Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Kurang Modal? Jual Diri Dong!

Oleh | Publikasi: October 28, 2009 9:16 am
Instant Internet Business Ideas

Prostitusi, kabarnya adalah ‘pekerjaan’ paling kuno yang pernah ada dalam sejarah manusia. Saya kurang tahu apakah pada jaman dinosaurus sudah ada yang melakoni pekerjaan tersebut atau belum, tapi yang jelas, di jaman nabi, jaman kejayaan Yunani, kekaisaran Roma, dan sebagainya, sudah banyak yang memanfaatkan tubuhnya untuk mencari uang. Gak pria, gak wanita.

Tubuh kita memang salah satu modal yang sangat berharga, yang dianugerahkan oleh Allah kepada kita. Jadi sebenarnya, sah-sah saja apabila kita mengeksplor manfaatnya bagi kepentingan kita sendiri. Dan sah-sah saja apabila kita ‘menjual diri’ kita untuk mendapatkan hasil yang lebih besar atau untuk mencapai sesuatu yang menjadi cita-cita kita.

Eits, tunggu dulu. Jangan terburu mandi dan berdandan, kemudian berdiri di trotoar jalan protokol. Bukan itu yang saya maksud. Yang lebih elit dong. Pasang iklan di koran lampu merah misalnya. Loh?

Gini, maksud saya, untuk mencapai sesuatu, kita harus memaksimalkan apa yang ada di dalam diri kita. Termasuk itu tubuh (keuletan), akal (pengetahuan), dan pikiran (mindset, tekat, moral). Dengan memanfaatkan ketiga faktor tersebut sebaik-baiknya, kita akan bisa mengeliminir faktor minusnya materi.

Contoh cara pemanfaatan ketiganya dalam bisnis internet akan dibahas di artikel berikutnya.

Sekarang kembali lagi ke para penjaja kenikmatan. Meskipun banyak dari mereka yang berpenghasilan lumayan, tapi sebenarnya pengeluaran mereka juga lumayan. Ongkos ke salon, ongkos beli baju, ongkos beli kosmetik, dll dsb dst. Ini yang namanya ‘memaksimalkan’ potensi diri. Sebagai pebisnis internet, kita juga harus tidak boleh kalah. Kita harus mampu untuk memoles ketiga elemen yang ada di dalam diri kita agar ketiganya bisa ‘berfungsi’ semaksimal dan seefektif mungkin.

Salah satu caranya adalah dengan berinvestasi — investasi waktu, investasi ilmu, dan investasi sosial.

Investasi waktu adalah bagaimana kita secara disiplin menyediakan waktu kita untuk mempelajari dan mempraktekkan bisnis internet dengan sungguh-sungguh. Kata kuncinya ada di kata ‘secara disiplin’, yang berarti, bukan sekedar durasi waktu yang menjadi  ukuran, melainkan juga seberapa besar porsi dari waktu tersebut yang benar-benar dialokasikan untuk bersinggungan dengan dunia bisnis internet.

“Aku tiap hari ngenet minimal 2 jam loh!”

“Tapi kok blognya gak updet-updet?”

“Heheheh, iya, soalnya sibuk maen Mafia War sih…”

Karena kata kuncinya adalah ‘disiplin’, maka jangan jadikan faktor-faktor pihak ketiga sebagai alasan untuk gagal. Disiplin berasal dari diri kita sendiri. Dan untuk berdisiplin waktu, ada cara efektif yang dulu juga saya lakukan pada saat awal-awal belajar mengenai bisnis internet. Jadi jangan iri apabila dulu saya ‘hanya’ butuh waktu 3 bulan untuk mendapatkan $1000 saya yang pertama dari Google AdSense. I worked hard for it and I totally deserved it :)

Seperti apa sih caranya? Gampang. Tutup semua channel komunikasi di dunia maya. Uninstall Yahoo! Messenger, uninstall Skype, uninstall mIrc. Kalau perlu, minta seseorang untuk mengganti password Facebook Anda agar Anda tidak bisa login lagi. Gak perlu dihapus lah akunnya, eman-eman. Intinya, minimalisir akses ke kegiatan-kegiatan yang berprioritas rendah secara akal sehat.

Lanjut.

Investasi Ilmu adalah bagaimana kita meluangkan waktu dan menyisihkan sebagian dari modal kita untuk meng-upgrade ilmu yang kita miliki. Dunia bisnis internet terus berputar bagai roda becak. Kadang bisa di atas, kadang bisa di bawah, kadang bisa lewat lumpur, kadang bisa lewat jalan aspal. Maksudnya sih, ilmu yang Anda miliki tidak selamanya abadi, jadi jangan terlalu berpegang pada ego Anda. Apa yang Anda ketahui hari ini bisa saja tidak berlaku lagi di keesokan harinya.

Cari panutan yang tepat, cari guru / mentor yang tepat, dan cari sumber belajar yang tepat. Tambahkan ketiganya dengan sebuah pikiran yang terbuka (open mind) dan selamat, Anda telah mendapatkan kombinasi yang dashyat untuk meningkatkan pengetahuan Anda di bisnis internet.

Tapi jangan lupa, belajar terus juga gak ada gunanya. Kudu praktek, praktek, dan praktek. Jadi buatlah jadwal yang berimbang antara waktu belajar dengan waktu praktek. Jangan biarkan ilmu yang sudah didapat berkarat begitu saja di dalam salah satu ruang otak Anda.

Yang terakhir, investasi sosial adalah bagaimana Anda meluangkan waktu Anda untuk bersosialisasi dengan sesama pebisnis internet, baik yang sama-sama masih belajar atau yang sudah sukses. Prosesnya bisa dilakukan di dunia maya (conference, forum) atau di dunia nyata (gathering, workshop, seminar). Tahu tidak, dua kesalahan yang sering dilakukan oleh mereka yang berminat dengan bisnis internet adalah:

  • Mereka menutup diri terhadap orang lain. Maunya belajar belajar sendiri, sukses sukses sendiri, makan makan sendiri, dan minum minum sendiri. Alhasil, tidur pun sendiri, hihihi.
  • Mereka memandang acara ‘kumpul-kumpul’ (gathering, workshop, seminar) sebatas arti kata saja. Gathering ya gathering, workshop ya workshop, seminar ya seminar. Padahal, event-event seperti itu merupakan ajang yang tepat bagi Anda untuk berkenalan dan bersosialisasi dengan orang lain. Siapa tahu, suatu saat Anda akan terbantu oleh mereka, atau akan perlu bekerjasama dengan mereka.

Selain itu, dengan bersosialisasi dengan orang lain (sesama pebisnis internet), maka Anda telah mendapatkan teman seperjuangan yang secara tidak langsung akan membuat Anda lebih bersemangat dalam meniti jalur kesuksesan.  Gak percaya? Percaya aja deh, udah capek nulis soalnya, bisa kram jari-jari ini kalau masih harus nerangin lagi panjang lebar, hehehe.

Oke, kawan, saya rasa artikel ini sudah cukup panjang, jadi sampai di sini dulu perjumpaan kita kali ini. Sampai jumpa dan sampai bertemu lagi di stasiun dan gelombang yang sama. Bye, bye!

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

76 Responses to “Kurang Modal? Jual Diri Dong!”

  1. sariful says:

    jangan jual diri dunk…. (pertamaxxx ga yach??)

    • abah says:

      klo ngga bisa jual diri..menurut abah mah jual diri orang laen ajah..klo diri kita belum layak untuk dijual..hehehe..setuju tidak..!!!contohnya : jual mas hengky tuh yg selalu tersenyum, jual blackgeri yg janggutnya macho,jual pensiun kaya yg selalu memandang langit..dll..tentunya yg pertama jual mas cosa..yg punya tempat nongkrong ini..yg tangannya sebelah kiri masuk saku(takut keliatan keriting sering mijit keyboard)tangan sebelah kanan garuk2 (kram keseringan duduk)–masa ngetik sambil lari2..hihihi

  2. cerita di atas juga sudah dari jaman napoleon hill, tapi tetep aja masih banyak orang yang pengen kaya mendadak..
    mungkin dulu salah menetek, harusnya ASI malah dikasih air tajin atau susu kambing mas hehehe

  3. sariful says:

    Benar jangan jual diri tapi apa yang ada di diri sendiri yang di jual. gak ada modal ya.. pake yang gratisan dulu… paling modal biaya akses internet, waktu, tenaga dan pikiran serta ongkos jalan aja…

    ayo semua semangat mengejar $1.000,- dalam waktu 3 bulan… :)

  4. ketigaX … cerita basi namun penuh arti … tp intinya sih dikemauan dan keinginan yang kuat *mau dan ingin sama aja yah hehehe*

  5. Budi Rachmat says:

    pukulan telak untuk saya.
    trims bossss….

    BUDI R

  6. Ardy Pratama says:

    Mantab bro.. Investasi sosial yg perlu dprhatikan. Spti kata bro bnyk yg sukses tp pelit ilmu atau mnilai sminar ya sbgai sminar. Invstasi wktu, udah.. Invstasi ilmu, udah.. Tp msih kurang klo gak bisa brsosialisasi :) gak ada gunanya pinter sndirian.. Hehehe

  7. Arif says:

    Semua butuh proses. Tidak ada yang instan :)

    • abah says:

      betul sekali..tapi apakah proses itu bisa diminimalisir ..??dengan lebih memadatkan teori yg lebih praktis..saya yakin mas cosa udah tau caranya..bagi2 dunk mas…dikit yg gratis..(pengennya mau gratis ajah)

      • Cosa Aranda says:

        sebetulnya itulah gunanya beli produk digital (ebook, video tutorial, dsb), karena fungsi dari produk2 semacam itu kan sebagai shortcut dari proses belajar kita. gak perlu lagi susah2 googling di internet dan cari info sana-sini, gak perlu coba-coba hal yg udah terbukti gak berhasil, dsb.

        • abah says:

          aduh..abah ketauan..!! memang abah akui..untuk memenuhi rasa ingin tau yg begitu laparnya akan bisnis online..abah coba ini-coba itu..tapi ngga ada yg bener2 terasa gede hasilnya..yah cuman 0,00 bla,bla,bla..anehnya..sesudah mampir di mallnya(PD.com) mas cosa..ehh koq betah yahh..abah penasaran..!!! apa yg musti di-khusu-kan..1 bidang sampe terasa manis buahnya..???!! mas””abah jual tanah lho..untuk persiapan..tiap hari melotot terus ke monitor..ampe lupa sinenek “gelitikin nyuruh makan..”saking cintanya di bisnis online..yang mana kemenangannya kebebasan..!!pusing,kurang tidur,pinggang panas pun terasa nikmat..

  8. pensiun kaya says:

    silaturahmi dengan para pebisnis online salah satunya dengan om Cosa ini adalah salah satu bentuk jual diri saya 🙂

  9. BangJo says:

    Saya gak setuju,…dengan kutipan:
    “Aku tiap hari ngenet minimal 2 jam loh!”

    “Tapi kok blognya gak updet-updet?”

    “Heheheh, iya, soalnya sibuk maen Mafia War sih…”

    hehehe,..lha gmana lagi,koneksi internet drumah terbatas,jd gak pernah maen gtuan..paling2 cuma cek FB,.

    Siap gan /(^_^),saya “Jual Diri” dlu dah..wkwkwkwk,..

  10. bener banget,.. sosial network jg chanel2 komunikasi mengalihkan fokus.
    kadang bangun pagi.. buka halaman posting, dan lupa diisi hingga malam datang hanya krn terlalu banyak chating n main game.

  11. wuihhhhh … keren Mz … jadi semangat lagi nich … tapi klu harus uninstall YM dan Close FB … lhaaaa … aniway thanks I try to investasi waktu, investasi ilmu, dan investasi sosial …

    • Cosa Aranda says:

      hehehe, yah itu kan contoh ekstrimnya :) kalo emang bisa tetap disiplin meskipun ada faktor-faktor ‘penganggu’ seperti itu sih ya gak perlu diuninstall. Kalo aku sendiri sih terus terang gak bisa.. apalagi waktu awal2 kenal bisnis internet itu masih jadi @op di channel irc :p

  12. btw selama 3 bulan workaholic ya Mz … :)

  13. Salam Kenal lagi Mas. Infonya cukup menarik. Dari dulu saya pingin tahu rahasia kesuksesan mas Cosa Aranda…saya sempat baca di salah satu buku ttg google adsense…disana ada diulas ttg kesuksesan anda meraih penghasilan luamayan besar hanya dgn menghabiskan beberapa waktu di dalam ruangan kamar. Luar biasa. Saya jadi kagum dan penasaran waktu itu…kok bisa, ya? Ternyata sebagian rahasianya ada pada artikel mas ini. Mudah2an lain kali bisa bagi2 rahasianya yg lain, ya…

  14. All Along The Watchtower says:

    Prostitusi memang salah satu pekerjaan kuno didunia.. tapi bukan PALING

  15. brokethesoul says:

    Bener bos, jangan uninstall windows aja 😛

  16. zorndaike says:

    yah namanya usaha, tetap harus ada yg di korbankan, apapun jenis usahanya termasuk internet markting. kalo cuma coba2x ya, jangan berharap banyak. seperti master Yoda bilang : “Do not try, do or do not!”

  17. rulyabdillah says:

    kebanyakan yg lelaki beli diri bukan?

  18. munfaridon says:

    Ma,nyos deh tipsnya, memaksimalkan postensi yang ada pada diri kita sebaik mungkin, jadi teringat dengan salah satu artikel yang pernah saya baca : bahwa manusia baru menggunakan sekurang kurangnya 1% dari kemampuan otak, pertanyaannya adalah kemana yang 99% nya…., itulah yang perlu kita gali lebih dalam…..

    • Cosa Aranda says:

      ngomong2, ada yg menarik mengenai pernyataan tersebut. kabarnya, angka 1% dan 99% tersebut merupakan mitos yg SALAH di dunia kedokteran, namun berhubung sudah umum jadinya terus dipake. Kabarnya, yg benar manusia sudah mempergunakan sekitar 30% dari kemampuan otak dan sisa 70% yg belum tereksplor.

      Kabarnya loh :)

      • munfaridon says:

        Ada cara untuk membangkitkan potensi yang masih tertidur dalam diri kita, dalam sebuah buku laris (Divine Code of DNA: Tuhan dalam Gen Kita) di terangkan bagaimana membangkitkan DNA yang menguntungkan diri kita dan menidurkan DNA yang merugikan, ada potensi yang tersimpan dalam gen gen kita, jadi cukup menarik untuk di baca…..

      • munfaridon says:

        Bagaimana pendapat mas COSA, bahwa “sukses itu bukan di dapatkan tapi di ciptakan”….?

        • Cosa Aranda says:

          memang seperti itu mas, kan untuk sukses kita harus ‘berusaha’ dan ‘berjuang’. kombinasi usaha + perjuangan itu akan menghasilkan / menciptakan kesuksesan. makanya kebanyakan orang sukses adalah orang2 yg udah pernah gagal, karena cuman orang2 yg udah pernah gagal aja bener2 bisa berusaha dan berjuang :)

  19. […] waktu 2-3 jam sehari untuk fokus, fokus dan fokus seperti mas haris serta praktek praktek dan praktek seperti yang di katakan mas cosa sehingga dalam waktu 3 bulan $1.000 akan datang (kalo dah lancar    ). di Kutif dari mas cosa […]

  20. reez says:

    makasih mas artikelnya……

  21. Sinau SEO says:

    Sip, dicoba, dicoba

  22. trim’s ya….. mengena sekali….

  23. Turisuna says:

    Emang bener, selama ini paling susah untuk disiplin, masih kalah ama godaan ini itu, klo liat temen chattingan masih suka ikut-ikutan, lupa deh ama tujuan 😛

  24. makasih artikelnya om…
    Inspiratif

  25. ismail says:

    UPDATE TERUS YOOOOO!!!!

  26. Bali Travel says:

    weleh kayak nya uninstal ym ga mungkin, karena orderan gw dapat dari sana. Tapi hal yang paling gw setuju adalah disiplin. Itu yang gw belum punya dan harus gw punya.

  27. muslih72 says:

    Yo’i luangkan waktu 15 menit untuk update blog, dan konsist X ya ?

  28. abu nawas says:

    barusan aku coba berinvestasi buat beli domain & hosting … kayanya lebih greget gitu.

    • abah says:

      beli dimana ..??abah mau juga ah..abis berapa..abah juga pengen ah punya jongko”..buat dagang..ntar kita sharing perkebangannya..kang abu..!!

  29. Bagus banget tuh motivasinya

  30. Mizwar says:

    Saya cuma mo menggaris bawahi masalah investasi waktu seperti yg om cosa jelaskan. Memang saya sadari, hal tsb adalah faktor pengganggu utama saya dalam menjalankan bisnis online ini.

    So…let’s uninstall it…

    Thanks ya Om…ga nyesel ane jadi murid nya (baca : member panduandasar.com)

  31. Ferry says:

    wah… dibahas jg disini, pertanyaan saya waktu gathering dulu(eh… bisa d sebut gathering g yaa klo cuman kita b3? he).
    Thanks mas ngingetin saya buat lebih fokus & disiplin lg ;)
    Apa artikel ini skaligus nyindir temen2 seperjuangan yg getol minta gathering, eh pas beneran diadain… malah ga dateng?

  32. iruel_imut says:

    ok dech ,q akan disiplin mulai skrg dalam bljar im.makacih mas cosa moga dapat ilmu yang byk lg dari mas cosa.

  33. weh judulnya nguagetin,tp bener asal mau memanfaatkan apa yang ada,kita pun bisa,tiada akar rotan pun jadi he he apa yang ada saat ini itulah yang terbaik,meski cuma akar anggap aja rotan,gak usah lirak lirik,jangan di pake alasan untuk gagal,
    la wong saya cuma pake ini?
    la wong saya gak punya itu?

    • Cosa Aranda says:

      secara psikologis, manusia cenderung menggunakan kelebihan orang lain sebagai alasan untuk menutupi kekurangan diri sendiri. so, jangan mau jadi manusia biasa dong, kudu jadi manusia luar biasa yg gak suka cari2 alasan untuk gagal :)

  34. 12obin says:

    Latihan dulu aja pak, pake freehosting n free domain. :)

  35. $1000 dalam 3 bulan? set dah… KErenNNN @[email protected]
    kalo bung cosa isa masa kita nda bisa…
    cara pandang yang benar-benar menarik…
    optimalkan potensi diri dan dapatkan hasil yang memuaskan…
    Artikel ini membuat saya jadi bersemangat kembali..
    terima kasih untuk artikel yang bermanfaat ini bang cosa…

    salam AndriRistiawan- calon pengusaha Agrobisnis Sukses!!

  36. […] yang saya janjikan kemarin di artikel mengenai pemanfaatan potensi diri sebagai modal, kali ini saya akan memberikan contoh bisnis internet yang bisa dilakukan dengan modal minimal. […]

  37. Nugraha says:

    pengorbanan paling berat menurut saya adalah pengorbanan hati. karena biasanya kita sudah capek-capek update, sudah capek-capek cari backlink tapi hasilnya tetep aja tidak kelihatan bahkan tidak ada. How to solve this problem. soalnya kalau udah begini pikiran jadi ngelantur kemana-mana, malah nyari2 cara untuk kaya dalam waktu singkat, langsung klimpungan nyari ebook2 berbayar, dan akhirnya uang kita keluar dengan sangat cepat tanpa perhitungan. bagaimana bang ?

    • Cosa Aranda says:

      seperti udah disebutkan di artikel 8 persiapan pebisnis internet, harus ada mindset bahwa bisnis internet bukan bisnis cepat kaya. butuh waktu dan butuh modal. asal mindset itu udah bisa diterima dan dipahami dengan baik, kita pasti bisa menahan diri untuk cari2 pelarian atas kesuksesan kita yg tertunda :) <-- keren jg ini bahasaku, hihihi.

  38. salam mas cosa… :D
    sharing pengalaman yang amat sangat berguna untuk saya blogger baru :D :D
    paling penting memang memaksimalkan diri sendiri :D

    “kita harus memaksimalkan apa yang ada di dalam diri kita. Termasuk itu tubuh (keuletan), akal (pengetahuan), dan pikiran (mindset, tekat, moral). Dengan memanfaatkan ketiga faktor tersebut sebaik-baiknya, kita akan bisa mengeliminir faktor minusnya materi…”
    saya suka banget ini :D jadi semangat

    dahsyat salam hangat:D

  39. bayu mukti says:

    3 investasi yang mantap dan ga perlu modal banyak :D

  40. Lutvi Avandi says:

    Hihihi… nyoba jual diri juga aaaahhh

  41. […] Postingan yang saya buat kali ini juga ada kaitannya dengan tulisan Mas Cosa Aranda yang berjudul Kurang Modal? Jual Diri Donk?. Ya mungkin karena kita memiliki satu visi yaitu menjadi seseorang yang mandiri, makanya kita bisa […]

  42. […] dari sumber lain merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan skill kita melalui investasi ilmu. Membeli produk digital, misalnya ebook dan video tutorial, merupakan cara […]

  43. hmmm…tobat deh ane baca artikelnya mas cosa…kenapa dari dulu gw gak jual diri yah..hmmm gw punya ide sekarang: gw mau jual diri ma “jual diri orang ah” sah kan mas cos??

  44. romanzick says:

    lho mas kalo udah jual diri tapi ngga laku laku gimana hayo.. wekekeke… mengenai 3 bulan dapat 1000 usd itu kayaknya perlu dijlentrehkan lebih lanjut deh mas, .. thanks dong

  45. faris vio says:

    iya… banyak praktek tek tek…, dan jangan lupa berdoa, artikel di atas bisa jadi inspirasi untuk lebih maju..

  46. pindar says:

    wah..soal yang fokus itu..hehe. banyak keganggu oleh pihak ketiga, salah satunya keasyikan baca blog mas Cosa ini, hehehe

  47. abah says:

    mas kosa abah punya saran niih..gimana klo bikin program seperti tissa godvitarne versi mas kosa..jd kita sbagai member PD.com..bisa saling bantu../ada yg bisa dikerjakan bersama-sama..tpi perusahaannya perusaahan lokal..

  48. singgih says:

    hebat kali dah mas cosaaranda ……..
    setiap artikel sangat berarti thankz berat dah atas share.y

  49. Menjual diri bisa di katakan melacur jadi harus siap terhina..memulai dari nol ( terhina dulu ) untuk hasil yang mulia ( sukses )..Trimakasih mas cosa atas artikel nya yang inspiratif..gud..gud..gud..

  50. no.or says:

    sekali lagi… artikel yang berbobot dan berkelas.. tak percuma meluangkan waktu baca-baca blognya mas cosa.
    :cendol :sup2:

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Kurang Modal? Jual Diri Dong!": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy