Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Xlangkah Lebih Maju Dengan Internet

Oleh | Publikasi: November 3, 2011 8:38 pm
Instant Internet Business Ideas

Sejak kenal dengan dunia internet beberapa tahun silam, hidup saya memang terasa xlangkah lebih maju. Ah tidak, bukan hanya selangkah, melainkan dua atau bahkan tiga langkah lebih maju. Mulai dari tahu hal-hal yang tidak umum hingga sekarang bisa menjadi seorang blogpreneur dan menghidupi diri sendiri sepenuhnya melalui internet.

Xlangkah Lebih Maju Dengan Internet

Perjumpaan saya dengan dunia maya dimulai sejak tahun 1996. Waktu itu, akses internet masih termasuk barang langka. Tak kalah langkanya dengan komodo yang sedang meretas jalan menuju bagian dari New Seven Wonders. Untuk bisa merasakan internet, saya harus meluncur ke kantor pos besar terdekat karena kebetulan hanya merekalah penyedia internet di sekitar daerah saya saat itu. Masih ingat, namanya Wasantara Net. Selain itu, karena biayanya masih terhitung mahal untuk ukuran kantong anak sekolah, saya dan teman saya terpaksa harus ‘urunan’ untuk membayar ongkos sewa.

Kalau diingat-ingat lagi sebenarnya tidak jelas apa yang saya lakukan saat itu :) Rasanya sekedar browsing-browsing gak jelas sambil mengunduh gambar-gambar yang terlihat menarik. Termasuk melengkapi koleksi manga dan komik-komik lainnya.

Setahun kemudian akhirnya saya mulai benar-benar bisa merasakan nikmatnya berinternet ria dengan hadirnya modem eksternal 14.4 kbps di komputer rumah. Bandingkan coba dengan kecepatan akses internet saat ini, gak hanya xlangkah lebih kenceng tuh, bisa berpuluh-puluh kali lipatnya malah, hehehe. Tapi karena, sekali lagi, hal tersebut masih bisa dikatakan sebagai barang mewah (saat itu), biar jalannya kayak keong pun jabanin :)

Sejak adanya akses dari rumah, interaksi dengan dunia maya semakin intensif. Mulai dari chatting di Mirc hingga mengunduh banyak MP3 bajakan dari kanal-kanal musik yang bertebaran. Saat orang-orang lain masih mendengarkan musik yang itu-itu aja, telinga saya sudah kapalan menyimak berbagai ragam aliran musik dari berbagai ragam artis dan juga dari berbagai ragam bahasa. Sampai-sampai saya sempat menjadi penyiar radio online di salah satu kanal musik. Lumayan, buat nambah-nambah pengalaman.

Tidak hanya pengalaman pribadi saya yang semakin maju, kondisi keuangan dan pengalaman berbisnis pun ikutan maju ketika di tahun 2000 saya iseng masuk ke bisnis toko online dan mencoba memasarkan sebuah produk yang kebetulan memang memiliki pasar yang menjanjikan. Kebetulan juga, banyak penjual produk tersebut yang malu-malu untuk jemput bola. Sehingga, ketika produk tersebut saya bawa ke ranah maya, animonya sangat luar biasa. Bahkan sampai ada tawaran kerjasama dari investor besar yang saat itu dengan lugunya saya tolak gara-gara tidak ingin jadi karyawan orang lain, hehehe.

Selama hampir 1.5 tahun bisnis tersebut saya jalankan dan dengan modal awal kurang dari satu juta rupiah bisa berlipat menjadi 60 juta rupiah. Lumayan loh untuk ukuran tahun itu :) Plus coba bayangkan, berapa langkah saya lebih maju dibanding kebanyakan orang, dengan bisnis toko online yang baru mulai booming tahun 2010 lalu, sedang saya sudah menggelutinya sejak 10 tahun lalu. Pastinya tidak hanya selangkah.

Persaingan yang makin ketat dengan masuknya pengusaha-pengusaha bermodal besar membuat saya akhirnya meninggalkan bisnis toko online tersebut. Sebagai gantinya, di tahun 2002, saya berkenalan dengan bisnis PTC (Paid To Click), salah satu anak cabang bisnis internet, dimana kita hanya perlu mengklik iklan yang ada untuk bisa mendapat uang. Berhubung ini adalah bisnis model baru, hasilnya pun cukup lumayan. Dalam sebulan saya bisa menghasilkan $500 hingga $2000, yang kemudian saya gunakan untuk membiayai kuliah saya.

Sayangnya bisnis yang satu ini tidak bisa melangkah lebih maju. Hanya dalam kurun waktu satu tahun, mulai bermunculan program-pogram PTC scam yang akhirnya membunuh bisnis PTC secara keseluruhan. Gue, PTC, End.

Untungnya, dunia internet terus (dan masih akan terus) berkembang. Hilang PTC, muncullah Google Adsense. Ketika mulai nge-blog di awal tahun 2005, tidak sengaja saya menemukan iklan Google Adsense di salah satu situs milik rekan blogger. Tidak adanya informasi yang detil mengenai program tersebut pada saat itu membuat saya penasaran dan akhirnya mencoba untuk mengikutinya. Alhamdulillah, ternyata itu adalah keputusan yang tepat. Sedikit demi sedikit penghasilan dari Google Adsense mulai meningkat dan pada akhir tahun 2005 saya sudah bisa memperoleh hasil $4,000 per bulan.

Sekarang? Jelas lebih dari itu. Tapi cerita saya cukup sampai di sini. Yang bisa saya katakan dengan lantang adalah, perjumpaan dengan dunia internet adalah salah satu ‘mukjizat’ dalam hidup saya, dan melalui internet, hidup saya menjadi xlangkah lebih maju. Ah tidak, bukan hanya selangkah, melainkan dua atau bahkan tiga langkah lebih maju. That’s it!

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

13 Responses to “Xlangkah Lebih Maju Dengan Internet”

  1. afrid says:

    HEBAT

    Tulisannya juga bagus, enak dibaca berkali2, memotivasi dan lain daripda yg lain.. :2thumbup

  2. angga says:

    yaa.. habis. kurang seru

  3. Kangdede says:

    Wih…. kalo master sudah ikut bicara, semoga sukses XLalu! salam kenal..

  4. jarno says:

    sangat membuat saya penasaran dengan dunia online… :2thumbup

  5. [...] dipastikan mengalirnya receh ke kantung Anda pada tahun ini dan tahun-tahun yang akan datang   Xlangkah lebih maju deh (sundul backlink sedikit buat kontes) [...]

  6. UJANG says:

    Hebat sekali tu mas………….!!!
    Review.com masih aktif nggak…..?

  7. [...] Xlangkah lebih maju #sempatsempatnyanembakkeyword [...]

  8. Hananto says:

    Sob,, sebagai pemula yg baru merangkak di dunia PPC(hayah.. :) ) Nanya donk ttg solusi awal-awal monetizing blog. 1)Konten copas/rewrite/atau Nulis dari 0? 2)Kalau di artikel memang nembak keyword “tertentu” atau yang penting nulis aja dulu banyakin posting? 3)Cari inspirasi tulisan utk update blog dari browsing2 atau memang sdh ada langganan situs tertentu utk referensi bahan update blog?
    Kalo nggak keberatan tlg di jwb ya :)

    • Cosa Aranda says:

      1. untuk awal, nulis rewrite gak masalah. supaya dapet feel-nya nulis dulu karena gak semua orang bisa dapet feelnya dan akhirnya lari ke copas :) jika udah, lanjutkan ke nulis sendiri dari nol. kalo kesulitan, bisa dimulai dari rewrite kemudian tambahkan sendiri opini / pendapat kita sebanyak 1-2 paragraf.

      2. untuk awal, gak usah mikir keyword :) kalo udah bisa dan udah biasa nulis (apalagi yg ORISINIL), otomatis PASTI keyword masuk di dalam artikel dan hasilnya akan jauh LEBIH NATURAL ketimbang kalo dari awal kita nulis dng target nembak keyword. Biarkan mengalir aja. SEO sekarang udah lebih fokus ke konten yg ORISINIL dan NATURAL.

      3. Dua2nya, tergantung topik. Kan sumber tulisan tergantung topiknya jg. Kalo aku biasanya dari buku dan majalah :)

  9. arif says:

    tulisannya renyah dan enak dibaca. gk heran, yg nulis om cosa. jagoan seo dan bisnis internet, berkiprah sejak 10 tahoen jang laloe, hehe..

  10. ~MHC~ says:

    huwaaaa… pengin ketemu sama Mas Kosa lagi… dulu mas Kosa belum sempat ngajarin SEO dan cari uang lewat Blog…!!!!

  11. Febri says:

    anehh??? mas bilang tahun 2000 internet hal yang mewah tapi mampu menghasilkan 60 juta ???,klo tahun 2000 toko online laku berarti pengguna internet sudah banyak pd waktu itu ,lagipula tahun 2000 an maasyarakat sgt banyak yg blum percaya beli barang di internet ,,imposibel jika bisa mempunyai pengahsilan 60 jt slam 1.5 tahun yg artinya gaji perbulan 3jt ,gw harus bilang waaaww ,gaji pns glongan c jaman sekarang aja 2,5 an jt

    wawwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwwww

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Xlangkah Lebih Maju Dengan Internet": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy