Sukses Bisnis Affiliasi Rahasia Sukses Clickbank VKios Pasang Iklan Di Sini Pasang Iklan Di Sini

Jualan Produk Fisik vs Jualan Produk Digital

Oleh | Publikasi: March 19, 2010 11:22 am
Instant Internet Business Ideas

Kembali lagi di lanjutan seri artikel Belajar Bisnis Affiliasi.

Kali ini, kita akan membahas dua opsi berdagang yang ada pada salah satu jalur bisnis affiliasi, Pay Per Sales (PPS), yaitu menjual produk fisik atau menjual produk digital. Meskipun secara garis besar prinsipnya sama — promo dan jual — namun secara teknis strategi bisnis yang dilakukan agak berbeda. Inilah yang akan kita kupas (agak) tuntas. Tujuan akhirnya, agar Anda punya gambaran lebih mengenai bisnis affiliasi dan dapat memilih bisnis affiliasi mana yang paling sesuai dengan soul Anda. Kalau pun jalurnya Pay Per Sales, ya bisa dikerucutkan lagi pilihannya, apakah ingin menjual produk fisik atau produk digital. Oke, cuy?

Nah, dalam ilmu pemasaran versi saya :) salah satu tehnik ampuh untuk memaksimalkan penjualan adalah dengan memahami karakteristik pasar produk yang kita jual. Karakteristik itulah yang nantinya akan mempengaruhi tehnik-tehnik pemasaran apa yang seharusnya kita lakukan.

Coba cekidot tabel di bawah ini, gan.

Tabel Perbandingan Parameter Pasar Terhadap Produk Digital dan Produk Fisik

* Nominal persentase di atas hanya merupakan perbandingan tingkat prioritas dan tidak menunjukkan nilai / data yang sebenarnya (karena tidak ada survey yang mendukung)

Dari tabel perbandingan di atas, seharusnya Anda sudah dapat menentukan tehnik-tehnik pemasaran apa saja yang cocok diterapkan untuk masing-masing jenis produk dan memastikan apakah memang Anda memiliki sumber daya yang cukup untuk menjalankan bisnis affiliasi tersebut.

Sebagai contoh, mayoritas pasar pembeli produk fisik adalah orang-orang yang memang berniat untuk membeli. Tujuan mereka untuk online adalah untuk mencari informasi tambahan mengenai produk yang bersangkutan (review, pros / cons, perbandingan harga, dan sebagainya) untuk lebih memastikan bahwa produk tersebut memang layak untuk dibeli. Setelah yakin, mereka akan mencari penjual online (apabila memutuskan untuk membeli secara online) yang bisa dipercaya. Oleh karena itu, apabila Anda memilih untuk menjual produk fisik, maka beberapa hal yang perlu diperhatikan (berdasarkan data di atas) adalah:

  • Review mengenai produk yang bersangkutan, dengan menekankan pada unsur manfaat dan kelebihannya dibanding produk sejenis.
  • Keuntungan membeli dari penyedia produk yang bersangkutan (misal Amazon) dan perbandingan harga dengan penyedia produk yang lain. Kalau pun lebih mahal, pastikan bahwa harga mahal tersebut sebanding dengan kualitas dan pelayanan yang diberikan. However, mayoritas calon pelanggan akan mencari penyedia produk yang memberikan harga lebih murah dibanding yang lain.

Salah satu perbedaan strategi yang paling mencolok dengan tehnik penjualan produk digital adalah, pada penjualan produk digital, fokus pemasaran Anda adalah meyakinkan calon pelanggan bahwa produk tersebut adalah solusi dari masalah yang ia hadapi. Bisa jadi calon pelanggan yang bersangkutan tidak punya gambaran mengenai produk tersebut atau baru pertama kali mendengarnya, sehingga harus dilakukan segala cara agar mereka benar-benar yakin terhadap nilai manfaat produk tersebut. Itu sebabnya Anda tidak perlu heran atau sebel dengan adanya sales letter produk digital yang terkesan lebay, karena ya memang itu tujuannya :)

Oke deh, berhubung yang dibahas di sini hanya kupas (agak) tuntas saja, selanjutnya saya persilahkan untuk didiskusikan sendiri di area komentar yang ada di bawah artikel ini :)

Bye.

       
   

Ingin mendapatkan updet terbaru CosaAranda.Com lebih dahulu dari yang lain? Daftarkan saja diri Anda di feed CosaAranda.Com, atau follow @CosaAranda2010. Jangan lupa, kunjungi situs saya yang lain, PanduanDasar.Com, untuk tips, trik, dan tutorial seputar bisnis internet yang lebih advanced.

peluang bisnis online jangka pendek dan jangka panjang

114 Responses to “Jualan Produk Fisik vs Jualan Produk Digital”

  1. Rock says:

    Makasih untuk sharingnya mas…

  2. Salah satu yang berat dari menjual produk fisik adalah modalnya yang jauh lebih besar dari produk digital, tetapi ya begitu.. kalo produk digital disarankan mempunyai kemampuan “lebih” dalam bidang internet jiak tidak akan mengalami kesulitan disana sini :cendol

  3. Trik Sulap says:

    saya suka produk digital karena bisa menjangkau pembeli sampai ujung daerah hanya dengan 1 online :hope

  4. van says:

    mantap mas cosa,
    akhirnya tau jga seluk beluk si affiliasi.
    makasih mas :cendol

  5. terima kasih mas Cosa atar sharing artikel nya,:cendol :cendol bisnis afiliasi produk memang menuntut fokus dan kesabaran untuk sukses, riset yang mendalam mutlak diperlukan untuk memilih produk yang marketable

  6. Pada dasarnya strateginya sama ya om cosa? :cendol :cendol :thanks2

  7. biasanya soal fokus yang jarang dilakukan oleh banyak affiliate, maunya menjual banyak barang tapi akhirnya.. tak ada satupun yang di kuasai. Thanks for sharing.

  8. masing-masing punya kelebihan dan kelemahan. Orang membeli produk digital karena punya masalah dan orang membeli produk fisik bisa untuk lifestyle semata.

  9. Anton says:

    Numpang belajar gan

  10. berhubung masih newbie.. jadi untuk sementara saya reading2 aja dulu :D

    terimakasih banyak mas Cosa :D

    salam

  11. dafiDRiau says:

    dari segi kemudahan, termasuk transportasi, produk digital paling ok, modal kecil, ga ribet…

  12. Ripiu says:

    Biasanya orang lebih percaya pada produk fisik karena jelas bentuk dan wujud yang akan dibeli :hoax

  13. Suarakelana says:

    Makasih mas Cosa, ini uraian yg memang saya harapkan. Saya simpulkan bahwa untuk produk fisik prioritasnya adalah bisa melayani kebutuhan kastamer, sedangkan utk produk digital penting sekali jika bisa memunculkan atau mendorong terbentuknya kebutuhan calon kastamer (misal via sales letter tsb).

  14. cahyo says:

    hmm.. semua memang ada +/- nya,
    tapi menurut gw paling enak punya keduanya, menjual produk non-it yg dipasarkan lewat web, pasti maknyus hasilnya.

  15. A9YnD1LV3R says:

    Makasih mas Cosa artikelnya.
    Menambah pengetahuan saya di bidang Affiliate.

  16. Kalau ada saran buat pemula spt saya yang belum punya banyak modal,, bisnis afilias apa yaa yang cocok dikerjakan …

  17. Nubie says:

    Kali ini kupas agak tuntas berarti lain kali ada versi tuntas abis ya bro :)

  18. reviewsitus says:

    mantab artikelnya..klo boleh lebih dalam lagi mas hehehe

  19. jual produk digital mmg prl konsentrasi tinggi. Soale ada produk sejenis di pasaran yg di jual bundle dan lebih murah dan lebih lebay tentunya dibagian sales letter-nya

  20. Sepertinya memang harus punya taktik atau strategi dalam memasarkan produk affiliate.

  21. jeeroloo says:

    produk digital atau produk fisik? bg gw kayaknya lebih repot produk fisik deh kalo penjualannya via onlen. soalnya banyak konsumen ragu dan belum yakin apakah produknya bagus atw ga kalo dah sampe. pilih mana jualan onlen melayani 10 pelanggan per hari yand datang dari seluruh nusantara atau melayani 7 pelanggan yang datang ke kios kita?

  22. ningthea says:

    Jadi inget kata dosen, barang digital itu relatif murah biaya produksi dan distribusinya, tapi memang mahal biaya R&D. Makanya produsen barang digital suka sewot sama yang namanya pembajakan :)

  23. ningthea says:

    maksudnya dengan pembajakan, si pembajak tidak menanggung biaya penelitian dan pengembangan, dan biaya produksi dan distribusinya pun reltif murah banget, kan tinggal digandakan dan dikirim vie email saja :)

  24. klo amazon pake script aom gmn mas bagus ga? trus mau tanya klo acc.adsense didisable cara ngembaliinnya gmn thanks

    • AOM…ok juga, cuman settingnya agak ribet dan perlu optimasi seo yang optimal.

      Untuk adsense didisabled…coba kirim email permohonan aktivasi lagi aja dulu. Klo ga bisa ya…musti bikin baru dgn nama dan alamat lain :)

  25. saya suka sama produk digital saja…

  26. Risq says:

    Salam kenal mas, kalo saya sih tergantung kebutuhannya saja mas, yg mau dicari apa dulu, saya sih suka dua2nya…

  27. Keunggulan produk fisik sudah pasti wujudnya ada dan nyata sehingga pembeli lebih sreg. Apalagi klo store yg mendistribusikan sekelas Amazon atau Ebay :)

  28. Marketiva says:

    Saya setuju…
    Produk digital memang memiliki pasar yang cerah nantinya..karena itu semakin banyak saja toko online..

  29. Penjualan produk fisik maupun digital pada prinsipnya sama. Hal yang paling penting keduanya adalah bentuk kemasan, cara penyajian konten, maupun kemudahan untuk membeli (supporting service) berpengaruh pada jualan produk (jasa) tersebut. Dilihat dari mana yang paling menguntungkan?? saya menilai kedua jenis hal tersebut sama-sama menguntungkan, tergantung konsentrasi kita dalam melakukan penjualan dan pemahaman produk yang akan kita jual.

  30. Ferry Prima says:

    dilihat dari parameter yang diberikan di tabel, saya merasa lebih cocok untuk berjualan produk fisik aja. :)

    kalo bang cosa sih jelas produk digital. hahah

  31. 0jack says:

    makasih bos dah mau sharing agak tuntas 🙂 tentang bisnis affiliasinya, ditunggu kupas tuntas tas tas tas…nya suwun

  32. business says:

    sepertinya utk sekarang org masih lebih senang cari info dlm digital dan menerapkan pada pembelian secara fisik, bentuk brg langsung, selain masalah keamanan. Biasanya kerusakan saat pembelian melalui internet, memerlukan waktu yg panjang dibanding langsung di tempat.

  33. hatsu says:

    makasih Mas udah kupas tentang dua jenis produk affiliasi ini plus tabel perbandingannya. ini juga tergantung karakter salesnya vs karakter (calon) customernya juga. pengenalan diri dan pengenalan potensi pasar penting juga bagi sang sales, supaya bisa fokus. :)

  34. thanks sudah berbagi ilmu!baru mulai belajar nih!salam kenal!

  35. andrie says:

    produk digital saat ini mudah banget di copy/bajak,
    misal produk dlm bentuk buku.

    klo utk buku, saya rasa budget pembeli produk fisik, rata2 diatas pembeli produk digital.
    banyak pengguna internet yg milih cari produk digital versi bajakan krn malas/gak mau keluar duit utk beli produk fisik

  36. Iphin Cow says:

    makasih mas atas sharing nya…
    anda memang top markotop!!

  37. randa says:

    saya suka dengan tabel di atas..gak kepikiran tapi mantab gan……

  38. sobat..aku link yah and kept posting..this site i very…very like!success for you!

  39. Tinggi Badan says:

    Saya menjual produk fisik di http://www.tinggibadan.com mas, baik buruknya bagaimana ya dengan prduk digital, saya dah 6 tahun menjalankan sistem ini, mohon saran nya,trims

  40. Mau coba untuk menambahkan, keunggulan produk digital daripada produk fisik adalah kemudahannya dalam hal pendistribusian. Karena produk digital tinggal didownload saja tanpa terbatas tempat dan waktu, jadi gak perlu pusing dengan masalah pengiriman barang, barang rusak, dsb. Otomatis biaya yang diperlukan juga berkurang.

  41. cindy says:

    lebih prefer produk fisik karena namanya juga fisik pasti bisa diliat n bs cek dan ricek juga.. :thumbup: :thumbup:

  42. kanjeng says:

    web anda bagus sekali

  43. Devy Online says:

    Sebetulnya produk apapun yang dijual, tidaklah akan berhasil..Apapun yang anda tawarkan tidak akan dilirik orang sebelum kita menguasai Affiliate Manajemen dan mempunyai Branding Image Yang kuat di Mata Pengunjung

  44. makasih infonya BOSS,,, oke punya tuch

  45. Baris Iklan says:

    produk digital jauh lebih mahal daripada produk fisik.

  46. agung says:

    artikelnya Kueerreennn abisss…..
    om cosa, kasih masukan dunk untuk blog saya cz baru belajar ngeblog nih, hehehee….

  47. Kalau menurut saya lebih mudah menjual atau mempromosikan (sebagai affiliate) produk fisik.

  48. Terima kasih mas cosa, artikelnya sangat berguna… Newbi nih… Baru aja bikin web ini.. :D

Leave a Reply

PENTING: Saya menghargai apapun komentar Anda mengenai artikel saya. Tapi saya sangat TIDAK menghargai apabila Anda melakukan SPAM atau menyertakan URL ke situs yang tidak berhubungan di dalam form komentar.

[+] kaskus emoticons nartzco

Topik yang berhubungan dengan artikel "Jualan Produk Fisik vs Jualan Produk Digital": . Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda sekalian :)

1 | Panorama Theme by Themocracy