Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mulai Total di Bisnis Internet?

Oleh | Publikasi: November 3, 2009 6:05 am
Art of Stealing Wordpress Themes

Bagi pebisnis internet yang masih rangkap jabatan dengan pekerjaannya di dunia nyata, mungkin satu pertanyaan yang sering terlintas adalah, kapan saat yang tepat untuk beralih secara total ke bisnis internet? Atau, perlukah untuk total berpindah ke bisnis internet? Bagi mereka yang berpenghasilan pas-pasan, beban pertanyaan tersebut tidak seberat mereka yang sudah memiliki penghasilan mapan dari pekerjaan ‘resminya’. Lalu bagaimana cara menjawabnya?

Untuk menjawabnya, kita perlu tahu dulu untung ruginya bekerja di dunia maya.

Keuntungannya:

  • Waktu bekerja bebas, bisa bekerja kapan saja dan dimana saja
  • Potensi penghasilan tidak terbatas
  • Pengeluaran atau modal relatif kecil
  • Bisa lebih dekat dengan keluarga atau orang-orang yang disayang

Kerugiannya:

  • Butuh disiplin diri, bandingkan dengan bekerja kantoran yang jam kerjanya sudah ditentukan sehingga mau tidak mau pasti harus bekerja
  • Butuh modal, bandingkan dengan bekerja kantoran yang praktis kita hanya butuh modal untuk pakaian saja (karena biaya transportasi dan makan sudah ditanggung dalam gaji bulanan)
  • Ada kemungkinan tidak mendapat penghasilan atau rugi, bandingkan dengan bekerja kantoran yang kita pasti mendapat gaji (selama tidak dipecat, hehehe)

Pada dasarnya, kepastian kapan kita harus total di dalam bisnis internet dan melepaskan pekerjaan kita di dunia nyata sebenarnya tergantung dari kesiapan diri kita sendiri. Bahkan sebenarnya, jika ada memiliki manajemen waktu yang baik dalam berbisnis internet, Anda tidak perlu untuk mengundurkan diri dari pekerjaan offline Anda. Kenapa? Karena parameter sesungguhnya dari kesuksesan di bisnis internet bukanlah dari jumlah penghasilan yang Anda raup per bulannya, melainkan dari jumlah waktu yang Anda habiskan untuk dapat menghasilkan penghasilan tersebut (baca artikel Menghitung Nilai Jual Anda di PanduanDasar.Com).

Bisnis internet adalah satu dari sedikit bisnis di dunia yang memberikan Anda kesempatan untuk bisa menghasilkan uang TANPA harus bekerja SENDIRI. Perhatikan baik-baik kata yang berhuruf kapital ya. ‘Tanpa Harus Bekerja Sendiri’ bukan berarti tidak bekerja dan Anda hanya ongkang-ongkang kaki di rumah loh. Dengan demikian, ada kemungkinan dimana bisnis internet Anda berjalan dengan lancar tanpa harus meninggalkan pekerjaan Anda di dunia nyata.

Namun, jika Anda memang sudah bertekad untuk full-time di dunia maya, berikut ini persyaratan awal yang sebaiknya terpenuhi terlebih dahulu sebelum surat tanda mengundurkan diri Anda serahkan ke meja bos Anda:

  1. Pastikan Anda memiliki persediaan tabungan yang cukup, baik untuk modal bisnis internet yang akan Anda jalani maupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setidaknya untuk 6-9 bulan ke depan.
  2. Pastikan setidaknya Anda sudah memiliki penghasilan yang STABIL dari bisnis internet, yang jumlahnya paling tidak cukup untuk biaya hidup sehari-hari dan modal bisnis internet yang harus dikeluarkan tiap bulan.
  3. Pastikan Anda sudah terbiasa untuk bekerja sendiri dan memiliki tingkat disiplin yang tinggi. Tidak semua orang bisa bekerja tanpa tekanan loh.

Bagaimana menurut Anda, kawan? Ada yang ingin ditambahkan? Yang jelas, Anda juga boleh-boleh saja nekat langsung loncat dari karyawan menjadi netpreneur, tidak ada yang melarang kok. Tapi jika ingin segala sesuatunya terencana, tidak ada salahnya untuk mengikuti saran saya di atas.

Artikel berikutnya akan membahas mengenai masalah disiplin diri. So stay tune!

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

93 Responses to “Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mulai Total di Bisnis Internet?”

  1. MB.com says:

    Tambahan dari saya, yaitu SIAPKAN MENTAL ANDA..!!

  2. Langsung full time memang ada resiko, tetapi jika kita menjalankan bisnis internet dengan benar, disiplin, kita akan memiliki peluang penghasilan lebih besar. Kerasa benget perbedaanya, saat saya masih bekerja dengan saat ini yang sudah full. Bagaimana pun, jika kita sudah full time di bisnis internet kita akan “terpaksa” untuk berbuat yang lebih baik. Namun benar kata mas Cosa, harus diperhitungkan sebelum Anda mengambil keputusan.

  3. total internet bgiq susah mas,soalny skul ma orgnsasi pdet.Tp q ushain jalan 0g,trims bwat artikelnya mas.q jd trm0tivasi lagi. . :D

  4. pertamax …. bener nggak sih … bacanya nanti coment dulu :d

    • wah klu loncat belum berani Mz … sama saja terjun tanpa parasut :D … tapi pemahaman orang beda-beda …

      saya ingin raih ketiga nasihat itu dulu … * persediaan tabungan yang cukup, ** sudah memiliki penghasilan yang STABIL dari bisnis internet *** membiasakan bekerja sendiri dengan memiliki tingkat disiplin yang tinggi … terima kasih Mz … PERSIAPAN adalah harga mutlak sebelum terjun ke MEDAN perang :)

      saya sendiri punya harapan yang tinggi dengan dunia online yang dipadukan dengan dunia offline … artinya dunia offline yang dilakukan itu punya korelasi yang positif dan signifikan terhadap aktivitas online .. semisal mengadakan roadshow free soft training blog monetize … nah berarti persiapan modalnya kan lebih gede lagi Mz … selama ini saya ssudah berusaha untuk menghilangkan rasa malu terhadap tulisan saya sendiri … (karena sesungguhna saya masih nyubi Mz) setiap ada kesempatan saya gunakan untuk iklankan blog saya … jadi klu pas ada kesempatan diundang untuk mengisi acara yang bersifat sosial(training/kajian Islam) waw kesempatan …. :D

      saya tahu persis ketika kita menawarkan sebuah acara yang bersifat free … pasti ada respon positif … apalagi kita membingkai acara itu dengan multimedia … waw … mudah untuk melakukan persuasi :D … dan itulah harapan saya nanti …

      terima kasih Mz Artikelnya …

    • Agus Siswoyo says:

      Sayangnya, anda belum beruntung mas..
      hehehe… :D

    • jgn salah kira,mksdq yg m0tvasi it smua artikelnya mas c0sa.bkan cma yg ini.s0alnya q bca smua tlsan mas cosa bru kmaren,jd bru ngerti, .

  5. bisnis Internet juga punya kelemahan, sehingga kalau mau terjun harus punya keyakinan. Jangan asal terjun.

  6. helmy says:

    kalo udah ada keyakinan, jalanin aja, apalagi kalo masih muda. nyesel nih ga knal bisnis internet dari beberapa tahun yang lalu :)

  7. pensiun kaya says:

    1. Pastikan Anda memiliki persediaan tabungan yang cukup, baik untuk modal bisnis internet yang akan Anda jalani maupun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari setidaknya untuk 6-9 bulan ke depan.

    ini belum ada

    2. Pastikan setidaknya Anda sudah memiliki penghasilan yang STABIL dari bisnis internet, yang jumlahnya paling tidak cukup untuk biaya hidup sehari-hari dan modal bisnis internet yang harus dikeluarkan tiap bulan.

    ini masih recehan mas

    3. Pastikan Anda sudah terbiasa untuk bekerja sendiri dan memiliki tingkat disiplin yang tinggi. Tidak semua orang bisa bekerja tanpa tekanan loh.

    ok, ini harus belajar mulai sekarang..
    thanks for tips..btw, pekerjaan saya saat ini adalah sebagai seorang guru negeri 🙂

    • berarti anda masih jauh dari pensiun kaya mas…

      • darknight says:

        Kalau saya sih awalnya mantep Bisnis online, udah ada penghasilan yang cukup untuk menopang hidup juga.. Tapi ternyata saya ga bisa 100% full kerja online, karena kalau kelamaan online menghadap komputer, ga bersosialisasi sama sekali benar2 mengarah pada loneliness dan depresi. Duit ngalir tapi jiwa ga terlalu sehat jelek juga kan.. Jadinya skrg lanjut kuliah untuk supaya punya profesi yang bisa disambi2 bisnis online jg deh, hehehe…

  8. abah says:

    kalau abah simpulkan sebenarnya masalah disini adalah komitmen..kalau kita yakin insy..langsung aja terjun total..abah juga sekarang..langsung aja terjun.. berenang di bisnis online..pahit manis nya kita nikmati aja ..yg penting kita mencintai apa yang kita lakukankan..kalau udah cinta..kata peribahasa..kita berkorban segalanya demi sesuatu baik itu orang/pekerjaan .yg kita cintai..yg pahit aja bisa jadi manis..

    • berarti abah punya modal dong ya.. kesian buat yg gak punya modal.. baru seminggu online langsung jeprut semaput gak bangun2.. alias KOMA.

      • abah says:

        dulu modal abah cuman keinginan/niat..atas dasar seneng..sesuai dengan hukum law of attraction ..!!(busyet abah gaul),hadir juga yg namanya tengtop dan bogem..laptop& modem wireles..ma’lum abah kan di gunung jadi gga ada kabel..!!…pokoknya bagi yg koma..jangan putus asa..bangkit lagi..bagi yg pingsan..sadarkan lagi..nikmati proses..abah juga belum berhasil seperti mas hegky tuh yg selalu tersenyum hehehe..tpi abah ngga akan menyerah..dan akan terus mencangkul di dunia internet( indomie telor kornet)hihihi..

  9. Yup! Saya setuju sekali dg point (1) (2) (3) tsb.
    Sebenarnya mau menambahkan 1 point lagi, sebelum full-time migrasi ke dunia maya :
    * Pastikan Anda sudah mengenal dunia bisnis internet (jadi tidak meraba-raba lagi, tidak bingung musti start dari mana) (walau belum mahir 100%, tapi paling tidak sudah punya pegangan/panduan/sedikit pengalaman).

    Tapi seperti point ini udah dicover dg point (2) “sudah memiliki penghasilan yang STABIL dari bisnis internet” ^_^

    Thn 2004 i beli domain utk diriku sendiri dan masih bekerja dg orang. Sambil kerja ama orang, i mulai merintis sedikit2 di dunia maya,dikerjain di malam hari & weekend. Memang harus “mengorbankan” waktu main/kencan :). Awal thn 2007, baru benar2 resign dan bekerja sendiri di dunia internet. (Start lebih awal = belum pasti lebih cepat sukses. Cthnya: domain-ku lebih awal di-create daripada domain cosaaranda-com (skitar th 2007 klo ga salah), walau punyaku lebih awal, tapi perkembangan/kesuksesan-nya masih kalah dgn punya mas Cosa. “Pendekar” memang beda :)
    best rgds, -soeki-

  10. joenoes says:

    meang lebih enak bisnis online. mau dapet banyak ato sedikit tergantung kita. nggak enak jadi pegawai… makan hati terus

  11. arul says:

    artikel bagus dan ditulis sama orang yang sudah pengalaman. tulisan ini yang saya tunggu-tunggu.trima kasih mas cosa.

  12. Jovin says:

    Bekerja sendiri lebih menyenangkan daripada jadi karyawan, tapi lebih baik punya penghasilan yang mapan dulu sebelum memutuskan fulltime. Sebab kerja sendiri lebih banyak tantangannya dari pada jadi karyawan. Peluang income lebih besar, resiko pun lebih besar. Yang penting full-heart, bukan full-time :)

    • abah says:

      abah kurang setuju (peluang income lebih besar, resiko pun lebih besar) justru peluang income lebih besar ,resiko lebih kecil)..full heart setuju..mengenai full time disini ..ya masa kita terus2an ya pasti ada istirahatnya doong..yg pasti disini adalah fokus…barangkali begitu maksud kang cosa…

      • Jovin says:

        Maksudnya peluang income lebih besar daripada jadi karyawan. Tetapi kalau salah planning atau salah manajemen akibatnya bisa nggak dapet income. Nah, kalau nggak dapet income padahal udah keluar dari kantoran kan bisa bikin gigit jari. Jadi kudu bener2 mapan dulu sebelum memustuskan keluar dari perusahaan. Seperti mas Cosa bilang di atas “Ada kemungkinan tidak mendapat penghasilan atau rugi…”.

  13. Itu lah sebab-nya bnyk pemula yg masuk ke dunia bisnis online mengaku “Ahh… bisnis online itu MLM/penipuan ,dlsb” , dan akhirnya mrk mengundurkan diri.

    ALhasil, si pemula yg gagal ini menceritakan kegagalan dia di forum-2 yg berujung pd orang lain menjadi pcy bhw bisnis online itu SCAM.

  14. Mizwar says:

    Sama persis seperti apa yang saya pikirkan. Alhamdulillah mulai awal bulan ini, saya berani untuk meninggalkan pekerjaan saya dan fokus di Bisnis Online. Mohon do’a nya ya Om. :D

  15. HariS says:

    Saya mengundurkan diri dari jabatan offline, sekarang terjun jadi onliners nih ceritanya (padahal tabungan ega ada nih…;) Masih harus banyak belajar dan belajar lagi ternyata, ilmu saya baru seujung klingking aja belum ada kayaknya nih.

  16. kok pembahasan kita 11-12 nih mas.. abis baca blog cosa, baca blog mashengky, kontan NGEH deh..

  17. Arif says:

    Hidup itu pilihan. Pilihan kerja kantoran atau punya bisnis sendiri sudah ada sejak lama. Punya resiko sendiri-sendiri. Pintar-pintar ngaturnya saja :)

  18. saya total sekarang mas, semenjak saya bertemu mas Cosa ada tekad buat total, walaupun resiko itu sudah siap menghadang

  19. mbah gendeng says:

    Andaikan sehari ada 99 jam, 9 jam buat offline & online, 90 jam buat keluarga :ngarep:

  20. bagi saya menjadi full time blogger untuk menjalankan bisnis internet bukanlah hal yang sulit karena saya mencintai pekerjaan ini walaupun hasilnya belum seberapa tapi saya yakin saya pasti berhasil, sedangkan untuk kerja di kantor ato jadi pegawai saya nggak cocok karena sejak kecil nggak pernah diajarin untuk makan gaji

  21. Can’t agree more than this.

  22. Narmadi says:

    yang sulit memenejemeni waktu jika kita masih jadi karyawan….katanya harus fokus yah

  23. pindar says:

    ini nih .. lagi nunggu “persediaan tabungan yang cukup”, jadi sementara nyambi kerja sampingan di bisnis offline dulu, hehehe

  24. munfaridon says:

    Sebaiknya sih tetap pertahankan pekerjaan tetap di dunia nyata jika gajinya lumayan besar dan pekerjaannya tidak terlalu berat, sembari menjalankan bisnis di dunia maya untuk tambahan penghasilan.

  25. bayu mukti says:

    mantap deh :D . kalo saya sejak jaman dahulu kala emang ga punya pekerjaan selain di internet. hahahaha

  26. T. Wahyudi says:

    inilah mas… yang jadi masalah… saya harus kumpul2 duit dulu agar jadi total pebisnis internet….. :D

  27. omagusnet says:

    perlu waktu yang tepat..!
    Cuman kadang saya sendiri belum tahu kapan waaktu yang tepat…!
    intinya senua harus di mulai dari awal

  28. Nah… disiplin diri itu yang agak sulit Mas Cosa… Apalagi untuk remaja, yang notabene masih belum mateng dalam banyak hal… Sangat dinantikan artikel berikutnya… :D

  29. Adi Purnomo says:

    Nice Artikel Sob, Tapi Menurut Sy Semua Jenis Bisnis(OnLine/Offline) itu pasti ada Untung-Rugi yg hampir sama. Hanya mungkin Kalo boleh Saya Tambahin sedikit, diBidang apapun Ikhtiar yg kita Lakukan(Online/Offline). Tetap Jangan Lupakan BERDOA !! Insya Allah Ikhtiar kita dimudahkan Jalan olehNYA.
    Dan Saya juga sependapat dengan Mas Helmy diatas, Selagi temen2 masih berusia Muda & Punya Keyakinan Tinggi. GO aja, jangan kaya Saya yang telat n rada Nyesel knp gak Nyemplung dari dulu dibisnis Online.

    Wasslm

  30. wah masukan yang bagus……….. trim’s

  31. saya setuju paling tidak sudah punya penghasilan tetap dari internet yang cukup untuk biaya hidup sehari hari.
    jadi ingat salah satu penjaja ebook yang di depan website nya menceritakan tentang kenekatannya terjun fulltime bisnis internet,saya salut bukan sama sang pebisnis,tapi salut akan ketabahan anak istrinya selama berbulan bulan tanpa penghasilan yang jelas dari suami he he jarang ada istri begitu :)

  32. Megan Fox says:

    Saya kayaknya masih perlu 9 blog lagi supaya bisa resign dari kantor… ha ha jauh banget yah

  33. faris vio says:

    kayaknya enak,,, tapi kerja di rumah juga bikin ongkang ongkang terus… hehe

  34. nara says:

    kl mo pindah haluan ke bisnis internet carilah kerja offline yg banyak wkt nganggurnya ketimbang kerjanya, apalagi gajinya naik truzz wkwkwkwk…*kaburrrr

  35. Hendra P says:

    He..He..He..Bleh nayak ngk?Emang Bentuk Bisnis Internet kedepan seperti apa ya?Itung2 nyali terjun ke bisnis internetan..

  36. HariS says:

    Maaf mas, nanya nya disini, pengin manfaatin tukeran linknya koq susah banget ya? selalu muncul invalid url dan no reciprocal, padahal link mas cosa sudah saya pasang tuh. Link saya juga valid koq, Apanya yang salah ya?

    • Cosa Aranda says:

      mungkin karena servernya yah, soalnya mereka yg otomatis ngecek apakah link udah valid ato belum. lagipula ternyata peminatnya banyakkk banget. ini mo approve yg udah pasang aja kesusahan ngeload halaman ‘check reciprocal link’-nya saking banyaknya :p

  37. brokethesoul says:

    kalo saya modal nekat bos 😛

  38. Rohadi says:

    Wah masih belum berani mas, untuk sementara online dan offline kerjasama dulu aja yaa….:)

  39. ismail says:

    Masih belom berani full di netpreneur, mudah-mudahan dimudahkan

  40. wuah saat Om Cosa kasih modal buat beli domain pagerank itulah dia saat mulai bisnis OL..

    :D

  41. unego says:

    sekarang saya sudah lepas dari pekerjaan.
    tidak bisa ditawar lagi, saya harus lepas.
    gaji sedikit, kerja banyak, gaji gak naik malah dipotong lagi.
    saya tahu modal saya terbatas, dan tabungan juga pas-pasan, tapi apa boleh buat, terkadang kita memang harus loncat dari jendela.

    semoga dengan ini saya berada di jalan yang benar.

  42. money online says:

    memang tidak mudah untuk keluar dari zona nyaman, tapi sekarang situasi memaksa……kerja ikut orang juga semakin sulit , apalgi kompetisi di jakarta tinggi banget……income online musti dipertimbangkan….

  43. wah mantep bener neh artikel…. membuka wawasan… jadi harus menyiapkan mental dan menyiapkan segalanya untuk terjun ke bisnis internet :)

  44. sementara modal masih menyisihkan uang kiriman ortu.. :)

  45. alief says:

    Huah, ini pertanyaan yang pelik emang. Saat ini, pendapatan gw dari internet udah lebih dari gaji bulanan gw. Yang jadi masalah, gw ngeblog paling efektif dan produktif justru waktu lagi di kantor -_- Di rumah rasanya pengen malas2an. Disiplin diri emang sangat susah..

  46. Blogs Profit says:

    Wah kapan yach bisa terwujud….
    InsyaALLAH kalo nggak mundur kita pasti masuk ke garis finish…
    Asal jangan KO duluan….
    Modal masih terbatas kebutuhan datang tanpa batas hehehe….
    Tapi tetap harus disyukuri karna hidup adalah Anugrah…
    Tetap Semangat!!

  47. benar sekali mas cosa,untuk benar-benar total berbisnis internet harus ada sesuatu yang dikorbankan oleh kita.KIta harus menanggung segala resiko yang sudah ada.

  48. Aduh, jadi bisnis online enggak ya..? Trims untuk infonya mas Cosa. Aku jadi perlu mikir-mikir lagi tuk full time.

  49. Marketiva says:

    Salam..

    Menarik sekali membahas kapan seseorang bisa untuk terjun full time di bisnis online..

    Saya sendiri adalah orang yang sebentar lagi terjung full time..

    Sesuai dengan Tips Mas Cosa..
    1. Tabungan = Saya ada
    2. Penghasilan = Sudah Tetap, rata-rata lebih besar dari gaji saya dikantor.
    3. Disiplin diri = Ini yang menurut saya terkadasng susah untuk dijalankan…. Kenapa? karena terkadang kalau di depan laptop dan sudah jenuh maka main game dll…(Sesuatu yang tidak berhubungan dengan menaikan penghasilan di internet)

    Sedikit saya tambahkan… Untuk Full Time Butuh keyakinan dan dukungan dari sekitar kita…

    Untuk Mas Cosa, saya senang sekali membaca web anda karena sangat inspiratif..

    Terima Kasih

  50. Pas mantabs ! memang benar apa yang dikatakan mas cosa , tapi ini sekedar sharing aja ya. sayapun pernah mengalaminya mendapatkan penghasilan yang lumayan cukup untuk kebutuhan sehari-hari melalui bisnis affiliasi yang saya tekuni tapi karena sedikit ada sedikit kesalahan akhirnya sekarang saya memulainya lagi dari awal , kesalahannya hanya 2 tidak bisa memanage waktu karena mengambil sumber penghasilan lebih dari satu ( tidak fokus ) dan yang kedua tidak bisa memanage keuangan sehingga besar pengeluaran dari penghasilan …..tapi sekarang sudah mulai berjalan lagi dan kali ini jangan sampai kecebur dilobang yang sama :tkp

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Kapan Saat Yang Tepat Untuk Mulai Total di Bisnis Internet?": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy