosok guru Anda?

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

94 Responses to “Tips Memilih Sosok Guru Bagi Perjalanan Bisnis Internet Anda”

  1. Mas kalo boleh saranin jadi guru bisnis adsense aja; tips n tricks. Mas cosa bikin blog adsense for dummies :D donk

  2. Elsa Sakina says:

    Kalau guru bisnis internet sih, sepertinya saya nggak punya ya…tapi saya punya banyak sekali guru kehidupan, tapi lebih tepatnya bisa dibilang “inspirasi”. Sama seperti Mas Cosa, saya tidak hanya belajar dari pebisnis internet, tapi juga belajar dari semua orang: tua-muda, miskin-kaya, dan bahkan seseorang yang dianggap sebagai “pecundang” oleh orang lain pun bisa saya jadikan inspirasi.

    Beneran deh…saya cuma memakai sudut pandang yang berbeda saja ketika melihat orang-orang seperti itu (yang dianggap “pecundang” oleh orang lain)

  3. kandra says:

    saya lebih suka belajar dari siapa saja karena kebenaran itu tidak mutlak di miliki oleh seseorang namun ia tersebar keseluruh permukaan bumi. namun dalam belajar memang perlu seorang sosok yang bisa dijadikan panutan agar apa yang dipelajari tersebut tidak menyimpang

  4. Wah kalau dulu pertengahan 2007 an itu Mas COSA termasuk dalah satu Sosok Idola saya. Namun setelah beberapa bulan menghilang itu, sempet baralih ke Mas Welly nih hehe, tapi sekarang balik lagi ke Mas Cosa apalagi setelah Come Back nya Cosaaranda.com, Tp buat Mas Welly, anda tetap GURU saya yang mengajarkan mindset GFRS ( Give First Receive Second ) dan Buat Mas Cosa, saya salut sama anda, meskipun anda sudah mahir, tapi Blog ini justru diperuntukkan pagi para Newbie dengan Jargon nya : Bisnis Internet Pemula. Sukses Terus Mas..!!

    • Cosa Aranda says:

      give free first, menurut chris anderson yang mempopulerkan konsep long tail, memang diprediksikan sebagai tehnik pemasaran masa depan. pandangan2 beliau bisa dibaca di bukunya FREE. Di indonesia mungkin salah satu marketer yg bener2 nerapin itu welly mulia, sedang kalo di luar ada yaro starak (ngeri baca blueprint membership mastermind yg udah super lengkap itu bisa dibagiin begitu aja secara gratis, gak bisa ngebayangin isi membershipnya yg berbayar, hehehe).

  5. Arif says:

    Guru tetap tidak punya. Bagi saya, setiap orang adalah guru karena setiap orang punya keunikan sendiri-sendiri :)

  6. faris vio says:

    kopdar tho mazz sama gurunya… nyapanya gimana tuch…hehe

  7. Miss Anna says:

    Saya selalu punya guru dalam kehidupan dan dunia blogging saya, meski mungkin orang yang saya anggap guru itu tidak pernah mengajarkan saya secara langsung. Tapi saya lebih suka melihat dan mengamati serta belajar dari tingkah lakunya, kalo di dunia blogging yah saya amati posting dan isi blog nya , kayak mas cosa ini.

    Nice post mas….inspiratif sekali ….

  8. Felix says:

    Tulisan yang bagus dan menginspirasi.

    Terima kasih

  9. Oentoe says:

    sampai saat in klo berhubungan sama nyari duit di internet blognya Mas Cosa selalu jadi sumber referensi pertama, awalnya (sekitar tahun 2007-an) gara-gara sering main ke blog ini, tapi karena sempat ilang so bisnis di blog beralih jadi share pengalaman seputar nge blog di blogspot saja…
    but sekarang cari duitnya malah jadi kurang serius… maklum jarang ada blog yang kasih pencerahan dengan jelas dan apa adanya… kayak blog mas Cosa yang dulu, mudah-mudahan seiring dengan comebacknya mas cosa kita-kita yang gak gampang percaya sm bisnis internet bisa menemukan jalan yang benar…
    BR, Oentoe_09

  10. Rully says:

    Mas Cosa salah satu “GURU” saya.. :)

  11. Anak medan says:

    Banyak Guru banyak pengalaman panduan, asal jgn ikutan pake guru spritual yg banyak akhr2 ini : ) peace

  12. kalo guru Mas Cosa dulunya sapa ??

  13. Budi Rachmat says:

    trim infonya pak Guru…

    memang di internet, kadang2 kita “terbuai” dengan kata2 manis…

    salam,
    BUDI R.

  14. Putut says:

    Ada yang lebih penting kang Cosa..Hidup ini untuk apa? Hidup ini hidup siapa? Apanya yang Hidup? Ketiga itu merupakan ilmu SEO dalam kehidupan manusia.

  15. elsadra says:

    still be mistery, klo guru / idola mas cosa dalam bidang bisnis internet dulu dan sekarang sapa ya? ngga gay juga kan? he he

  16. wox says:

    kalimat… “Seorang guru juga manusia, tidak selamanya putih. Meskipun di depan terlihat selalu melakukan tehnik-tehnik whitehat, bisa jadi di belakang dia mengerjakan hal lain secara blackhat. Ini WAJAR.”

    keren gan… sprtinya hmpir 100% IM guru’s kek gitu deh…

    • Cosa Aranda says:

      ya, lokal, luar, sama :)

      aku jg kok, pernah punya beberapa situs xxx. tapi sejak ada wacana ruu app beberapa waktu lalu, akhirnya aku lepas semua situsnya, hehehe.

      sedang soal whitehat dan blackhat, kadang batasannya sendiri gak jelas. whitehat buat si A, belum tentu whitehat buat si B. demikian jg untuk blackhat.

      masalahnya kadang kita sulit menerima kalo orang yg kita ‘idolakan’ ternyata tidak ‘seputih’ yg kita kira. kebetulan 2 minggu lalu aku jg habis ngalamin hal ini, hehehe. ada IM idola yg ternyata pake cara ilegal. kecewa, tapi ya mo gimana lagi, mending tetep ambil hal2 positif dia aja deh :)

      • febri says:

        kecewa = espektasi (harapan in linggis tulisannya gitu tah mas?) > faktah…

        sempet kecewa = sempet berharap terlalu besar..
        tapi saya nggak bilang harus nurunkan harapan yah mas :D, lebih suka bilang, open your hati, karna biasanya sebab nila setitik rusak susu sebelanga! buat saya pribadi si gak adil aja gitu, moso banyakan susu sama nila, tetep pait si jadinya :D

        (ini ngomong panjang lebar, sebenrnya aku cuman mau bilang) : SETUJU….

  17. reez says:

    yg jelas mas cosa termasuk salah satu guru saya…
    makasih mas…

  18. Kalau saya sih belajar dari siapa saja dan dimana saja.

  19. pensiun kaya says:

    mas Cosa adalah guru yang sedang saya dalami metode bisnis online nya, saya kenal mas Cosa dengan adsense income nya yang fenomenal, nah ini lah salah satu hal yang ingin saya pelajari lebih dalam dari mas Cosa..makasih selama ini dah menyempatkan waktunya untuk mengajari kita2…

  20. ucok says:

    pantes waktu itu, saya pernah liat mas cosa nongkrong di pinggiran warung remang2 di cilandak..pas tiga jum pula.waahh ane curiga nih,pasti mas cosa dapat ilham ilmu seo “kehidupan” disana ya hihihihi…

  21. belajar bisa dari siapa saja .. seperti di sini misalnya … aku belajar sesuatu .. dan di sanaaaaaaa juga iyaa … adanya hitam putih adalah hal yang wajar bagi manusia … nah yang nggak jelas tu yaaa … sudah “mempersepsikan” sesuatu itu buruk … tapi melakukanya juga … yach …

    ‘mempersepsikan’ (karena belum tentu buruk bagi seseorang buruk bagi orang lain dan sebaliknya)

  22. info solo says:

    idola saya dan guru saya selama ini ya mas cosa sama mas keke.. thx untuk ilmunya mas :)

  23. CakWid says:

    Nyindir master kritik nih yee…

  24. munfaridon says:

    Buat saya ‘guru’ adalah seseorang ataupun sesuatu ( baik berupa kejadian, pengalaman atau dalam bentuk apapun) yang memberikan satu nilai tambah positif ataupun negatif atau lebih terhadap diri saya.

  25. iruel_imut says:

    buat saya setiap kejadian yang saya alami setiap harinya adalah
    sebuah pembelajaran yang akan terus berlanjut.dan saya pun selalu mengambil segi positif dari setiap hal yang terjadi pada ku..tp kl tentang bisnis saya selalu ingin belajar dari yang terbaik di bidangnya meskipun memerlukan pengorbanan yang besar….thx mas cosa,mas memang top markotop

  26. intips says:

    “experince is the best teacher” so, guru yg terbaik adalah guru yg mengajarkan ilmunya atas pengalamanya, dalam hal bisnis internet mas cosa termasuk dari jajaran top internet marketer indonesia yg penomanal dan patut untuk dijadikan sebagai acuan dalam perjalanan bisnis internet kita semua :D

  27. pindar says:

    Guru Internet ada banyak, jadi bingung milihnya :), tapi yang penting buat saya mah setiap guru pasti ada pelajarannya, tinggal mana yg mo difokusin diikutin dulu :)

  28. Yunus says:

    Guru saya ada 3 : Cosa Aranda, Lutvi Avandi, dan Yulius Haflan.. hehehe…nama terakhir pasti pada bingung… :p

  29. Oka says:

    guru saya diri saya sendiri hehe

  30. kalo saya sich sebenarnya pingin berguru sama mas cosa…selain sy kagum sm prestasi mas cosa yang bisa jadi jutawan dari adsense..qta kan sm arek suroboyo..sukses ya,mas..oya..saya sudah pasang link blog ini di blog saya(bag.tukar link)…thanx…

  31. Bodrox says:

    Mas cosa. Kalo master2 internet dalam negeri paling tidak saya sudah tahu namanya. Tapi saya kesulitan menemukan master2 luar yang biasa bagi2 ilmu internet marketing, sudilah kiranya mas cosa untuk menulis dan mengupas master2 luar yang bisa jadi panutan… (maksud saya bukan nama2 melangit seperti lary page atau kevin rose)

    • Cosa Aranda says:

      aku jarang belajar dari orang luar. blog luar yg aku baca paling cuman punya darren rowse ama yaro starak. punya darren sekarang dah jarang karena postingannya sekarang gitu2 terus, kebanyakan cuman ngulang yg dulu2…

  32. yufi ps says:

    Guru saya selama ini adalah sebuah notebook, koneksi internet. hehe medianya… Guru utama tetep semua aja yang mau share Ilmu di web, blog dan di forum. thanks semua

  33. alex says:

    yang pasti Mas Cosa guru SEO saya 🙂 …. karena saya beli ebooknya dan isinya mantaaap

  34. Zalukhu says:

    Beugh.. kirain ada apa sampe mas Cosa email saya hahaha… Kalo saya sih lebih memilih guru berdasarkan satu hal yaitu MAU DIKOREKSI BILA SALAH .. ya kek Mas Cosa inilah… one of my inspiration…

  35. Sofwan says:

    Dari tahun 2007 saya sudah tertarik dengan dunia internet, karena beberapa keterbatasan ini itu saya sempat lama belajar secara otodidak. Saya berguru kepada setiap blog/situs, forum, friendster, pokoknya apa saja yang saya temui di internet. Blog ini juga salah satu yang rutin saya kunjungi.

    Dan ternyata, banyak yang saya ketahui, khususnya dasar2 internet. Tetapi ilmu yang didapat tersebut bahkan sangat jauh dari kata cukup untuk bisa mengarungi dunia internet yang begitu luas. Akhirnya beberapa bulan belakangan ini saya mencoba mencari seorang guru dalam bisnis internet. Salah satunya om Cosa.

  36. Yap. Setuju dgn Mas Cosa. Guru yg kita ikuti tdk hrs dari guru internet marketing.

  37. Ulasan2 bang cosa emang gak ada duanya.

  38. indungg says:

    Terkadang guru kita itu bukan berbentuk dan berwujud,..karena bagaimanapun pengalaman adalah guru terbaik,…
    Bagaimana dengan mereka yang belajar secara otodidak,..perlukah sosok guru bagi mereka,…yang pasti otodidak ataupun otobuthak,…semua pasti memiliki guru,..entah berwujud ataupun tidak.
    Jadi bingung milih guru nech Bos?

  39. ismail says:

    Anda itu aneh mas cosa milih guru kok seorang biseks alias gay ?

  40. HariS says:

    Guru saya yang pertama untuk Bisnis di internet adalah Mahardi’s Blog itu awal saya mengenal bisnis diinternet beberapa bulan yang lalu, walau dia sendiri penghasilan perbulan dari internet baru berkisar $100 – $200 perbulan (saya maklum karena dia PNS mungkin sibuk, hasil segitu bagi saya sudah lumayan lho, pengin sih lebih banyak lagi kata dia). dia juga yang mengenalkan saya sama cosaaranda.com ini.

  41. guru paypal nya cosa siapa ya?

  42. 12obin says:

    Guru kencing berdiri, murid kencing berlari. Guru yang tepat, membawa muridnya ke jalan yang tepat, bahkan mampu membuat berlari.(tapi tidak pake kencing yach) :)

  43. aaheroe says:

    hehe

    guru saya nih dari dulu si Cosa

    :D

  44. bayu mukti says:

    Wah kalo guru saya banyak banget, tiap teknik ada gurunya masing-masing hehehehe. Tapi untuk guru pertama kali yang menjadi penyemangat kesuksesannya, mungkin bisa dibilang mas cosa :D

  45. Edhitok says:

    Benar mas Cosa, tanpa adanya guru keknya akan segera down dan balik kanan begitu kena masalah. Penyemangat itu sangat penting dan mutlak perlu (bagi saya sih 😛 ).
    Ada yang mo ngajarin sulap ga? hehehhe ga nyambung ya

  46. Setuju Om. Wong di sunia nyata aja kita harus pintar2 pilih guru. Apalagi di dunia yang ga kelihatan (maya) gini. Harus itu. Eh, ngomong2, aku mencatut nama Om Cosa di blogku loh. Boleh,khan?

  47. pakubiru says:

    Hmm.. menyentuh sekali, kalau guru blog saya mungkin friendster, th 05/06 an, nulis bisa ngilangin nyandunya game online.
    Terus jatuh cinta sama http://maseko.com, kalau dikampus semangat mereferensikan blog beliau yang informatif sekali.
    Sekarang lagi rajin ke http://o-om.com
    Tapi kenapa yah tidak bisa jadi kayak mereka. Meski mungkin jawabannya saya tahu, waktu online saya lebih suka surfing, tapi malas buat menulis.
    Minta sarannya mas, please

    • money online says:

      sepertinya kita idem mas…… sulit yaaa menjadi berhasil seperti mereka, apa rahasia tertentu yaaa?

      • pakubiru says:

        Sebenernya kemaren salah post comment ni mas, waktu itu lagi nyari tutorial buat belajar ngeblog, jadi di otak ni pikirannya yah tentang belajar blog secara umum, nah idola saya tuh mereka berdua. Klo dari saran dan pendapat temen2 yang masuk lewat email, ternyata para master blogger seperti mas cosa, o-om, mas eko, dan banyak banget yang tidak bisa saya sebutin satu persatu, mereka tuh kuncinya yah rajin. Itu saja, dan saya jadi tambah semangat belajar deh.
        Klo tentang bisnis internet, tentu saja Mas Cosa yang muda ini salah satu dari jagoannya. Jadi ingin ikut panduan dasar deh.. ding..

  48. money online says:

    apa gak bisa nich kasih recommend….siapa guru klo mo belajar bisnis online? biar gak tersesat….. kadang yang online suka” mencari keuntungan aja bukan mengajarkan yang benar

  49. wah gurunya mas cosa serem2 juga neh ternyata :D
    sampe ada “Gay” nya :D
    hmmm..
    Saya sudah punya beberapa guru mas cosa…
    anda salah satunya ^_^… saya “percaya” dengan bang cosa seh… buktinya udah ada seh… kalo ngga ada bukti mana bisa percaya -_-a
    selain guru bisnis online, ada juga guru2 yang ngga ada kaitannya dengan bisnis internet. Tapi ngga sampai ketemu guru yang “gay”… mungkin saya juga bisa bertemu dengan seorang guru yang bisa menjadi titik balik buat saya… atau mungkin sudah ketemu ya?

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Tips Memilih Sosok Guru Bagi Perjalanan Bisnis Internet Anda": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy