Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Cosa Aranda Penipu

Oleh | Publikasi: January 7, 2010 9:40 am
SEO Complete Guide for Wordpress

Jika Anda melakukan pencarian di internet, khususnya di Google, untuk kata kunci “cosa aranda penipu”, maka saya yakin akan ada satu situs yang menarik perhatian Anda, yaitu cosaarandapenipu.blogspot.com :) Pembuatnya? Tidak perlu dibahas karena sudah banyak yang tahu, hehehe. Yang bersangkutan juga sempat ‘mempromosikan’ situs tersebut di forum Kaskus, namun karena keburu ketahuan siapa TS-nya akhirnya malah dia yang dibantai rame-rame, hehehe.

Nah, dalam artikel ini saya tidak akan membahas mengenai SIAPA PELAKUNYA, melainkan mengenai kejadian ini sendiri.

Di antara sekian banyak kebaikan internet, salah satu keburukan yang susah dihindari adalah betapa mudahnya seseorang bisa memutarbalikkan fakta dan mencemarkan nama baik orang lain. Apalagi jika orang tersebut memiliki komunitas yang loyal padanya. Jika A ia bilang Z, maka sebagian besar anggota komunitasnya akan ikut mengiyakan. Padahal A ya A, Z ya Z. Ya, kan?

Sekitar 6 bulan lalu sempat ada yang mengadu ke forum AdSense-ID (maaf, saya tidak menyimpan tautannya), mengatakan bahwa transaksi pembelian yang ia lakukan di PanduanDasar.Com (PDC) tidak kunjung diaktivasi. Karena saya juga sudah jarang mampir ke sana, saya pun  baru tahu belakangan. Setelah diusut, ternyata sama sekali tidak ada form konfirmasi yang masuk atas nama orang yang bersangkutan. Entah kesalahan ada di pihak mana. Yang jelas, masalah kemudian dapat diselesaikan dan transaksi pembelian langsung teraktivasi.

Ada dua hal yang saya perhatikan dalam kasus tersebut:

  1. Yang bersangkutan lebih memilih untuk mengadu ke komunitas tempat ia berada ketimbang menghubungi saya di PDC secara langsung. Padahal info kontak tersedia cukup banyak. Mulai dari help desk, nomer telpon HP, nomer telpon ruko, hingga nomer telpon rumah pribadi. Alamat kantor dan rumah pun terpajang dengan jelas.
  2. Sebagian anggota komunitas tempat ia berada ‘asal’ ikut mengamini penilaian yang bersangkutan terhadap saya, meskipun mereka sendiri tidak tahu persis duduk persoalannya dan sama sekali tidak pernah berhubungan dengan PDC.

Berkenaan dengan poin pertama, kasus yang sama juga terjadi dengan pemilik situs 14n.org (http://14n.org/reviewmucom-cossaaranda/). Kasus yang berpusat pada Reviewmu, layanan paid review yang saya kelola, tersebut sebenarnya terjadi pada tahun 2008 silam, namun saya baru mengetahuinya ketika saya menulis artikel ini kemarin. Sumber masalahnya, kiriman deposit yang ia lakukan tidak kunjung dikativasi oleh tim Reviewmu dan, alih-alih menghubungi tim Reviewmu via telpon secara langsung, ia memilih untuk ‘curhat’ ke komunitas tempat ia berada. Dalam kasus ini, pembaca blognya.

Saya tahu bahwa pada waktu itu kinerja tim Reviewmu memang kurang optimal (sehingga 3 bulan lalu akhirnya saya lakukan reformasi besar-besaran), namun sebenarnya masalah bisa langsung terselesaikan apabila yang bersangkutan melakukan kontak via telpon. Apa susahnya. Terus terang alasan ‘urusan internet harus diselesaikan lewat internet’ bukan sesuatu yang bisa secara pribadi saya terima karena internet hanyalah sebuah media perantara. Sebuah bagian dari teknologi yang membantu umat manusia yang bukan berarti tidak punya kekurangan.

Lha wong kirim SMS aja kadang bisa gak nyampe :)

Kawan, jika Anda sempat membaca artikel saya mengenai mengapa harga ebook lebih mahal daripada buku cetak, maka salah satu poin resiko yang saya sebutkan adalah Resiko Pendiskreditan Reputasi. Perhatikan dua contoh kasus di atas — perhatikan betapa mudahnya reputasi kita bisa terombang-ambing hanya karena sesuatu hal yang terkadang bukan berasal dari diri kita. Ibaratnya makanan, sudah dimasak seenak mungkin, tetap aja akan ada satu dua orang pencicip yang mencela. Padahal bisa jadi makanan tersebut terasa tidak enak bagi mereka karena tidak sengaja mereka beri banyak kecap asin.

Saya juga tidak luput dari salah kok. Dan jika kesalahan saya tersebut berhubungan dengan Anda, yuk mari kita bicara. Seperti slogan teh celup itu, “Mari ngeteh, mari bicara”, hehehe.

Materi mengenai reputasi dan branding akan dibahas lebih lanjut di artikel “Pentingnya Branding Bagi Pebisnis Internet“. Silahkan pilih artikel tersebut di Polling Artikel jika ingin membaca kelanjutan tulisan ini :)

Ciao!

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

240 Responses to “Cosa Aranda Penipu”

  1. Amru Sahmono says:

    Mungkin karena tulisan Mas Cosa tentang Seminar seseorang yang katanya Miliuner Internet Marketing Asal Surabaya :najis

    Tanya siapa… :siul

  2. Harusnya emang kalo ada masalah ya berhubungan langsung dengan orangnya bukan dengan komunitasnya. Masalah bukan selesai tapi malah jari ruwet…

  3. Ga ada 100% orang suka dengan kita. Dan orang yang tidak puas biasanya mengutamakan emosinya makanya dia lebih suka cerita ke orang lain dibanding menyelesaikannya dengan penjual.

    Ngemeng-ngemeng beberapa hari ga mampir sini kok ikonnya bagus2 ya seperti forum sebelah?

    Mantap gan… :alay

  4. Purwanto says:

    Iya gan, manusia emang cenderung cepat menghakimi, mestinya sabarnya diduluin, kalo sabar kan hati jernih n ngeliat masalah juga enak, mutusin sesuatu dalam kondisi marah juga kan g bagus. Gw kok sok tua ya :D Aq juga pernah kok gan, dikomporin orang kalo gan Cosa tu gini gitu, tpi aq gak peduli, aq udah gede kok, udah jenggotan, udah bisa ngeliat n nilai sendiri :)
    Tetap semangat mas Cosa, dibalik kesusahan mengintip kemudahan.

  5. benn says:

    saya rasa itu cuma anteknya anteknya joko susilo mas cosa, itu berdasarkan postinganya yng paling bawah lah. saya rasa tidak perlu di risaukan. untuk lebih lengkap silahkan kunjungi bennpunya.blogspot.com

  6. benn says:

    wah mana commentku kok nggak ada

  7. Syahuri says:

    jiah…
    cosaaranda.com udah nomor 1 untuk keyword cosa aranda penipu… :newyear
    hebat banget dah master yang atu ini.
    untungnya punya ane masih di page 1 :iloveindonesia

    gak salah ane belajar dari mas cosa :ngakak

    • bangunwae says:

      betul sekali bung,, ndak salah juga saya tiap hari berkunjung ke sini …. walau jarang2 coment , tapi dah dpt banyak bgt ilmu dari mazz cosa he he he …. thx maz cosa …

  8. Melvern says:

    disatu sisi dia salah karena jika ingin mengoreksi pendapat orang sebaiknya dilakukan 4 mata :D dan disisi yang lain tidak ada yang sempurna :D

  9. Mycro says:

    iyupz..tadi sempet baca2 di adsense-id koq mas cosa..
    mereka jg ga percaya mas cosa penipu koq..
    makin tinggi suatu pohon makin kenceng jg angin yg terhembus.. eh..yg bener apa ya…haha…

  10. Saya yakin dengan blog cosaaranda.com ini sudah punya fans setia jadi ketika ada kegiatan mendiskreditkan blog ini secara otomatis para fans setia ini akan dengan suka rela membela (klu itu benar).

  11. […] Dari posting pemilik blog, sepertinya dia kecewa dengan pelayanan yang diberikan oleh produk yang dijual Cosa Aranda. Lebih tepatnya kecewa karena produk yang diinginkan tidak kunjung diperoleh walau sampai beberapa kali email dia kirimkan. Karena emosi akhirnya dibuatlah artikel tentang Cosa Aranda penipu itu. Ingin lihat kejadiannya silahkan klik link ini: http://cosaaranda.com/cosa-aranda-penipu.html […]

  12. dewanto says:

    pelakunya udah kena timpuk kok kemarin dikeluarin dari beberapa komunitas local and international wah…sok english
    saya sering kena tipu sampe mau bunuh diri masuk sumur bor, untung gak mati. yang jelas didunia net harus selektif makanya kenarin saya minta daftar scam ama daftar web yg hasilin duit sama mas cosa tapi gak dibales….ada yg mau kasih ..?

  13. Aswan says:

    Menurut saya bisnis seperti PDC memang agak aneh, apa tidak lebih baik bikin ebook gratisan, berbagi ilmu dengan sesama bangsa kita, bikin produk yang berkualitas lebih dari sekedar jual informasi yang pada dasarnya adalah gratis. CMIIW.

    • Cosa Aranda says:

      pola pikir kita beda, jadi kalo aku jawab rasanya gak akan pernah ketemu titik tengahnya :) cmn mungkin aku jawab 1 alasan aja — bayar bukan hanya menguntungkan penjual tapi juga pembeli karena ada TANGGUNG JAWAB untuk memanfaatkan produk yg dia beli. Lagipula aku gak jual “informasi yg bisa didapat gratis di internet” tuh. Belum beli produk PDC sih, jadi gak tau :)

  14. budiono says:

    masalah seperti itu harusnya menjadi evaluasi buat tim cosa aranda, bukan hanya menyalahkan orang yang curhat ke komunitasnya. jangan buru-buru merasa diri kita sempurna lalu tidak terima jika ada yang ngrasani di belakang kita. semua pasti ada sebabnya..

    salam sukses bisnis online indonesia yang santun dan beradab

    • Cosa Aranda says:

      terima kasih masukannya. di artikel sebenarnya pada dasarnya aku cuman bilang, kalo mereka gak kontak aku langsung, gimana caranya aku tau kalo ada masalah :)

  15. Iwan DS says:

    hahahaha..sampeyan kena juga tho…..!
    jadi Produk-produk yang saya beli mulai dari Anne ahira dengan asianbrain nya terus joko susilo dengan formula bisnisnya trus sekarang sampeyan dengan PDC nya!
    yo..wis sing sabar yo mas, “wong sabar pantatnya lebar” qqqq……guyon..lho..guyon!

  16. wah dah lama gak mampir dimari :)
    iya bos, kapan hari sempet baca sih masalah di adsense-id sama di kaskus tapi kalo gak salah yang di adsense-id kan udah selesai/clear… CMIIW
    entah gimana yang di kaskus itu dah beres ta?

  17. Susila Dewi says:

    Persaingan bisnis seharusnya dilakukan dengan cara-cara yang sportif bukannya saling menjatuhkan satu sama lain. Hal ini akan menunjukan tingkat intelejensia kita sebagai manusia yang beradab dan berbudi pekerti. Wuualah sok tua banget ya commentnya.. he..he..he..

  18. janur says:

    saya juga pernah reviewnya tentang masalah ini, seru banget hehe.. ya namanya juga bisnis online, saya liat setiap orang punya penggemar dan penelacanya :)
    Tidak terkecuali :hammer

  19. vio says:

    itulah dunia…. sabar …

  20. Yah begitulah bos…makin tinggi pohon..makin kuenceng angine..he..he… :cendol

    Cuman yang lucu kok malah ngga konfirm ke bosnya langsung ya…malah ngadu dan nangis di tempat yg ga ada hubungannya… :berduka

  21. angwie says:

    Ah saya gak percaya kok kalo mas cosa itu penipu…jd tenang aja mas…hehe^^
    Salam kenal ya…

  22. Kalo Baca dari Tulisan Diatas ada hal yang memeang kadang kita lalai dibuatnya
    Pertama :
    “mengatakan bahwa transaksi pembelian yang ia lakukan di PanduanDasar.Com (PDC) tidak kunjung diaktivasi. Karena saya juga sudah jarang mampir ke sana, saya pun baru tahu belakangan.”
    …..Jarang Mampir…..wah repot Bos kalo kita dagang jarang ditungguin……Mudah2 sekarang dah lebih baik lagi servicenya…

    Kedua:
    “Kasus yang berpusat pada Reviewmu, layanan paid review yang saya kelola, tersebut sebenarnya terjadi pada tahun 2008 silam, namun saya baru mengetahuinya ketika saya menulis artikel ini kemarin…….” Wah ini lebih parah lagi 2tahun……

    Ketiga:
    “Padahal info kontak tersedia cukup banyak. Mulai dari help desk, nomer telpon HP, nomer telpon ruko, hingga nomer telpon rumah pribadi. Alamat kantor dan rumah pun terpajang dengan jelas.”
    Bos..Pelanggan adalah raja……jangan pernah menyalahkan pelanggan……. mintalah maaf kemudian cepat direspon…itu solusi terbaik….karena kalo berdebat malah kita yang rugi…….

    Mungkin itu evaluasi saya dan jadi pelajaran buat kita semua…….

    Salam persahabatan dari Bekasi…….

  23. Terima Kasih dah direspon,…..terima kasih atas ilmu yang dah banyak saya praktekan….termasuk ini kali ya……..
    ” Rahasia Cepet dapet respon…..”
    Thank`s Boss atas pencerahannya……

  24. Rafi says:

    Di antara sekian banyak kebaikan internet, salah satu keburukan yang susah dihindari adalah betapa mudahnya seseorang bisa memutarbalikkan fakta dan mencemarkan nama baik orang lain.

    Menurut Saya, Gak cuma diBisnis OL aja, Kejadian seperti ini jg kerap terjadi pada Bisnis Offline(Pengalaman Pribadi). Karna mmg Semua bisnis pasti memeliki Resiko bos, Tinggal gimana cara kita menyikapi nya aja dengan Bijak..

    Keep Your Smile’:)
    Wassalam

  25. Susilo Hardi says:

    Itulah Bro, resiko dari kebangkitan dunia maya: demikian gampangnya orang-orang bikin opini yang sedikit nyerempet-nyerempet fitnah…. Pinter-pinternya kita menyaring informasi secara wajar dan dewasa…. Tul nggak.. :)

  26. rudita says:

    Mas Cosa,
    Saya pesen e-book panduan 28 hari SEO, transfer sudah saya lakukan lewat online banking BCA Minggu malam tgl 17 Januari, namun hingga hari ini e-book belum saya terima. Saya sudah submit ticket di tanyacosa.com, sudah dua kali konfirmasi, namun belum ada respon. Tolong Mas Cosa di cek pesenan saya, mengapa lama diprosesnya. Atas perhatian Mas Cosa, saya ucapkan terima kasih

    Salam
    Rudita

  27. […] PS: Tulisan ini sambungan dari tulisan sebelumnya, “Cosa Aranda Penipu“. […]

  28. Triagung.com says:

    ada 2 kemungkina menurut saya

    1. orang yang iri ma mas cosa
    2. kesalahpahaman aja, kemalasan untuk membawa faq/atau penjelasan lainnya…

    bagi yang melempar fitnah, akhirnya toh kembali ke dia sendiri efeknya :)

  29. Novita says:

    Harus ekstra hati-hati dengan tipe orang demikian mas.
    Diharapkan agar lebih bijak dalam menghadapi kendala di dunia maya, semuanya bisa dibicarakan dengan baik bila didasari dengan niat baik juga. Thanks infonya.

  30. ade says:

    org nuduh pastinya punya alasan atau fakta, so introspeksi diri aja

  31. Sanji says:

    Salam kenal aja mas.
    Ngeteh yuk!

  32. noviear says:

    yang sabar aja mas, dan sala kenal, themenya bagus banget dan rapi, nama themenya apa ya mas ?

  33. KerjaCerdaz says:

    Sebaik apapun service yang kita berikan, terkadang tetap terasa kurang di mata sebagian orang.
    karena kebanyakan orang itu hanya berfikir “sebaiknya begini dan begitu” (menurut dia sendiri).
    Tapi paling tidak jika kita memberikan pelayanan terbaik kita, maka akan lebih banyak kebaikan yang akan kita terima.
    Mungkin bila ada 2 atau 3 orang yang gak suka ma Om Cosa, tapi ada 100 atau 200 orang yang tetap setia mendukung Om Cos.
    Sukses Selalu Om !!

  34. Blogger says:

    Lawan… pasti begitu.

  35. Java FM says:

    udah gondrong aja tuh rambut…udah kawin juga blom?

  36. anto says:

    apa ada domain pr3 yang english ? berapa harganya ? utk coba ikut review

    mau minta tolong sama master cosa, saya juga punya masalah spt diatas yakni di http://www.gempar.com saya telah beli script smuo
    lupa tahn berapa dan pakai user apa, krn sy tdk tau mau diapakan itu ebookx sy simpan dipc dan skrg sy mau coba praktekkanberkat artikel dari sang master cosa dan sy hub via telp tdk ada angkat pernah ada angkat cuman diam dan dimatikan, email tapi tdk dibalas balas

    padahal saya sudah kasi data saya untuk dicek didatabase gempar.com (nama lengkap venice irianto.ssi.apt, username klo tdk salah venice dan email dipakai mendaftar klo tdk salah [email protected] masalahx email dibanned)

    karena master cosa kenal pemilik gempar.com tolong dong dibantu disampaikan spy tdk terjadi seperti pada master cosa

  37. pemilikkios says:

    wah, mas cosa aranda itu tauladan saya. bener2 tuh orang yang mencemari nama baik mas cosa aranda. saya juga orang Surabaya soalnya rek ^^.

    salam kenal semuanya.

  38. Mas Joe says:

    sebenarnya kalau yang saya pahamin permaslahan pertama itu sebenarnya secara gak langsung malah dia bukan menjatuhkan mas cossa namun malah menjatuhkan dirinya sendiri.

    Sukses selalu mas

  39. Adi says:

    Yah begitulah mas, semakin tinggi pohon anginnya pun lebih kencang. Sama seperti kasusnya AA, mungkin seperti itu juga yah

  40. hmm mantab bener tuh blog

  41. ryan-ss says:

    ia mas cosa,,saya juga udah baca artikel-artikel yang ada di blog yang menjelek-jelekan mas cosa dan di forum adsense-id saya juga sudah baca…

    memang sebenernya gak usahlah namanya suudzon sama orang lain yang belum jelas apa buktinya…

  42. Dear Mas Cosa,

    Jadi sedih euy…aku terapin ebook dari mas ok-ok aj tuh and Berhasil Kok :)
    tapi untuk personal blogku malah blom terjamah rapi euy….klo yg laen ud buat ppr,ppc,cpl ma flipping.

    Thanks a lot mas.

    Tuhan Berkati.

    salam,
    cay

  43. Dini Susanti says:

    tetap semangat pak! jangan berputus asa dan tetap selalu berkontribusi dan bermanfaat untuk oranglain.

  44. Dannial says:

    utk cosa aranda,
    2 minggu yg lalu saya udah transfer duit utk beli ebook seo complete guide for wordpress. tapi sampai skr blom ada konfirmasi apa2. saya juga udah telp 3 nomor flexi cosa aranda, tapi gak ada yg diangkatnya, dan coba telp xl nya juga gak aktif…..
    apa bener Cosa Aranda adalah seorang PENIPU ???
    begitu kah cara cosa aranda mencari duit di internet???

    • Cosa Aranda says:

      sudah isi form konfirmasi pembayaran? semua order hingga detik ini selalu aktif kurang dari 24 jam sejak dilakukan konfirmasi pembayaran

      • Dannial says:

        form konfirmasinya udah diisi kok…..
        artinya form konfirmasi anda ada masalah, sehingga tidak sampai ke emil anda…

  45. Saya melihatnya ini krusial sekali, msalah konfirmasi. saya tidak tahu prosedur pemesanan yang mas cosa berikan. tapi ada bae nya jika dijelaskan step-step lebih terperinci di web anda. apa yg msti dilakukan setelah pembayaran.
    Pentingnya sebuah nomer contact person, jadi bisa menghubungi contact person itu directly, jika merasa cukup dengan konfirmasi saja, tidak akan ada msalah. ya lebih baik tidak perlu cantumkan nomer contact person.
    Sory saya sih netral aja. karena tidak ada masalah dengan sapapun di blog ini.
    terima kasih

    • Cosa Aranda says:

      sudah ada penjelasannya kok soal prosedur konfirmasi di halaman _order_ :)

      • Dannial says:

        thks udah diaktifkan.
        saya punya saran, tolong jangan cantumkan nomor-nomor HP palsu anda, kalo memang gak diupdate, diupdate lah…, supaya pembeli yg blom mendapat konfirmasi bisa menghubungin anda.
        saya sendiri udah bersabar 2 minggu.1-4 hari setelah gua transfer duit ke cosa (tentu ada isi form konfirmasi bahkan sms ke nomor2 flexi cosa) tapi gak ada respon dan saya telp 3 nomor flexi nya. ketiga2nya juga gak ada yg angkat.trus gua juga post comment di facebook panduan dasar. JUGA gak ada respon???
        kemudian gua tunggu lagi seminggu kemudian. semakin dipikirin semakin kesal. makanya gua tulis di blog ini dgn kata2 yg agak kasar. andai disini juga gak ada respon. gua mungkin bisa aja bikin blog utk menjelek2an cosa seperti org yg dikatakan diatas.
        kesimpulannya gampang aja….
        kl mas cosa bisnis di internet, tolong jangan palsukan nomor contact. jika perlu pin BB, YM, email dsb.
        thks….

        • Cosa Aranda says:

          di situs PDC udah pernah diinformasikan kok kalo untuk sementara waktu no kontaknya gak bisa diakses :)

          tp thanks buat sarannya :)

        • saya satu hari langsung oke kok, ga pake lama, kenapa anda jadi lama,…

          • Giant says:

            @Mencari Jati Diri : Mungkin tiap orang beda2, seperti anda, saya juga aktivasi PDC nya lumayan cepat, tapi kalo kasusnya seperti mas Dannial harusnya dari pihak PDC pro aktif dong, masak harus komen disini dulu baru di aktifkan.

            • Cosa Aranda says:

              kalo saya gak terima imel konfirmasi, saya gak tahu siapa orang yg transfer. kalo saya gak tau siapa yg transfer, gimana caranya bisa proaktif? :)

  46. wah satu lagi nih yang merusak reputasi guru seo ku, bisa jadi tak sobek2 tuh orang, Pak guru memang begitulah kalau jadi guru, kalau ada muridnya yang bodoh karena ga mau belajar dan ngerjain pr, dan pas terima rapot dapat nilai merah, trus ngadu sama orang tuanya, dan kebanyakan orang tua pasti belain anaknya, tp penjelasan pak guru cukup bijak sana, dan mungkin mereka pasti sadar…cayo pak guru cossa

  47. Aan says:

    Ane adalah salah satu manusia yg beli produk Ente Cak , sekedar saran, mungkin System Ente musti di perbaiki lagi, bukan bermagsud apa-apa, ternyata banyak Client Ente yang kecewa masalah aktivasi member di PDC. Tidak bijaksana bila menyalahkan calon Client,Ente bilang ada banyak kontak yg bisa di hubungi, tetapi kenyataannya Nomer2 Telp yg terpampang tidak bisa di akses…terus gimana tuh…?

  48. alkatro says:

    maaf ikut gabung mas, saya pemula dan baru pertama kesini, kemarin ada kotak komentar di posting saya hxxp://alkatro.blogspot.com/2010/08/cara-modifikasi-template-magazine.html.. menggunakan nick nama anda: cosa arandra ; linknya ke cosaaranda.mp, ada foto profil mas cosa disana, tapi isinya kok feed blognya Om JS ya.. maaf saya senyum-senyum melihatnya..
    emang beneran itu cosaaranda.mp milik anda? he he

    • Cosa Aranda says:

      bukan mas, aku gak pernah komen di blog orang :) biasalah itu paling orang yg mo fitnah sana sini :)

      • alkatro says:

        maaf saya kemarin ketawa waktu mengunjungi web tsb. nama orang yang menggunakan foto dan domain nama anda (cosaaranda dot mp) feednya kebetulan seperti nama orang yang disebutkan mas ben. semoga fitnah akan menjadi kekuatan baru saat disambut dengan senyuman.. terimakasih mas :)

  49. alkatro says:

    terimakasih jawabannya mas, hanya ingin memastikan keyakinan saya he he.. dan ternyata benar adanya. heran juga, ternyata masih ada orang model yang demikian :D

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Cosa Aranda Penipu": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy