Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Laporan Kopdar Blogger Nusantara 2011

Oleh | Publikasi: November 2, 2011 12:55 am
Art of Stealing Wordpress Themes

Hari 2 – Sabtu, 29 Oktober 2011

Kalau hari pertama saya datang paling pagi, di hari kedua saya datang terlambat. Bukannya balas dendam, tapi saya sempatkan dahulu untuk mampir ke kantor pos Jemursari dan mengamankan payout salah satu akun Google Adsense saya. Lumayan buat uang saku jalan-jalan, hehehe.

Begitu sampai di TKP, acara sudah memasuki sesi kedua, dimana ada rekan Budhi Hermanto  yang berbicara mengangkat masalah Citizen Journalism 2.0 atau suara komunitas. Karena saya kurang tertarik dengan temanya, saya lebih banyak merenung menyesali terlewatnya sesi pertama — mbak Valencia Mieke Randa a.k.a JustSilly dari Blood4Life. Penasaran banget dengan tema donor darah yang diangkatnya. Apalagi di belakang ada beberapa peserta yang masih membahas kekagumannya akan materi tersebut. Tambah penasaran  :(

Materi berikutnya berasal dari salah satu sponsor, East Ventures, yang mengangkat tema pendanaan startup. Sayang perwakilan utama dari perusahaan tersebut berhalangan hadir sehingga digantikan oleh mbak Mubarika. Ini bukan tanpa alasan, karena IdBlogNetwork sendiri ternyata memang merupakan salah satu portfolio dari East Ventures. Bahkan, Penn-Olson (pembicara di hari pertama) dan Rovio Entertainment (perusahaan di balik si burung pemarah, Angry Birds), juga termasuk sebagian kecil dari portfolio mereka. Wow  :thumbup

Di sini, disebutkan mengenai program East Ventures Alpha, dimana siapa saja yang memiliki ide fresh mengenai startup lokal bisa mengaplikasikannya ke East Ventures dan, jika disetujui, akan didanai sepenuhnya oleh mereka. Detil infonya ada di sini.

Terus terang saya cukup tertarik dengan masalah pendanaan ini. Coba apply, ah! Siapa tahu mereka tertarik untuk mendanai pengembangan situs hiburan lokal yang punya hampir 150,000 komunitas Facebook dan pengunjung di atas 100 ribu per hari :)

Setelah break makan siang dengan lauk yang cukup komplit, hadirlah pembicara yang sudah ditunggu oleh buanyak peserta sejak hari pertama — Vinny Vijeykuumar, Senior Conversion Specialist Southeast Asia Google. Pria botak ini mengangkat tema bagaimana kita bisa membuat konten yang hebat dengan memanfaatkan data. Pemanfaatan data di sini sudah tentu melalui aplikasi-aplikasi yang sudah disediakan Google.

Agar lebih mudah dipahami, saya coba gambarkan dalam bentuk diagram di bawah ini.

Using Data to Create Great Content

Using Data to Create Great Content

Pada diagram, terlihat bahwa ada tiga urutan langkah yang bisa kita lakukan untuk membuat konten yang keren dan situs yang eksis. Selain itu, terlihat juga bahwa kita sebenarnya bisa dengan maksimal memanfaatkan tool-tool gratis yang sudah disediakan oleh Google — Analytics, Insight for Search, Website Optimizer, dan DoubleClick Ad Planner.

Kapan-kapan mungkin bisa saya jelaskan lebih detil tentang penggunaan tool-tool tersebut.

Meski terbatasnya waktu membuat tidak banyak yang bisa digali dari om Vinny, namun saya cukup puas dengan bahasan beliau. Sempat juga ada bocoran fitur baru Google Analytics yang saat ini baru bisa diakses oleh segelintir orang yang beruntung, yaitu Visitor Flow Visualization. Ada yang sudah menemui fitur ini di Google Analytics?

Antusiasme peserta juga cukup heboh di sesi ini, terlihat dari banyaknya jumlah penanya. Bahkan ada yang nekat menanyakan perihal Google Panda, yang oleh om Vinny ogah dijawab, hehehe.

I know about Google Panda, but I CAN’T tell you anything about it,” katanya.

Usai materi, salah satu teman mengajak untuk ngopi-ngopi sejenak di mall Sun City. Lumayan murah juga. Meski settingnya cafe, tapi harganya kaki lama. Hot Cappucino cuma 6 ribu perak, hehehe.

Oh ya, sesi talkshow lainnya yang ada di hari kedua ini adalah dari Teddy Bara (kalau gak salah dari pihak XL) yang mengangkat mengenai komunitas, Sugiharto yang sukses berbisnis kambing etawa secara online (cukup inspiring bagi yang ingin mulai berjualan di internet), dan yang terakhir ada sesi keroyokan dengan tiga narasumber, yaitu Rara (tema komunitas), Kukuh TW (tema blogpreneur), dan satu lagi mohon maaf saya tidak tahu namanya  :hammer:

Berhubung kali ini saya sudah memiliki persiapan mental yang cukup, saya pun memutuskan untuk lanjut ke camp dan mengikuti acara Mimbar Bebas. Penasaran seperti apa bentuk GOR yang bertransformasi jadi barak, sekaligus juga pelaksanan Mimbar Bebas.

Dengan penuh perjuangan (karena tidak tahu denah lokasi), saya pun tiba dengan selamat di GOR. Di sebelah gedung tenis indoor ternyata sedang ada acara resepsi pernikahan, sehingga saat itu suasana sungguh full musik  :kr Usai bersilahturahmi dengan rekan-rekan blogger yang berpapasan, saya malah terbawa ajakan bos Bukik untuk makan malam bersama dengan beberapa blogger lainnya (yang gak di-link berarti saya gak tahu situsnya ya, bukan sentimen) di luar, hehehe. Sayang menunya kepiting, binatang yang anti saya santap sejak tragedi alergi udang beberapa tahun lalu…

Beberapa saat setelah kembali ke camp, acara Mimbar Bebas pun dimulai (lihat foto di halaman pertama). Selain info dari komunitas, tema yang diangkat di antaranya mengenai para blogger yang menjadi relawan merapi, mengenai sosialisasi internet di masyarakat, serta mengenai pentingnya membentuk badan hukum bagi komunitas yang ingin berkembang. Meski ada sebagian yang sudah tidak kuat menahan kantuk, dan juga tidak kuat untuk tidak jalan-jalan keliling kota, ternyata masih banyak juga bersemangat mengikuti acara ini. Salut!  :thumbup

Saya sempat ingin menyapa mas Kukuh TW di sini — kebetulan secara online kita sudah pernah bertukar sapa sejak lama — tapi berhubung tampaknya beliau sedang galau, saya pun mengurungkan niat  :Yb

Sudah hampir setengah dua belas malam ketika saya pun memutuskan untuk pulang ke rumah. Mumpung masih ada konsentrasi untuk melajukan mobil. Agak berat rasanya harus meninggalkan Sidoarjo, apalagi hari ketiga kopdar saya sudah memastikan untuk absen. Next year, jika ada kesempatan untuk ikut serta kembali, dimanapun itu (denger-denger sih di Makassar), saya pasti akan hadir 100%  :travel

Semoga Blogger Nusantara tetap ndeso selamanya :D

Halaman: 1 2 3

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

situs judi

28 Responses to “Laporan Kopdar Blogger Nusantara 2011”

  1. bro eser says:

    Akhirnya “ndeso” kata ndeso yang dipopulerkan XL nyerang balik ke sponsor… Btw senang juga akhirnya bisa ketemu dengan salah satu blogpreneur tenar Indonesia

  2. adetruna says:

    saya beberapa kali dikasih tahu teman bahwa itu loh Cosa Aranda saat perhelatan ajang KOPDAR BLOGGER NUSANTARA kemaren; 😛

  3. sibair says:

    wahhh liputan keren mas Cosa. Sayang waktu itu kita gak sempat berbincang langsung ya..

  4. afrid says:

    oh ini yah acara yg masuk di koran kalimantan tempat saya, he he..

    kayakny seru banget

  5. Ribut says:

    Lho, mas cosa ikut acaranya to?? kok kayaknya gak kelihatan?? apa emang sengaja menyembunyikan diri??:hmm:

  6. ~MHC~ says:

    Senengnya melalui event ini aku bisa kenal dan kopdar ama mas Cosa Aranda… kapan2 minta diajari bisnis online dunk, mas… hehehe… kemarin belum sempat tanya-tanya uda pulang :(

  7. WAah. .
    padahal pengen foto dengan sampean lho mas cosa. .
    saya ga ngerti kalau ente dateng. .saya yang pake sarung sendiri di acara malem2, , deket mas kukuh.. hehe

  8. Lutfi Retno says:

    Kita kmrin sempat kenalan nggak ya? Aku Lutfi dari Jogja. Kmrin pas di mimbar bebas yang jadi MC-nya. Aku juga dah posting di blogku loh.

    • Cosa Aranda says:

      belum sempat kenalan mbak, tapi kalo penampakannya mbak lutfi sih udah tau.. secara pas mimbar bebas duduknya pas di seberangnya (agak ke belakang dikit sih), hehehe.

  9. bukik says:

    Wah ulasannya keren, segar dan asyik
    Belajar banyak buat menulis ulasan keren

    Hehehehe kadung janji traktir kepiting……

  10. Pekanbaru says:

    wah keren banget acaranya.. sayang banget saya gagal datang karena kurang 80 karakter (artikel kontes) hehehe….
    semoga kopdar berikutnya kita bisa ketemu ya mas…
    Salam kompak dari Pekanbaru Riau :)

  11. […] tengah-tengah acara Kopdar Blogger Nusantara 2011 di Sun City Convention Hall, Sidoarjo, akhir bulan Oktober lalu, XL, selaku salah satu sponsor […]

  12. mubarika says:

    terima kasih atas kedatangannya mas Cosa. nanti sy kirim foto dokumentasi kita berdua yaaaaa:-)

  13. Rusa says:

    Huwaaa, baru baca panjang banget yak :D
    Eh ternyata dapat backlink dari sini Rusa #eaaa #fakirbacklink

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Laporan Kopdar Blogger Nusantara 2011": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy