Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Laporan Kopdar Blogger Nusantara 2011

Oleh | Publikasi: November 2, 2011 12:55 am
Panduan 28 Hari Menguasai SEO

Hari 1 – Jum’at, 28 Oktober 2011

Mungkin saya adalah peserta yang pertama datang. Bayangkan, acara dimulai jam setengah 10 pagi, saya sudah standby di lokasi sejak jam 7 kurang lima! Bukan karena sok cemungudh, melainkan karena paginya saya harus mengantar ‘seseorang’ ke stasiun Pasar Turi untuk naik kereta jam 6 pagi, sehingga rasanya sayang kalau harus pulang balik ke rumah dulu baru berangkat ke Sidoarjo.

Niat awal untuk tiduran di tempat parkir juga gagal terlaksana karena ternyata matahari pagi di Sidoarjo jauh lebih nafsu ketimbang di Surabaya. Alhasil, untuk menghabiskan waktu, saya pun berjalan-jalan mengelilingi kompleks Sun City yang kebetulan untuk pertama kalinya saya jejaki.

Waktu berlari dan satu demi satu peserta kopdar mulai hadir. Saya mulai minder melihat mayoritas peserta yang masih muda dan semuanya berpakaian rapi. Saking mindernya, saya pun memutuskan untuk berganti sepatu dan menggunakan jaket untuk menutup kaos oblong yang saya gunakan sebelum akhirnya melangkah memasuki gedung Convention Hall.

Singkat cerita — sengaja disingkat karena bila diteruskan bisa benar-benar panjang ceritanya — acara pun dimulai. Diawali dengan pembukaan oleh Steering Commitee Kopdar, Ki Demang Suryaden, dan perwakilan sponsor, mbak Mubarika dari IdBlogNetwork (minta foto yang kemarin dong, mbak :) ), serta oleh Wakil Bupati Sidoarjo, bapak Hadi Sucipto yang cukup bersemangat menyampaikan sambutannya (sampai lupa waktu, hehehe).

Acara utama di hari pertama dimulai setelah shalat Jum’at dan makan siang.  Pembicara pertama dari Blibli.Com, yang mohon maaf saya lupa namanya  :hammers Yang jelas, beliau menyampaikan materi bertema “Be A New Influencer” yang mengangkat pentingnya tema dan konten blog yang bisa meng-influence dan menginspirasi orang lain, terutama pengunjung blog. Cukup surprise juga di sini karena saya pikir, sebagai salah satu sponsor, mereka akan mempromosikan situs start-up mereka.

Pembicara kedua adalah Willis Wee, blogpreneur gaul asal Singapura, pemilik situs Penn-Olson.Com.  Pemuda yang mengaku hobinya ngelamun sambil ngeliat bintang di malam hari ini membawakan tema “Why Content Is (Still) The King” atawa “mengapa konten masih penting bagi sebuah blog”. Sesi ini sebenarnya berjalan cukup menarik karena Willis tidak sungkan untuk berinteraksi langsung dengan peserta dan mengajak mereka untuk curcol mengenai masalah yang mereka hadapi. Sayangnya, kendala bahasa yang harus dijembatani oleh translator membuat acara berlangsung kurang lancar dan sebagian peserta yang mungkin pelajaran nilai pelajaran bahasa Inggris-nya kurang baik akhirnya memilih untuk ngobrol sendiri  :nohope:

Rangkuman materi sudah disediakan oleh Willis di situsnya Penn-Olson. Monggo langsung meluncur ke TKP, gan :tkp

Sebagai tambahan, berikut ini rangkuman materinya menurut versi saya :)

Konsep Kitab Suci Blogging

Konsep Kitab Suci Blogging

Elemen Kitab Suci Blogging

Elemen Kitab Suci Blogging

Pada dasarnya, menurut Willis, untuk menciptakan blog yang hebat, kita harus punya konten yang hebat pula. Nah, untuk membuat konten yang hebat, kita harus paham mengenai apa yang kita tulis dan pada siapa kita menulis. Selanjutnya, konten kita harus memiliki sesuatu yang beda. Pembeda di sini berasal dari kualitas tulisan, personalitas dan cara penulisan, serta penggabungan konsep menulis ala blogger dan jurnalis. Terakhir, agar orang tahu bahwa kita punya konten yang hebat, sudah pasti kita harus punya sistem distribusi konten yang handal. Empat di antaranya adalah melalui jejaring sosial, interaksi dengan penunjung, blogwalking (Willis menyebutnya Link Building), serta tak lain dan tak bukan, SEO.

Ngomong-ngomong, ada satu yang membuat saya senyum-senyum sendiri di sini. Di akhir presentasi, Willis menyampaikan bahwa peserta sebaiknya menganalogikan blognya sebagai sebuah restoran, dimana konten adalah sajian menu atau makanan yang dihidangkan. Analogi ini sama persis dengan yang saya sampaikan di ebook SEO PanduanDasar.Com maupun pada saat dulu saya membawakan workshop SEO. Jangan-jangan bro Willis nyontek nih  :ngacir:

Pembicara terakhir adalah blogpreneur lokal, Yansen Kamto. Jujur saja pada awalnya saya sama sekali tidak kenal dengan pria asal Pontianak ini. Namun setelah googling sana-sini, ternyata cukup tenar juga sepak terjangnya di dunia IT Indonesia. Info detilnya silahkan dicari sendiri ya, gak nemu blog personalnya sih.

Materi yang dibawakan di sesi terakhir kopdar hari pertama ini adalah mengenai professional blogging. Saya tidak sempat mencatat judul presentasinya, namun sekilas berhubungan dengan “Blog is an industry“, jadi anggap saja itulah judulnya, hehehe. Di sini, selain masih menekankan pentingnya konten dan pentingnya menganggap aktivitas ngeblog sebagai sebuah pekerjaan yang serius, beliau juga menunjukkan 5 poin penting yang harus dipatuhi agar blog kita bisa terus eksis dan jaya di udara.

Professional Blogging

Professional Blogging

Perhatikan bahwa konsep di atas tidak jauh berbeda dengan konsep yang dibawakan oleh pembicara sebelumnya.

Satu tips menarik yang disajikan di sini adalah saran untuk selalu updet dengan tren yang terjadi di masyarakat saat ini dan berusaha untuk sebisa mungkin mengkaitkannya dengan konten blog kita, walau cuma nyerempet sekalipun. Sebagai contoh, apabila blog kita bertema kuliner, kita bisa saja membahas mengenai masakan favorit Ustad Solmed  :sungkem

Sampai di sini berakhirlah acara utama kopdar. Sayangnya saya tidak kuat untuk hadir di acara Mimbar Bebas malam harinya karena saya belum sempat tidur sejak hari Kamis. Daripada pulang malam-malam terus nyasar masuk ke lumpur Lapindo, lebih baik langsung pulang saja deh :ngacir2

Ups, hampir lupa. Di sela-sela pergantian acara, sempat diadakan ‘kuis’ slogan Blogger Nusantara. Berbagai ide bermunculan, sampai akhirnya didapat satu slogan yang ‘pasti’ (tanda kutip loh). Yaitu….

Blogger Nusantara…

….

NDESOOO!!!

:ngakak :ngakak :ngakak :ngakak :ngakak

Lebih lucu lagi, ketika MC — yang membawakan pekerjaannya dengan sangat baik selama kopdar berlangsung — meneriakkan kata XL (sponsor utama) yang seharusnya disambut dengan kalimat “Selangkah Lebih Maju” yang merupakan tagline mereka saat ini, peserta justru meneriakkan kata NDESO! Sebaliknya, jika yang diteriakkan kata “NDESO”, balasan yang lantang terdengar adalah “XL” !!!

:ngakak :ngakak :ngakak :ngakak :ngakak

Sepertinya ini bakal jadi event Kopdar Blogger Nusantara yang pertama dan terakhir disponsori oleh XL deh…  :ngakaks

Tapi denger-denger memang banyak peserta kopdar yang mendapat pengalaman buruk ketika menggunakan XL untuk akses internet. Jadi lumrah saja jika akhirnya mereka menggunakan acara ini sebagai ajang ‘balas dendam’   :ngakaks

Halaman: 1 2 3

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

28 Responses to “Laporan Kopdar Blogger Nusantara 2011”

  1. bro eser says:

    Akhirnya “ndeso” kata ndeso yang dipopulerkan XL nyerang balik ke sponsor… Btw senang juga akhirnya bisa ketemu dengan salah satu blogpreneur tenar Indonesia

  2. adetruna says:

    saya beberapa kali dikasih tahu teman bahwa itu loh Cosa Aranda saat perhelatan ajang KOPDAR BLOGGER NUSANTARA kemaren; 😛

  3. sibair says:

    wahhh liputan keren mas Cosa. Sayang waktu itu kita gak sempat berbincang langsung ya..

  4. afrid says:

    oh ini yah acara yg masuk di koran kalimantan tempat saya, he he..

    kayakny seru banget

  5. Ribut says:

    Lho, mas cosa ikut acaranya to?? kok kayaknya gak kelihatan?? apa emang sengaja menyembunyikan diri??:hmm:

  6. ~MHC~ says:

    Senengnya melalui event ini aku bisa kenal dan kopdar ama mas Cosa Aranda… kapan2 minta diajari bisnis online dunk, mas… hehehe… kemarin belum sempat tanya-tanya uda pulang :(

  7. WAah. .
    padahal pengen foto dengan sampean lho mas cosa. .
    saya ga ngerti kalau ente dateng. .saya yang pake sarung sendiri di acara malem2, , deket mas kukuh.. hehe

  8. Lutfi Retno says:

    Kita kmrin sempat kenalan nggak ya? Aku Lutfi dari Jogja. Kmrin pas di mimbar bebas yang jadi MC-nya. Aku juga dah posting di blogku loh.

    • Cosa Aranda says:

      belum sempat kenalan mbak, tapi kalo penampakannya mbak lutfi sih udah tau.. secara pas mimbar bebas duduknya pas di seberangnya (agak ke belakang dikit sih), hehehe.

  9. bukik says:

    Wah ulasannya keren, segar dan asyik
    Belajar banyak buat menulis ulasan keren

    Hehehehe kadung janji traktir kepiting……

  10. Pekanbaru says:

    wah keren banget acaranya.. sayang banget saya gagal datang karena kurang 80 karakter (artikel kontes) hehehe….
    semoga kopdar berikutnya kita bisa ketemu ya mas…
    Salam kompak dari Pekanbaru Riau :)

  11. […] tengah-tengah acara Kopdar Blogger Nusantara 2011 di Sun City Convention Hall, Sidoarjo, akhir bulan Oktober lalu, XL, selaku salah satu sponsor […]

  12. mubarika says:

    terima kasih atas kedatangannya mas Cosa. nanti sy kirim foto dokumentasi kita berdua yaaaaa:-)

  13. Rusa says:

    Huwaaa, baru baca panjang banget yak :D
    Eh ternyata dapat backlink dari sini Rusa #eaaa #fakirbacklink

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Laporan Kopdar Blogger Nusantara 2011": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy